Rekomendasi Buku Bertema Pendidikan untuk Guru – Zenius untuk Guru

buku bertema pendidikan

Halo Bapak dan Ibu Guru, bagaimana kabarnya? Apakah sekolah Bapak dan Ibu Guru sudah memasuki waktu-waktu liburan semester ganjil? Pas banget nih, artikel ZenRu kali ini akan memberikan rekomendasi buku bertema pendidikan yang bisa mengisi waktu luang Bapak dan Ibu Guru di masa liburan.

Adakah Bapak dan Ibu Guru yang mempunyai hobi membaca buku? Selain untuk menemani waktu santai dan menyegarkan pikiran, buku juga bisa memperluas wawasan. Seperti slogan “Buku adalah jendela ilmu pengetahuan,” dengan membaca kita bisa mendapatkan beragam pengetahuan yang belum kita ketahui.

“Buku merupakan jendela dunia.”

Coba sekarang kita bayangkan bersama. Saat membaca buku sejarah Eropa, kita tidak hanya mendapatkan ilmu tentang bagaimana negara-negara di dalamnya terbentuk, tapi juga mempelajari hal yang lainnya, seperti budaya dan bahasa. Secara tidak langsung, kita bisa keliling Eropa melalui membaca buku. Semakin sering kita membaca buku, maka semakin banyak pengetahuan yang terbuka.

Tahukah Bapak dan Ibu Guru kalau membaca buku secara rutin juga bantu meningkatkan kekuatan otak kita? Sama seperti halnya berolahraga yang melatih sistem kardiovaskular, membaca buku dapat meningkatkan fungsi memori dengan melatih kinerja otak. Seiring bertambahnya usia, terjadi penurunan memori dan fungsi otak. Tapi, membaca secara rutin bisa membantu memperlambat proses tersebut dan menjaga pikiran untuk fokus lebih lama. 

Nah, terbukti kan kalau manfaat dari membaca buku itu banyak banget. Karena itu, untuk menambah pilihan buku bacaan bagi Bapak dan Ibu Guru, berikut ini adalah lima rekomendasi buku bertema pendidikan versi Zenius untuk Guru. Kalau Bapak dan Ibu Guru punya rekomendasi yang lain, boleh banget untuk ditulis di kolom komentar ya!

Buku Bertema Pendidikan #1: Totto-chan (Tetsuko Kuroyanagi)

novel bertema pendidikan
Rekomendasi buku bertema pendidikan, Totto-chan. (Foto dari goodreads.com)

Buku bertema pendidikan pertama berasal dari Jepang. Berjudul lengkap Totto-chan: The Little Girl at the Window buku ini menceritakan pengalaman pribadi Tetsuko Kuroyanagi, sang penulis, saat masih bersekolah dulu. Para guru di sekolah menganggap Totto-chan (nama panggilan Tetsuko) adalah anak yang nakal. Rasa ingin tahunya yang sangat besar membuat Totto-chan sering melakukan kegiatan yang dianggap tidak rasional seperti merusak meja, membanting pintu, dan berdiri di depan jendela selama pelajaran berlangsung.

Tindakan Totto-chan yang dinilai berlebih menyebabkan dirinya dikeluarkan dari sekolah. Namun, Totto-chan tidak bersedih dan justru bersemangat ketika ibunya memindahkan Totto-chan ke Tomoe Gakuen. Di sekolah barunya, Totto-chan belajar bersama para murid lainnya di sebuah gerbong kereta yang diubah menjadi kelas, mengikuti pelajaran sesuai minatnya, dan mendapatkan banyak pelajaran berharga. Unik banget ya sekolah Totto-chan ini, Bapak dan Ibu?

Lewat cerita Totto-chan, Bapak dan Ibu Guru bisa mengetahui bagaimana sebuah metode pembelajaran yang sesuai dengan keinginan siswa bisa mengubah cara pandang mereka akan pendidikan. Sistem pembelajaran di Tomoe Gakuen membebaskan siswanya untuk memilih urutan pelajaran sesuai kemauan mereka. Belajar tidak hanya berfokus pada satu pelajaran saja, dan yang paling penting, tidak ada unsur paksaan di dalamnya.

Bagi Bapak dan Ibu Guru yang ingin tahu keunikan lainnya dari sekolah Totto-chan, bisa langsung cek bukunya untuk baca lebih lanjut ya!

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa

Buku Bertema Pendidikan #2: Sistem Pendidikan Finlandia (Ratih D. Adiputri)

Pertama terbit di tahun 2019, buku ini menceritakan pengalaman sang penulis yang merupakan Warga Negara Indonesia saat menempuh pendidikan S3 di Finlandia. Hidup selama 10 tahun di sana membuat Ratih D. Adiputri paham bagaimana kondisi dan sistem pendidikan Finlandia.

buku bertema pendidikan
Rekomendasi buku bertema pendidikan, Sistem Pendidikan Finlandia. (Foto dari goodreads.com)

Meskipun termasuk negara yang kecil, Finlandia membuktikkan bahwa mereka bisa sukses dalam hal pendidikan. Berdasarkan tes PISA (Programme for International Student Assessment) beberapa tahun terakhir, Finlandia berhasil menempati posisi teratas dengan negara-negara lainnya seperti Cina, Taiwan, Singapura, dan Jepang. Hal ini tentunya membuat banyak pertanyaan yang muncul, bagaimana sistem pendidikan di Finlandia hingga siswanya bisa cerdas menurut standar PISA?

Melalui buku Sistem Pendidikan Finlandia, Bapak dan Ibu Guru bisa mempelajari sistem pendidikan Finlandia yang mengedepankan bahwa belajar adalah untuk belajar, serta mengetahui bagaimana pendidikan yang baik bisa membawa kesuksesan untuk siswa dan juga guru. Selebihnya, Finlandia menerapkan 8 kompetensi lain dalam sistem pendidikannya yang secara lebih lanjut bisa Bapak dan Ibu Guru ketahui melalui buku ini.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Buku Bacaan Buat Belajar Sejarah

Buku Bertema Pendidikan #3: Tetralogi Laskar Pelangi (Andrea Hirata)

Siapa yang tidak kenal dengan novel Laskar Pelangi? Buku bertema pendidikan karya Andrea Hirata ini sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa seperti bahasa Turki, Jerman, dan Prancis. Tidak hanya ceritanya yang menginspirasi, tapi prestasi dari buku ini juga patut diapresiasi. Novel Laskar Pelangi telah meraih berbagai penghargaan Internasional, seperti pemenang pertama dalam New York Book Festival 2013 kategori General Fiction dan peringkat pertama Buchawards 2013 di Jerman.

buku bertema pendidikan
Rekomendasi buku bertema pendidikan, Tetralogi Laskar Pelangi. (Foto dari goodreads.com)

Tetralogi Laskar Pelangi sendiri terdiri dari empat novel yaitu Laskar Pelangi (2005), Sang Pemimpi (2006), Edensor (2007), dan Maryamah Karpov (2008). Keempatnya saling berkaitan satu sama lain di mana mencerita tentang perjalanan hidup anak-anak Belitung. Dengan segala keterbatasan, mereka berusaha untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang mereka punya, salah satunya melanjutkan pendidikan tinggi sampai ke Sorbonne, Paris.

Keempat novel ini menjadi buku bertema pendidikan yang bisa menjadi penyemangat Bapak dan Ibu Guru untuk selalu mendidik siswa dan membantu mereka dalam meraih cita-citanya. Cerita dalam novel ini juga bisa memotivasi Bapak dan Ibu Guru untuk terus belajar dan pantang menyerah dalam meraih apa yang Bapak dan Ibu Guru inginkan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Perjuangan Menggapai Mimpi

Buku Bertema Pendidikan #4: Trilogi Negeri 5 Menara (Ahmad Fuadi)

rekomendasi buku
Rekomendasi buku bertema pendidikan, Trilogi Negeri 5 Menara. (Foto dari goodreads.com)

Rekomendasi buku bertema pendidikan selanjutnya adalah Trilogi Negeri 5 Menara yang terdiri dari tiga judul buku yaitu Negeri 5 Menara (2009), Ranah 3 Warna (2011), dan Rantau 1 Muara (2013).

Trilogi Negeri 5 Menara menceritakan perjalanan hidup seorang anak bernama Alif yang merantau dari tanah Minang untuk menempuh pendidikan di sebuah pondok pesantren. Di pesantren itulah, Alif bertemu dengan keempat sahabatnya yang berasal dari daerah dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Tidak hanya menceritakan perjuangan lima sahabat menempuh pendidikan di pesantren, Trilogi Negeri 5 Menara juga menggambarkan kegigihan tiap tokohnya dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Siapa yang menyangka bahwa Alif, tokoh utama dalam cerita ini, bisa bersekolah sekaligus bekerja di Amerika?

Kalau Bapak dan Ibu Guru penasaran bagaimana perjalanan Alif sampai mendapatkan beasiswa di Amerika, yuk baca Trilogi Negeri 5 Menara ini.

Baca Juga: Ayo Dukung Proses Belajar Siswa dengan ZenCore

Buku Bertema Pendidikan #5: Botchan (Natsume Sōseki)

rekomendasi buku bertema pendidikan
Rekomendasi buku bertema pendidikan, Botchan. (Foto dari goodreads.com)

Di rekomendasi buku bertema pendidikan yang terakhir, kita akan kembali lagi ke Jepang. Botchan merupakan sebuah novel karya Natsume Sōseki yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1906. Buku ini sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa, salah satunya bahasa Indonesia yang diterbitkan pada tahun 2009. 

Botchan menceritakan tentang seorang guru muda yang melakukan pemberontakan kepada sebuah sistem pendidikan di sekolah desa. Kata “botchan” sendiri dalam bahasa Jepang memang memiliki arti seorang pemuda atau tuan muda yang kaya raya. Namun dalam cerita, panggilan ini melekat pada tokoh utama karena diberikan oleh seorang wanita tua bernama Kiyo. Karakter Botchan diceritakan memiliki sifat yang sembrono, mudah marah, dan arogan. Meski begitu, ia punya prinsip untuk selalu melakukan hal yang benar dan jujur.

Dalam novel diceritakan bahwa siswa Botchan selalu merasa benar, tidak menghormati guru, dan aturan sekolah yang digambarkan sangat tidak relevan dan efisien. Botchan pun berusaha untuk memperbaiki hal tersebut, namun dalam prosesnya ia menemui banyak tantangan.

Novel Botchan ini menggambarkan realitas kehidupan dan pendidikan masyarakat jepang pada saat itu. Tanpa disadari, permasalahan yang diceritakan dalam buku ini juga mungkin dialami Bapak dan Ibu Guru di sekolah. Buku ini bisa menjadi refleksi dan pembelajaran bagi kita semua untuk melihat pendidikan secara lebih luas.

***

Nah, itu tadi lima rekomendasi buku bertema pendidikan yang bisa Bapak dan Ibu Guru baca untuk memenuhi hobi atau mengisi waktu luang. Semoga selain menambah pengetahuan, buku-buku ini juga bisa memberikan inspirasi bagi Bapak dan Ibu Guru dalam pendidikan. Apakah Bapak dan Ibu Guru punya rekomendasi buku bertema pendidikan lainnya? Jangan lupa bagikan di kolom komentar ya!

Referensi

https://www.realsimple.com/health/preventative-health/benefits-of-reading-real-books

https://www.goodreads.com/author/show/647438.Andrea_Hirata 

https://nihongomaster.com/japanese/dictionary/word/58120/bocchan

Baca Juga Artikel Lainnya

Cara Mengembangkan Keahlian dan Kompetensi Guru

Menjadi Guru Inspiratif di Era Digital

Proses Belajar yang Efektif, Bagaimana Caranya?

4 Standar Kompetensi Guru yang Harus Dimiliki

Bagikan Artikel Ini!