Materi SMP Kelas 9

Rangkuman Materi SMP Kelas 9 Beserta Tautan Video Pembahasannya

Halo Sobat Zenius Kelas 9 SMP, apa kabarnya nih? Baik kan pastinya! Elo lagi sibuk apa? Gue mau sharing materi Matematika kelas 9 beserta MatPel lainnya

Sudah ada SMA inceran belum nih? Gimana kalau baca artikel berisikan materi kelas 9 ini dulu sampai selesai, karena gue mau berbagi tautan bahan untuk elo belajar di rumah.

Tentunya masih pada belajar di rumah dong? So, simak semua materi SMP kelas 9 semester 1 dan 2 yang Zenius punya dan gue bagikan di sini ya!

Matematika Kelas 9

Harap tenang dan bersabar, ini gue kasih materi kelas 9 Matematika sebagai pembahasan pertama untuk elo pelajari yang kemungkinan lebih sulit. Bukan hanya itu sih, tapi memang urutan pertama di laman Zenius juga Matematika.

Di materi kelas 9 semester 1 Matematika elo akan menjumpai: Pangkat (Eksponen) Bilangan Bulat dan Bentuk Akar, Persamaan dan Fungsi Kuadrat, Transformasi, Kesebangunan dan Kekongruenan.

Sedangkan nanti materi kelas 9 Matematika semester 2 ada: Bangun Ruang Sisi Lengkung. Kok hanya satu ya? Karena semester dua akan difokuskan untuk menghadapi ujian akhir dan persiapan masuk ke SMA. Yuk kita lanjut ke materi pertama.

Pangkat (Eksponen) Bilangan Bulat dan Bentuk Akar

Materi SMP kelas 9 Matematika ini akan membahas mengenai Eksponen atau perpangkatan. Eksponen diartikan sebagai perkalian atau pembagian bilangan dengan besaran yang diulang-ulang (repetisi). Sesuai dengan definisinya, eksponen mengandung bentuk perpangkatan dan akar. 

Pada pelajaran kelas 9 ini terdapat materi yang berkaitan, antara lain:

Bilangan Berpangkat Bulat

Pangkat Rasional dan Bentuk Akar

Kalau elo butuh pengetahuan lebih mengenai rumus akar sederhana, klik ini ya!

Persamaan dan Fungsi Kuadrat

Masuk ke materi SMP kelas 9 Matematika selanjutnya adalah persamaan dan fungsi kuadrat.

Persamaan kuadrat adalah persamaan yang variabelnya memiliki pangkat tertinggi 2 (dua). Sedangkan fungsi kuadrat adalah fungsi polinomial yang memiliki variabel dengan pangkat tertinggi dua. Bentuk umum dari fungsi kuadrat menyerupai bentuk persamaan kuadrat.

Adapun materi ini memiliki sub-materi, antara lain:

Bentuk Kuadrat, Penjabaran dan Pemfaktoran 

Persamaan Kuadrat

Fungsi Kuadrat

Kalau elo butuh mengetahui konsep fungsi kuadrat lebih dalam dapat langsung klik link ini ya!

Transformasi

Materi SMP Kelas 9
Transformasi (Arsip Zenius)

Wah menarik nih, materi SMP kelas 9 Matematika berikutnya adalah transformasi. Terasa begitu dekat dengan elo yang akan bertransformasi dari anak SMP menjadi anak SMA.

Yap, Sobat Zenius, transformasi berkaitan dengan perubahan bentuk. Dalam hal ini adalah transformasi geometri yang merupakan perubahan posisi (perpindahan) dari suatu posisi awal (x , y) ke posisi lain (x’ , y’).

Bab ini memiliki sub-bab lain, di antaranya:

Translasi

Konsep Refleksi (Pencerminan)

Konsep Rotasi (Perputaran)

Konsep Dilatasi (Perkalian)

Nah kalau artikel Zenius yang ditulis rekan gue ini, mengupas tuntas mengenai transformasi geometri yang menjadi pembahasan pada materi SMP kelas 9 Matematika ini.

Kesebangunan dan Kekongruenan

Materi SMP kelas 9 Matematika selanjutnya kesebangunan.

Apa sih kesebangunan itu? Kesebangunan merupakan hubungan dua bangun datar atau lebih yang sudut-sudutnya bersesuaian sama besar dan panjang sisi-sisi sudutnya bersesuaian juga sehingga memiliki perbandingan yang sama.

Sedangkan kekongruenan merupakan hubungan dua buah bangun datar atau lebih dengan sudut-sudut bersesuaian dan panjang sisi sudut yang bersesuaian juga sehingga memiliki besar dan panjang yang sama.

Materi ini memiliki sub-materi, antara lain:

Simetri dan Kongruensi

Kesebangunan Dua Segitiga dalam Keadaan Khusus

Penerapan Kesebangunan dalam Pemecahan Masalah

Bangun Ruang Sisi Lengkung

Selanjutnya masuk ke materi kelas 9 Matematika semester 2, yaitu bangun ruang sisi lengkung.

Bangun ruang sisi lengkung merupakan bangun ruang yang mempunyai sisi lengkung. Sisi lengkung ini adalah sisi yang membentuk lengkungan kurva. Bangun ruang sisi lengkung biasanya memiliki sebuah selimut ataupun permukaan bidang.

Materi ini terbagi menjadi 2, mereka adalah:

Unsur, Luas Permukaan dan Volume Tabung, Kerucut, Bola

Luas Permukaan dan Volume Gabungan

Kalau elo masih penasaran mengenai rumus bangun ruang, boleh cek di sini ya! Nah, Sobat Zenius gue sudah usai merangkum materi kelas 9 Matematika. Selanjutnya gue akan bahas mengenai IPA. 

IPA SMP Kelas 9

Setelah belajar Matematika, sekarang gue akan kasih elo pelajaran IPA kelas 9. Nah di kelas 9 ini materi IPA yang akan elo pelajari antara lain: Sistem reproduksi manusia, tumbuhan, dan hewan. Bioteknologi, kelistrikan, dan lainya akan gue bahas satu persatu. Mari mulai dari sistem reproduksi pada manusia.

Sistem Reproduksi pada Manusia

Materi SMP kelas 9 IPA pertama adalah sistem reproduksi yang merupakan sebuah aktivitas perkembangbiakan untuk menghasilkan keturunan. Reproduksi pada manusia hanya terjadi secara seksual. Reproduksi pada manusia diawali dengan perkawinan (kopulasi). Umumnya kopulasi diikuti dengan pembuahan (fertilisasi) internal. Untuk mengetahui pembahasan selanjutnya, elo bisa klik link di bawah ini:

Sistem Reproduksi pada Manusia – Teori

Lalu kalau Sobat Zenius ingin mencoba latihan soal materi SMP kelas 9, bisa banget nih klik link di bawah ini:

Sistem Reproduksi pada Manusia – Latihan Soal

Reproduksi pada Tumbuhan dan Hewan

Kalau tadi gue udah kasih sekilas info mengenai reproduksi manusia, materi SMP kelas 9 berikutnya adalah reproduksi pada tumbuhan dan hewan. Materi ini bisa kalian simak lengkap dengan klik link di bawah ini:

Adaptasi, Seleksi Alam dan Perkembangbiakan – Teori

Setelah menyimak materi reproduksi tumbuhan dan hewan secara lengkap, yuk lanjut kerjain latihan soalnya:

Adaptasi, Seleksi Alam dan Perkembangbiakan – Latihan Soal

Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup

Rangkuman Materi SMP Kelas 9 Beserta Tautan Video Pembahasannya 9
Kloning. (Dok. Unsplash)

Kalau om dan tante lihat wajah elo biasanya mereka bilang apa, mirip ayah atau ibu? Kenapa ya bisa begitu? Kok bisa mirip? Kok bisa ada kembar identik? Sebenarnya gen dan kromosom pembentuk kita tuh bekerja seperti apa ya? Kalau elo mau tau cerita lengkapnya materi SMP kelas 9 IPA tentang pewarisan sifat, klik link di bawah ya:

Materi Pewaris Sifat

Uji pengetahuan pelajaran IPA kelas 9 yang sudah elo pelajari dengan kerjain latihan soalnya di sini

Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan

Listrik itu ada yang statis dan dinamis. Pada materi SMP kelas 9 IPA kali ini kita belajar mengenai listrik statis yang merupakan listrik yang tidak mengalir atau listrik yang muatan-muatan listriknya berada dalam keadaan diam. 

Sedangkan listrik dinamis adalah listrik yang bisa bergerak. Listrik dinamis terjadi karena ada arus listrik searah dan arus listrik bolak-balik.

Yuk simak penjelasan lengkapnya melalui video ini:

Listrik Statis – Teori

Listrik Statis – Latihan Ulangan PG

Listrik Dinamis – Teori

Listrik Dinamis – Latihan Ulangan PG

Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi

Elo tau MRI (Magnetic Resonance Imaging)? Itu lho, alat dalam bidang kedokteran yang digunakan untuk mendeteksi penyakit dalam seperti tumor dan dapat digunakan untuk merekam pemikiran manusia. Nah… Mesin itu menggunakan magnet. Yuk simak materi SMP kelas 9 selengkapnya melalui video di bawah ini:

Kemagnetan – Materi

Kalau sudah mulai paham materi SMP kelas 9 IPA tentang kemagnetan, lanjut kerjain latihan soalnya, yuk!

Kemagnetan – Soal

Bioteknologi Pangan

Di sini siapa yang suka makan keju? Gue! Hehehe… nah materi SMP kelas 9 IPA ini mengenai bioteknologi pangan. Apa itu? Bioteknologi pangan merupakan proses memproduksi makanan dengan proses mengubah bahan baku dari tanaman atau hewan menggunakan api. Hasil produksinya antara lain: minuman fermentasi, roti dan keju.

Yuk simak penjelasannya dan langsung aja kerjain latihan soalnya kalau sudah selesai:

Bioteknologi – Materi

Bioteknologi – Latihan Soal

Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup

Materi SMP kelas 9 IPA yang terakhir adalah partikel penyusun benda mati dan makhluk hidup.

Apakah itu? Tanpa berlama-lama langsung aja yuk simak materinya melalui video pembahasannya. Langsung aja klik di bawah ini ya!

Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup

Bahasa Inggris Kelas 9 SMP

Baiklah Sobat Zenius, pada bagian ini kita akan mempelajari materi bahasa Inggris kelas 9 sesuai dengan panduan kurikulum 2013 revisi. Adapun materinya antara lain:

Expressing Hope, Wish, and Congratulation

Materi SMP kelas 9 Bahasa Inggris pertama adalah: Congratulations merupakan ucapan selamat yang ditujukan kepada seseorang atas prestasi dan kebahagiaan yang diraih. Misalnya nanti setelah lulus ada sahabat elo yang masuk SMA negeri atau SMA yang sangat dia inginkan, bisa banget nih elo ucapin pake bahasa Inggris.

Hope and wish merupakan ungkapan atau ucapan seseorang yang menunjukkan doa, harapan dan keinginan terhadap orang lain supaya lebih baik.

Pernyataan mengenai hope and wish juga berupa harapan untuk terkabulnya cita-cita atau yang menjadi harapan atau impian bagi seseorang. 

Misalnya: elo mau mendoakan teman lulus ujian dan dapat SMA favoritnya.

Simak materi selengkapnya dengan klik link di bawah ini ya!

Expressions of Hope & Wish

Congratulating and Complimenting Someone

Showing Intention, Purpose, and Agreement

Jadi showing purpose itu elo diminta untuk mempelajari tentang ungkapan untuk menunjukkan tujuan dalam melakukan sesuatu.

Adakalanya melakukan harus memiliki suatu alasan atau tujuannya, agar dapat mengungkapkannya menggunakan beberapa ungkapan (expressions):

In order to

So as to

So that

For

To 

Setelah memahami ungkapan untuk menyatakan sebuah tujuan, materi SMP kelas 9 Bahasa Inggris ini meminta elo mengetahui beberapa ungkapan untuk menunjukkan rencana atau keinginan melakukan sesuatu (expressing intention to do something), antara lain:

 I am going to

I am planning to

I will make an effort to

I am thinking of

I have every intention of

I fully intended to

It is my intention to

Kalau setuju dengan pendapat orang lain dan ingin mengungkapkannya kepada orang tersebut, elo bisa menggunakan expression of agreement:

I agree.

I agree with you.

That’s so sure.

I agree with you 100 percent.

I couldn’t agree with you more.

That’s so true.

That’s for sure.

You’re absolutely right.

Absolutely! 

Kalau elo mau lebih memahami materi SMP kelas 9 Bahasa Inggris ini, bisa langsung klik link video pembahasan di bawah ini ya!

Agreement and Disagreement

Reading Labels

Siapa di sini yang ibunya suka kasih label pada setiap toples atau apapun itu? Atau kalian tipe orang yang suka membaca kandungan gizi yang ada di bungkus makanan ringan?

Jadi label adalah teks yang dituliskan di bungkus produk, atau diselipkan di dalam bungkus produk, atau ditempelkan di produk untuk memberikan informasi rinci dari produk tersebut.

Kalau elo penasaran mengenai materi membaca label dalam materi SMP kelas 9 Bahasa Inggris yang satu ini, langsung klik link di bawah ini ya.

Labels

Procedure Text

Selanjutnya yang ada pada materi SMP kelas 9 adalah procedure text.

Kalau menurut Grace, kawan gue yang menulis mengenai teks prosedur pada artikel ini, procedure text adalah jenis teks yang berisi perintah atau instruksi. Teks ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana sesuatu dibuat melalui langkah-langkah tertentu.

Yuk langsung aja simak pembahasan mengenai procedure text.

Modals and Passive Voice

Materi Bahasa Inggris kelas 9 terakhir, yaitu: Modals yang merupakan kata kerja (verbs) yang digunakan untuk mengekspresikan ability (kemampuan), possibility (kemungkinan), permission (izin) ataupun obligation (kewajiban). 

Can, will, may dan must adalah contoh modals yang paling sering digunakan dalam kalimat. 

Contoh kalimat yang menggunakan bentuk passive modals:

The door can not be opened from outside. (ability) (Pintu tersebut tidak dapat dibuka dari luar.)

The amusement park will be opened at 9AM. (possibility) (Taman bermain tersebut akan buka kembali pada jam 9 pagi.)

Nah untuk mempelajarinya lebih lanjut, klik link di bawah ini ya:

Modals

Passive Voice

Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP

Setelah Materi Bahasa Inggris, sekarang lanjut ke materi kelas 9 Bahasa Indonesia. Karena sejatinya sebagai anak Indonesia kita harus mengutamakan bahasa Indonesia. Hehehe.. 

Teks Laporan Percobaan

Materi SMP kelas 9 Bahasa Indonesia yang pertama adalah teks laporan percobaan. Wah… apa ya itu? Yuk langsung saja kita pelajari materinya melalui pembahasan video melalui tautan di bawah ini ya, Sobat Zenius!

Identifikasi Informasi Teks Laporan Percobaan

Teks Cerita Pendek

Siapa di sini yang bisa membuat cerita pendek? Gue bisa dong! Yuk pelajari struktur, ciri kebahasaan, unsurnya, serta serba serbi mengenai teks cerita pendek. Langsung klik tautan di bawah ya, Sobat Zenius!

Unsur Teks Cerita Pendek

Teks Tanggapan

Materi kelas 9 Bahasa Indonesia selanjutnya adalah teks tanggapan.

Dilansir dari repository Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), menurut Sujanto tahun 2004, tanggapan adalah gambaran pengamatan yang tinggal di kesadaran kita sesudah mengamati. 

Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata “Tanggapan” didefinisikan sebagai sambutan terhadap ucapan yang bisa berupa kritik, komentar, dan sebagainya. 

Sementara itu dilansir dari repository Universitas Islam Negeri (UIN), Tanggapan didefinisikan sebagai salah satu pengalaman tentang objek peristiwa atau hubungan yang diperoleh dengan menggunakan informasi dan menafsirkan pesan. 

Yuk pelajari lebih lanjut melalui video pembahasannya di bawah ini:

Identifikasi Informasi Teks Tanggapan

Teks Diskusi

Teks diskusi merupakan sebuah teks yang berisi tentang wacana yang membahas suatu permasalahan dengan disertai argumen atau pendapat, baik yang mendukung maupun yang menentang isu tersebut serta diakhiri dengan simpulan atau rekomendasi penulis. 

Teks Diskusi

Teks Cerita Inspiratif

Materi SMP Kelas 9
Cerita Inspiratif (Arsip Zenius)

Materi SMP kelas 9 Bahasa Indonesia selanjutnya adalah teks cerita inspiratif. Apa ya yang dimaksud teks cerita inspiratif?

Sebenarnya cerita inspiratif merupakan sebuah bentuk dari prosa yang berisikan kisah seorang yang bertujuan untuk memberikan inspirasi atau motivasi. Sedangkan prosa merupakan karangan bebas yang tidak terikat dengan aturan yang terdapat pada puisi lama maupun baru.

Teks Cerita Inspiratif

Buku Fiksi dan Nonfiksi

Materi kelas 9 Bahasa Indonesia terakhir mengenai buku fiksi dan nonfiksi. Di sini gue yakin banget para Sobat Zenius tuh pada suka baca. Mari ketahui apa saja sih unsur buku fiksi dan non fiksi dengan membaca artikel rekan gue ini.

Kemudian untuk mempelajarinya lebih lanjut melalui video pembahasan bisa langsung klik tautan di bawah ini ya!

Buku Fiksi dan Nonfiksi

Zenius juga memberikan rekomendasi paket belajar buat elo yang masih bersekolah di SD, SMP dan SMA, Paket Aktiva Sekolah ! Untuk berlangganan elo bisa klik banner di bawah ini dan dapatkan diskon hingga 80%!

cta zenius aktiva sekolah basic

Baiklah Sobat Zenius kelas 9 selamat menjelajahi fitur, artikel, serta materi pelajaran yang ada di Zenius ya! Semangat terus belajarnya! Ciao!

Originally published: December 23, 2021
Updated by: Arieni Mayesha

Bagikan Artikel Ini!