Info Kuliah, Passing Grade, Peminat, dan Jurusan di SITH ITB

Info Kuliah, Peminat, Daya Tampung, dan Jurusan di SITH ITB

Tertarik masuk SITH ITB? Yuk, cari tahu info terkait akreditasi, passing grade, daya tampung, dan jurusan di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB.

Sobat Zenius, kayaknya sering banget ya, aktivis lingkungan protes soal kerusakan hutan? Gue pribadi sangat mendukung gerakan mereka, ya. Hutan ada sebagai penghasil oksigen bagi kehidupan kita, kebayang ya gimana jadinya kalau hutan terus dirusak.

Manfaat hutan juga nggak sekadar sebagai paru-paru dunia, lho. Mulai dari menyimpan cadangan air sampai mencegah tanah longsor juga alasan mengapa hutan sangat penting.

Sayangnya, seperti yang udah gue singgung, saat ini banyak kerusakan hutan terjadi di mana-mana. Kelangsungan makhluk hidup dan lingkungan sama-sama terancam. 

Karena itu, perlu adanya tindakan pencegahan dan pengelolaan hutan yang baik. Di sinilah peran ahli kehutanan sangat penting, lho. 

Nah, salah satu jurusan kuliah yang mempelajari tentang pelestarian hutan ada di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung (SITH ITB). Namanya Jurusan Rekayasa Kehutanan.

Sebetulnya, pilihan jurusan SITH ITB ada lebih banyak lagi, nih. Baca artikel ini sampai selesai, ya! 

Mengenal SITH ITB

Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) bisa dikatakan sebagai fakultas baru yang ada di Institut Teknologi Bandung nih, guys. Soalnya, SITH ITB ini baru didirikan pada tahun 2006. 

Saat ini, SITH ITB telah memiliki enam program studi S1, dua program studi S2, dan satu program studi S3. Tapi, di artikel ini gue cuma fokus untuk membahas program studi S1 aja, ya. 

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas untuk cek kampus yang cocok buat elo!

Jurusan di SITH ITB

Sebelum membahas tentang jurusan SITH ITB, elo harus tahu dulu nih, kalau SITH ITB terbagi menjadi dua pilihan pada pendaftaran ujian masuk, yaitu SITH-Sains dan SITH-Rekayasa. 

Jurusan/prodi yang termasuk SITH-S, yaitu:

  • Prodi Biologi ITB
  • Prodi Mikrobiologi ITB

Jurusan/prodi yang termasuk SITH-R, yaitu: 

  • Prodi Rekayasa Hayati ITB
  • Prodi Rekayasa Pertanian ITB
  • Prodi Rekayasa Kehutanan ITB
  • Prodi Teknologi Pasca Panen ITB

Jadi, ketika mendaftar SITH ITB, elo hanya bisa memilih dua sekolah/fakultas itu aja. Lho, kenapa gitu? Iya, jadi di ITB itu ada yang namanya Tahapan Persiapan Bersama (TPB) nih, guys. 

Semua mahasiswa baru ITB harus melewati masa TPB selama satu tahun (2 semester). Kemudian di tahun kedua, elo baru bisa memilih jurusan yang elo mau.

Gue kasih bocoran ada jurusan/prodi apa aja, ya. Langsung cek aja di bawah ini.

Jurusan di SITH ITB Institut Teknologi Bandung
Jurusan di SITH ITB. (Arsip Zenius)

1. Program Studi Biologi ITB

Wah, kalau ngomongin Prodi Biologi, elo pasti sudah paham dong, apa yang akan dipelajari? Yap, betul banget! Di Program Studi Biologi ITB, elo pastinya akan belajar tentang makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, sampai mikroba. 

Jadi di masa perkuliahan nanti, elo akan belajar banyak tentang genetika, struktur organisme, fisiologi, dan lain-lainnya. 

Menariknya dari jurusan ini, yaitu ada yang namanya kuliah lapangan.

Jadi, selama masa perkuliahan elo nggak akan belajar di kelas aja, guys. Tapi elo juga akan melakukan kegiatan belajar di alam bebas seperti di Taman Nasional Ujung Kulon dan Taman Nasional Bali Barat. Di sini, elo akan belajar mengamati perilaku hewan dan juga mengamati fenomena alam. 

Gimana? Seru banget, kan? 

Prospek kerja Sarjana Biologi ITB juga ada banyak, lho. Lulusan Biologi ITB bisa bekerja di berbagai instansi pemerintahan seperti Departemen Pertanian, Departemen Kehutanan, Departemen Kesehatan, dan lainnya.

Nggak cuma itu aja, elo juga bisa bekerja di bidang industri bahan makanan, peneliti, wiraswasta, dan lainnya.

2. Program Studi Mikrobiologi ITB

Nggak tertarik masuk ke Jurusan Biologi? Tenang, di SITH-ITB juga punya Prodi Mikrobiologi, lho. 

Di Prodi Mikrobiologi ITB, elo akan mempelajari mikroorganisme seperti alga, jamur, bakteri, dan virus. 

Terus bedanya apa sih, antara Jurusan Biologi dengan Jurusan Mikrobiologi?

Perbedaannya yakni kalau Jurusan Biologi cakupan ilmunya lebih luas, karena ruang lingkup yang dipelajari mulai dari sel sampai biosfer. 

Sedangkan Jurusan Mikrobiologi, ilmu yang dipelajari lebih spesifik, yaitu hanya mempelajari tentang mikroorganisme saja. 

Nah, saat mempelajari mikroorganisme, elo akan sekaligus mendalami tentang teknik rekayasa genetika, kultur sel, teknologi fermentasi, hingga membuat makanan dengan melibatkan mikroba. Contoh makanan yang dibuat dengan melibatkan mikroba adalah keju dan yoghurt. 

Untuk peluang kerja lulusan mikrobiologi, elo bisa bekerja di berbagai instansi pemerintahan seperti Departemen Pertanian, Departemen Kesehatan, dan lainnya.

Selain itu, elo juga bisa bekerja di bidang industri makanan sebagai staf quality control atau bagian research and development. 

3. Program Studi Rekayasa Hayati ITB

Jurusan/Prodi Rekayasa Hayati ITB (Bio-engineering) merupakan salah satu pilihan prodi yang ada di SITH-R. 

Prodi ini menggabungkan ilmu hayati (bio-science) dengan ilmu teknik (engineering). Kalau masuk ke jurusan ini, elo akan belajar tentang sistem produksi berbasis makhluk hidup seperti mikrobiologi, hewan, dan tumbuhan. Selain itu, elo juga akan belajar bagaimana cara menghasilkan bioproduk yang bernilai tinggi. 

Nah, sekarang ngomongin peluang kerja lulusan Rekayasa Hayati ITB. Bisa kerja apa, ya? Elo bisa terjun ke bidang farmasi, obat-obatan, pangan, kosmetik, dan masih banyak lagi. 

4. Program Studi Rekayasa Pertanian ITB

Sesuai dengan namanya, di Prodi Rekayasa Pertanian ITB, elo akan mempelajari berbagai hal terkait dengan ilmu pertanian. Sebagai contoh, nanti elo akan belajar bagaimana cara menghasilkan produk pertanian dengan efisiensi tinggi, tetapi nggak mencemari lingkungan. 

Selain itu, elo juga akan belajar sistem budidaya pertanian dengan menggunakan berbagai macam teknologi. Makanya, nanti elo akan ketemu mata kuliah seperti Mekanika Fluida, Teknik Mesin, dan Desain Rekayasa. 

Nah, untuk peluang kerja lulusan Rekayasa Pertanian ITB, elo bisa bekerja sebagai tenaga ahli pertanian pada lembaga pemerintah, tenaga ahli pertanian pada industri pertanian dan perkebunan, atau LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). 

5. Program Studi Rekayasa Kehutanan ITB

Berbeda dengan Jurusan Kehutanan di kampus lain, kalau di Rekayasa Kehutanan ITB elo akan mempelajari ilmu kehutanan dan ilmu teknik sekaligus. Makanya, kalau elo udah lulus, gelar yang didapat adalah Sarjana Teknik (S.T.) bukan Sarjana Kehutanan (S.Hut). 

Di  Prodi Rekayasa Kehutanan ITB, elo akan belajar cara merancang serta mengelola hutan. Jadi, kalau ada hutan yang rusak, elo bisa memperbaikinya dengan menerapkan ilmu sains yang pernah dipelajari selama masa perkuliahan. 

Nah, buat elo yang suka berpetualang dan menjelajah hutan, jurusan ini bisa dipertimbangkan, nih. Kenapa? Soalnya, kalau masuk ke prodi ini, sudah pasti elo akan banyak mengunjungi berbagai hutan yang ada di Indonesia. Jadi nggak sabar, kan? Belajar tapi sambil jalan-jalan juga. 

Untuk peluang kerjanya juga sangat luas, lho. Elo bisa bekerja di bidang pengelolaan hutan pada instansi pemerintah dan swasta, industri kehutanan, reklamasi area bekas tambang, atau restorasi ekosistem hutan. 

6. Program Studi Teknologi Pasca Panen ITB

Last but not least, gue mau kenalin ke elo Prodi Teknologi Panen ITB. Sekarang coba tebak deh, menurut elo di prodi ini bakal belajar apa, sih? 

Jadi, kalau masuk prodi ini, elo akan belajar cara memaksimalkan hasil panen dengan menggunakan berbagai teknologi yang tersedia. Selain itu, elo juga akan belajar bagaimana caranya memperpanjang umur simpan dan masa pakai hasil panen. 

Menarik banget, kan?

Lalu, bagaimana dengan prospek kariernya? Apakah menjanjikan? Eitss, nggak perlu khawatir karena elo bisa bekerja di banyak bidang, seperti:

  • Industri pertanian
  • Industri peternakan
  • Industri kesehatan dan farmasi
  • Industri benih
  • Instansi pemerintah
  • Peneliti

Baca Juga: Info Kuliah, Akreditasi, dan Daftar Jurusan di FTSL ITB

Daya Tampung SITH ITB

So, karena elo udah tau apa saja jurusan SITH ITB, sekarang gue mau kasih tau informasi tentang jalur masuknya, nih. Sama dengan kampus lainnya, SITH ITB juga menyediakan tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu:

  • SNMPTN (undangan)
  • UTBK SBMPTN (ujian tertulis)
  • Seleksi Mandiri ITB (pakai hasil UTBK dan nilai rapor).

Untuk daya tampung SITH ITB tahun 2022, bisa elo lihat melalui gambar di bawah ini, ya.

daya tampung SITH ITB
Daya tampung SITH ITB tahun 2022. (Arsip Zenius)

Lalu berapa banyak sih, peminat SITH ITB pada tahun 2021? 

Nah, peminat SITH ITB jalur UTBK SBMPTN 2021 mencapai 305 orang untuk program SITH-S. Sedangkan untuk peminat SITH-R mencapai 545 orang. 

Oh iya, untuk informasi tentang passing grade SITH ITB, sayangnya belum bisa gue kasih tahu, nih. Soalnya, data passing grade merupakan data rahasia yang hanya diketahui oleh pihak penyelenggara ujian. Jadi, nggak ada yang tahu persis deh, berapa passing grade SITH ITB.

Meski begitu, elo masih bisa kok, mencari tahu tentang kejelasan passing grade melalui artikel Cara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi ini, ya. 

Akreditasi SITH ITB

Kalau ngomongin akreditasi SITH ITB, nggak perlu diragukan lagi. Soalnya, hampir semua jurusan SITH ITB telah mendapat akreditasi Unggul. Nggak percaya? Cuss, cek informasinya di bawah ini!

  • Akreditasi Unggul untuk Prodi Biologi ITB
  • Akreditasi Unggul untuk Prodi Mikrobiologi ITB
  • Akreditasi Unggul untuk Prodi Rekayasa Hayati ITB
  • Akreditasi Unggul untuk Prodi Rekayasa Pertanian ITB
  • Akreditasi Unggul untuk Prodi Rekayasa Kehutanan ITB
  • Akreditasi B untuk Prodi Teknologi Pasca Panen ITB
akreditasi SITH ITB
Akreditasi SITH ITB. (Arsip Zenius)

Baca Juga: Info Passing Grade dan Jurusan di Fakultas Teknik UNDIP

Gelar Sarjana dari SITH ITB

Karena SITH ITB mengelola banyak jurusan, sudah pasti gelar sarjananya pun berbeda-beda. Tapi, elo nggak perlu bingung mencari tahu gelar apa yang akan elo sandang, karena gue udah merangkum informasinya di bawah ini.

Berikut gelar sarjana yang akan elo sandang ketika lulus S1 dari SITH ITB.

  • Sarjana Sains (S.Si) untuk lulusan Biologi ITB
  • Sarjana Sains (S.Si) untuk lulusan Mikrobiologi ITB
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan Rekayasa Hayati ITB
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan Rekayasa Pertanian ITB
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan Rekayasa Kehutanan ITB
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan Teknologi Pasca Panen ITB

Baca Juga: Jurusan, Daya Tampung, dan Biaya Kuliah FTI ITB

So, itu dia informasi tentang jurusan di SITH ITB. Semoga dengan membaca artikel ini, elo nggak galau memilih jurusan lagi, ya. 

Nah, buat elo yang lagi nunggu pelaksanaan UTBK 2022 gelombang 2, semangat berjuang! 

Elo masih bisa tonton playlist belajar UTBK yang udah Zenius siapin kapanpun. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Makin banyak latihan, pasti makin oke dong persiapannya. Yuk, ikutan program Zenius Ultima Bootcamp . Supaya elo jadi makin siap untuk menghadapi ujian masuk kampus dan bisa ngerjain soal dengan percaya diri pas hari H nanti. Langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

zenius ultima boot camp um

Referensi:

PDDikti – pddikti.kemdikbud.go.id

SITH ITB – sith.itb.ac.id

Institut Teknologi Bandung – itb.ac.id

Portal Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Teknologi Bandung – admission.itb.ac.id

Bagikan Artikel Ini!