Kumpulan Contoh Soal AKM Lengkap dan Penjelasannya

contoh soal akm

Sobat Zenius udah tahu kan, ya, kalau UN sudah diganti dengan AKM alias Asesmen Kompetensi Minimum? Nah, buat elo yang lagi belajar soal-soalnya, gue mau membagikan kepada elo semua contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan jenis-jenisnya yang perlu elo pelajari, nih!

Buat elo yang mungkin belum tahu, AKM ini berbeda dengan UN. Kalau UN, kita harus belajar mata pelajaran seperti Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan lain-lain supaya bisa mendapatkan nilai yang baik dan lulus sekolah.

Nah, soal AKM ini ternyata berbeda dengan UN, lho, Sobat Zenius, baik soal AKM SMA. SMP, maupun SD.

“Lho, memangnya seperti apa contoh soal AKM? Terus, gue harus belajar soal yang seperti apa?”

Eits, tak usah risau begitu, Sobat Zenius! Dalam artikel ini gue mau mengupas mengenai contoh soal AKM dan jawabannya buat elo pelajari sekarang juga!

Yuk, disimak sampai habis, ya!

Materi Soal AKM

contoh soal akm
Ilustrasi mengerjakan soal AKM. (Dok. Freepik)

Sejatinya, materi dari soal soal AKM tidak terlalu banyak dibandingkan dengan Ujian Nasional (UN). Pasalnya, AKM sendiri bertujuan untuk mengukur literasi membaca dan literasi para murid supaya dapat berkontribusi terhadap masyarakat.

Nah, materi-materi yang disajikan dari ujian Asesmen Kompetensi Minimum yaitu literasi membaca dan numerasi (matematika). Dua materi ini wajib elo pelajari dengan baik.

Dalam setiap materi tersebut, setidaknya ada tiga komponen AKM:

1. Literasi Membaca

  • Konten: Teks informasi dan teks fiksi
  • Tingkat kognitif: menemukan informasi, interpretasi dan integrasi, evaluasi dan refleksi
  • Konteks: personal, sosial budaya, dan saintifik

2. Literasi Numerasi

  • Konten: bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian, aljabar
  • Tingkat kognitif: pemahaman, penerapan, penalaran
  • Konteks: personal, sosial budaya, dan saintifik

Dua materi dan ketiga komponen AKM di atas jadi pegangan yang kuat bagi elo untuk menghadapi AKM 2022 nanti, Sobat Zenius! Seperti yang kita ketahui, AKM 2021 sudah diselenggarakan pada bulan September-November 2021 lalu.

Sejauh ini belum ada informasi update mengenai jadwal AKM 2022. Kendati demikian, elo tetap harus mempersiapkan diri dari sekarang dengan belajar contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dari Zenius!

Baca Juga: 9 Perbedaan AKM dan UN yang Wajib Kamu Tahu

Kumpulan Contoh Soal AKM Literasi Membaca

soal akm
Ilustrasi siswa ujian. (Dok. Freepik)

Setelah mengetahui materi soal AKM dan komponennya, kini saatnya elo mulai melihat contoh soal AKM literasi membaca terlebih dahulu.

Contoh soal di bawah mengutip dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayan RI

Lewat contoh-contoh soal di bawah ini, elo bisa mulai mempersiapkan diri buat latihan soal AKM, ya!

Soal 1

Level 6 (Kelas 11&12)

Sudah coba contoh soal asesmen kompetensi minimum (AKM) ini?
(Dok. Kemendikbud)

Setelah membaca puisi Di Negeri Amplop, bagaimana suasana hati yang digambarkan oleh penulis?

A. Marah

B. Bahagia

C. Sedih

D. Syahdu

E. Optimis

Pembahasan:

Setelah membaca puisi dari contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum di atas, apa yang lo rasakan? Yap, mungkin lo merasa sangat marah.

Pasalnya, amplop-amplop yang dimaksud oleh Gus Mus seolah-olah mengacu kepada uang. Dengan uang penguasa dapat mengatur segalanya dan mengendalikan orang biasa. Fenomena ini mungkin sering terjadi saat ada aksi suap menyuap di antara orang-orang kaya agar bisa terbebas dari jeratan penjara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A, marah. 

Soal 2

Level 4 (kelas 7&8)

Sudah coba contoh soal asesmen kompetensi minimum (AKM) ini?
(Dok. Kemendikbud)

Katherine Johnson mampu bersekolah di West Virginia State College saat pendidikan bagi orang-orang Afrika-Amerika dibatasi di Virginia Barat. Hal tersebut disebabkan oleh …..

A. kemampuan yang luar biasa

B. kesehatan yang tidak memadai

C. orang tua yang pindah kerja

D. rasisme yang berkembang

Pembahasan:

Dari teks di atas, kita bisa mengambil inspirasi dari seorang Katherine Johnson bahwa lingkungan tidak membatasi kita untuk terus berkembang lewat pendidikan.

Bahkan, saat pendidikan dibatas, Katherine masih bisa mengenyam pendidikan dengan baik hingga menjadi seorang matematikawan di Lembaga Penerbangan dan Antariksa bernama Nasa.

Jadi, jawaban yang tepat dari contoh soal AKM di atas adalah A, bahwa Katherine mempunyai kemampuan yang luar biasa sehingga mampu bersekolah di West Virginia State College.

Baca Juga: Contoh Soal AKM Numerasi Kelas 11 SMA dan Jawabannya

Soal 3

Level 3 (kelas 5&6)

Uniknya Burung Scarlet Ibis

soal akm
Scarlet Ibis (Dok. pixabay.com)

Di kepulauan tropis Karibia, Amerika Selatan, terdapat sebuah burung unik yang bernama scarlet ibis.

Ukuran burung scarlet ibis terbilang cukup besar dengan panjang mencapai 70 cm dan berat sekitar 700-900 gram.

Salah satu hal unik yang terpancar dari burung ini adalah bulunya yang sangat indah. Warna bulunya terbilang sangat merah. Akan tetapi, warna merah tersebut baru terlihat saat burung scarlet ibis beranjak dewasa.

Ketika lahir, warna burung ini bisa dibilang beraneka ragam, mulai dari abu-abu, cokelat, putih atau campuran ketiganya. Saat burung ini memasuki fase remaja, baru warna bulunya perlahan-lahan menjadi merah merona.

Astaxanthin jadi salah satu zat yang membuat warna burung iblis terlihat enak dipandang. Astaxanthin merupakan zat warna merah alami yang didapatkan burung scarlet dari makanan favoritnya, yaitu kepiting merah dan udang.

Satu hal yang sangat disayangkan dari burung ini adalah warna bulunya bergantung pada makanan yang ia konsumsi. Warna bulu scarlet ibis bisa tiba-tiba berubah jadi abu-abu atau putih saat burung ini kekurangan asupan makanan favoritnya.

Oleh karenanya, burung-burung scarlet ibis yang dipelihara di kebun binatang biasanya diberi makanan yang mengandung buat bit dan wortel supaya warna bulunya tetap indah dan sejuk dipandang.

Source majalah Bobo dengan perubahan

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

Jika kamu mendapat tugas merawat burung scarlet ibis, apa yang akan kamu lakukan agar warna bulu burung itu tetap merah menyala?

Pembahasan:

Lo harus jeli dalam menjawab pertanyaan di atas. Perhatikan dengan cermat setiap paragraf yang tertuang dalam contoh soal.

Pertanyaannya adalah “kita harus ngapain supaya membuat bulu burung scarlet ibis tetap merah menyala?”

Di atas disebutkan kalau zat merah dari scarlet didapatkan dari makanan kesukaannya, yaitu kepiting merah dan udang. Selain itu, supaya warna bulunya tetap terjaga, biasanya di kebun binatang burung scarlet diberi makanan yang mengandung buah bit dan wortel.

Jadi, jawabannya adalah memberi makanan berupa buah bit, wortel, kepiting merah, dan makanan berupa udang.

Soal 4

Level 5 (Kelas 9 & 10)

soal akm
Infografis UMKM Indonesia (Arsip Zenius)

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau biasa disebut UMKM mempunyai peranan penting bagi perekonomian di Indonesia. Bagaimana tidak, di saat usaha besar trennya sedang dalam pelambatan, pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) di UMKM justru terbilang stabil. Di sisi lain, setiap orang dapat memiliki kesempatan yang sama dalam menjalani bisnis UMKM. Tidak memandang latar belakang seperti apapun.

Melihat hal tersebut, pemerintah menurunkan Pph final dari 1% menjadi 0,5% untuk menumbuhkan ketertarikan masyarakat dalam membangun bisnis UMKM. Dengan nilai Pph seperti itu, bisnis UMKM tidak terlalu dibebani pajak.

Bagi Sobat yang berencana memiliki UMKM sendiri, kamu nggak perlu modal yang besar, lho! Terlebih, ada beragam sektor bisnis yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan selera. Bidang kuliner adalah salah satu jenis usaha UMKM yang paling menguntungkan. 

Terlebih, bidang bisnis kuliner juga menawarkan beragam kategori, mulai dari makanan ringan, minuman, hingga makanan pokok. Hampir semua usaha  kuliner memiliki potensi yang sangat bagus karena sering dicari oleh orang-orang apalagi di kota besar.

Meski demikian, hal tersebut tergantung pada bagaimana cara kamu berinovasi dan memasarkannya.

(Sumber: www.indonesiabaik.id dan www.ajaib.co.id via https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/ dengan pengeditan)

Berdasarkan teks di atas, terdapat pernyataan bahwa UMKM di bidang kuliner adalah salah satu jenis usaha yang paling menguntungkan. Apakah pernyataan tersebut dapat dikatakan akurat? Jelaskan pendapatmu!

Maksimum 100 karakter……………………………….
Kolom Jawaban

Bagaimana? Nggak terlalu sulit, kan soal-soalnya? Kalau mau tahu lebih banyak lagi contoh soal AKM lainnya, Sobat Zenius bisa langsung cek artikel di bawah ini, ya!

Contoh Soal AKM Literasi

Contoh Soal AKM Numerasi

contoh soal AKM
Ilustrasi mengerjakan ujian AKM. (Dok. pixabay.com)

Soal 1

Level 2 (kelas 4)

Andi mendapat kue 56 bagian dan Susi mendapat 67 bagian dari kue yang sama.

Pertanyaan berikut yang benar adalah ….

PernyataanBenarSalah
Andi mendapatkan kue lebih banyakv
Susi mendapatkan kue lebih banyakv
Andi dan Susi mendapatkan bagian yang samav
Andi mendapatkan kue lebih sedikitv

Pembahasan:

Dari contoh soal AKM di atas, kita bisa melihat kalau pecahan 67 itu lebih besar dari  56.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah:

  • Pernyataan pertama salah
  • Pernyataan kedua benar
  • Pernyataan ketiga salah
  • Pernyataan ketiga benar

Soal 2

Level 5 (Kelas 10)

Anita, seorang seniman muda dari Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya yang disusun dari tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari campuran tanah liat dan sampah daur ulang. Polanya seperti gambar berikut.

Kumpulan Contoh Soal AKM Lengkap dan Penjelasannya 9

Untuk memenuhi ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. (Asumsi ada penambahan 10% bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang rusak selama pameran di setiap susunan bola)

Jumlah bola tanah pada susunan ke-7 adalah ….

Pembahasan:

Kalau kita lihat dari contoh soal AKM di atas, maka bisa disimpulkan kalau jumlah bola dari nomor 1 ke 4 mempunyai pola tersendiri.

3, 6, 10, 15

Dari pola di atas, kita bisa menentukan, nih, kalau ada pola penambahan yang berurutan, yaitu +3, +4, dan +5.
3+3=6, 6+4=10, 10+5=15.

Dengan demikian, maka pola berikutnya adalah seperti ini

15+6=21, 21+7=28, 28+8=36.

Jadi, berapa jumlah bola tanah pada susunan ke-7? Yap, jawabannya adalah 36.

Bagaimana menurut elo? Susah-susah nggak, nih, contoh soal di atas menurut Sobat Zenius? Kalau masih kurang jelas, langsung aja cek artikel ini, ya, buat contoh soal AKM numerasi lainnya:

Contoh Soal AKM Numerasi Kelas 11 SMA dan Jawabannya

Baca Juga: Mengapa Ujian Nasional (UN) Digantikan dengan AKM?

Itu dia beberapa contoh soal AKM yang perlu elo pelajari dengan baik-baik. Ingat, meski AKM tidak menentukan kelulusan, elo tetap harus tekun dalam latihan soal AKM agar mendapatkan hasil yang maksimal! 

Sobat Zenius sudah siap belum, nih, buat menghadapi ujian AKM 2022 nanti? Jangan grogi gitu, dong!

Supaya persiapan elo semakin matang, jangan lupa pantau terus update-an dari Panduan AKM Zenius. Di sana, ada banyak sekali informasi penting mengenai AKM yang perlu elo ketahui, mulai dari contoh soal AKM hingga jadwal AKM 2022 nanti.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Selain itu, jangan lupa follow Instagram @zeniuseducation untuk mendapatkan info-info menarik seputar dunia pendidikan, ya!

Originally published: December 17, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!