Info Kuliah, Prospek Karier, dan Passing Grade FMIPA ITB

Info Kuliah, Jurusan, dan Prospek Kerja FMIPA ITB

Cari tahu jurusan di FMIPA ITB, mulai dari daya tampung, syarat masuk, akreditasi, hingga prospek kerja di setiap jurusannya. Simak selengkapnya, yuk!

Ada yang masih ingat dengan film Interstellar? Film yang sempat populer di tahun 2019 ini menceritakan tentang seorang pilot yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Jujur gue sih, suka banget ya, sama film sci-fi satu ini. 

Soalnya, di film ini tuh banyak mengangkat teori-teori fisika seperti teori relativitas, gravitasi, dan lainnya. Selain itu, di film ini elo juga bisa melihat penampakan black hole (lubang hitam) yang mirip dengan aslinya, lho. Buat elo yang suka mengulik teori-teori fisika khususnya astronomi, pokoknya wajib banget deh, nonton film satu ini. 

Nah, ngomongin tentang sains dan astronomi, gue mau kenalin ke elo tentang Jurusan Astronomi yang ada di FMIPA ITB, nih. Eittss, nggak cuma itu aja, gue juga mau kenalin ke elo jurusan lainnya yang termasuk ke dalam rumpun FMIPA ITB. Yuk, baca sampai selesai!

Mengenal FMIPA ITB

Sebelum Institut Teknologi Bandung (ITB) berdiri pada tanggal 2 Maret 1959, ternyata Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) itu sudah lebih dulu ada, lho. Iya, jadi FMIPA ini sudah ada sejak 6 Oktober 1947.

Saat itu, FMIPA masih menggunakan nama Faculteit van Exacte Wetenschap. Kemudian, nama tersebut diganti menjadi Faculteit van Wiskunde en Natuurwetenschap dan diganti lagi menjadi Faculteit Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). 

Hingga akhirnya, namanya berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) seperti yang kita kenal sekarang. 

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas dan cek kampus yang cocok buat elo!

Jurusan FMIPA ITB

Sebelum membahas jurusan yang ada di FMIPA ITB, gue mau kasih tau satu hal menarik dari FMIPA ITB. Apa itu?

Jadi, elo baru bisa memilih jurusan ketika sudah diterima di ITB. Kenapa bisa gitu? Soalnya, di ITB itu ada yang namanya Tahapan Persiapan Bersama (TPB). Selama periode TPB, elo harus menjalani masa 2 semester terlebih dahulu, baru bisa memilih jurusan yang diinginkan. Makanya, ketika elo mendaftar nanti, elo hanya bisa memilih fakultasnya aja, yaitu FMIPA-Matematika dan FMIPA-IPA. 

Kok ada dua, tuh? Yap, FMIPA ITB terbagi lagi menjadi dua fakultas yang pilihan jurusannya pun beda-beda. Jurusan yang termasuk FMIPA-Matematika, yaitu:

  • Jurusan Matematika ITB
  • Jurusan Aktuaria ITB 

Sementara itu, jurusan yang termasuk FMIPA-IPA, yaitu:

  • Jurusan Fisika ITB 
  • Jurusan Kimia ITB 
  • Jurusan Astronomi ITB 
 jurusan fmipa itb
Program Studi S1 FMIPA ITB. (Arsip Zenius)

1. Jurusan Aktuaria ITB

Jurusan FMIPA ITB yang mau gue kenalin pertama kali adalah Jurusan Aktuaria. Mungkin jurusan satu ini masih terdengar asing ya, di telinga elo. 

Jurusan Aktuaria merupakan jurusan FMIPA ITB yang masih terbilang baru karena dibuka pada tahun 2019. Di jurusan ini, elo akan mempelajari ilmu matematika dan statistika sekaligus. Ya, bisa dibilang kalau jurusan ini merupakan perpaduan antara kedua ilmu tersebut.

Intinya sih, kalau masuk ke jurusan ini, elo akan belajar cara menghitung dan mengelola risiko keuangan. Sebagai contoh, elo nanti akan belajar cara ngitung premi asuransi. Jadi ketika lulus, elo bisa bekerja di perusahaan asuransi. 

Tapi, nggak sebatas itu aja lho, elo juga bisa bekerja sebagai manajer investasi, risk manager, peneliti, dan lainnya. 

2. Jurusan Astronomi ITB

Kalau mendengar Jurusan Astronomi, kira-kira apa sih, yang ada di benak elo? Ilmu yang mempelajari zodiak? Ilmu tentang meramal? Kalau elo mikirnya seperti itu, sudah pasti salah besar, ya. Soalnya di Jurusan Astronomi, elo akan belajar tentang benda-benda langit mulai dari tata surya, fisika bintang, serta galaksi dan kosmologi. 

Satu hal yang menarik dari Jurusan Astronomi FMIPA ITB adalah jurusan ini merupakan satu-satunya Jurusan Astronomi di Asia Tenggara. Ini artinya, kalau orang-orang di luar negeri mau belajar astronomi di seputaran Asia Tenggara, mereka harus ke Indonesia dulu. Keren banget, ya?

Untuk prospek kerja lulusan sarjana astronomi juga nggak main-main, lho. Elo bisa bekerja di berbagai bidang seperti bidang penelitian, pengajaran, media, dan lainnya. Lembaga yang cocok buat berkarier sebagai ahli astronomi di Indonesia, ada LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional).

3. Jurusan Fisika ITB

Jurusan FMIPA ITB berikutnya yang mau gue kenalin adalah Jurusan Fisika. Biasanya, pelajaran fisika dianggap sebagai pelajaran tersulit yang ada di dalam rumpun Ilmu Pengetahuan Alam. 

Tapi gue yakin, buat elo yang suka dengan fisika pasti menganggap kalau fisika merupakan ilmu yang sangat menarik. Apalagi, kalau masuk ke jurusan ini elo akan belajar tentang berbagai fenomena alam dan juga kemungkinan aplikasinya di dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, jurusan ini terbagi ke lima peminatan: 

  • Fisika Material Elektronik
  • Fisika Magnetik dan Fotonik
  • Fisika Sistem Kompleks
  • Fisika Nuklir dan Biofisika
  • Fisika Teoritik Energi Tinggi dan Instrumentasi

Untuk prospek kerjanya sendiri, pastinya banyak banget, dong. Elo bisa bekerja di banyak bidang, seperti: 

  • Perminyakan dan pertambangan
  • Industri manufaktur dan industri telekomunikasi
  • Industri keuangan dan perbankan
  • Industri teknologi informasi 
  • Institusi riset dan pengembangan
  • Institusi pendidikan

4. Jurusan Kimia ITB

Kalau di Jurusan Fisika fokus mempelajari ilmu fisika, nah kalau di Jurusan Kimia pastinya elo akan lebih fokus mempelajari ilmu kimia. Selama perkuliahan, elo akan secara intens ketemu materi tentang berbagai reaksi kimia mulai dari obat-obatan, bahan bakar, bahan industri elektronik, dan lainnya. 

Sama dengan Jurusan Fisika, Jurusan Kimia juga punya prospek kerja yang luas, lho. Elo bisa bekerja sebagai peneliti, staf quality control, pengajar, meracik produk kimia sendiri lalu menjualnya, dan masih banyak lagi. 

5.Jurusan Matematika ITB

Last but not least, gue mau kenalin ke elo Jurusan Matematika. Sesuai dengan namanya, di Jurusan Matematika pastinya elo akan belajar tentang ilmu matematika. Nantinya, elo akan belajar cara menyederhanakan suatu permasalahan menjadi sebuah model matematika. Sehingga, dapat mempermudah elo dalam menemukan solusi yang tepat.

Lalu, bagaimana dengan prospek kariernya?

Nah, untuk prospek karier Jurusan Matematika, elo bisa bekerja di instansi pemerintahan, ahli statistik, sampai berkecimpung di industri keuangan, dan  industri teknologi informasi.

Baca Juga: Info Kuliah, Akreditasi, dan Prodi Fakultas MIPA UNPAD

Akreditasi FMIPA ITB

Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, akreditasi FMIPA ITB udah nggak perlu diragukan lagi, deh. Soalnya, hampir semua jurusan di FMIPA ITB sudah mendapat akreditasi Unggul dari BAN-PT. Berikut akreditasi setiap jurusan yang ada di FMIPA ITB:

 akreditasi fmipa itb
Akreditasi FMIPA ITB. (Arsip Zenius)

Baca Juga: Info Kuliah, Jurusan, dan Syarat Masuk Fakultas MIPA UI

Daya Tampung FMIPA ITB

Sekarang elo pasti penasaran kan, berapa besar daya tampung FMIPA ITB? Tenang, gue udah merangkum daya tampung FMIPA ITB tahun 2022 melalui gambar di bawah ini. 

daya tampung fmipa itb
Daya Tampung FMIPA ITB. (Arsip Zenius)

Lalu, bagaimana cara masuk ke FMIPA ITB? Nah, untuk masuk ke FMIPA ITB, ada tiga jalur masuk yang bisa elo ambil, yaitu SNMPTN (undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan Seleksi Mandiri ITB

Syarat ikut untuk tiap jalur seperti biasa, ya. Kalau SNMPTN, elo harus setor nilai rapor SMA dari semester X sampai semester X. Untuk jalur UTBK SBMPTN, elo akan mengikuti ujian tertulis nantinya. Sedangkan untuk SM ITB, seleksinya menggunakan hasil UTBK dan nilai rapor.

Buat elo yang penasaran dengan passing grade FMIPA ITB, gue mau kasih tahu satu hal, nih. Kalau passing grade itu merupakan data yang bersifat rahasia. Jadi, nggak ada yang tahu persis berapa passing grade di suatu jurusan.

Tapi, kalau masih penasaran dengan passing grade, elo bisa baca artikelCara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi ini, ya. 

Gelar Setelah Lulus S1 dari FMIPA ITB

Kalau udah lulus dari FMIPA ITB, kira-kira gelar apa ya, yang bakal didapat? Lulusan sarjana dari semua jurusan FMIPA ITB bakal menyandang gelar yang sama, yaitu S.SI (Sarjana Sains). Jadi, kalau lulus dari FMIPA ITB, udah pasti di belakang nama elo akan ada tambahan S.Si. 

Baca Juga: Info Kuliah, Jurusan, dan Syarat Masuk Fakultas MIPA UGM

Oke deh, segitu dulu informasi tentang jurusan dan prospek kerja FMIPA ITB yang bisa gue kasih. Semoga dengan membaca informasi ini bisa membantu elo dalam memilih jurusan yang tepat, ya. 

Nah, berhubung hari ini UTBK SBMPTN 2022 udah dimulai, gue ucapkan selamat berjuang, ya! Semoga elo bisa meraih jurusan impian elo. 

Elo masih bisa tonton playlist belajar UTBK yang udah Zenius siapin kapanpun. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Selain belajar dari playlist, elo juga bisa ikutan Zenius Ultima Bootcamp untuk mantapin persiapan ujian masuk kampus . Caranya ikutannya gampang banget, elo cuma perlu klik banner di bawah ini!

zenius ultima boot camp um

ReferensI:

Admission ITB – admission.itb.ac.id

FMIPA ITB – fmipa.itb.ac.id

Bagikan Artikel Ini!