Gambaran Kuliah di Sekolah Farmasi ITB

Info Kuliah, Akreditasi, & Daya Tampung Sekolah Farmasi ITB

Elo tertarik berkuliah di Sekolah Farmasi ITB? Kalau iya, cek informasi lengkapnya, yuk. Dari bocoran info kuliah, akreditasi sampai daya tampung Sekolah Farmasi ITB ada di artikel ini!

Ketika elo sakit dan memutuskan datang ke dokter, salah satu yang dianjurkan oleh dokter adalah mengonsumsi obat yang telah diresepkan. Bener, nggak?

Elo kepikiran nggak, sih, siapa yang meracik obat tersebut? Gimana cara orang tersebut tahu kalo obat yang dibuatnya efektif untuk menyembuhkan penyakit? Hmm, bahan overthinking baru, nih!

Tenang-tenang, nggak usah overthinking, bestie. Di artikel ini, gue bakal mengupas tuntas fakultas yang mencetak lulusan yang handal meracik obat untuk menyembuhkan penyakit kita.  Yap! Beberapa dari mereka berkuliah di Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Lho, bukannya ITB kampus teknik?”

Jangan salah! Meskipun terkenal sebagai kampus teknik, ITB juga punya Sekolah Farmasi, Sobat Zenius. Kualitas Sekolah Farmasi ITB juga nggak kalah dari Farmasi di kampus lain, lho. Yuk, kenalan lebih jauh!

Kenalan dengan Sekolah Farmasi ITB

Awalnya, pada tahun 1947, Sekolah Farmasi ITB berstatus sebagai Departemen Farmasi di Universitas Indonesia, lho. 

Kemudian pada tahun 1959, bersamaan dengan didirikannya ITB, Departemen Farmasi memisahkan diri dari UI dan bergabung dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Alam (FIPIA) ITB. Menariknya, Sekolah Farmasi dinaikkan statusnya menjadi fakultas di ITB pada tahun 2005.

Saat ini, Sekolah Farmasi ITB menaungi dua program studi sarjana, yaitu Program Studi (Prodi) Sains dan Teknologi Farmasi (STF) serta Program Studi (Prodi) Farmasi Klinik dan Komunitas (FKK).

“Zen, tapi kok pas gue cek di website pendaftaran mahasiswa baru yang ditawarkan justru fakultasnya?”

Yoi, ini merupakan salah satu keunikan ITB yang nggak bisa elo temukan di kampus lain. Jadi, di awal perkuliahan, elo nggak akan langsung belajar di prodi seperti mahasiswa baru pada umumnya nih, Sobat Zenius. 

Selama satu tahun pertama (2 semester), elo harus menjalani program Tahapan Persiapan Bersama (TPB). Apaan, tuh, TPB? Nah, di TPB ini elo akan dibekali informasi-informasi, mulai dari kehidupan kampus, kurikulum, maupun proses pembelajaran yang tersedia. Tujuannya untuk menghindari elo salah prodi, lho, Sobat Zenius. 

Selama satu tahun TPB, mata kuliah Farmasi ITB yang akan elo jumpai di antaranya Kimia Dasar, Pengantar Farmasi & Kesehatan, serta Biologi Sel dan Terapannya. 

Setelah itu, baru, deh, di tahun ke dua elo bisa memilih prodi yang elo minati. Lebih jelasnya, simak informasi lanjut terkait prodi di Sekolah Farmasi ITB, yuk!

Baca Juga: Seluk Beluk Perkuliahan di ITB

Program Studi di Sekolah Farmasi ITB

Terdapat dua program studi sarjana di Sekolah Farmasi ITB, yaitu:

  1. Program Studi Sains dan Teknologi Farmasi ITB

Program Studi Sains dan Teknologi Farmasi ITB akan mengajak elo mengenal proses pengembangan produk farmasi. Mulai dari proses pencarian, pengolahan dan pengembangan bahan baku, hingga menjadi produk farmasi siap guna bisa elo pelajari di sini. 

Beriringan dengan perkembangan zaman, industri farmasi pun terus mengalami perkembangan seiring dengan kecanggihan teknologi. So, buat elo yang suka meneliti, prodi ini cocok banget buat elo.

Terdapat berbagai produk dari berbagai bidang yang akan elo teliti di prodi ini, di antaranya:

Bidang Penelitian dan Kajian Program Studi Sains dan Teknologi Farmasi ITB
Bidang Penelitian Program Studi Sains dan Teknologi Farmasi ITB (Sumber: fa.itb.ac.id/stf)
  1. Program Studi Farmasi Klinik dan Komunitas ITB

Kalau Prodi Sains dan Teknologi Farmasi ITB berfokus pada pengembangan produk farmasi, Prodi Farmasi Klinik dan Komunitas berfokus pada pelayanan kefarmasian, Sobat Zenius. Gimana, tuh, maksudnya?

Gini, elo pasti pernah denger berita tentang penyalahgunaan obat-obatan, dong? Nah, isu ini merupakan salah satu akibat kurang baiknya pelayanan farmasi di Indonesia, lho. Apa hubungannya? Nah, ini yang akan elo pelajari di Prodi Farmasi Klinik dan Komunitas ITB. Di mana elo akan belajar etika pelayanan kefarmasian yang mengatur bagaimana obat sampai di tangan yang tepat, dalam keadaan baik, dan instruksi untuk tujuan kesembuhan. 

Selain itu, contoh kecilnya dari elo sendiri, Sobat Zenius. Coba inget-inget, deh. Ketika elo membeli obat ke apotek, apakah apotekernya menjelaskan secara rinci informasi terkait obat yang elo beli? Rasanya jarang banget nggak, sih? Nah, inilah yang dimaksud pelayanan farmasi yang dibekalkan Program Studi Farmasi Klinik dan Komunitas, Sobat Zenius. 

Bekal tersebut dituangkan pada beberapa mata kuliah yang ditawarkan di Prodi Farmasi Klinik dan Komunitas ITB, di antaranya:

  • Kimia Analisis
  • Mikrobiologi
  • Farmakokinetik Klinik
  • Farmakoekonomi
  • Sosial Farmasi
  • Manajemen Kewirausahaan
  • Farmasi Rumah Sakit
Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas untuk cek kampus yang cocok buat elo!

Akreditasi Sekolah Farmasi ITB

Masuk pada jajaran kampus terbaik di Indonesia, kualitas ITB pasti udah nggak diragukan lagi, dong! Nggak terkecuali Sekolah Farmasi ITB.  Saat ini, kedua program studi sarjana di Sekolah Farmasi ITB telah terakreditasi internasional dari Accreditation In Engineering, Computer Sciences, Natural Sciences, Mathematics (ASIIN).

Nggak hanya itu, kedua program studi sarjana di Sekolah Farmasi ITB juga telah terakreditasi A dari BAN-PT dan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), lho.  

So, kalo soal akreditasi Farmasi ITB elo nggak perlu ragu lagi, deh. 

Baca Juga: Info Kuliah, Jurusan, dan Prospek Kerja FMIPA ITB

Biaya Sekolah Farmasi ITB

Berapa, sih, biaya yang harus elo keluarkan untuk berkuliah di Sekolah Farmasi ITB? Simak informasi Biaya Farmasi ITB di bawah ini, ya.

Rincian Biaya Kuliah di Sekolah Farmasi ITB
Biaya Kuliah Sekolah Farmasi ITB (Sumber: admission.itb.ac.id)

“Itu beneran ada yang gratis?”

Yap. Elo nggak salah lihat, kok. Memang pada kasus tertentu mahasiswa dapat mengajukan keringanan pembayaran UKT hingga 100%. Tentunya disesuaikan dengan kemampuan ekonomi orang tua masing-masing, Sobat Zenius. 

Selain itu, calon mahasiswa Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) yang memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) juga dibebaskan dari biaya kuliah dan nggak dibebani Iuran Pengembangan Institusi, lho. 

Adapun skema lainnya, yaitu penurunan UKT. Seperti pada info UKT pada gambar di atas, calon mahasiswa yang lolos Seleksi Mandiri wajib membayar UKT golongan 5, yaitu Rp25.000.000,- . Namun bagi calon mahasiswa yang keberatan, dapat mengajukan penurunan UKT menjadi: 

  • UKT2 : Rp1.000.000,-/semester
  • UKT3 : Rp12.500.000,-/semester
  • UKT4 : Rp20.000.000,-/semester

Baca Juga: Jurusan, Daya Tampung, dan Biaya Kuliah FTI ITB

Daya Tampung dan Passing Grade Sekolah Farmasi ITB

Selanjutnya, untuk menjadi bagian dari Sekolah Farmasi terdapat tiga jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka, lho. Ada jalur SNMPTN (undangan), jalur SBMPTN (tes UTBK), dan jalur Seleksi Mandiri ITB (SM ITB). 

Baca Juga: Informasi Pendaftaran Seleksi Mandiri ITB 2022

Di jalur SNMPTN, elo akan diminta melampirkan nilai rapor. Sedangkan kalau elo mencoba lewat jalur UTBK SBMPTN, elo harus ikut ujian tertulis, nih. 

Gimana dengan jalur terakhir, yakni SM ITB? Nah, hasil skor UTBK elo bakal terpakai buat mendaftar via jalur SM ITB juga. Termasuk nilai rapor elo akan diminta sebagai salah satu syarat pendaftaran SM ITB .

Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, seberapa ketat, sih, persaingan untuk memperebutkan kursi daya tampung Farmasi ITB? Simak infografis di bawah, yuk!

Info Daya Tampung dan Keketatan Sekolah Farmasi ITB
Informasi Daya Tampung Farmasi ITB (Sumber: admission.itb.ac.id)

Hingga kini masih banyak calon mahasiswa yang masih mempertanyakan passing grade Sekolah Farmasi ITB. Apakah elo salah satunya? Pernah nggak, sih, elo melihat universitas secara resmi mengumumkan passing grade-nya secara resmi? Rasanya nggak ada, deh! Kenapa, ya?

Hal ini karena nilai passing grade baru akan diketahui ketika proses seleksi telah selesai. Dan tentunya nilai passing grade seleksi tahun sebelumnya nggak bisa elo pakai sebagai acuan. Mengapa? Karena tentu saja persaingan di tahun sebelumnya dan tahun ini berbeda. Lebih lengkapnya elo bisa baca di artikel ini, ya. 

***

Tiba juga kita di penghujung artikel. Semoga informasi terkait info kuliah, akreditasi, biaya pendidikan, hingga daya tampung Sekolah Farmasi ITB di atas bisa bermanfaat, ya!

Nah, buat elo yang lagi nunggu pelaksanan UTBK 2022 gelombang 2, semangat berjuang! Ngegaspol belajar boleh, tapi tetap jaga kesehatan, ya.

Elo juga masih bisa tonton playlist belajar UTBK yang udah Zenius siapin kapanpun. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Makin banyak latihan, pasti makin oke dong persiapannya. Yuk, ikutan program Zenius Ultima Bootcamp . Supaya elo jadi makin siap untuk menghadapi ujian masuk kampus dan bisa ngerjain soal dengan percaya diri pas hari H nanti. Langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

zenius ultima boot camp um

Referensi:

Sejarah – Sekolah Farmasi ITB (https://fa.itb.ac.id/)
Informasi – Prodi Sains dan Teknologi Farmasi Sekolah Farmasi ITB (https://fa.itb.ac.id/stf/)

Informasi – Prodi Farmasi Klinik dan Komunitas Sekolah Farmasi ITB (https://fa.itb.ac.id/en/fkk/)

Daya Tampung – Sekolah Farmasi ITB (https://admission.itb.ac.id/)

Biaya Pendidikan – Sekolah Farmasi ITB (https://admission.itb.ac.id/)

Bagikan Artikel Ini!