kompetensi guru

Cara Mengembangkan Keahlian dan Kompetensi Guru – Zenius untuk Guru

Mengembangkan keahlian dan meningkatkan kompetensi guru menjadi suatu hal yang penting bagi Bapak dan Ibu guru. Kompetensi guru adalah suatu indikator yang digunakan sebagai standar penilaian guru secara profesional. Hal ini pun sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005, tentang Guru dan Dosen

Berdasarkan Undang-Undang, terdapat beberapa hal yang wajib dimiliki oleh seorang tenaga pendidik mulai dari status pendidikan hingga memiliki ketetapan hukum yang sah. Selain kualifikasi akademik, Bapak dan Ibu guru juga harus memenuhi empat standar kompetensi yang meliputi seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku dalam tugas keprofesionalan. Apa saja keempat standar kompetensi guru tersebut?

  1. Kompetensi Pedagogik yaitu kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran, termasuk memahami karakter peserta didik.
  2. Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan guru dalam berperilaku positif agar menjadi teladan bagi peserta didik.
  3. Kompetensi Sosial adalah kemampuan guru dalam berkomunikasi kepada siswa, orang tua, sesama tenaga pendidik, dan masyarakat sekitar.
  4. Kompetensi Profesional yaitu kemampuan guru untuk menguasai materi pengetahuan dan menerapkannya dalam pembelajaran.

Bapak dan Ibu guru mempunyai peran yang penting dalam pendidikan. Tidak hanya dituntut untuk menguasai materi, saat ini guru juga diharuskan mengikuti perkembangan teknologi yang ada sehingga penyampaian materi pelajaran bisa lebih efektif. Maka dari itu, keahlian Bapak dan Ibu guru harus terus diasah agar kompetensi guru yang dimiliki semakin meningkat dan dapat berdampak positif pada keberlangsungan pembelajaran.

Lalu, bagaimana cara Bapak dan Ibu untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru? Berikut ini, ZenRu memberikan beberapa cara yang bisa Bapak dan Ibu guru lakukan untuk mengembangkan keahlian dalam mengajar.

Baca Juga: 4 Standar Kompetensi Guru yang Harus Dimiliki

6 Cara Meningkatkan Kompetensi Guru

kompetensi guru
Mengikuti lokakarya ZenRu sebagai salah saatu cara meningkatkan kompetensi guru.
  1. Melanjutkan Pendidikan
    Berdasarkan Undang-Undang, salah satu kompetensi guru profesional yang harus dipenuhi Bapak dan Ibu guru adalah kualifikasi dan persyaratan jenjang pendidikan. Dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Bapak dan Ibu guru bisa menambah pengetahuan serta memperoleh informasi baru dalam hal pendidikan. Pemerintah pun sering mengadakan program-program pendidikan yang dapat mendukung peningkatan profesionalisme guru, sehingga nantinya guru dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal.
  1. Mengikuti Pelatihan dan Berbagai Kegiatan Guru
    Selain melalui jenjang formal, Bapak dan Ibu guru juga bisa melanjutkan pendidikan secara non formal. Saat ini, banyak sekali pelatihan-pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan keahlian Bapak dan Ibu guru dalam mengajar, mulai dari pemanfaatan teknologi untuk pendidikan sampai peningkatan pengetahuan pedagogi. Seperti lokakarya, webinar, dan pelatihan yang dilakukan oleh Zenius untuk Guru. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, Zenius untuk Guru hadir untuk mendampingi Bapak dan Ibu guru dalam meningkatkan kompetensi mengajar.
  1. Aktif dalam Komunitas Guru
    Bergabung dalam komunitas guru dapat membantu Bapak dan Ibu dalam meningkatkan keahlian mengajar. Dalam sebuah komunitas, Bapak dan Ibu guru bisa saling bertukar informasi dan berdiskusi terkait hal-hal pendidikan secara lebih mudah. Salah satu komunitas guru yang bisa Bapak dan Ibu guru ikuti adalah komunitas guru ZenRu. Melalui komunitas ZenRu, Bapak dan Ibu guru di seluruh Indonesia bisa membangun relasi baru, menambah pengetahuan, mendapatkan inspirasi, dan menemukan solusi dari tantangan mengajar yang ditemui.
  1. Memperbanyak Membaca
    Untuk mendapatkan inspirasi mengajar atau menambah pengetahuan, Bapak dan Ibu guru tidak harus selalu belajar dari seseorang dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Hal itu memang diperlukan, tapi ada cara lain yang bisa Bapak dan Ibu guru lakukan yaitu dengan memperbanyak membaca buku dan karya tulis lainnya seperti artikel blog, jurnal, atau hasil penelitian yang membahas tentang metode-metode pengajaran. Bapak dan Ibu guru bisa membaca buku-buku seputar materi pelajaran, pedagogik, cara berkomunikasi, dan lain sebagainya.
  1. Menghasilkan Karya Tulis di Bidang Pendidikan
    Tidak hanya membaca, Bapak dan Ibu guru juga perlu banyak menulis untuk mengembangkan kompetensi guru yang dimiliki. Tulisan-tulisan yang bisa Bapak dan Ibu guru ciptakan pun bervariasi mulai dari artikel, jurnal, penelitian, sampai buku. Dengan menghasilkan karya tulis di bidang pendidikan, Bapak dan Ibu guru bisa melatih keterampilan menulis serta menuangkan konsep-konsep gagasan. Nantinya, hasil karya tulis Bapak dan Ibu guru juga bisa dijadikan sebagai sumber bacaan bagi rekan guru lainnya.
  1. Mengenal Peserta Didik Lebih Dekat
    Untuk meningkatkan kemampuan profesional Bapak dan Ibu guru bukan berarti tidak memperhatikan siswa ya, karena guru dan siswa memiliki keterkaitan yang sangat erat. Kedekatan emosional antara guru dan siswa bisa membawa perubahan yang besar dalam kegiatan pembelajaran. 

    Bapak dan Ibu guru perlu mengenali karakteristik siswa agar dapat menemukan metode pembelajaran yang sesuai bagi mereka. Jika metode yang digunakan sudah sesuai, proses belajar mengajar pun menjadi lebih efektif dan efisien. Mengenal siswa lebih dekat juga bisa membuat suasana kelas menjadi nyaman bagi siswa, dimana guru tidak hanya berperan sebagai “pemberi materi” tetapi juga sebagai teman yang dapat membantu dan mendukung siswa dalam belajar.

Menjadi guru di tengah perubahan pendidikan akibat pandemi seperti sekarang ini bukanlah hal yang mudah. Bapak dan Ibu guru pastinya menemukan berbagai tantangan. Karenanya, Bapak dan Ibu guru pun dituntut untuk bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang ada, serta mengasah dan mengembangkan kompetensi guru yang dimiliki agar terus menciptakan pembelajaran bermakna bagi siswa. Cara-cara di atas hanyalah sebagian hal yang bisa Bapak dan Ibu lakukan untuk meningkatkan kompetensi guru. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya untuk Bapak dan Ibu guru! 

Bapak dan Ibu guru juga bisa merasakan kemudahan dalam belajar mengajar melalui Zenius untuk Guru. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan akses yang mudah, Bapak dan Ibu guru bisa merasakan cara mengajar yang baru. Informasi lebih lanjut, klik di sini -> Zenius untuk Guru

Baca Juga Artikel Lainnya

Inquiry-based Learning: Siswa Belajar Mandiri

Menjadi Guru Inspiratif di Era Digital

Peran Guru dalam PTMT

Bagikan artikel ini