Mengenal Jenis-Jenis Lapisan Tanah Sumber Air dan Batuannya

Mengenal Jenis-Jenis Lapisan Tanah Sumber Air dan Batuannya

Halo, Sobat Zenius! Di cuaca yang lagi panas-panasnya gini, gue jadi banyak minum air putih nih biar nggak dehidrasi. 

Sobat Zenius juga rajin-rajin minum air ya! Karena perlu nih buat jaga asupan cairan tubuh biar nggak dehidrasi. Caranya minum air putih minimal 8 gelas perhari, catat gengs!

Eh, tapi elo pernah bertanya-tanya nggak sih, air putih yang elo minum tiap harinya itu berasal dari mana? Iklan-iklan di televisi biasanya nyebutin kalau air berasal dari sumber mata air di pegunungan.

Mata air di gunung berasal dari akuifer dalam lapisan tanah sumber air.
Gambar Sumber Mata Air di Gunung (Dok. Freepik)

Apakah itu benar? Benar, Sob! Tapi kali ini kita akan bahas asal muasal dari munculnya mata air yaitu dari akuifer dan bagaimana lapisan tanah bisa menyimpan sumber air yang nantinya bakal dialirkan ke mata air.

So, langsung aja yuk simak materi tentang lapisan tanah sumber air dan apa aja jenis-jenisnya, cekidot!

Apa itu Lapisan Tanah Sumber Air

“Berapa lapis? Ratusaaann”

Kurang lebih kalimat dari sebuah iklan wafer itu bisa gambarin gimana banyaknya lapisan bumi kita. Termasuk keberadaan air yang kita pakai sehari-hari. 

Akuifer adalah lapisan batuan yang mampu meloloskan dan menyerap air.
Gambar Ilustrasi Akuifer dan Lapisan Tanah Sumber Air (Dok. Wikimedia Commons)

Air tersebut ada di dalam tanah yang buat aksesnya harus melewati berapa lapisan.

Terus tahu nggak sih, kalau air yang selama ini elo minum dan pakai buat kegiatan sehari-hari asalnya dari air yang ada di dalam tanah? Lebih tepatnya di dalam akuifer.

Pengertian Akuifer

Apa itu akuifer? Akuifer adalah lapisan batuan yang dapat menyimpan dan meloloskan air dalam jumlah besar. Jadi, akuifer ini tersusun atas lapisan batuan yang terdiri dari pasir, batuan, dan kerikil. 

Sebelum lanjut, ada dua istilah yang perlu elo tahu nih, gengs! Yaitu lapisan batu yang permeabel dan impermeabel. 

Mengenal Jenis-Jenis Lapisan Tanah Sumber Air dan Batuannya 17
Alt Text: Terdapat dua jenis lapisan batuan yaitu permeabel dan impermeabel.

Lapisan batu permeabel adalah lapisan batuan yang dapat menyimpan dan meloloskan air dalam jumlah banyak. Sedangkan lapisan impermeabel adalah sebaliknya, catat yah!

Nah, akuifer ini lapisan batuannya termasuk yang permeabel. Karena dia bisa nyimpen air dalam jumlah banyak dan bisa meloloskannya juga ke daratan.

Akuifer juga punya beberapa jenis yang diurutkan berdasarkan letak kedalamannya, gengs! Ada confined aquifer atau akuifer bebas dan unconfined aquifer atau akuifer tertekan.

Keduanya punya fungsi yang beda. Confined aquifer tuh tempat di mana cadangan airnya banyak banget. Terus tekanannya besar, melebihi atmosfer lho dan akuifer ini merupakan sumber air yang bisa dipakai pada sektor industri, misalnya hotel, apartemen, dan perusahaan air minum.

Sedangkan unconfined aquifer itu akuifer yang letaknya di atas confined aquifer. Nah karena airnya di permukaan dan tidak terlalu banyak. Jadi, cuma bisa dimanfaatkan untuk sumur artesis atau sumur galian.

Baca Juga: Jenis-Jenis Akuifer dan Parameternya 

Kenapa Bisa Ada Air di Dalam Akuifer?

Elo tahu karakter Spongebob? Film animasi yang populer itu lho. Jadi si Spongebob ini dia bisa menyerap air dan mengeluarkan air yang diserapnya dengan mudah.

Nah, sifatnya si Spongebob ini sama kayak lapisan batuan di akuifer. Air yang ada di dalam akuifer itu asalnya dari air hujan yang diserap ke dalam tanah dan masuk ke zona saturasi atau zona tempat di mana air berada.

Untuk si air bisa keluar, air bisa melakukan berbagai cara. Yaitu si air bisa keluar dari retakan atau celah di pegunungan atau daratan. 

Gambaran siklus air sebelum dan sesudah masuk ke dalam lapisan tanah sumber air.
Siklus Air Sebelum masuk dan keluar ke Akuifer (Arsip Zenius)

Nantinya retakan atau celah tempat keluarnya air itu bakal jadi mata air, gengs! Jadi elo bisa pakai deh airnya untuk minum dan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Jenis-Jenis Awan Berdasarkan Bentuk dan Ciri-cirinya

Jenis Batuan Penyusun Lapisan Tanah Sumber Air

Kan tadi gue bilang kalau si akuifer ini merupakan lapisan batuan. Nah, akuifer nggak cuma terdiri dari satu jenis batu, lho. Coba deh inget-inget, ada berapa jenis batu yang ada di dunia ini?

Jadi, jenis batuan di bumi ini tuh ada 3 gengs yaitu batuan beku, metamorf, dan sedimen.

Untuk pembahasan dari masing-masing batu dan karakteristiknya, elo bisa lihat infografis di bawah ini, ya!

Jenis batuan penyusun lapisan tanah sumber air yaitu sedimen, metamorf/granit, dan batuan beku.
Jenis Batuan Penyusun Lapisan Tanah Sumber Air (Arsip Zenius)

Eh iya, selain akuifer ada juga lho, batuan penyusun dari akuifer yang biasa disebut dengan batuan reservoir air. Jadi batuan reservoir adalah tempat batuan yang berhubungan langsung dengan fluida (bisa jadi air atau minyak). 

Jenisnya ada akuifer, akuitarf, akuiklud, dan akuifug. Kayak gimana sih ciri-ciri dan karakteristik batuan reservoir air tersebut? Kita cus ke next section, ya! 

Baca Juga: Litosfer – Pengertian, Susunan, Beserta Fenomenanya

Perbedaan Akuifer, Akuiklud, Akuifug, dan Akuitard

Oke gengs, kayak yang udah gue bilang tadi kalo lapisan penyusun batuan sumber air itu ada 4 jenisnya yaitu akuifer, akuiklud, akuifug, dan akuitard. Kita bahas satu-satu yuk sekalian sama perbedaannya juga!

Akuifer

Kayak yang udah gue bahas di atas tadi, menurut Fetter (2001) akuifer adalah satuan geologi batuan yang mampu menyimpan dan meloloskan air cukup cepat. Sehingga mampu menyuplai air dengan jumlah banyak pada suatu sumur.

Akuitard

Menurut Sen (2005), akuitard adalah batuan agak permeabel yang mampu meluluskan air dengan jumlah lebih sedikit dan lebih lambat dibandingkan akuifer. 

Eh iya, itu barusan dibilang kok akuitard agak permeabel? Nah, ini karena batuan penyusun akuitard itu tersusun dari dua jenis yang berbeda yaitu batu pasir dan lanau.

Batu pasir punya permeabilitas dan porositas yang baik sedangkan lanau permeabilitasnya buruk. Nah jadi karena perselingan ini, air tuh jadi susah untuk bisa tembus ke lapisan yang lebih dalam lagi kalo ada akuitard ini.

Akuiklud

Menurut Fetter (2001), akuiklud merupakan lapisan batuan yang hanya dapat menyimpan air dalam jumlah sedikit. Sebab, batuan penyusun akuiklud ini punya porositas dan permeabilitas yang rendah. 

Akuiklud sendiri tersusun atas batuan serpih dan batuan lempung.

Akuifug

Last but not least! Yang terakhir ini adalah akuifug, lapisan batuan yang tidak dapat menyimpan dan tidak dapat meloloskan air. Biasanya merupakan batuan yang masif dan terletak di pegunungan. 

Akuifug terdiri dari batuan beku yang berukuran masif atau sangat besar. Contohnya batuan basalt masif, batuan granit masif, dan batuan gabro masif yang menyusun pegunungan. 

Baca Juga: Profil Tanah dan Lapisan Horizonnya

Jadi, kesimpulannya adalah lapisan tanah sumber air tuh ada 4 gengs! Untuk rangkuman perbedaan dari keempatnya elo bisa lihat infografis di bawah ini.

Batuan reservoir air terdiri dari akuifer, akuitard, akuiklud, dan akuifug.
Jenis Batuan Reservoir Air (Arsip Zenius)

Nah, gimana Sobat Zenius? Udah cukup paham belum sama materinya? Kalau sudah paham, elo bisa langsung cus aja kerjain latihan soal di bawah ini. Kalo bisa kerjain sendiri dulu soalnya, baru lihat jawabannya ya!

Contoh Soal

Ok, here you go! Latihan soal tentang jenis-jenis lapisan tanah sumber air dan akuifer buat elo. Good luck!

Contoh Soal 1

Mengapa lapisan akuitard hanya bisa menyimpan dan meloloskan air dalam jumlah sedikit?

A. Komponen penyusun lapisan batuannya tersusun atas perselingan batu pasir dengan lanau.

B. Komponen penyusun lapisan batuannya tersusun atas batuan beku.

C. Komponen penyusun lapisan batuannya tersusun atas batuan metamorf.

D. Komponen penyusun lapisan batuannya tersusun atas batuan pasir.

E. Komponen penyusun lapisan batuannya tersusun atas batuan lempung.

Eits, jangan sampai terkecoh gengs! Kita ingat-ingat lagi yuk ada batuan jenis apa aja yang ada di akuitard. Akuitard punya lapisan batuan yang nilai porositas dan permeabilitasnya rendah. Nilai porositas dan permeabilitas yang rendah tersebut disebabkan oleh adanya perselingan antara batu pasir dengan lanau. Di mana pori-pori batuan pasir terisi oleh batuan lanau sehingga porositas dan permeabilitasnya rendah. Jadi jawabannya adalah a. Komponen penyusun lapisan batuannya tersusun atas perselingan batu pasir dengan lanau

Contoh Soal 2

Lapisan batuan pada akuifer yang tidak dapat meloloskan dan menyerap air adalah ….

A. akuifer

B. akuitard

C. akuiklud

D. akuifug

Oke, kita bahas ya! Akuifer adalah lapisan batuan yang dapat meloloskan air dan menyerapnya dengan baik. Akuitard itu dia bisa meloloskan air dan menyerapnya, tapi nggak sebaik akuifer. Terus ada akuiklud, dia bisa menyerap air tapi nggak bisa meloloskannya.

So, jawabannya adalah d. akuifug! Akuifug merupakan lapisan batuan yang tidak dapat meloloskan dan menyerap air karena terbuat dari batuan yang impermeabel. Contohnya batuan basalt masif, granit masif, dan batuan gabro masif.

Contoh Soal 3

  1. Terbuat dari lapisan batuan yang permeabilitasnya baik
  2. Terbuat dari lapisan batuan yang permeabilitasnya buruk
  3. Terdiri dari batuan lempung
  4. Terdiri dari batuan pasir
  5. Tidak mampu meloloskan air 

Di atas ini, mana yang merupakan ciri-ciri dari akuiklud?

A. 1, 2, dan 3

B. 3, 4, dan 5

C. 1, 3, dan 5

D. 5, 4, dan 1

E. 2, 3, dan 5

Buat jawabnya, gue recap lagi ya apa itu akuiklud. Akuiklud merupakan lapisan batuan yang hanya dapat menyimpan air dalam jumlah sedikit. Sebab, batuan penyusun akuiklud ini punya porositas dan permeabilitas yang rendah. Akuiklud sendiri tersusun atas batuan serpih dan batuan lempung. Jadi, yang merupakan ciri-ciri akuiklud adalah e. 2, 3, dan 5.

Yeay! Selesai juga materi tentang lapisan batuan penyusun sumber air tanah ini. Buat lebih lengkapnya elo bisa liat jenis-jenis lapisan tanah yang menyimpan sumber air dan materi tentang akuifer di bawah ini ya! Selamat belajar and have a nice day!

Mengenal Jenis-Jenis Lapisan Tanah Sumber Air dan Batuannya 18

Referensi

Fetter, C.W. (2001) Applied Hydrogeology. Edisi Ke-4, Prentice Hall, Upper Saddle River.

Karakteristik Batuan Reservoir Air – Lapisan Sumber Air Kehidupan, Geografi, Zenius Education.

Sen, Z. (2005) Applied Hydrogeology for Scientists and Engineers. 1st edn. CRC Press.

Kenapa Air di Bumi Tidak Pernah Habis? – Proses Siklus Air | #IndonesiaTetapBelajar
Bagikan Artikel Ini!