Info Passing Grade dan Jurusan di Fakultas Teknik UNDIP

Info Passing Grade dan Jurusan di Fakultas Teknik UNDIP

Elo tertarik berkuliah di Fakultas Teknik UNDIP? Yuk, simak info lengkap jurusan, daya tampung, prospek kerja, hingga akreditasi Fakultas Teknik UNDIP.

Sobat Zenius, udah cek kalender belum? Pelaksanaan UTBK tinggal hitungan hari, nih! Karena pendaftarannya sudah ditutup pada 15 April 2022 kemarin, berarti elo udah menentukan pilihan jurusan kuliah.

Wah, berarti udah nggak ada gunanya milih-milih jurusan sekarang? Eitss, jalur masuk universitas nggak cuma UTBK, lho. Masih ada kesempatan masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) lewat ujian mandiri. 

Lho, UTBK aja belum kok udah ngomongin ujian mandiri? Nah, gue sarankan untuk nggak mengandalkan satu jalur masuk aja, ya. Soalnya, saingan elo di UTBK itu dari sepenjuru negeri. Selalu ada kemungkinan elo nggak lolos diterima. 

Makanya, gue mau rekomendasikan pilihan jurusan di Fakultas Teknik UNDIP (Universitas Diponegoro). Barangkali bisa elo pertimbangkan jika ingin mendaftar di Jurusan Teknik lewat ujian mandiri nantinya.

Simak artikel ini sampai tuntas, ya! Jangan asal pilih jurusan yang bakal elo jalani selama empat tahun. 

Realitanya, banyak yang kehilangan motivasi di tengah-tengah perkuliahan dan merasa ingin pindah jurusan. Kasus kayak gitu bisa dicegah, kok, mulai dari mengulik jurusan kuliah pilihan elo. 

Nah, seperti yang tadi gue sebut, artikel gue kali ini akan bahas jurusan di FT UNDIP. Yuk, simak sampai selesai, ya! 

Mengenal Fakultas Teknik UNDIP

Jadi, Fakultas Teknik UNDIP itu udah berdiri cukup lama, lho, tepatnya sejak 15 Oktober 1960. Kampusnya berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Saat pertama kali beroperasi, Jurusan Teknik Sipil merupakan jurusan pertama yang ada di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Kemudian, disusul Jurusan Arsitektur pada tahun 1962, Teknik Kimia pada tahun 1965, dan terus berkembang hingga saat ini ada 12 jurusan yang tergabung di dalam Fakultas Teknik UNDIP.

Wow, banyak banget pilihan jurusannya, ya! Penasaran ada jurusan apa saja di Fakultas Teknik UNDIP? Gue kasih bocoran apa aja yang dipelajari di tiap jurusan, sampai prospek kerjanya! 

Jurusan S1 di Fakultas Teknik UNDIP

 jurusan di fakultas teknik undip
Jurusan S1 di Fakultas Teknik UNDIP. (Arsip Zenius)

1. Jurusan Teknik Sipil

Di Jurusan Teknik Sipil, elo akan mempelajari tentang perencanaan, desain, dan juga konstruksi bangunan. Sehingga, kalau udah lulus, kemungkinan elo akan terlibat dengan proyek-proyek pembangunan jalan tol, jembatan, dan infrastruktur lainnya. 

Lulusan Sarjana Teknik Sipil sendiri bisa bekerja sebagai konsultan, pertambangan dan perusahan perminyakan, pengembangan properti, dan masih banyak lagi.

2. Jurusan Arsitektur

Kalau jurusan satu ini, pastinya elo udah tahu dong apa yang akan dipelajari? Yap, di Jurusan Arsitektur elo akan belajar cara mendesain bangunan seperti rumah, gedung, dan lain sebagainya. 

Terus, apa sih, perbedaan Jurusan Arsitektur dengan Jurusan Teknik Sipil? 

Perbedaannya, arsitektur lebih fokus pada desain suatu bangunan. Sedangkan, teknik sipil lebih fokus memikirkan bagaimana caranya membuat struktur bangunan yang kuat tapi juga murah.

Nah, kalau elo suka dengan seni bangunan, mungkin elo akan cocok nih masuk ke jurusan ini. 

Untuk prospek karier Sarjana Arsitektur, elo bisa bekerja sebagai konsultan desain, perencanaan, pengembang properti, dan masih banyak lagi. 

3. Jurusan Teknik Kimia

Suka dengan pelajaran Kimia? Nah, mungkin Jurusan Teknik Kimia bisa elo pertimbangkan. Soalnya, di jurusan ini, elo akan belajar tentang menganalisis dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan kimia. 

Jurusan Teknik Kimia sendiri berbeda dengan Jurusan Kimia Murni, lho. Kalau di ranah kimia murni, elo akan fokus untuk menciptakan suatu zat baru. 

Sedangkan Teknik Kimia lebih fokus untuk mengembangkan zat yang sudah ada tersebut hingga menjadi suatu produk setengah jadi atau siap pakai. 

Kalau elo mau tahu lebih detail tentang perbedaan Teknik Kimia dan Kimia Murni, bisa cek artikel Perbedaan Jurusan Teknik Kimia dan Kimia Murni ini, ya.

Peluang kerjanya juga sangat luas lho, elo bisa bekerja di perusahaan swasta, farmasi, metalurgi, dan lainnya. 

4. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Sesuai dengan namanya, di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, elo akan belajar tentang perencanaan wilayah perkotaaan, manajemen pembangunan, sistem tata kota, dan perencanaan transportasi.

Selain itu, elo juga akan belajar tentang sistem informasi geografis, hukum, dan administrasi perencanaan.

Terus gimana sama peluang kerjanya? 

Nah, lulusan Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota bisa bekerja di berbagai bidang seperti instansi pemerintahan, perusahaan swasta, peneliti, atah sebagai pengembang properti.

5. Jurusan Teknik Mesin

Elo pasti udah bisa tebak dong apa yang akan dipelajari di Teknik Mesin? Yap, elo akan belajar banyak hal tentang mesin. 

Adapun materi yang akan elo pelajari di jurusan ini seperti cara memanfaatkan energi dan konservasi, mesin fluida, pemanas dan pendingin udara, mesin pengolahan, dan lain sebagainya. 

Nah, kalau udah lulus dari Jurusan Teknik Mesin, nanti elo bisa bekerja di banyak bidang seperti perusahaan swasta, pertambangan, perminyakan, dan lainnya. 

6. Jurusan Teknik Elektro

Di Jurusan Teknik Elektro, elo akan banyak mempelajari tentang listrik, mulai dari mesin listrik, teknik tegangan tinggi, desain IC, antena, sistem basis data, dan lain sebagainya. Untuk peluang kerjanya juga ada banyak, lho. Elo bisa bekerja di berbagai bidang seperti perusahaan swasta, industri properti, perusahaan listrik, dan lainnya.

7. Jurusan Teknik Industri

Kalau masuk ke Jurusan Teknik Industri, nantinya elo akan mempelajari cara merekayasa sistem industri, sistem manufaktur, perancangan dan optimasi sistem industri, juga dan desain produk. 

Untuk prospek kariernya, elo bisa bekerja di berbagai bidang seperti instansi pemerintah, peneliti, marketing, konsultan, pertambangan, perminyakan, dan lainnya. 

8. Prodi S1 Teknik Lingkungan

Nah, kalau ngomongin Teknik Lingkungan, yang dipelajari pasti akan berkaitan dengan lingkungan nih, guys. Jadi, nanti elo akan belajar tentang kualitas air, udara, tanah, dan juga pengendalian bahan berbahaya.

Adapun materi yang akan elo temui ketika sudah masuk ke jurusan ini seperti termodinamika, polusi air, hidrologi, fisika lingkungan dan lainnya. 

Lulusan Teknik Lingkungan bisa bekerja di banyak bidang seperti perusahaan swasta, industri, pemerintahan, pendidikan, dan lainnya. 

9. Prodi S1 Teknik Perkapalan

Kalau masuk Jurusan Teknik Perkapalan, nantinya elo akan belajar cara membuat kapal, seperti teknologi desain kapal dan juga teknologi maritim. Ya, simpelnya sih elo akan jadi arsitek tapi arsitek kapal. 

Untuk prospek kariernya, lulusan jurusan ini pastinya bisa berkecimpung di industri perkapalan. Misalnya, perusahaan perkapalan, galangan kapal, perusahaan pemerintahan yang bergerak di sektor kemaritiman, dan lainnya. 

10. Prodi S1 Teknik Geologi

Teknik Geologi merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan bumi. Jadi, kalau memilih untuk masuk ke jurusan ini, elo akan dapat materi tentang geologi fisik, ilmu ukur tanah, geologi minyak bumi, hidrogeologi, dan lainnya. 

Gimana dengan prospek kariernya? lo bisa bekerja di bidang perminyakan, pertambangan, peneliti, dan lainnya. 

11. Prodi S1 Teknik Geodesi

Hmm, jurusan yang satu ini mungkin masing terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Sebenarnya, apa sih Jurusan Teknik Geodesi itu? 

Jadi, Jurusan Teknik Geodesi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pemetaan bumi nih, guys. Di jurusan ini, elo akan dapat materi tentang ilmu ukur tanah, pemetaan digital, penginderaan jauh, dan lainnya. 

Terus, lulusannya bisa kerja di mana? 

Nah, lulusan Sarjana Teknik Geodesi nantinya bisa bekerja di perusahaan swasta, perusahaan pertambangan, instansi pemerintahan, konsultan, dan masih banyak lagi. 

12. Prodi S1 Teknik Komputer

Kalau ngomongin Jurusan Teknik Komputer, pastinya elo udah paham dong apa yang akan dipelajari di sini? Yap, pastinya elo akan belajar tentang teknologi informasi dan juga sistem informasi. Seperti jaringan komputer dan internet, sistem embedded dan robotika, perangkat lunak, dan lainnya. 

Peluang kerja lulusan Teknik Komputer pastinya luas banget. Lulusannya banyak banget dicari perekrut kerja, lho. Contohnya, elo bisa bekerja sebagai database engineer, sistem auditor, programmer sistem, dan lainnya. 

Baca Juga: Syarat Masuk Kuliah dan Daftar Jurusan di Fakultas Teknik UI

Daya Tampung Fakultas Teknik UNDIP

Untuk pendaftaran Fakultas Teknik UNDIP, mirip dengan kampus lainnya nih, guys. Fakultas Teknik UNDIP membuka tiga jalur pendaftaran, yaitu SNMPTN (jalur undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan UM UNDIP (ujian mandiri). 

Untuk daya tampung Fakultas Teknik UNDIP, bisa elo lihat di bawah ini, ya!

daya tampung fakultas teknik undip
Daya tampung Fakultas Teknik UNDIP. (Arsip Zenius)

Nah, untuk informasi passing grade Fakultas Teknik UNDIP sendiri nggak gue tulis, ya. Karena informasi passing grade sendiri merupakan rahasia dapur penyelenggara ujian. Untuk info selengkapnya tentang passing grade bisa elo baca nanti di link yang ada di bawah ini. 

 Baca Juga: Cara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi

Akreditasi Fakultas Teknik UNDIP

Sekarang elo pasti penasaran deh, dengan akreditasi Fakultas Teknik UNDIP. Tenang, guys, gue udah merangkum informasi tentang akreditasi Fakultas Teknik UNDIP melalui gambar di bawah ini. Cuss, langsung aja lihat gambar di bawah ini!

akreditasi fakultas teknik undip
Akreditasi Fakultas Teknik UNDIP. (Arsip Zenius)

Baca Juga: Kuliah di Politeknik Statistika STIS

Gelar dari Fakultas Teknik UNDIP

Terus kalau udah lulus dari Fakultas Teknik UNDIP, kira-kira elo dapat gelar apa, ya? Nah, untuk gelarnya sendiri, itu tergantung dari jurusan yang elo pilih. Berikut ini adalah gelar yang akan elo dapat ketika lulus S1 Fakultas Teknik UNDIP. 

  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan S1 Teknik Arsitek
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan S1 Teknik Elektro
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan S1 Teknik Geodesi
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan S1 Teknik Geologi
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan S1 Teknik Industri
  • Sarjana Sains ( S.Si.) untuk lulusan S1 Teknik Kimia
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan S1 Teknik Komputer
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan S1 Teknik Lingkungan
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan S1 Teknik Mesin
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan S1 Teknik Perkapalan
  • Sarjana Teknik (S.T) untuk lulusan S1 Teknik Sipil 

Baca Juga: Rekomendasi 7 Universitas Swasta Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

So, sekian info-info penting tentang FT UNDIP dari hasil penelusuran gue. Semoga elo terbantu buat memilih jurusan yang sesuai keinginan dan kebutuhan elo, ya.

Sekarang,  waktunya elo manasin otak sebelum hari H UTBK. Nonton video pembelajaran UTBK yang ada di Zenius dengan cara klik link di bawah ini!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Selain itu, Zenius juga ngadain try out buat berbagai ujian masuk universitas, termasuk ujian mandiri. Mau ikutan? Caranya gampang banget, elo cuma perlu klik banner di bawah ini!

Fakultas Teknik UNDIP

Referensi: 

Penerimaan Mahasiswa Baru – pmb.undip.ac.id

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro – ft.undip.ac.id

Bagikan Artikel Ini!