Screenshot 2020-04-09 at 19.45.29

UTBK Berbeda dengan Ujian Nasional! Kenapa Perlu Belajar UTBK secara Khusus?

Artikel ini membicarakan alasan mengapa kamu perlu melakukan persiapan lebih sebelum menghadapi soal TPS UTBK 2020. Apa bedanya soal Ujian Tulis Berbasis Komputer dengan soal ulangan harian, UTS, UAS, bahkan Ujian Nasional?

Halo, guys. Bagaimana nih kabarnya? Udah lihat pengumuman SNMPTN kemarin? Gimana pengumumannya? Buat yang lolos aku ucapin selamat yaa. Kamu udah berhasil masuk ke universitas dan jurusan yang kamu pilih. Buat yang belum, kalian boleh sedih kok, santai aja asal jangan lama-lama karena perjuangan belum berakhir. Kamu masih punya peluang buat masuk ke universitas impianmu lewat jalur UTBK dan Ujian Mandiri. Pastinya kamu perlu yang namanya persiapan sebelum ikutan UTBK maupun Ujian Mandiri nanti. 

UTBK 2020 mungkin beda banget kalau kamu bandingin sama tes masuk PTN tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer tahun ini bahkan sempat mengalami penundaan, yups betul karena virus corona. Karena virus corona pula UTBK tahun ini cuma ngasih kamu sekali kesempatan buat ikutan ujiannya, beda sama tahun lalu yang bisa kamu ikuti dua kali. Selengkapnya terkait Ujian Tulis Berbasis Komputer 2020 bisa kamu baca di bawah ini deh. 

Seluk Beluk UTBK dan SBMPTN 2020

Sayangnya nih, aku lihat masih banyak yang belum ngeh nih dengan medan persaingan di UTBK. Masih banyak yang mikir kalau untuk menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer, mereka cuma perlu belajar biasa kayak menghadapi ulangan harian di sekolah, atau bahkan UN sekalipun. Guys, tes UTBK itu jauuh beda lho dengan Ujian Nasional. Kalian perlu persiapan khusus yang serius!

Nah, sebelum menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer, ada hal yang mesti kamu perhatiin nih karena persiapan UTBK beda sama persiapan UN. Ada beberapa alasan kenapa UTBK butuh persiapan lebih dibanding sama ujian lain seperti UN. 

Beda UTBK dengan UN

Alasan pertama yang mau aku bahas ada kaitannya sama cara pandang kamu terkait Ujian Tulis Berbasis Komputer terutama buat kamu yang nganggap persiapan UTBK sama UN itu sama aja. 

Secara mendasar nih, yang namanya ujian tuh dibagi dua. Ada ujian evaluasi dan ujian seleksi. Ujian evaluasi ditujukan buat mengukur sejauh mana pemahaman kamu tentang materi yang udah diajarin contohnya ada UN, Penilaian Akhir Semester (PAS), dan ulangan harian. Tingkat pemahaman kamu terkait materi yang udah diajarkan selama ini diuji di ujian evaluasi. Pemahaman selama sekolah di SMA diuji di Ujian Nasional. Di tingkat yang lebih kecil, ada ulangan harian yang digunakan untuk evaluasi tingkat pemahaman kamu terhadap suatu materi tertentu, misalnya sistem persamaan linear. Kadang cukup dapat nilai di atas KKM supaya kamu dinyatakan aman dari ujian evaluasi begini. Itu tandanya kamu dianggap sudah menguasai materi tertentu yang diujikan, dan siap move on ke materi selanjutnya. 

Nah, kalau ujian seleksi tuh tujuannya buat menyeleksi yang terbaik misalnya UTBK. Kenapa sih harus diseleksi? Salah satunya adalah karena daya tampung perguruan tinggi yang terbatas jadi ya harus diadakan seleksi. Di sini kamu udah ga bisa santai sebenarnya karena kamu beneran bersaing sama peserta lain. Let’s say, kamu dapat nilai 95 deh tapi kalau peserta lain dapatnya 97 ya kamu bakal tersingkir karena ini adalah seleksi. Kamu perlu bahkan harus jadi yang terbaik supaya bisa lolos ujian seleksi. Kalau kamu ga bisa jadi yang terbaik ya berarti kamu harus merelakan diri buat enggak lolos terlebih lagi kalau kamu daftar ke jurusan favorit kayak Kedokteran atau Manajemen. Makin banyak yang daftar berarti makin banyak orang yang harus kamu kalahkan. 

Biar kamu ada bayangan, kamu bisa lihat tingkat persaingan SBMPTN tahun 2018 dan 2019 ini. 

SeleksiJumlah pendaftarJumlah yang diterimaPersentasi yang diterima
SBMPTN 2018860.001165.83119,8%
SBMPTN 2019714.652168.74223.61%

Lihat, cuma ada sekitar 20% peserta yang lolos SBMPTN dalam 2 tahun terakhir. Beda banget kan dengan ulang sekolah atau UN?

Menghafal Aja Enggak Cukup 

Buat ngerjain soal yang ada di Ujian Tulis Berbasis Komputer, mengandalkan kemampuan mengingat aja ga bakal cukup. Ujian Tulis Berbasis Komputer kali ini hanya mengujikan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan kamu dituntut buat mengedepankan nalar sama logika buat ngerjain soal-soal TPS yang ada. Buat kamu yang masih belum tahu apa itu TPS, kamu bisa baca artikel ini: 

Persiapan Efektif Belajar TPS UTBK 

Biar kamu bisa lebih siap ngadepin Ujian Tulis Berbasis Komputer, kamu perlu ningkatin kemampuan kamu dalam hal di bawah ini. 

  • Menganalisis

Soal TPS UTBK bakal sulit dikerjain kalau kamu sebatas ngandelin kemampuan mengingat. Kamu butuh ngasah kemampuan analisis. Kemampuan analisis bakal berguna buat bantu kamu mahamin informasi apa yang ada dalam soal yang kamu hadapi.  

  • Mengevaluasi

Kedua, kamu perlu ngasah kemampuan evaluasi. Kemampuan ini bakal berguna buat bantu kamu mengevaluasi maksud dari soal TPS yang ada. Dengan mengevaluasi, kamu bisa menghindari kesalahan dalam memahami maksud dari soal yang ada di depan kamu nantinya. 

  • Menciptakan

Skill selanjutnya adalah menciptakan. Dalam konteks TPS Ujian Tulis Berbasis Komputer, menciptakan yang dimaksud adalah menciptakan kesimpulan yang tepat. Nah, jadi urutannya kamu perlu menganalisis informasi dari soal. Baru kemudian kamu evaluasi tuh maksudnya apa. Kalau udah, saatnya bikin kesimpulan deh.

Biar kamu ada bayangan, coba kamu jawab contoh soal TPS di bawah ini ya.

UTBK

Beda banget kan dengan soal ulangan di sekolah bahkan UN sekalipun?

Kamu bahkan ga perlu menghafal konsep khsuus untum bisa menjawab soal ini. Yang kamu perlu lakukan adalah:

  1. Menganalisis informasi yang tersedia di soal
  2. Mengevaluasi maksud soal
  3. Dan akhirnya mencipta kesimpulan dari informasindan pertanyaan yang ada

Melalui ilustrasi ini, terlihat jelas kalau soal TPS Ujian Tulis Berbasis Komputer itu menguji logika, nalar, dan kreativitas kamu. Kalau kamu penasaran dengan jawaban soal di atas, kamu bisa lihat video pembahasan soalnya di sini: Soal TPS – Penalaran Umum

****

Ujian Tulis Berbasis Komputer tahun ini emang beda sama Ujian Tulis Berbasis Komputer sebelumnya. Di UTBK kali ini kamu hanya berhadapan sama Tes Potensi Skolastik (TPS).

Tapi justru karena cuma TPS kamu jangan sampai lengah. Kamu harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena kamu ga tahu juga soal TPS setingkat apa yang akan diujikan nanti.

Satu lagi, kembali ke poin awal bahwa UTBK adalah ujian seleksi. Oke mungkin kamu udah nguasai materi-materi TPS tapi kamu tetap perlu ingat bahwa ini adalah seleksi. Kamu perlu dapat nilai setinggi-tingginya di atas saingan kamu biar bisa lolos dan diterima di universitas yang kamu tuju. Jangan lengah dan malah beranggapan bahwa “Ah cuma TPS ini”. Kamu tetap harus terus mempersiapkan diri kamu. 

Berikut adalah kumpulan artikel yang bisa kamu gunain buat bantu persiapan TPS UTBK kamu.

Panduan Belajar UTBK TPS Penalaran Umum

Panduan Belajar UTBK TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)

Panduan Belajar UTBK TPS Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM)