Rumus Gravitasi dan Kondisi Gravitasi Luar Angkasa

Rumus Gravitasi

Artikel ini mempelajari rumus gravitasi disertai dengan contoh soal dan pembahasannya. Artikel juga membahas kondisi gravitasi di luar angkasa.

Temen-temen udah pernah jatuh dan bangkit lagi belum? Bukan secara kiasan atau metafora ya jatuhnya, maksud gua beneran jatuh yang bikin memar-memar di badan. Bila pernah, yang bikin lu jatuh itu sebenarnya adalah gaya gravitasi bumi guys. Secara ga langsung, lu pada udah menerapkan hukum fisika dan kali ini kita bakalan bahas lebih lanjut soal gravitasi ini.

Nah, selain bahas rumus gravitasi gua pengen ngomong dulu tentang luar angkasa. Bener ga sih di luar angkasa itu ga ada gravitasi? Kan kita sering liat ya di film-film kalau astronotnya ngambang-terbang tanpa beban kehidupan. Apa bener ngambang di luar angkasa itu artinya ga ada gravitasi? Yuk, mari kita ungkap kebenarannya di artikel ini, dibaca sampai habis ya!

Gravitasi Itu Apa Sih?

Gravitasi adalah gaya tarik menarik antara dua benda yang ditemukan oleh ilmuwan terkenal asal Inggris, Isaac Newton. Mungkin temen-temen udah sering denger nama Newton ini, apalagi tentang cerita ketika Newton mengobservasi sebuah apel yang jatuh ke tanah. Dia bertanya-tanya, kenapa apel jatuhnya selalu ke bawah ya? Dari situlah Newton mengembangkan teori gravitasi. 

Rumus Gravitasi
Dok: Pixabay

Gravitasi ini menerapkan prinsip Hukum Newton III, yaitu aksi-reaksi. Gaya gravitasi berbanding lurus dengan massa benda, semakin besar massa benda maka semakin besar juga gaya gravitasinya. Contoh paling gampangnya itu adalah gaya gravitasi bumi yang menarik kita. Selain itu, gaya gravitasi berbanding terbalik dengan jaraknya. Semakin jauh jarak dua benda, maka semakin kecil juga gaya gravitasinya. 

Di Luar Angkasa Ada Gravitasi Ga Sih?

Salah satu miskonsepsi umum mengenai gravitasi adalah anggapan bahwa di luar angkasa tuh ga ada gravitasi (nol gravitasi). Nyatanya, menurut NASA terdapat gravitasi yang sangat kecil atau disebut juga sebagai mikrogravitasi. Gravitasi di luar angkasa inilah yang menyebabkan bulan mengelilingi bumi sama seperti alasan bumi mengelilingi matahari.

Rumus Gravitasi
Dok: Pexels

Terus kalau di luar angkasa itu ada mikrogravitasi, kenapa astronot bisa melayang ya? Ini karena para astronot sebenarnya dalam gerakan jatuh bebas guys. Di dalam ruang hampa, gravitasi menyebabkan semua benda jatuh dengan kecepatan yang sama sehingga massa benda bukanlah masalah.

Rumus Gravitasi
Dok: Pixabay

Kita andaikan aja ada batu bata dan bulu ayam dijatuhin dari ketinggian. Hambatan udara akan menyebabkan bulu jatuh lebih lambat. Tanpa hambatan seperti di luar angkasa, mereka akan jatuh dengan percepatan yang sama. Hal inilah yang dialami oleh para astronot dan benda-benda lain luar angkasa. Mereka menjadi tampak melayang walaupun sedang jatuh bebas.

Rumus Gravitasi

Menarik ga tuh soal gravitasi di luar angkasa? Kita balik ke bumi dulu deh sekarang, mau bahas rumus gravitasi nih. Rumus yang digunakan untuk menghitung gaya gravitasi itu adalah sebagai berikut:

Rumus Gravitasi dan Kondisi Gravitasi Luar Angkasa 33

Keterangan:

F = gaya gravitasi (N) 

G = konstanta gravitasi 

m1 = massa benda pertama (kg) 

m2 = massa benda kedua (kg) 

r = jarak antara pusat kedua benda (m)

Sedikit catatan buat temen-temen, konstanta gravitasi nilainya selalu 6,672 x 10-11Nm2/kg2 

Contoh Soal dan Pembahasan

Jika diketahui terdapat dua benda dengan massa 3 kg dan 4 kg berjarak 2 meter, maka berapakah gaya tarik-menarik antara dua benda tersebut?

Jawaban:

Diketahui:

m1 = 3 kg

m2 = 4 kg

r = 2 m

Ditanya: F

Jawab:

Rumus Gravitasi dan Kondisi Gravitasi Luar Angkasa 33

Rumus Gravitasi dan Kondisi Gravitasi Luar Angkasa 35

Rumus Gravitasi dan Kondisi Gravitasi Luar Angkasa 36

F = 20,016 . 10-11

F = 2,0016 . 10-10 Newton 

Jadi gaya tarik-menarik antara dua benda tersebut adalah 2,0016 x 10-10 Newton 

Setelah mengetahui rumus gravitasi ini gua harap temen-temen jadi semangat pas bangkit abis jatuh. Ya sebenernya lebih bagus lagi kalau kalian jalannya hati-hati biar ga jatuh sih, tapi gitu deh maksud gua stay positive! 

Kalau ada pertanyaan atau mau diskusi lebih lanjut, langsung aja ditulis di kolom komentar. Gua bukan orang NASA tapi emang hal-hal yang berbau luar angkasa itu seru menurut gua. Jangan lupa juga untuk dicek materi-materi Zenius lainnya seperti yang gua cantumin ini ya guys.

Video Materi:

Materi Hukum Newton Gravitasi 

Baca Juga:

Newton, Penemu Teori Gravitasi yang Benci Konfrontasi

Materi Fisika SMA: Hukum Gravitasi Newton

Gravitasi: Yang Mana Yang Jatuh Duluan ?

Bagikan Artikel Ini!