try out sbmptn zen club

Anak Zenius Club udah 17x Try Out SBMPTN lho, kamu gimana?

Agenda Try Out online Zenius Club diadakan setiap minggu secara rutin sepanjang tahun ajaran. Untuk akses TO, ayo bergabung bersama di forum Zenius Club!

Halo guys, selamat tahun baru 2017 semuanya! Kalo kata orang tahun baru itu semangat baru. Nah, khusus artikel kali ini gua dedikasikan untuk memberikan suntikan semangat kepada para siswa kelas 12 & alumni yang berencana untuk menghadapi proses seleksi masuk universitas beberapa bulan lagi. Hayo loh, udah sampai mana nih belajar untuk SBMPTN atau Ujian Mandirinya? Sebagian aa yang progress-nya OK tapi sebagian lain mungkin bahkan ada yang belum mulai sama sekali?

Nah, bagi lo para pengguna zenius.net dan juga non-pengguna zenius, gua cuma mau ngasih pembanding aja nih, bahwa temen-temen lo yang tergabung dengan forum Zenius Club, persiapan belajar SBMPTN-nya udah lumayan banget loh. Tercatat sejak 22 Agustus 2016 yang lalu sampai dengan akhir tahun (Desember) 2016, member Zenius Club udah menjalani TRY OUT SBMPTN sampai 17 kali loh!

Anak Zenius Club udah 17x Try Out SBMPTN lho, kamu gimana? 25Nah, kalo lo yang belum pernah ikut Try Out (berikutnya disebut TO) atau bahkan belum mulai belajar sama sekali, yuk kita sambut semangat tahun baru 2017 ini dengan mulai belajar dengan serius dan ikut try out sesering mungkin!

Wah, emangnya Try Out penting gitu? Gua ikut TO-nya nanti aja deh kalo udah siap belajar

TO itu penting banget loh dalam persiapan SBMPTN. Sama pentingnya dengan mendalami materi pelajarannya. Kenapa TO itu penting? Karena TO itu ibarat simulasi ujian SBMPTN yang sesungguhnya. Semakin sering kita simulasi, kita semakin tau letak kekurangan kita. Otomatis kita juga jadi tau hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki agar ketika hari-h ujian nanti persiapan kita bener-bener mateng. Berikut manfaat dari TO yang gua rangkum menjadi 5 point utama:

  1. Dengan sering TO, lo tau topik materi mana yang masih perlu dievaluasi.
  2. Dengan sering TO, lo jadi terbiasa memanfaatkan durasi ujian dengan efektif.
  3. Dengan sering TO, otak lo jadi terbiasa fokus dengan kepadatan waktu ujian.
  4. Dengan sering TO, mental lo jadi lebih kuat ketika hari-H ujian.
  5. Dengan sering TO, lo bisa lebih realistis milih jurusan kuliah.

Nah, buat lo yang penasaran dengan hasil TO temen-temen di Zenius Club. Berikut di bawah ini akan gua tampilkan hasil TO per mata pelajaran. Sebelumnya, ada beberapa disclaimer dulu terkait hasil TO ini:

  1. Try Out Zenius Club adalah service exclusive untuk anggota forum Zenius Club.
  2. Try Out Zenius Club sepanjang tahun 2016 dibagi per mata pelajaran dulu. Agenda berikutnya nanti akan dibikin per paket ujian (TKPA, Saintek, Soshum)
  3. Untuk menghargai privasi, gua menyamarkan nama peserta TO Zenius Club dengan nama generic “peserta 01, 02, dst”
  4. TO SBMPTN ini diset target waktunya, jadi untuk yang telat submit, ga dapet penilaian evaluasi. Biasanya untuk pelajaran yang jumlah soalnya 15 nomor, ditarget waktu 25 menit. Untuk soal TPA yang 45 soal, diberi target waktu 45 menit.
  5. Walaupun udah 17x TO, gua tampilkan 12 TO pertama aja yang merepresentasikan setiap mata pelajaran.
  6. Walaupun semua member Zenius Club memiliki akses untuk mengikuti TO, tapi tidak semua member Zenius Club mengikuti TO ini. Rata-rata yang ikut TO 100-200 peserta, padahal total member Zenius Club diperkirakan mencapai 2.000 member pada Januari 2017.

Hasil Try Out SBMPTN – Zenius Club (Agustus 2016 – Desember 2016)

Oke, udah pada lihat kan hasil TO-nya? Hasilnya variatif ya, ada yang keliatannya udah siap banget. Matdas ada yang bisa ngisi 14 nomor benar. TPA ada benar 43 nomor dari 45 soal. Bahkan di TO Bahasa Inggris ada yang bisa ngisi semua 15 nomor dengan sempurna, Wow!

Eit, tapi ga sedikit juga nih peserta yang bahkan nilainya masih minus, alias lebih banyak soal yang salah daripada soal yang benar. Bagi lo yang nilai TO-nya masih belum bagus, berikut tips dari gua sebagai bahan evaluasi lo dalam ngerjain TO:

  1. Kalo lo ga bisa atau waktu udah hampir habis, jangan asal nembak. Biasakan lu ngerjain TO sebagai simulasi ujian. Kerjakan TO dengan mindset untuk mengejar point sebanyak-banyaknya. Mengandalkan keberuntungan dengan asal nembak itu hanya akan jadi senjata makan tuan.
  2. Mulai kerjakan TO dengan soal yang lo anggap mudah, kerjakan secepat dan seteliti mungkin.
  3. Kalo ada soal yang lo pikir gampang tapi ga nemu jawabannya, lewatin aja dulu. Jangan buang-buang waktu karena soal SBMPTN memang banyak jebakannya.
  4. Catat tipe-tipe soal yang lo ga bisa, jadikan itu bahan evaluasi untuk dipelajari kembali materinya.

Mau ikutan juga dong Try Out SBMPTN, gimana caranya?

Kamu bisa melakukan Try Out Mandiri dengan ribuan paket soal yang bisa kamu akses di zenius.net

Bikin Try Out Mandiri

Wah, bikin TO Mandiri gimana nih, ribet gak sih? Nggak ribet, karena langkah step by step-nya udah gua jelasin semua di artikel ini. Kalo lo bingung mau dapetin paket soal TO dimana, lo bisa klik link ini untuk mengakses berbagai paket soal SBMPTN. Lo juga bisa akses video pembahasan setiap nomornya.

Intinya, cara kedua ini kuncinya cuma: PRO-AKTIF. Ribuan paket soal SBMPTN & soal Ujian Mandiri bisa lo akses di zenius.net. Tinggal lo mau pro-aktif dalam menyusun komposisi susunan soal & kerjain dengan target waktu yang sesuai. Untuk penyusunan komposisi soal & durasi TO-nya, lo bisa bikin semirip mungkin dengan hari-H SBMPTN seperti pada illustrasi berikut ini:

Anak Zenius Club udah 17x Try Out SBMPTN lho, kamu gimana? 26

Sistem penilaian yang ada di artikel ini menggunakan sistem penilaian SBMPTN tahun 2013-2017. Di SBMPTN 2018, sistem yang digunakan adalah sistem IRT yang berbeda dengan sistem ini. Untuk sistem penilaian SBMPTN 2019, sampai saat ini belum ada pengumuman resmi dari pemerintah maupun panitia resmi SBMPTN.

Kalo lo udah berhasil ngerjain TO Mandiri sesuai dengan komposisi soal & durasi ujian. Lo juga bisa kasih penilaian & evaluasi sendiri hasil TO lo dengan rumus berikut ini:

Anak Zenius Club udah 17x Try Out SBMPTN lho, kamu gimana? 27Untuk contoh perhitungannya secara lebih detil, lo bisa lihat pada artikel yang gua tulis sebelumnya, yaitu :

Penting gak sih TRY OUT dalam persiapan SBMPTN?

Contoh paket soal SBMPTN untuk bahan TO Mandiri

Oke, gua kasih contoh soal SBMPTN untuk bahan TO Mandiri ya.

Soal bahan Try Out TKPA

Soal bahan Try Out TKD Saintek

Soal bahan Try Out TKD Soshum

Okay, sekian sedikit suntikan motivasi dari gua untuk memulai tahun 2017 ini untuk persiapan belajar SBMPTN secara lebih serius. Pastikan semangat belajar lo untuk tetap terus konsisten untuk bisa masuk kuliah di universitas impian lo! Happy New Year 2017 🙂

==========CATATAN EDITOR===========

Untuk kamu siswa kelas 12 atau alumni yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN dan Ujian Mandiri. Berikut adalah beberapa link artikel atau video yang sangat gua rekomendasikan untuk lo baca/tonton berikutnya:

Bagikan Artikel Ini!