Contoh Soal AKM Numerasi Kelas 11 SMA dan Jawabannya

asesmen kompetensi minimum

Sobat Zenius, sudah tahu kan kalau UN diganti menjadi AKM atau ujian asesmen? Berhubung pelaksanaan AKM sudah dekat, siapa nih di antara Sobat Zenius yang lagi nyari latihan atau contoh soal AKM numerasi SMA? Kalau iya, artikel ini merupakan salah satu hal yang lo cari itu. Jadi, simak terus penjelasan gue sampai habis, ya!

Nah, jadi ujian asesmen atau AKM sebagai pengganti UN ini telah dilaksanakan pada September – November 2021 lalu. Untuk informasi, AKM ini ditujukan bagi kelas 5 SD, kelas 8 SMP, dan kelas 11 SMA. Nah, buat yang saat ini duduk di kelas 11, tenang aja, gue bakalan bahas contoh soal AKM numerasi SMA kelas 11 lengkap dengan jawabannya.

Jadi, apa aja sih contoh soal AKM numerasi SMA?

contoh soal akm numerasi sma
(Dok: Kemendikbud RI)

Materi Soal AKM Numerasi SMA

Sebelum lanjut ke pembahasan contoh soal AKM numerasi SMA, ada baiknya lo tahu apa aja cakupan materi numerasi yang perlu dipelajari. Nah, di ujian asesmen atau AKM ini, kemampuan yang diujikan itu akan berdasarkan dari kemampuan siswa dalam menerapkan model matematika di kehidupan sehari-hari. 

Jadi, nanti soal AKM numerasi itu akan menguji pemahaman lo terhadap matematika dasar yang digunakan dalam konteks kehidupan nyata, seperti cara mengatur keuangan pribadi, menghitung peluang, dan sebagainya. 

Untuk topik materi dari AKM numerasi ini akan meliputi bilangan, pengukuran, geometri, data dan ketidakpastian, dan aljabar. Tentu soal AKM numerasi akan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari agar terasa lebih real dan berguna. 

Oke, karena sudah tahu apa saja materi yang biasanya ada dalam soal AKM numerasi. Selanjutnya, gue bakal bahas contoh soal AKM numerasi SMA dan kunci jawabannya. Simak penjelasan berikut. 

Contoh Soal AKM Numerasi SMA Kelas 11

Untuk informasi, lo bakalan ngerjain 36 soal AKM numerasi pada saat ujian asesmen. Tapi, tenang aja, karena kalau lo udah sering latihan soal dan tahu bagaimana cara menerapkan konsep atau rumus matematika dalam memecahkan masalah pada konteks kehidupan sehari-hari, maka lo akan bisa jawab semua soal tersebut.

Nah, karena itu, sekarang gue bakalan bantu lo buat latihan dengan memberikan contoh soal AKM numerasi SMA kelas 11 dan kunci jawabannya. 

Soal-soal ini dikutip dari situs Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud

Soal 1

contoh soal akm numerasi sma
Illustrasi Gunung Sinabung (Dok. Kemendikbud RI)

Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatera Utara sedang mengamati ketinggian letusan awan panas gunung Sinabung pada hari tersebut. Puncak gunung terlihat pada sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°.

Diketahui tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter dan terjadi kesalahan dalam mengukur sudut elevasi. Besar sudut elevasi untuk melihat tinggi erupsi seharusnya adalah 50o

Akibat kesalahan ini, bagaimanakah tinggi erupsi gunung sebenarnya? Apakah lebih tinggi atau lebih rendah bila dibandingkan dengan tinggi erupsi yang didapatkan dari sudut elevasi semula? Beri alasannya!

Pembahasan:

Dapat dilihat bahwa pada soal dikatakan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°, namun ternyata terdapat kesalahan dan seharusnya tinggi puncak letusan awan panas atau tinggi erupsi adalah 50°. 

Nah, dari pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tinggi erupsi gunung yang sebenarnya lebih rendah dibanding dengan tinggi erupsi yang pada sudut elevasi semua karena tan 50 lebih kecil dari tan 60. 

Soal 2

Amel mengunduh bagan pertandingan sepak bola piala dunia yang dimulai dari babak perempat final. Berikut adalah bagan yang berhasil didapatkan Amel.

Contoh Soal AKM Numerasi Kelas 11 SMA dan Jawabannya 25

Kemudian Amel menyebarkan survei kepada teman-temannya yang menyukai sepak bola dan selalu menonton pertandingan sepak bola pada tahun-tahun sebelumnya. Berikut adalah tabel peluang tim-tim di atas untuk menang babak perempat final yang berhasil disimpulkan oleh Amel berdasarkan survei yang dibuatnya. Sedangkan untuk babak selanjutnya, yaitu semifinal dan final semua tim memiliki peluang menang yang sama yaitu 50%.

Contoh Soal AKM Numerasi Kelas 11 SMA dan Jawabannya 26

Berdasarkan data pada bagan pertandingan piala dunia dan tabel peluang yang dikumpulkan Amel, peluang Perancis untuk menjadi juara dunia adalah …

A. 0,125

B. 0,175

C. 0,343

D. 0,95

E. 1

Pembahasan:

Pada tabel survei, dapat dilihat bahwa peluang untuk Perancis menang pada babak perempat final adalah 0,7. Sedangkan untuk menjadi juara dunia, Perancis perlu memenangkan babak semifinal dan final dengan peluang 50% atau 0,5. Jadi, peluang Perancis menjadi juara dunia adalah 0,7 x 0,5 x 0,5 = 0,175. Jawabannya adalah B. 0,175.

Soal 3

Anita, seorang seniman muda dari Sumatera berencana membuat pameran tunggal untuk menunjukkan rancangan karyanya yang disusun dari tumpukan bola-bola tanah. Bola-bola tersebut dibuat dari campuran tanah liat dan sampah daur ulang. Polanya seperti gambar berikut.

Contoh Soal AKM Numerasi Kelas 11 SMA dan Jawabannya 27

Untuk memenuhi ruangan yang disediakan, Anita akan membuat 10 susunan bola tersebut. (Asumsi ada penambahan 10% bola tanah untuk persediaan/penggantian bola tanah yang rusak selama masa pameran di setiap susunan bola).

Jumlah bola tanah pada susunan ke 7 adalah … bola tanah.

Pembahasan:

Dapat dilihat bahwa pada susunan ke-1 jumlah bola tanah adalah 3, pada susunan kedua ada 6 bola tanah, pada susunan ketiga terdapat 10 bola tanah, dan pada susunan keempat terdiri dari 15 bola tanah. 

Dengan demikian, terdapat pola seperti berikut

contoh soal akm numerasi sma

Mengikuti pola yang ada, maka jumlah bola tanah pada susunan ke 7 adalah 36 → (15 + 6 = 21 + 7 = 28 + 8 = 36).

Nah, Sobat Zenius, itu beberapa contoh soal AKM numerasi SMA kelas 11. Semoga bisa bantu lo buat tahu gimana sih gambaran soal AKM numerasi nantinya. Selamat mencoba dan berlatih!

Untuk informasi mengenai jadwal, materi, sistem penilaian, dan informasi lain seputar AKM, lo bisa klik di link Zenius – Panduan AKM

Penulis: Ni Kadek Namiani Tiara Putri – SEO Writer Intern Zenius

Bagikan Artikel Ini!