Ini dia 5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Perjuangan Menggapai Mimpi 9

Ini dia 5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Perjuangan Menggapai Mimpi

Hai Zenius chingu,  kembali lagi bersama gue, Grace! Kali ini gue kembali dengan lima rekomendasi drama korea yang menceritakan perjuangan menggapai mimpi atau cita-cita. Ada yang yang ingin menggapai impian untuk menjadi aktor, idol, petarung, pengusaha, dan lain sebagainya. Pas banget kan kalo lo lagi cari drama korea buat ditonton pada waktu luang? Gue rasa drama-drama ini benar-benar membangun semangat dan motivasi gue untuk lebih berusaha dan berjuang lagi. Aduh, pokoknya pas nonton dramanya, gue tuh langsung ingin menuliskan impian gue dan meroket untuk bangkit berjuang menggapainya.

Ayo absen dulu, siapa nih di antara lo semua yang demen nonton K-drama?

View Results

Loading ... Loading ...

Sebelum kita masuk ke rekomendasi drakor yang daebak, penasaran nggak sih lo kok drakor tuh jinjja nagih?

Tiap kali nonton serial drama korea, rasanya nggak puas deh kalo cuma nonton satu episode, iya nggak sih? Kalau sudah mulai nonton satu episode, rasanya gregetan ingin lanjut ke episode selanjutnya. Bahkan, bisa jadi kita sampai kurang tidur demi menyelesaikan marathon serial tersebut hingga selesai. Lalu kalau sudah selesai satu drama, jadi ingin lihat drakor lainnya. Kenapa ya nonton serial drama korea itu berkesan dan nikmat banget?

Kalau dari sisi produksi drama korea, ada beberapa elemen dari drama korea yang membuat penonton terpukau yaitu penyuguhan yang apik(contohnya seperti aktor/aktris yang terlihat menarik, makanan korea yang membuat ngiler, serta properti yang terlihat realistis dan lengkap), cerita yang berkesan dan terus berinovasi, dan tentunya lagu OST drama korea yang membumbui adegan-adegan dengan baik. Ya, produksi drama korea tidak pernah melakukan persiapan kaleng-kaleng seadanya, mereka selalu all in  hingga detail kecil sekalipun.

Selain dari faktor produksi drakor, ada hubungan lainnya dengan otak manusia yang membuat nonton drakor itu nagih banget. Menurut Dr. Renee Carr, Psy.D, seorang psikolog klinis, otak kita menghasilkan suatu senyawa organik yang disebut dopamine yang memberi sinyal kepada tubuh bahwa menonton drakor itu menyenangkan dan kita harus terus melanjutkannya. Senyawa dopamine ini membuat tubuh kita merasa “high” seakan-akan seperti mengonsumsi narkoba. Sehingga, lo akan merasa ingin lagi dan lagi. Ini tidak hanya berlaku untuk drama korea saja sih, tapi juga film serial lainnya. Namun, dengan dilengkapi performa apik dari produksi drakor, apa kita nggak tambah ketagihan dan puas nontonnya?

Rekomendasi Drama Korea Nagih
Dok: imgflip.com

Oke sekarang kita langsung lanjut ya ke rekomendasinya. Eh tapi disclaimer dulu ya Zenius chingu, drama-drama yang gue sebut di sini itu berdasarkan pengalaman nonton dan selera gue sendiri serta review dari teman dan orang lain yang gue kenal. Jadi, memungkinkan banget nih kalo selera dan pendapat kita beda. Oleh karena itu, kalo lo punya rekomendasi lain, boleh banget sebutin di kolom komentar ya supaya Zenius chingu yang lain jadi tahu.

Rekomendasi Drama Korea #1: Itaewon Class (2020)

Mari kita mulai dengan rekomendasi drama korea yang pertama. Nih sambil baca resensi singkat tentang drama Itaewon Class, coba lo sambil play deh lagu OST Itaewon Class di bawah ini, dijamin melodi lagu legendaris ini membuat lo langsung jadi semangat untuk berjuang dalam hidup.

Menurut gue, adalah drama yang keluar pada tahun 2020 ini sangat sangat worth it buat ditonton. Bahkan, walaupun seandainya lo bukan pecinta drakor, lo akan tetap suka dengan drama ini karena drama ini bukanlah drama kaleng-kaleng yang tipikal dibumbui banyak percintaan dan drama.

Rekomendasi Drama Korea Itaewon Class
Dok: Wikipedia | Poster Promosi

Drama yang sebenarnya diadaptasi dari Webtoon ini benar-benar fokus pada cerita perjuangan seorang mantan terpidana Park Saeroyi (Park Seo-joon) dari bawah untuk membangun usaha berupa sebuah restoran. Perjuangannya sangatlah tidak mudah dan berliku-liku. Apalagi ia harus menghadapi kekejaman jahanam dari kompetitornya, Grup Jangga yang dipimpin oleh Jang Dae-hee (Yoo Jae-myung). 

Apabila lo punya impian untuk membuka sebuah usaha di masa depan (entah sebuah restoran, laundry, minimarket, dan lain sebagainya), lo pasti akan menghadapi berbagai rintangan. Drama ini akan membuka mata lo dan membuat lo lebih realistis soal perjuangan dalam membangun bisnis. Namun, selain memberikan gambaran kotornya dunia bisnis, lo justru juga akan lebih semangat dan termotivasi untuk berjuang seperti Park Saeroyi dan teman-temannya. Lo juga akan jadi paham bahwa dalam membangun bisnis, lo tidak hanya perlu keyakinan namun juga perhitungan dan rencana realistis yang bisa lo pelajari dari pikiran Jo Yi-seo (Kim Da-mi) dan kawan-kawan.

 

Rekomendasi Drama Korea #2: Fight My Way (2017)

Rekomendasi Drama Korea Fight My Way
Dok: Wikipedia | Poster Promosi

Di rekomendasi drama korea kedua ini, kita bertemu lagi nih dengan aktor Park Seo-joon. Namun, kali ini ia berperan sebagai Ko Dong-man, seorang mantan atlet taekwondo yang dulunya terkenal namun karena satu dan lain hal ia harus kembali berusaha dari bawah sebagai pejuang bela diri campuran tanpa nama. Selain kisah perjuangan seorang pejuang bela diri, lo juga akan melihat perjuangan sahabat masa kecil Ko Dong-man, yaitu Choi Ae-ra(Kim Ji-won ). 

Choi Ae-ra memiliki impian untuk menjadi penyiar berita. Namun, saat itu ia belum bisa menggapai impiannya dan bekerja sebagai karyawan bagian meja informasi di sebuah pusat perbelanjaan. Kedua sohib ini bisa dibilang merupakan underdogs yang dipandang sebelah mata oleh orang-orang. Perjuangan dan lika-liku yang mereka hadapi dibumbui dengan aksi kocak dan inspiratif yang bisa menggerakkan penontonnya untuk terus menggapai mimpi walau tidak dipandang oleh orang lain. Karena bagaimanapun juga, kekuatan terbesar bukanlah dari pandangan orang lain, namun dari dalam diri kita sendiri.

Rekomendasi Drama Korea Fight My Way
Dok: Soompi

 

Rekomendasi Drama Korea #3: Dream High (2015)

Rekomendasi Drama Korea Dream High
Dok: Wikipedia | Poster Promosi

Drama rekomendasi ketiga ini punya tempat yang spesial di hati gue karena ini adalah salah satu drama pertama yang gue tonton waktu awal-awal gue mulai mencicipi drakor. 

Drama yang keluar pada tahun 2015 ini menceritakan perjuangan enam remaja yaitu Go Hye-mi (Bae Suzy), Song Sam-dong (Kim Soo-hyun),  Jin-guk/Hyun Shi-hyuk (Ok Taec-yeon), Yoon Baek-hee (Ham Eun-jung), Jason (Jang Woo-young), dan Kim Pil-sook (IU) yang ingin menggapai impian mereka untuk menjadi bintang di Korea Selatan. Mereka semua bersekolah Sekolah Tinggi Seni Kirin (Kirin Art High School) untuk belajar bernyanyi, menari, membuat lagu, dan berakting. Tentunya perjalanan mereka tidaklah mudah dan mulus. Ada begitu banyak tantangan dan kompetisi antara mereka. 

Apabila lo ingin menjadi seorang pelaku seni, penyanyi, penari, aktor, ataupun idol, lo bisa merasakan bagaimana sengitnya persaingan di antara para pejuang. Semoga dengan menonton drama ini, lo bisa lebih termotivasi untuk berjuang lebih keras lagi untuk menggapai mimpi lo seperti Go Hye-Mi dan kawan-kawan. 

Mungkin  di antara mereka berenam, pertumbuhan karakter Song Sam-dong itu paling tampak, dari yang awalnya seorang country bumpkin yang tinggal di desa, ia tekun mengejar impiannya hingga akhirnya… yah tonton aja dulu dramanya hehehe. Tapi memang deh Zenius chingu, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Banyak kok artis di Indonesia yang bukan berasal dari keluarga penuh koneksi dan bergelimang harta. Jadi, kalaupun seandainya lo tidak punya koneksi dengan dunia entertainment, jangan berkecil hati. Tetaplah kejar impian lo dan terus melakukan deliberate practice agar lo bisa melatih kemampuan lo.

 

Rekomendasi Drama Korea #4: Start-Up (2020)

Rekomendasi Drama Korea Start-Up
Dok: Wikipedia | Poster Promosi

Kalau sebelumnya gue merekomendasikan Dream High di mana Bae Suzy berperan sebagai Go Hye-mi yang bermimpi untuk menjadi bintang besar, kali ini Bae Suzy berperan sebagai Seo Dal-Mi yang bermimpi untuk menjadi Steve Jobnya Korea. Nah gue tidak akan membahas panjang lebar tentang perjuangan para tokoh di drama ini. Namun sesuai judulnya, drama ini banyak menceritakan bagaimana cara memulai dan apa saja tantangan yang akan lo hadapi ketika membangun sebuah Start-Up.

Zenius chingu, menurut gue ini sangat worthy buat ditonton. Bukan karena aktornya ganteng atau aktrisnya cantik, tapi karena pengetahuan yang terkandung di dalamnya. Kita harus sadar bahwa sekarang ini teknologi dan internet begitu maju. Banyak orang-orang berlomba membangun usaha rintisan atau start-up. Bahkan, lo juga bisa lihat banyak banget usaha-usaha rintisan (contoh: zenius, gojek, tokopedia, shopee, traveloka, happy fresh, ovo, dsb) di berbagai bidang yang biasanya dikembangkan agar bisa dijangkau secara online oleh siapapun. Bisa jadi salah satu calon pelaku perintis usaha ini adalah lo. 

Nah, di dalam drama ini lo akan mendapatkan pengetahuan tentang apa saja posisi atau peran yang diperlukan untuk ada di dalam sebuah tim untuk membentuk start-up. Lo juga akan mendapatkan pemahaman tentang bagaimana mengembangkan serta menarik investor untuk memajukan usaha lo. Selain itu, pandangan dan pikiran lo tentang start-up akan menjadi lebih luas dan realistis. Di dalam drama ini banyak sekali menunjukkan persiapan dan tantangan yang hampir pasti harus lo hadapi di kehidupan nyata bila ingin memulai sebuah start-up. Eh menurut lo, perlu nggak gue buat artikel tentang start-up atau perusahaan rintisan?

 

Rekomendasi Drama Korea #5: Record of Youth (2020)

Rekomendasi Drama Korea Record of Youth
Dok: Wikipedia | Poster Promosi

Zenius chingu, sebenarnya untuk rekomendasi kelima ini gue belum sempat nonton nih. Namun, drama ini highly recommended menurut temen gue yang suka nonton drakor. Lo udah nonton drama ini atau belum? Kalau udah, menurut lo gimana?

Anyway, drama ini menceritakan perjuangan Sa Hye-jun (Park Bo-gum), Won Hae-hyo (Byeon Woo-seok), serta An Jeong-ha (Park So-dam) di dunia entertainment. Sa Hye-jun dan Won Hae-hyo merupakan model yang ingin menjadi aktor. Sedangkan An Jeong-ha memiliki cita-cita menjadi seorang make-up artist hingga nekat keluar dari pekerjaan lamanya di kantor. Mereka semua harus menghadapi tekanan dan tantangan untuk menggapai cita-cita mereka. Contohnya, Sa Hye-jun telah mengikuti banyak audisi namun ia gagal, gagal, dan gagal. Apabila lo ingin menjadi seseorang yang bekerja di bidang entertainment, lo bisa banget nih nonton drama ini agar memahami pengorbanan orang-orang yang berjuang untuk menggapai impian mereka di dunia akting dan entertainment. Semoga lo bisa terinspirasi untuk pantang menyerah dari drama ini ya.

 

*****

Nah Zenius chingu, itulah lima rekomendasi drama korea tentang perjuangan menggapai mimpi yang bisa lo tonton untuk mendapatkan inspirasi untuk terus berjuang mengejar cita-cita lo. Apakah lo punya rekomendasi lainnya? Kalau ada jangan ragu untuk share di kolom komentar ya.

 

Baca juga: Punya cita-cita keren? Semangat aja ga cukup, lo butuh strategi!

 

Referensi:

Darliana. 2013. Pengaruh Tayangan Drama Korea Terhadap Perilaku Kaum Muda (Studi Kasus : Komunitas Pecinta Drama Korea Dan Kpop). Universitas Bina Nusantara, 9. Diambil pada 29 Juli 2020 pada laman https://thesis.binus.ac.id/Doc/WorkingPaper/2014-2-01881-MC WorkingPaper001.pdf

General, Ryan. 2017. Expert Explains Why Korean Dramas Are So Addictive. Diambil pada 29 Juli 2021 pada laman https://nextshark.com/why-korean-dramas-are-so-addicting/

Page, Danielle. 2017. What happens to your brain when you binge-watch a TV series. Diambil pada 29 Juli 2021 pada laman https://www.nbcnews.com/better/health/what-happens-your-brain-when-you-binge-watch-tv-series-ncna816991