Rumus IMT

Rumus IMT (Indeks Massa Tubuh) untuk Menghitung Berat Badan Ideal

Artikel ini membahas tentang rumus IMT, pengertian IMT, komponen IMT, cara menghitung dan membaca hasil, kelebihan dan keterbatasan IMT, dan tips menjaga berat badan.

Hi, guys! Apakah kamu memiliki teman yang sangat rajin olahraga? Mungkin dia sedang mencoba menjaga berat badannya tuh, guys. Beberapa orang mungkin menginginkan berat badan yang ideal, yaitu tidak terlalu kurus atau tidak terlalu gemuk. Sudah banyak penelitian yang mengatakan lho jika berat badan yang tidak ideal cenderung rentan terhadap berbagai penyakit dibanding dengan orang yang memiliki berat badan ideal. 

Apa lagi di saat pandemi seperti ini, banyak sekali orang yang mengalami penambahan berat badan. Jika kamu adalah salah satunya, tenang kamu tidak sendirian. Penelitian di US dan UK mengungkapkan jika banyak kasus kenaikan berat badan selama pandemi. 

Lalu, bagaimana cara kita mengetahui kalau berat kita sudah ideal atau belum? Kita bisa menggunakan rumus indeks massa tubuh (selanjutnya disebut IMT) untuk mengetahuinya lho. Yuk, kita cari tahu berapa indeks berat badan kita.

Apa yang dimaksud dengan IMT?

IMT (indeks massa tubuh) atau BMI (body mass index) adalah metode yang memperkirakan kadar gizi seseorang dengan cara perbandingan berat badan dan tinggi badan. Namun, IMT tidak dapat mengukur kadar lemak tubuh secara langsung dan pasti. 

Rumus IMT akan lebih tepat jika digunakan pada orang yang berusia lebih dari 19 tahun, karena anak-anak atau remaja masih mengalami pertumbuhan hingga berpengaruh pada tinggi badan dan berat badan yang tidak konstan

Komponen IMT

Komponen IMT meliputi tinggi badan dan berat badan. Tinggi badan diukur dalam keadaan berdiri tegak, diusahakan agar punggung dan bokong menempel ke tembok. Lalu, pandangan ke depan, posisi tangan rapat ke badan dan rileks, dan tidak menggunakan alas kaki. Jangan lupa untuk menyejajarkan alat pengukur dengan bagian atas kepala. 

Berat badan terbaik diukur sewaktu bangun tidur sebelum sarapan atau setelah 10-12 jam pengosongan lambung. Jangan lupa untuk mengecek kalibrasi timbangan kamu tepat pada angka nol (0).

Rumus IMT

IMT = Rumus IMT (Indeks Massa Tubuh) untuk Menghitung Berat Badan Ideal 17

Berat badan diukur dalam satuan kilogram (Kg) dan tinggi badan diukur dalam satuan meter (m). Contoh, jika Pamungkas memiliki berat badan 60 Kg dan tinggi badan 1,65 m. Berapa IMT Pamungkas?

IMT = Rumus IMT (Indeks Massa Tubuh) untuk Menghitung Berat Badan Ideal 18

Kemudian, dari hasil yang didapat tersebut, kita tentukan di mana nilai indeks kita dalam tabel berikut.

Rumus IMT
Tabel Indeks Massa Tubuh

Nah, setelah melihat tabel di atas, IMT dari Pamungkas masuk ke status berat badan yang mana nih? Ternyata IMT 22.2 masih termasuk ke dalam status normal, guys.

Kelebihan dan Keterbatasan IMT

Kelebihan IMT

  • Biaya yang diperlukan tidak banyak atau murah.
  • Komponen yang diperlukan hanya tinggi badan dan berat badan.
  • Mudah dihitung secara mandiri.
  • Mudah mengetahui hasil karena nilai standar ditetapkan dalam tabel IMT.

Keterbatasan IMT

  • Tidak dapat diterapkan pada olahragawan atau atlit.
  • Tidak dapat diterapkan pada anak-anak dan remaja.
  • Tidak dapat diterapkan pada wanita hamil.
  • Tidak akurat pada bangsa tertentu.

Tips Menjaga Berat Badan

Mengatur pola makan

Biarpun kamu mau menjaga berat badan, kamu harus tetap makan secara teratur. Jangan sampai kamu merasa tersiksa dan kelaparan ya, sobat. Lebih baik juga jika kamu memiliki rencana untuk apa yang akan dimakan dan jam-jam kamu harus makan. Idealnya kamu makan 2-3 kali sehari.

Mengatur kalori yang masuk

Jika biasanya kamu memakan terlalu banyak kalori, sebaiknya kamu mulai sedikit-sedikit menggantinya dengan asupan karbohidrat dan protein seimbang. Perbanyak juga memakan sayur, buah, dan biji-bijian. Oiya, kurangi juga memakan makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Berolahraga

Olahraga adalah cara efektif untuk membakar kalori berlebih. Berolahraga secara teratur akan lebih baik daripada olahraga yang insidental. Cari olahraga yang tidak memberatkan diri sendiri, tetapi tetap dapat membuat kamu berkeringat. Jangan memaksakan diri kamu dengan berolahraga yang berat. Perhatikan juga gerakan-gerakan yang memiliki potensi membuat kamu cedera, ya!

Oke, setelah mengetahui rumus IMT, coba cari tahu apa status berat badan kamu sekarang. Apakah kurang, normal, atau lebih? Apapun itu, jangan memaksakan diri mengikuti ideal atau seperti orang lain hingga menyiksa diri sendiri, ya. Karena tubuhmu adalah milik kamu, kamu harus sayangi itu. Semoga kita semua sehat selalu.

Ikuti keseruan lainnya pada Instagram dan YouTube Zenius!

Baca Juga Artikel Lainnya

Break Event Point

Mengenal Rumusan Masalah

Kumpulan Rumus Matematika