pola pertumbuhan ekonomi zenius

Pola Pertumbuhan Ekonomi Negara Maju dan Berkembang – Materi Geografi Kelas 12

Pada tahun 1750, terjadi revolusi industri di Inggris. Negara yang awalnya melakukan segala sesuatunya secara manual dengan tenaga manusia, setelah revolusi industri beralih ke tenaga mesin. Hal itu menunjukkan adanya perubahan pola pertumbuhan ekonomi di negara Inggris.

Hmmm … pola pertumbuhan ekonomi itu apa ya? Oke, untuk menjawab pertanyaan tersebut, gue udah menguraikannya di bawah ini.

Apa Itu Pola Pertumbuhan Ekonomi?

Elo pernah mendengar salah satu tokoh yang bernama Walt Whitman Rostow atau W.W. Rostow nggak? Ia merupakan ahli ekonomi dan politikus yang mengembangkan teori tahap-tahap pertumbuhan ekonomi suatu negara.

“Pola pertumbuhan ekonomi merupakan suatu tahapan atau proses perkembangan ekonomi dalam suatu negara yang mengacu terhadap pola produksi dan konsumsi.”

– W.W. Rostow (1959)

Pengertian tersebut ia tuangkan dalam bukunya yang terbit pada tahun 1960 berjudul The Stages of Economic Growth: A Non Communist Manifesto.

Baca juga: Negara Maju dan Negara Berkembang – Materi Geografi Kelas 12

Tahapan Pola Pertumbuhan Ekonomi

Selain pengertian, Rostow juga membagi proses pembangunan ekonomi ke dalam 5 tahap, yaitu:

Masyarakat Tradisional

tahapan pola pertumbuhan ekonomi masyarakat tradisional zenius
Barter sebagai alat tukar merupakan tanda suatu negara berada pada tahap masyarakat tradisional (Arsip Zenius)

Pada tahap ini, ekonomi masyarakat masih sangat tradisional. Jual beli zaman dulu itu nggak pakai uang, tapi menggunakan sistem barter. Selain itu, produktivitas masyarakat sangat rendah dan hanya memenuhi kebutuhan hidup untuk dirinya sendiri, nggak untuk diperjualbelikan. Sumber daya masyarakat digunakan sebagian besar untuk sektor pertanian.

Nah, sekarang politiknya. Pada tahap ini, sistem politik masyarakat belum terpusat. Hubungan keluarga dan kesukuan berpengaruh besar terhadap kedudukan seseorang dalam politik atau organisasi di masyarakat. Kebijakan pemerintah juga dipengaruhi oleh tuan tanah di suatu daerah. Hal itu didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang belum berkembang.

Contoh masyarakat tradisional yaitu negara di Eropa pada abad ke-15 sampai 16.

Prakondisi Lepas Landas

Tahap selanjutnya adalah prakondisi lepas landas. Tahap ini diperkirakan terjadi pada abad ke-17, di mana terjadi transisi dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern.

Tahap pola pertumbuhan ekonomi prakondisi lepas landas zenius
Munculnya sektor pertambangan menjadi tanda prakondisi lepas landas (Arsip Zenius)

Kalau sebelumnya masyarakat hanya memenuhi kebutuhan hidup untuk dirinya sendiri, pada tahap ini udah mulai ada jual beli dalam sektor pertanian dan pertambangan. Selain itu, pada tahap ini juga ada pemerintahan dan organisasi. Nah, pada tahap ini udah mulai muncul pengaruh negara lain dari sisi ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga menjadi lebih modern dari tahap sebelumnya.

Contoh masyarakat prakondisi lepas landas yaitu Sudan dan negara Eropa Barat pada abad ke-17.

Lepas Landas

tahap pola pertumbuhan ekonomi lepas landas zenius
Masyarakat beralih dari sektor pertanian ke sektor industri (Arsip Zenius)

Tahap ini merupakan awal dari industrialisasi. Revolusi industri mendorong masyarakat mengubah profesinya, dari yang bekerja di sektor agraris menjadi sektor industri. Tahap ini juga disertai dengan meningkatnya tabungan dan investasi masyarakat sebesar 15%. Pada tahap ini udah ada lembaga politik dengan pola sistematis dan lengkap seperti pemilihan umum.

Contohnya di Inggris (1783-1802), Amerika Serikat (1843-1860), Rusia (1890-1914), dan Tiongkok (1952).

Menuju Kematangan

tahap pola pertumbuhan ekonomi menuju kematangan zenius
Munculnya beragam industri termasuk logistik merupakan tanda tahapan menuju kematangan (Arsip Zenius)

Ciri ciri negara pada tahap menuju kematangan adalah produksi yang semakin efektif. Didukung juga dengan munculnya beragam industri seperti logistik, kreatif, dan usaha menengah masyarakat. Hal itu membuat tabungan dan investasi masyarakat meningkat sebanyak 10-20%.

Kalau kita lihat dari sisi sosial, pemikiran masyarakat udah mulai terbuka nih terhadap perubahan. Hal itu didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin meningkat.

Contohnya di Inggris (1850), Amerika Serikat (1900), Rusia (1950), dan Tiongkok (1980).

Baca juga: Masalah Ketimpangan Sosial di Masyarakat

Konsumsi Tinggi

tahap pola pertumbuhan ekonomi konsumsi tinggi zenius
Penggunaan robot dan teknologi AI menjadi tanda suatu negara berada pada tahap konsumsi tinggi (Arsip Zenius)

Tahap yang terakhir adalah tahap konsumsi masyarakat yang tinggi. Tahap ini juga disebut dengan tahap ideal, di mana masyarakat bisa hidup dengan nyaman. Tahap konsumsi tinggi ditandai dengan munculnya kebutuhan tersier masyarakat seperti kapal pesiar dan perhiasan.

Ilmu pengetahuan dan teknologi juga semakin berkembang, bahkan penggunaan teknologi udah sampai kepada AI (Artificial Intelligent) dan teknologi robot untuk membantu pekerjaan manusia.

Contohnya di Amerika Serikat, Jepang, dan Inggris.

Yap, pola pertumbuhan ekonomi di negara maju dan berkembang itu nggak merata seperti yang dijelaskan pada tahapan di atas menurut Rostow. Ada waktunya masing-masing untuk sebuah negara bisa mencapai tahapan tertentu, tergantung dari pembangunan dan pengembangan di negaranya.

Nah, beberapa indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah meningkatnya pertumbuhan ekonomi negara, distribusi pendapatan relatif merata, meningkatnya gross national product (GNP) dan pendapatan per kapita, meningkatnya gizi dan kesehatan masyarakat, meningkatnya investasi, serta meningkatnya indeks kualitas hidup masyarakat.

Sampai sini elo udah bisa menebak belum, Indonesia berada pada tahap pola pertumbuhan ekonomi yang mana sih?

Baca juga: Pembangunan Ekonomi – Materi Ekonomi Kelas 11

Masalah Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang

Ngomong-ngomong tentang Indonesia yang termasuk dalam kategori negara berkembang atau bahasa Jakselnya negara ber-flower, pasti ada nih yang namanya masalah pembangunan. Nah, kira-kira ada masalah pembangunan ekonomi apa aja sih di negara berkembang seperti kita ini?

  • Tingkat pendidikan rendah

Masalah utama suatu negara berkembang adalah tingkat pendidikan yang masih terbilang rendah. Sehingga, ilmu pengetahuan yang diperoleh masyarakat negara berkembang nggak maksimal.

  • Pertanian tradisional

Kita juga bisa lihat dari sektor pertaniannya yang masih tradisional. Kalau di negara-negara maju, kita bisa lihat kalau sistem farming mereka udah modern banget. Contohnya Jepang yang menggunakan traktor tanpa awak, mesin tanam, dan mesin panen, serta penggunaan lampu LED untuk mengatasi hama.

  • Taraf hidup masyarakat masih rendah dan pertambahan penduduk tinggi

Taraf hidup yang rendah membuktikan bahwa kemampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya masih minim. Hal itu karena penghasilan masyarakatnya rendah dan masih banyak yang berada pada garis kemiskinan.

Oke, gue cuma kasih beberapa contoh permasalahan aja ya. Contoh lainnya bisa elo lihat dalam video belajar Zenius tentang Pola Pertumbuhan Ekonomi Negara, menggunakan akun yang udah elo daftarkan di Zenius.

Contoh Soal dan Pembahasan Pola Pertumbuhan Ekonomi Negara Maju

Supaya lebih paham mengenai materi di atas, kita coba masuk ke contoh soal dan pembahasannya, yuk!

Contoh Soal 1

Dunia pada abad ke-16 masih kerap melakukan pertanian berjenis subsistem. Apabila mengacu pada tahapan pertumbuhan ekonomi yang dijelaskan oleh Rostow, kondisi ini paling tepat menggambarkan tahapan ….

a. Masyarakat tradisional

b. Prakondisi lepas landas

c. Lepas landas

d. Menuju kematangan

e. Konsumsi tinggi

Jawab: a. Masyarakat tradisional.

Pembahasan: Masyarakat tradisional didominasi oleh kegiatan agraris. Selain karakteristik dominan agrarisnya, masyarakat tradisional juga masih berpegang erat pada tradisi wilayahnya dan belum banyak pengaruh budaya luar.

Contoh Soal 2

Kualitas hidup yang tinggi ditandai dengan angka harapan hidup yang tinggi. Hal itu merupakan kondisi yang menggambarkan tahapan ….

a. Masyarakat tradisional

b. Prakondisi lepas landas

c. Lepas landas

d. Menuju kematangan

e. Konsumsi tinggi

Jawab: e. Konsumsi tinggi.

Pembahasan: Kualitas hidup masyarakat yang tinggi dan tingkat kesehatan yang tinggi menandakan bahwa suatu negara berada pada tahap konsumsi tinggi. Pengetahuan masyarakatnya mengenai gaya hidup lebih sehat juga menjadi faktor pendorongnya.

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang pola pertumbuhan ekonomi negara maju dan berkembang? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

materi pelajaran geografi zenius

Baca Juga Artikel Lainnya

Badan Informasi Geospasial, Tugas dan Fungsinya – Materi Geografi Kelas 12

Klasifikasi, Lokasi, dan Relokasi Industri – Materi Geografi Kelas 12

Definisi, Metode, dan Fungsi Analisis SIG – Materi Geografi Kelas 12

Bagikan Artikel Ini!