SBMPTN Universitas Diponegoro (UNDIP)

Bedanya Belajar SBMPTN Sama Buat Persiapan Ulangan

Belajar SBMPTN tidak semudah belajar untuk ulangan harian. Gimana sih cara belajar yang baik dan efektif untuk persiapan SBMPTN?

Kali ini, kita mau ingetin nih perbedaan cara belajar untuk ulangan sama belajar SBMPTN. Untuk ulangan sekolah, biasanya targetnya itu penguasaan materi dan belajarnya mungkin bisa pake sistem kebut 2 — 3 hari. Nah, kalo SBMPTN, selain materinya buanyak banget, tipe soalnya juga beda banget.

Targetnya si pembuat soal untuk nyeleksi lewat SBMPTN itu adalah, mereka yang siap untuk berpikir secara konseptual, kreatif, dan terbiasa memecahkan masalah dengan konsep yang ada di tiap-tiap materinya.

Kenapa model soal seperti itu?

Karena kalo cuma penguasaan materi dan ngafalin, kecenderungannya banyak yang bisa kan? Jadi nggak terseleksi deh mereka-mereka yang “cerdas” beneran. Padahal kan pihak universitas maunya anak-anak yang masuk ke PTN, ya anak-anak yang memang udah siap untuk berpikir kritis di level universitas.

Jadi, kalo lo ngerasa seneng soal-soal SBMPTN ternyata gampang, lo perlu hati-hati, karena semakin gampang soal SBMPTN justru sebenernya semakin susah persaingannya, karena ketika banyak yang bisa passing grade-nya akhirnya jadi naik 😉

So, supaya lebih terjamin untuk diterima lewat SBMPTN tertulis, lo mesti pastiin banget kalo cara belajar lo udah bener-bener efektif dan cocok untuk belajar SBMPTN. Gimana cara belajar yg cocok untuk soal SBMPTN? Buanyak banget nih jawabannya, tapi kita coba jawab beberapa yang penting di sini…

Pertama, jangan biasain ngafal doang, bukan berarti ngafal ga penting, tapi penting banget untuk nguasain konsep dan saat ngerjain soal biasain untuk melakukan analisis dulu jangan asal secara mekanis masukin ke rumus, bisa jadi soal ternyata ngejebak.

Kedua, cara belajarnya harus banget fokusin ke kemampuan lo melakukan analisa dan pemecahan masalah secara konsep & logika yang kuat, untuk hal ini ada latihannya. Latihannya ya dengan ngerjain soal-soal yang memang ngebuat lo untuk bisa semakin nguasain konsep makin dalam dan variatif.

Ketiga, penting banget untuk lo nguasain fundamental skills dan basic knowledge yang kuat supaya dasarnya mantep bukan sekedar-sekedar tau doang, tapi ngerti secara keseluruhan.

Nah, untuk ketiga hal di atas, lo bisa mulai dengan nonton zenius learning and basic skills yang ada di zenius.net. 

Zenius punya cara tersendiri untuk belajar SBMPTN, mulai dari tips belajar efektif, berpikir bener, penguasaan fundamental skills, sampe ke penguasaan materi secara konseptual. Selain itu soal-soalnya didesain emang untuk ngelatih pola pikir yang dibutuhin nantinya di SBMPTN.

Kalo mau dapet semua soal-soal keren yg kita punya, lo bisa download di zenius.net terus lo klik di menu download deh, itu semua modul zenius.net ada pembahasan versi videonya di zenius.net juga. Semua soal bisa di-download secara GRATIS!!! dan tiap modul ada kode kontennya, jadi, kalo lo mau nonton pembahasan soalnya, bisa buka zenius.net terus masukin kode kontennya, langsung deh masuk ke pembahasan videonya.

Supaya bisa akses semua video di zenius.net lo mesti jadi member dulu, yang artinya mesti beli membershipnya, kita sering bagi-bagi membership gratis kok. Untuk yang mau beli membership, bisa langsung beli membership di zenius.net. Ada membership untuk 6 bulan langsung, jadi nggak perlu tiap bulan bolak-balik beli membership, sekali aktifin langsung untuk 4 atau 6 bulan ke depan :))

OK, good luck belajarnya, Guys! Hopefully materi zenius cocok buat lo 🙂

Sabda PS (@sabdaps)
Founder & Teacher of zenius Education

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Sabda tentang tips belajar SBMPTN, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini. Buat lo yang mungkin ngerasa pengen dapet tips belajar lain dari artikel Zenius, gua sangat merekomendasikan artikel-artikel di bawah ini:

Bagikan Artikel Ini!