Info Kuliah, Passing Grade, dan Daftar Jurusan di Fakultas Hukum UNAIR

Info Kuliah, Syarat Masuk, dan Daftar Jurusan di Fakultas Hukum UNAIR

Tertarik masuk Fakultas Hukum UNAIR? Yuk, cari tahu info lengkap terkait akreditasi jurusan, syarat, jalur masuk, hingga biaya FH Universitas Airlangga.

Tertarik kuliah di Fakultas Hukum UNAIR (Universitas Airlangga)? Jika iya, ada baiknya elo mengenal dulu nih, tentang pilihan jurusan di fakultas ini. Karena elo akan menjalani perkuliahannya relatif selama empat tahun. Kalau ternyata di tengah jalan elo merasa nggak cocok, rugi waktu dan biaya, kan?

Jadi, jangan sampai hanya karena salah milih jurusan, kuliah elo malah nggak selesai, ya. 

Ngomongin tentang salah jurusan, gue mau ceritain pengalaman salah satu temen gue, nih. Jadi ketika lulus SMA dulu, temen gue memilih untuk masuk ke Jurusan Hukum. Tapi salahnya temen gue ini, dia masuk ke jurusan itu karena ikut-ikutan temannya. Bahkan, dia nggak pernah nyari tahu dulu, apa saja mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan tersebut. 

Alhasil, di tengah semester, temen gue pun merasa salah jurusan. Jadi, rasanya berat banget saat ngejalanin hari-hari perkuliahan. Hingga akhirnya, dia pun pindah ke jurusan lain dan memulai perkuliahan dari awal lagi. Sayang banget kan, kalau harus mengulang semester?

Maka dari itu, guys, supaya elo nggak mengalami hal yang sama dengan teman gue ini, mending elo baca artikel ini sampai habis, deh. Karena gue akan memberikan informasi seputar Fakultas Hukum UNAIR, mulai dari jurusan, akreditasi, biaya kuliah, hingga jalur masuk yang tersedia. Yuk, simak!

Mengenal Sejarah Fakultas Hukum UNAIR

Sobat Zenius sudah tahu belum nih, kalau Fakultas Hukum Universitas Airlangga (UNAIR) ternyata sudah berusia 70 tahun, lho. Makanya nggak heran kalau fakultas ini disebut-sebut sebagai salah satu fakultas hukum tertua yang ada di Indonesia.

Fakultas Hukum UNAIR sudah berdiri sejak Oktober 1951. Tapi, saat itu namanya belum Fakultas Hukum UNAIR ya, melainkan masih bernama Perguruan Tinggi Ilmu Hukum Surabaya.

Pada tahun 15 Juli 1952, Perguruan Tinggi Ilmu Hukum Surabaya beralih status sebagai cabang Fakultas Hukum, Sosial dan Politik dari Universitas Negeri Gadjah Mada, Yogyakarta. 

Baru pada 10 November 1954, kampus cabang tersebut  berdiri sebagai Fakultas Hukum Universitas Airlangga sampai sekarang

Saat ini, FH UNAIR telah memiliki empat program studi, yaitu: 

  • Program Studi S1 Ilmu Hukum
  • Program Studi S2 Magister Ilmu Hukum
  • Program Studi S2 Magister Kenotariatan
  • Program Studi S3 Doktor Ilmu Hukum

Elo bisa lihat kalau cuma ada satu jurusan S1 di FH UNAIR. Khusus di artikel ini, bahasan gue bakal fokus ke jurusan S1 aja, ya. Yuk, kita langsung kupas isinya bareng-bareng!

Jurusan S1 di Fakultas Hukum UNAIR

Seperti yang udah gue sebutin tadi, jurusan S1 di Fakultas Hukum UNAIR hanya ada satu saja ya, yaitu Jurusan Ilmu Hukum. 

Sama dengan jurusan berbau hukum lainnya, di semester awal elo akan fokus dengan mata kuliah pengantar hukum. Kemudian di semester berikutnya baru deh, elo mulai diperkenalkan dengan cabang-cabang ilmu hukum. 

By the way, kalau masuk ke Jurusan Ilmu Hukum UNAIR, gue bisa pastikan elo akan sering mendengar istilah dalam bahasa Belanda. Kenapa? Karena hukum di Indonesia sendiri berasal dari hukum Belanda. Jadi, nggak usah terheran-heran ya, kalau nanti banyak ketemu bahasa ini!

Nah, kalau elo merhatiin, hukum dibedakan ke beberapa jenis. Karena itu, FH UNAIR membagi spesialisasi pendidikan hukum ke lima peminatan yang bisa elo pilih nantinya: 

  • Hukum Bisnis
  • Peradilan
  • Hukum Pemerintahan
  • Hukum Internasional
  • Bisnis Syariah
peminatan fakultas hukum unair (universitas airlangga)
Peminatan S1 Ilmu Hukum FH UNAIR. (Arsip Zenius)

Oh iya, kalau udah keterima di FH UNAIR, elo juga punya kesempatan untuk melakukan pertukaran pelajar antarnegara, lho. Nggak cuma itu aja, elo juga bisa mengikuti program international internship. Keren banget nggak, tuh? Nggak belajar aja, tapi elo juga bisa punya pengalaman magang di luar negeri. 

Daya Tampung dan Syarat Masuk Fakultas Hukum UNAIR

Gimana, gimana? Udah mulai tertarik belum nih, buat masuk ke FH UNAIR? 

Nah, untuk Sobat Zenius yang berminat masuk Fakultas Hukum UNAIR, gue mau kasih informasi tentang jalur masuknya, nih. Fakultas Hukum UNAIR membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu SNMPTN (jalur undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), dan Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA). 

Untuk syarat masuk Fakultas Hukum UNAIR sendiri tidak ada persyaratan khusus ya, guys. Meski begitu, elo tetap harus mengikuti ujian masuk yang udah gue sebutin tadi. 

Kira-kira berapa banyak ya, kuota penerimaan mahasiswa baru Fakultas Hukum UNAIR tahun 2022? 

Nah, untuk daya tampung Fakultas Hukum UNAIR, elo bisa lihat melalui gambar di bawah ini, ya!

daya tampung fakultas hukum unair (universitas airlangga)
Daya tampung Fakultas Hukum UNAIR. (Sumber: ppmb.unair.ac.id )

By the way, elo penasaran nggak sih, dengan passing grade Jurusan Ilmu Hukum UNAIR? 

Jika iya, sayang sekali nih, gue belum bisa kasih tahu informasinya. Soalnya, passing grade sendiri merupakan informasi yang bersifat rahasia. Cuma pihak penyelenggara ujian yang boleh mengakses nilai semua peserta ujian. 

Selain itu, skor tiap peserta juga baru keluar setelah semua proses ujian selesai, kan? Jadi, nggak ada yang tahu pasti berapa passing grade Jurusan Ilmu Hukum UNAIR terkhusus tahun ini. 

Tapi, kalau elo masih penasaran dengan passing grade, elo bisa baca artikel Cara Menghitung Skor UTBK dengan Zenius Rasionalisasi ini, ya.

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo
Klik banner di atas dan temukan kampus yang cocok buat elo!

Biaya Masuk Fakultas Hukum UNAIR

Penasaran nggak sih, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk ke Fakultas Hukum UNAIR?

Tenang, gue udah merangkum informasi tentang biaya masuk Fakultas Hukum UNAIR melalui gambar di bawah ini. Cuss, simak!

biaya masuk fakultas hukum unair (universitas airlangga)
Biaya masuk Fakultas Hukum UNAIR. (Arsip Zenius)

Akreditasi Fakultas Hukum UNAIR

Ketika memilih jurusan kuliah, akreditasi suatu jurusan biasanya juga menjadi bahan pertimbangan mahasiswa baru. Lantas, apa sih akreditasi Fakultas Hukum UNAIR? Ada yang bisa tebak nggak, nih?

Akreditasi jurusan di Fakultas Hukum UNAIR sendiri nggak main-main, lho. Elo nggak perlu ragu karena Jurusan Ilmu Hukum UNAIR sudah mendapat akreditasi Unggul dari BAN-PT.

Bahkan, Fakultas Hukum UNAIR juga sudah mendapat akreditasi internasional dari ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) dan FIBAA. 

Baca Juga: Informasi Perkuliahan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya

Gelar S1 Jurusan Ilmu Hukum UNAIR

Sudah bukan rahasia lagi, ketika lulus S1 Ilmu Hukum elo akan menyandang gelar S.H. atau Sarjana Hukum. Tapi, untuk mendapat gelar sarjana dari FH UNAIR, elo perlu menyelesaikan minimal 144 SKS terlebih dahulu, ya. 

Umumnya, mahasiswa membutuhkan waktu kurang lebih selama empat tahun atau delapan semester untuk mendapat gelar sarjana hukum. Yuk, semangat!

Baca Juga: Syarat Masuk, Biaya, dan Penjurusan di Fakultas Hukum UNS

Prospek Karier Lulusan Jurusan Ilmu Hukum UNAIR

Setelah meraih gelar sarjana, tahap selanjutnya pasti mencari pekerjaan, bukan? Nah, bagi elo yang punya gelar Sarjana Hukum, nggak perlu khawatir sulit mencari pekerjaan, ya. Karena ilmu hukum sendiri merupakan ilmu yang dapat diterapkan di semua bidang pekerjaan. Makanya, lapangan pekerjaannya pun nggak terbatas. Berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa elo pilih:

  • Karyawan BUMN
  • Pengacara
  • Konsultan hukum
  • Jaksa
  • Staf HRD
  • Staf legal
  • Hakim
  • Diplomat

Gimana? Banyak banget kan bidang pekerjaan yang bisa elo pilih? Tapi, nggak hanya itu saja, lho. Masih banyak prospek karier lainnya yang nggak bisa gue sebutin satu-satu. Intinya sih, prospek karier lulusan Ilmu Hukum itu sangat luas, guys, jadi elo nggak perlu khawatir bakal susah dapat pekerjaan, ya. 

Baca Juga: Syarat Masuk, Akreditasi, dan Peminatan di Fakultas Hukum UI

So, itu dia, guys, informasi tentang Fakultas Hukum UNAIR yang bisa gue kasih. Semoga informasi yang gue berikan ini, bisa memberi gambaran tentang Jurusan Ilmu Hukum UNAIR, ya. 

Buat elo yang kebagian jadwal ikut UTBK hari ini, selamat berjuang, ya! Semoga elo dapetin hasil yang maksimal dan bisa meraih jurusan impian elo.

Elo masih bisa tonton playlist belajar UTBK yang udah Zenius siapin kapanpun. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Nggak ada salahnya juga buat ngulik materi ujian masuk untuk jalur lain. Supaya persiapan elo untuk jian masuk kampus makin lancar, yuk ikut Zenius Ultima Bootcamp. Langsung aja klik banner di bawah ini, ya!

zenius ultima boot camp um

Referensi:

Universitas Airlangga – pddikti.kemdikbud.go.id

Fakultas Hukum UNAIR – fh.unair.ac.id

Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru – ppmb.unair.ac.id

Bagikan Artikel Ini!