9 Cara Cepat Menghafal yang Efektif Saat Belajar | Zenius

Cara Menghafal Catatan dengan Mudah dan Cepat

Cara menghafal catatan dengan mudah dan cepat mungkin sangat dibutuhkan oleh para pelajar ataupun pekerja. Tentu hal ini akan sangat membantu terutama dalam praktik pelajaran. Oleh karena itu, jika Kamu menginginkannya, simak pembahasannya berikut ini.

Beberapa Trik dan Cara Menghafal Catatan dengan Mudah dan Cepat

9 Cara Cepat Menghafal yang Efektif Saat Belajar | Zenius
Image by Pexels from Pixabay

Pada dasarnya, kegiatan seperti menghafal memang tergolong sulit apalagi bagi orang yang termasuk pelupa. Namun jangan khawatir karena masalah tersebut bisa diatasi dengan beberapa trik dan tips secara mudah. Berikut cara menghafal catatan agar lebih cepat.

1. Metode Menghafal Catatan Melalui Tulis Tangan

Cara menghafal catatan dengan mudah dan cepat yang pertama adalah menggunakan metode tulis tangan. Para ahli mengklaim bahwa, kegiatan seperti menulis bisa membuat fungsi pada otak menjadi lebih baik. Alhasil, daya ingat Kamu akan menjadi lebih tajam.

Pasalnya, fungsi otak yang berhubungan langsung dengan kemampuan dalam mengingat serta mempelajari sesuatu menjadi tajam. Hal ini sudah melewati survei bahwa, pelajar yang menggunakan metode menulis bisa lebih ingat. Dengan begitu, secara otomatis akan hafal.

2. Metode Menghafal Catatan Melalui Mind Map

Mind Mapoing merupakan salah satu metode yang mungkin bisa dimanfaatkan guna menghafal catatan. Cara ini adalah sebuah proses memetakan pikiran secara teroganisir dengan apa yang diinginkan. Langkah tersebut berusaha untuk mengurutkan hafalan.

Metode ini diklaim sangat bisa diandalkan terutama dalam hal menghafal sesuatu atau catatan. Pasalnya, pada kegiatan hafalan akan melibatkan otak kanan dan berurusan langsung dengan imajinasi serta visualisasi. Alhasil, suatu yang terorganisir menjadi mudah di ingat.

3. Metode Menghafal Catatan Melalui Jembatan Keledai

Bagi para pelajar mungkin cara ini sudah tidak asing lagi terutama guna menghafal sesuatu yang sangat sulit. Metode jembatan keledai cukup diandalkan untuk membantu daya ingat menjadi lebih tajam. Terlebih, trik ini bisa dikatakan salah satu metode yang menyenangkan.

Metode menghafal catatan melalui jembatan keledai biasanya menggunakan alat bantu seperti gambar dan lainnya. Cara kerjanya adalah, dengan memanfaatkan suatu barang yang tak asing dan menghubungkannya antara materi hafalan. Sehingga, otak lebih mudah ingat.

4. Metode Menghafal Catatan Dengan Membuat Poin Penting

Salah satu cara menghafal catatan secara mudah dan cepat adalah dengan membuat atau mengambil poin penting. Mungkin metode ini sering diterapkan serta sering disebut merangkum. Tentu hal tersebut bertujuan agar Kamu hanya menghafal yang pentingnya saja.

Metode ini mungkin hampir sama dengan menulis tangan. Pasalnya, Kamu akan merangkum semua catatan melalui berbagai macam cara supaya hanya mengambil Poin pentingnya saja. Setelah itu, barulah hafalan dimulai secara perlahan dan menyambungkan satu dan lainnya.

5. Metode Menghafal Catatan Dengan Menjadikannya Lagu

Mungkin Kamu sering bertanya-tanya mengapa Menghafal lagu bisa cepat sekali tapi tidak dengan pelajaran. Hal tersebut terjadi karena otak manusia lebih mudah mengingat sesuatu yang bernada. Itulah mengapa, metode dengan mengubah materi menjadi lagu bisa dicoba.

Jika tak begitu banyak, maka Kamu bisa membuat sebuah lagu dengan lirik menggunakan materi hafalan. Kalau tidak memungkinkan, cobalah agar membacanya dan menambah kan nada didalamnya. Lebih bagus lagi apabila direkam kemudian putar kembali dan dengarkan.

6. Metode Menghafal Catatan Dengan Membuat Cerita

Metode menghafal catatan dengan membuat atau bercerita bisa menyerap Materi menjadi lebih cepat. Cobalah membacanya seperti sedang berdongeng serta membentuk potongan-potongan penting. Kemudian, hubungkan lagi melalui kata-kata yang relevan.

Cara ini dianggap Salah satu metode yang efektif terutama untuk menghafal. Pasalnya, otak akan lebih mampu menyerap dengan baik dan menambahkan kalimat lain agar membentuk sebuah cerita. Terlebih trik tersebut sangat menyenangkan dan tidak membosankan.

7. Metode Menghafal Catatan Dengan Belajar Kelompok

Belajar secara berkelompok mungkin bisa Kamu terapkan untuk dapat menghadal secara mudah dan cepat. Cobalah mengajak teman-teman yang memiliki tugas sama, kemudian mulailah belajar bersama. Setidaknya metode ini dapat membantu proses hafalan.

Suasana yang menyenangkan tentu akan membuat proses belajar menjadi lebih seru. Alhasil, rasa bosan dan malas bisa dihindari serta Kamu pun akan merasa lebih semangat. Terlebih, saling membantu agar bisa mengkoreksi hasil hafalan bisa diterapkan satu sama lain.

8. Menggunakan Metode Kuis

Tentu metode ini bisa menjadi bagian belajar kelompok yang Kamu terapkan. Dengan menulis dan mengingat poin materi, maka menghafal bisa dilakukan secara mudah. Setelah, mintalah kerabat untuk bertanya seputar materi catatan, lalu jawablah sesuai isi yang sudah dihafal.

Selain memanfaatkan teman-teman, metode ini juga bisa diterapkan dengan meminta bantuan orang tua ataupun adik. Buatlah beberapa pertanyaan yang berkaitan materi catatan. Lalu, berikan kepada si penanya yang dan nantinya akan dijawab sesuai poin-poinnya.

9. Asupan Makanan Kaya Akan Gizi

Selain menerapkan berbagai macam metode menghafal, tentu pendukung lainnya adalah asupan makanan. Hal ini sangat berpengaruh atas kinerja otak terutama mengenai daya ingat. Jadi, disarankan agar mengonsumsi kandungan yang baik untuk perkembangan otak Kamu.

Kamu bisa mengonsumsi ikan, karena didalamnya terkandung omega 3 dan berbagai macam vitamin yang bagus untuk otak. Selain itu, sayur mayur serta buah-buatan pun sangat disarankan. Hal ini bertujuan guna memperkuat ingatan sehingga menghafal jadi mudah.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa trik dan cara menghafal catatan dengan mudah cepat. Namjn terlepas dari treat tersebut, tentu dibutuhkan kemauan dan disiplin dalam belajar. Selebihnya didukung dengan makanan yang memiliki kandungan memperkuat daya ingat.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini