Panduan Belajar UNBK SMP Bahasa Indonesia

Diskon Zenius

Artikel ini menyediakan tips belajar, sumber belajar, dan latihan soal untuk persiapan UN Bahasa Indonesia SMP 2019 berdasarkan kisi-kisi resmi pemerintah.

Hai guys! Sebagian dari kamu mungkin saat ini lagi bingung mencari panduan UN Bahasa Indonesia 2019. Jangan khawatir, karena di artikel ini aku akan memberi kamu beberapa informasi penting termasuk strategi bagaimana menghadapi UN Bahasa Indonesia, jadi kamu bisa lebih tenang menghadapi masa ujian nanti.

Tapi, sebelum aku membahas lebih lanjut, kita baca dulu kisi-kisi UN SMP Bahasa Indonesia tahun 2019 sesuai dengan peraturan pemerintah.

Untuk tahun ini, komposisi soal yang akan keluar di UN nanti adalah sekitar 85-90% soal LOTS dan hanya 10-15% soal HOTS, yang terdiri dari:

  • 15 soal Membaca Sastra
  • 10 soal Membaca NonSastra
  • 8 soal Menulis Terbatas
  • 12 soal Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
  • 5 soal Menyunting Ejaan dan Tanda Baca

Kira-kira begini bagannya:

Kalau membaca penjelasan kisi-kisinya kayaknya complicated banget ya? Apalagi ada soal HOTS yang kesannya serem.  Padahal sebenernya lumayan simple loh guys, asalkan kita punya strategi yang tepat.

.

Jangan Panik Menghadapi Soal HOTS

Sesuai dengan namanya, ‘Higher-Order Thinking Skill’, soal HOTS akan menguji kemampuan bernalar tingkat tinggi lo.

“Hah, ‘penalaran tingkat tinggi’? Soalnya susah dong? Nanti ribet dong ngerjainnya? :(“

Tidak selalu kok! Itu sebetulnya salah satu miskonsepsi terhadap soal HOTS. Soal HOTS tidak selalu susah. Bahkan soal HOTS bisa saja jauh lebih mudah dari jenis soal LOTS (Lower-Order Thinking Skills).

Kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang soal HOTS, kamu bisa baca dulu nih artikel dari kak Fanny ini:

Pembahasan Lengkap seputar Soal HOTS

Di artikel tersebut, kak Fanny sudah lengkap banget menjelaskan tentang soal HOTS, mulai dari definisi, contoh, sampai dengan miskonsepsinya. Walaupun di situ kak Fanny menjelaskan untuk konteks ujian SMA, tapi penjelasannya masih relevan kok buat ujian tingkat SMP.

Kalo saran dari aku sih, tenang aja. Tidak usah terlalu khawatir dengan soal HOTS, karena sebenernya soal HOTS itu udah ada kok dari dulu. Soal HOTS sudah ada di UN tahun-tahun sebelumnya, meskipun jumlahnya memang tidak sebanyak sekarang.

.

Strategi Belajar UNBK SMP Bahasa Indonesia

Jadi apa aja sih yang perlu kita ketahui untuk menghadapi UN Bahasa Indonesia? Ada beberapa hal penting yang perlu kamu pelajari yaitu:

1. Menggunakan teknik membaca yang tepat

Nah, dalam soal UN, pasti kita akan menemukan banyak soal berupa paragraf/teks, terutama di bagian membaca sastra dan nonsastra. Seringnya, waktu kita habis untuk membaca soal-soal semacam itu. Untuk menghemat waktu, kita harus tahu untuk menggunakan teknik membaca yang mana, biar kita punya waktu lebih banyak untuk mengerjakan soal-soal di bagian yang lain.

Di zenius.net, kita udah pernah membahas teknik-teknik membaca ini. Untuk lebih jelasnya, silakan tonton ini ya: Membaca Cepat

Secara garis besar ada tiga teknik membaca, sesuai dengan tujuan yang ingin kamu ambil yaitu:

a. Scanning

Kalau kamu nemuin soal-soal yang hanya meminta kita untuk mencari bagian tertentu, misalnya kata atau frase tertentu, maka sebaiknya kamu memakai teknik scanning. Caranya adalah kamu harus baca dulu soalnya dan menentukan kata kunci dari soal. Nah, dari kata kunci yang sudah kita temuin, kita tinggal scan atau memindai teks/paragraf yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Selain untuk menjawab soal dengan teks/paragraf, teknik ini juga bisa digunakan untuk mengerjakan soal-soal LOTS yang mudah, dengan cara scanning soal dan opsi jawaban yang tersedia.

Coba kamu lihat contoh soal ini deh: Membaca Cepat no 4

b. Skimming

Nah, kamu pasti sering menemukan soal yang berhubungan dengan mencari paragraf utama, pikiran pokok atau semacamnya. Untuk soal semacam itu, kamu sebaiknya menggunakan teknik skimming. Artinya, kamu cuma perlu membaca dengan cepat dan grasping garis besar dari teks/paragraf. Dengan begitu, kamu sudah mendapatkan informasi yang cukup untuk mengerti ide paragraf secara keseluruhan.

Coba deh kamu kerjakan soal berikut ini: Resensi Buku no 2

c. Close Reading

Ini adalah teknik membaca dengan saksama. Nah, teknik ini berbeda dengan scanning atau skimming yang cenderung membuat kamu membaca dengan cepat. Kamu diharapkan untuk membaca soal dengan cermat (at least 2 kali lah ya) agar kamu mengerti isi dari sebuah teks/paragraf. Biasanya teknik ini cocok untuk menjawab soal yang berhubungan dengan perbandingan teks atau interpretasi teks.

2. Memahami materi yang akan keluar

Selain pertanyaan dengan teks atau paragraf, banyak juga soal dalam UN SMP Bahasa Indonesia yang berhubungan dengan unsur-unsur kebahasaan. Materi yang sering keluar adalah dalam hal kebahasaan seperti:

a. Pilihan kata (sinonim, antonim, istilah, serapan)

Dalam beberapa soal, kamu akan menemukan pertanyaan yang berkaitan dengan mencaria padanan kata (sinonim) atau lawan kata (antonym). Selain itu, beberapa soal yang berkaitan dengan pilihan/variasi kata juga akan sering keluar tuh. Seperti menggunakan istilah yang tepat atau memilih kata serapan yang paling sesuai. Nah, patut diingat ya, untuk memilih kata, kadang pilihan jawabannya mirip-mirip. Makanya, kamu harus pilih jawaban yang paling sesuai dengan konteks paragraf/kalimat.

Simak penjelasan lebih lanjutnya di sini: Fakta dan Opini no 3

b. Kalimat efektif

Penggunaan kalimat efektif juga salah satu materi yang paling sering keluar di ujian nasional. Di sini kita harus pintar-pintar memilah-milah apakah kalimat yang dipake itu efektif apa nggak. Bisa dilihat dari adanya subjek dan predikat dalam kalimat dan juga apakah konjungsi yang digunakan sesuai. Atau juga bisa apakah kalimat yang digunakan bertele-tele apa nggak, seperti penggunaan adjektif atau kata ganti yang berulang-ulang.

Coba kamu kerjakan soal ini: Kalimat Efektif no 3

c. Penggunaan konjungsi

Konjungsi juga adalah salah satu materi yang selalu keluar di UN. Kamu biasanya disuruh memilih konjungsi atau kata hubung yang tepat di dalam satu kalimat atau paragraf. Konjungsi ini sangat berkaitan dengan hubungan antar klausa/frasenya. Apakah kalimat tersebut berbentuk kalimat majemuk setara atau kalimat majemuk sebab akibat atau bisa juga berbentuk majemuk bertingkat.

Kamu bisa tonton lebih detail di sini ya: Kata Hubung

d. Ejaan

Jangan salah ya guys, panduan yang saat ini kita gunakan bukan lagi EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) ya, tetapi PUEBI (Panduan Umum Ejaaan Bahasa Indonesia) sejak 2015.

Beberapa hal yang patut kita perhatikan dalam hal ejaan adalah seperti menentukan kata depan (di, ke, dari), penggunaan kata baku, singkatan dan akronim, serta juga penulisan huruf kapital.

Tonton penjelasan ini ya: Menyunting Beragam Teks (Kalimat Efektif)

e. Tanda baca

Nah, ini juga salah satu materi yang wajib kita mengerti karena selalu keluar di soal UN SMP Bahasa Indonesua. Untuk bagian ini, kalian fokus saja pada tanda baca yang dasar seperti penggunaan koma (,) , titik (.), tanda seru (!), dan tanda tanya (?) dalam kalimat dan paragraf. Untuk materi tambahan, juga kalian bisa mempelajari cara penulisan daftar pustaka.

Coba deh kerjakan soal ini: Menulis Surat Resmi no 3

3. Practice! Practice! And Practice

Nah, kalau kamu sudah update dengan semua strategi di atas, dan kamu udah tahu strategi yang mau dipakai, maka yang paling penting adalah banyak-banyakin latihan. Karena dengan latihan, kamu jadi lebih siap dengan berbagai macam pertanyaan dan jadi mantap untuk menjalani UN. Di zenius.net, kita udah punya semua soal-soal UN SMP Bahasa Indonesia dari 5 tahun terakhir dan kamu bisa cek di link di bawah ini:

Semua latihan soal di atas bisa kamu download dalam bentuk PDF secara GRATIS loh! Klik aja tombol “Download Soal” yang ada di halaman situs di atas.  Nah, kalo kamu gak ngerti, jangan khawatir karena Zenius juga punya video pembahasannya. Selain soal UN dari 5 tahun  terakhir, Zenius juga punya ribuan soal-soal latihan dan try out yang bisa kamu pake buat latihan di rumah, termasuk soal-soal HOTS!

Baiklah, demikian dulu tips belajar dariku. Semoga UNBK Bahasa Indonesia kamu nanti berjalan lancar ya. Semoga kamu mendapat hasil yang terbaik supaya bisa masuk ke SMA favoritmu. Semangat!

.

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau diskusi sama kak Kristin tentang persiapan UN SMP Bahasa Indonesia 2019, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya.


Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Daftar Membership Zenius

 

Download Zenius App di sini