guru inspiratif

Menjadi Guru Inspiratif di Era Digital

Bapak/Ibu guru, tahukah apa yang dimaksud dengan guru inspiratif? Guru inspiratif adalah guru yang bisa memberikan pembelajaran secara kreatif, inovatif, dan tentunya menyenangkan sehingga menciptakan siswa yang aktif dalam kelas. Tidak hanya menjadi teladan, guru inspiratif juga harus bisa membuka wawasan murid dan sekitarnya.

Menjadi seorang guru yang inspiratif bukanlah hal yang mudah. Guru harus bisa menginspirasi murid untuk berpikir sehingga rasa ingin tahunya selalu berkembang dan terjadi perubahan bagi diri siswa ke arah yang lebih baik.

Dalam rangka membantu para guru menjadi guru inspiratif, Zenius untuk Guru menghadirkan kegiatan spesial berjudul Bootcamp Pengajar Inspiratif di Era Digital. Sebanyak 75 orang guru yang mengikuti kegiatan ini dipilih berdasarkan kontribusi dan karyanya di masa pandemi, baik yang terlihat di sosial media ataupun internet, serta mereka yang sudah pernah mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan ZenRu.

Melalui kegiatan yang diadakan pada 1-8 November 2021 ini, para guru terpilih mengikuti webinar text dan pelatihan tatap muka daring untuk membahas strategi menjadi guru inspiratif di tengah tantangan mengajar masa kini. Nah, apa saja kiat-kiat yang disebutkan dalam Bootcamp Pengajar Inspiratif di Era Digital ini? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Tantangan Guru Inspiratif untuk Mengajar di Masa Kini

Dalam mengajar, seorang guru pastinya menemukan berbagai tantangan. Terlebih di era digital seperti saat ini, Bapak/Ibu guru dituntut untuk mengikuti berbagai perkembangan teknologi yang ada. 

Di hari pertama Bootcamp Pengajar Inspiratif di Era Digital, Bapak/Ibu guru peserta saling berdiskusi dalam webinar text via Telegram mengenai perubahan apa saja yang terjadi dalam pendidikan selama satu tahun ke belakang. Dari hasil jawaban Bapak/Ibu guru, terlihat bahwa perubahan-perubahan tersebut berdampak pada proses belajar mengajar dan beberapa menjadi tantangan tersendiri bagi guru.

Salah satu perkembangan yang paling besar adalah adanya internet. Internet membuka kesempatan bagi setiap orang untuk mendapatkan pengetahuan dan berkomunikasi. Dengan adanya internet, Bapak/Ibu guru bisa mendapatkan media ajar dengan lebih mudah. Tidak hanya guru, siswa pun memiliki sumber informasi yang lebih beragam.

Jika melihat satu tahun ke belakang, perubahan yang paling dirasakan Bapak/Ibu guru adalah adanya pandemi. Kegiatan belajar mengajar tentunya berubah dari luring menjadi daring, dimana Bapak/Ibu guru harus beradaptasi dengan metode belajar yang baru. Namun beberapa bulan terakhir, sebagian sekolah kembali diperbolehkan melakukan kegiatan sekolah tatap muka terbatas yang tentunya guru harus mulai menyesuaikan lagi dengan situasi kelas di tengah pandemi.

Dengan semua perubahan yang ada, Bapak/Ibu guru mempunyai cara masing-masing untuk memastikan bahwa siswa bisa terus belajar dan peran guru sebagai pengajar tidak tergantikan. Dalam sesi tatap muka via Zoom bootcamp di hari yang sama, kemudian dibahas bagaimana cara untuk menciptakan pengajaran yang ideal di tengah tantangan mengajar yang ada, salah satunya dengan WOOP Strategy.

guru inspiratif

Pemanfaatan Teknologi Bagi Guru Inspiratif

Dari hasil diskusi Bapak/Ibu guru di sesi Bootcamp Pengajar Inspiratif di Era Digital sebelumnya, teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pendidikan, terlebih sejak pandemi berlangsung. Tentunya perubahan teknologi ini menuntut Bapak/Ibu guru dan juga siswa untuk terus mengikuti dan menyesuaikannya dalam kegiatan belajar mengajar.

Bagi Bapak/Ibu guru, teknologi apa saja yang berperan besar dalam mendukung pembelajaran selama pandemi? 

Di hari kedua Bootcamp Pengajar Inspiratif di Era Digital, Bapak/Ibu guru saling berbagi pengalamannya dalam menggunakan berbagai teknologi yang mendukung proses belajar, terutama saat pembelajaran jarak jauh.

Untuk menjadi guru yang inspiratif, tentunya Bapak/Ibu guru harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada ke dalam pembelajaran. Selain memudahkan proses belajar mengajar, penggunaan teknologi pendukung pendidikan juga dapat menciptakan kelas yang lebih inovatif dan kreatif. Salah satu teknologi yang digunakan Bapak/Ibu guru adalah Zenius untuk guru yang hadir dalam LMS (Learning Management System) dan aplikasi yang bisa diunduh melalui Play Store atau App Store. 

Playlist tutorial menggunakan LMS ZenRu bisa Bapak/Ibu guru lihat di sini: 

Playlist tutorial menggunakan aplikasi Zenius bisa Bapak/Ibu guru lihat di sini:

Memberikan Pembelajaran yang Bermakna

Menjadi seorang guru inspiratif artinya mampu memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Dimana semua proses belajar mengajar berkaitan dengan informasi terbaru dan sesuai dengan materi pembelajaran yang ada.

Di hari ketiga Bootcamp Pengajar Inspiratif di Era Digital, Bapak/Ibu guru melakukan belajar mandiri melalui Telegram. Para peserta melakukan refleksi terkait tantangan yang ditemui saat mengajar dari diri sendiri, keluarga, siswa, maupun dari institusi, kemudian menganalisis tantangan tersebut menggunakan WOOP strategy yang sebelumnya dijelaskan. 

Melalui kegiatan belajar mandiri tersebut, Bapak/Ibu guru bisa menemukan solusi dari tantangan yang ditemui dan mencari teknologi apa yang bisa mendukung penyelesaian masalah tersebut. Peserta pun diberikan kesempatan untuk saling memberikan umpan balik terhadap hasil analisis peserta lain.

Kreasi Materi Ajar Sesuai Minat Siswa

Seperti yang sebelumnya, guru inspiratif adalah guru yang mampu memberikan pembelajaran kreatif. Materi yang kreatif bisa disesuaikan dengan minat siswa untuk menciptakan ketertarikan mereka dalam belajar. Lalu, bagaimana minat siswa sebenarnya?

Pada hari keempat Bootcamp Pengajar Inspiratif di Era Digital, Bapak/Ibu guru dibagi ke dalam beberapa grup untuk membahas dan membuat kesimpulan tentang Pen Principles. Setelah berdiskusi melalui Telegram, Bapak/Ibu guru kemudian mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana minat siswa dalam pembelajaran dalam sesi tatap muka yang diadakan sore hari.

Dalam sesi tatap muka via Zoom dijelaskan bahwa penggunaan video meningkat di tahun 2021. Hal ini menjadi salah satu tanda bahwa video menjadi materi yang disukai oleh generasi-generasi muda saat ini, termasuk siswa. Ada beberapa alasan mengapa video menjadi media yang diminati saat ini, diantaranya:

  1. Materi ringkas

Melalui video, setiap topik disajikan dalam unit-unit kecil dan dalam sesi pendek sekitar 5-10 menit.

  1. Penyampaian Interaktif

Video memberikan pengalaman yang berbeda dimana penontonnya bisa berpartisipasi secara aktif.

  1. Audiovisual Menarik

Informasi topik dipaparkan dalam konten grafis seperti gambar, animasi, infografis, dsb sehingga menarik perhatian.

Melihat kondisi di atas, penggunaan video yang banyak disukai generasi muda saat ini bisa dimanfaatkan Bapak/Ibu guru untuk menyampaikan materi. Pembelajaran menggunakan video tentunya membuat siswa lebih tertarik untuk belajar dan memudahkan mereka dalam memahami materi. Hal inilah yang bisa diterapkan Bapak/Ibu guru sebagai guru inspiratif. Selain memanfaatkan teknologi masa kini, Bapak/Ibu juga menciptakan materi ajar yang kreatif dan inovatif.

Menjadi Guru Inspiratif Demi Perubahan untuk Pendidikan

Di hari terakhir Bootcamp Pengajar Inspiratif di Era Digital, para peserta belajar dari dan untuk guru karena materi disampaikan oleh sesama rekan guru. Bapak/Ibu guru peserta terpilih melakukan presentasi terkait tantangan mengajar yang dihadapi, serta solusi yang selama ini dilakukan. Melalui sesi tatap muka via Zoom, para peserta saling berdiskusi mengenai masalah yang disajikan dan mencari solusinya bersama.

Berikut ini adalah beberapa solusi yang diberikan Bapak/Ibu guru peserta bootcamp dalam mengatasi tantangan mengajar yang berbeda-beda.

  1. Memahami situasi dan kondisi siswa yang sulit belajar dan tidak mengumpulkan tugas saat PJJ
  2. Bernegosiasi dengan siswa untuk menentukan kapan waktu belajar dan pengerjaan tugas yang mereka sanggupkan. Dengan begitu, siswa akan merasa pendapatnya didengar oleh guru.
  3. Menerapkan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan semangat belajar siswa, contohnya menggunakan video, power point yang menarik, atau dengan permainan edukatif.
  4. Menjalin komunikasi dan memberikan pemahaman ke orang tua tentang pentingnya pendidikan bagi siswa agar mereka juga memotivasi anaknya untuk belajar dari rumah.
  5. Memiliki manajemen waktu yang baik bagi guru untuk memberikan batasan waktu kapan mengajar dan kapan mengurus keluarga.

Semua upaya yang dilakukan Bapak/Ibu guru peserta Bootcamp Pengajar Inspiratif di Era Digital menjadi bukti besarnya perjuangan guru dalam memberikan pembelajaran yang bermakna. ZenRu ucapkan terima kasih untuk Bapak/Ibu guru yang telah mengikuti Bootcamp Pengajar Inspiratif di Era Digital dari awal sampai akhir. Semoga Bapak/Ibu guru bisa menjadi guru inspiratif bagi siswa agar tercipta perubahan yang berarti dalam pendidikan.

Temukan kegiatan menarik lainnya untuk mengembangkan kompetensi dan keahlian mengajar Bapak/Ibu guru melalui Zenius untuk Guru. Sampai bertemu di acara-acara selanjutnya ya!

Baca Artikel Lainnya

Komunitas Guru ZenRu: Tempat Berbagi Pengalaman Mengajar

Perjuangan Guru Mengajar Selama Pandemi

5 Permainan Edukatif yang Mendukung Belajar Mengajar

Bagikan artikel ini: