Modern Study Technology Concept

Download Soal SBMPTN yang Lengkap Banget!

Kumpulan download soal-soal SBMPTN asli tahun-tahun lalu. Lengkap dengan pembahasan soal dan juga latihan soal untuk setiap materi pelajaran SBMPTN.

Halo guys, ketemu lagi sama gue di Zenius Blog. Masih dalam suasana persiapan masuk kuliah, lagi-lagi Zenius Blog akan bahas topik persiapan tes masuk PTN, khususnya di jalur SBMPTN. Nah, kalo artikel-artikel sebelumnya Zenius sering bahas tentang panduan belajar SBMPTN per mata pelajaran, kali ini gua akan bagi-bagi link download soal gratis untuk latihan SBMPTN per mata pelajaran.

Khusus bagi lo yang mungkin baru kenal dengan Zenius beberapa minggu terakhir, di zenius.net kita punya ribuan modul latihan yang bisa lo download dalam format PDF yang siap diprint secara gratis! Cuma memang link download soal-soal tersebar di berbagai learning page zenius.net yang mungkin jadi bikin lo agak bingung harus mulai darimana saking banyaknya soal.

Nah, karena itulah pada artikel Zenius Blog kali ini, gua akan merangkum berbagai link download latihan soal SBMPTN per mata pelajaran yang (menurut gua) penting banget lo jadikan bahan latihan soal. Kumpulan set soal yang gua bagikan di sini, akan gua bagi menjadi 3 bagian secara umum:

  1. Soal-soal asli SBMPTN tahun-tahun lalu.
  2. Latihan soal per topik yang sering keluar di SBMPTN sebelumnya
  3. Latihan soal campuran sebagai bahan Try Out Mandiri

Khusus untuk bagian 2, gua cuma mau ingetin aja bahwa Zenius Blog udah pernah merangkum tentang materi-materi yang paling sering keluar di SBMPTN 2011-2015. Jadi, latihan soal per topik yang akan gua bagikan di bawah, sedikit banyak didasarkan pada materi-materi yang sering keluar itu. Buat lo yang penasaran materi apa aja yang paling sering keluar di SBMPTN, coba lo cek langsung di artikel berikut ini >> Materi apa aja yang paling sering keluar di SBMPTN? Oke deh, kita langsung aja ke menu utama kita yaitu kumpulan link latihan soal, silakan didownload dan kerjain soal-soal ini sepuasnya!

Modern Study Technology Concept

TKPA : TES POTENSI AKADEMIK

Untuk materi TPA, tutor Zenius membagi menjadi 6 bagian topik, di mana latihan soal dari masing-masing topik itu bisa lo download di sini:

Kalo lo mau coba latihan soal berdasarkan soal-soal SBMPTN TPA tahun-tahun lalu, bisa lo download di sini:

TKPA : MATEMATIKA DASAR

Berikut di bawah ini adalah link dari soal asli SBMPTN matematika dasar dari tahun 2011-2018:

Berdasarkan soal SBMPTN dari tahun 2011-2018, tutor Zenius udah sempat merangkum materi yang paling sering keluar. Nah, berikut ini adalah link latihan soal dari topik materi SBMPTN matdas yang paling sering keluar di SBMPTN 2011-2018:

Kalo lo mau coba melakukan TRY OUT Mandiri, lo bisa gunakan soal-soal campuran di sini:

TKPA : BAHASA INDONESIA

Berikut di bawah ini adalah link dari soal asli SBMPTN Bahasa Indonesia dari tahun 2011-2018:

Oke untuk pelajaran Bahasa Indonesia, kita gak bisa membedah topik materi mana saja yang paling sering keluar. Kenapa? Karena pada dasarnya soal SBMPTN Bahasa Indonesia setiap tahun selalu berbentuk 1 tipe soal saja, yaitu ‘pertanyaan dalam bacaan’. Terus gimana dong caranya supaya bisa lancar ngerjain soal pertanyaan dalam bacaan? Nah, berikut ini adalah latihan soal dari materi yang perlu lo kuasai untuk bisa mengerjakan SBMPTN Bahasa Indonesia dengan lancar:

Kalo lo mau coba melakukan TRY OUT Mandiri, lo bisa gunakan soal-soal campuran di sini:

TKPA: BAHASA INGGRIS

berikut di bawah ini adalah link dari soal asli SBMPTN Bahasa Inggris dari tahun 2011-2018

Sama seperti pelajaran Bahasa Indonesia, pelajaran Bahasa Inggris juga agak sulit untuk dibedah berdasarkan tipe soal karena pada dasarnya jenis soal SBMPTN Bahasa Inggris cuma satu bentuk, yaitu ‘pertanyaan dalam bacaan’. Walaupun cuma satu bentuk tipe soal, tapi bukan berarti lo gak perlu latihan soal lho ya. Karena pada dasarnya, kalo lo telaah lagi lebih dalem, pertanyaan dalam bacaan di reading section Bahasa Inggris SBMPTN sebetulnya ‘itu-itu aja’ kok! Penasaran seperti apa? Nih coba lo kerjain latihan soal reading berikut ini:

SAINTEK: MATEMATIKA IPA

berikut di bawah ini adalah link dari soal asli SBMPTN Matematika Saintek / IPA dari tahun 2011-2018

Berdasarkan penelusuran dari tutor Zenius, ada beberapa topik yang dinilai paling sering keluar di SBMPTN matematika IPA tahun 2011-2018. Berikut ini adalah latihan soal dari materi-materi yang paling sering keluar tersebut:

Kalo lo mau coba melakukan TRY OUT Mandiri, lo bisa gunakan soal-soal campuran di sini:

SAINTEK: BIOLOGI

berikut di bawah ini adalah link dari soal asli SBMPTN Biologi dari tahun 2011-2018:

Berdasarkan penelusuran dari tutor Zenius, ada beberapa topik yang dinilai paling sering keluar di SBMPTN Biologi tahun 2011-2015. Berikut ini adalah latihan soal dari materi-materi yang paling sering keluar tersebut:

Kalo lo mau coba melakukan TRY OUT Mandiri, lo bisa gunakan soal-soal campuran di sini:

SAINTEK: KIMIA

berikut di bawah ini adalah link dari soal asli SBMPTN Kimia dari tahun 2011-2018:

Berdasarkan penelusuran dari tutor Zenius, ada beberapa topik yang dinilai paling sering keluar di SBMPTN Kimia tahun 2011-2018. Berikut ini adalah latihan soal dari materi-materi yang paling sering keluar tersebut:

Kalo lo mau coba melakukan TRY OUT Mandiri, lo bisa gunakan soal-soal campuran di sini:

SAINTEK: FISIKA

berikut di bawah ini adalah link dari soal asli SBMPTN Fisika dari tahun 2011-2018:

Berdasarkan penelusuran dari tutor Zenius, ada beberapa topik yang dinilai paling sering keluar di SBMPTN Kimia tahun 2011-2018. Berikut ini adalah latihan soal dari materi-materi yang paling sering keluar tersebut:

Kalo lo mau coba melakukan TRY OUT Mandiri, lo bisa gunakan soal-soal campuran di sini:

SOSHUM: SEJARAH

Berikut di bawah ini adalah link dari soal asli SBMPTN Sejarah dari tahun 2011-2018:

Berdasarkan penelusuran dari tutor Zenius, ada beberapa topik yang dinilai paling sering keluar di SBMPTN Sejarah tahun 2011-2018. Berikut ini adalah latihan soal dari materi-materi yang paling sering keluar tersebut:

Kalo lo mau coba melakukan TRY OUT Mandiri, lo bisa gunakan soal-soal campuran di sini:

SOSHUM: EKONOMI

berikut di bawah ini adalah link dari soal asli SBMPTN Ekonomi untuk tahun 2011-2013 dan 2016-2018:

Nah, untuk lebih memahami konsep materi SBMPTN ekonomi, lo perlu mematangkan konsep pemahaman lo tentang ilmu ekonomi. Berikut ini adalah beberapa latihan soal pada beberapa topik yang menurut gua penting banget untuk lo kuasai:

Kalo lo mau coba melakukan TRY OUT Mandiri, lo bisa gunakan soal-soal campuran di sini:

SOSHUM: SOSIOLOGI

berikut di bawah ini adalah link dari soal asli SBMPTN Sosiologi dari tahun 2011-2018:

SOSHUM: GEOGRAFI

berikut di bawah ini adalah link dari soal asli SBMPTN Geografi untuk tahun 2011-2012 dan 2014-2018:

Nah, untuk lebih memahami konsep materi SBMPTN Geografi,berikut ini adalah beberapa latihan soal pada beberapa topik yang menurut gua penting banget untuk lo kuasai:

Kalo lo mau coba melakukan TRY OUT Mandiri, lo bisa gunakan soal-soal campuran di sini:

****

Oke sip, udah cukup lengkap kan latihan soalnya? Pada dasarnya artikel ini bisa dibilang sambungan dari artikel Zenius Blog sebelumnya yang ngebahas tentang Penting gak sih TRY OUT dalam persiapan SBMPTN? Buat lo yang belum baca, singkatnya gua mau menegaskan aja bahwa TRY OUT MANDIRI adalah langkah yang sangaaat penting dan krusial dalam proses persiapan SBMPTN. Dengan lo sering-sering TO mandiri, ada banyak banget manfaat yang bisa lo dapetin, di antaranya adalah:

  1. Lo jadi mengetahui dimana letak kelemahan lo.
  2. Lo tau topik materi mana yang masih perlu dievaluasi.
  3. Lo jadi terbiasa memanfaatkan durasi ujian dengan efektif.
  4. Otak lo jadi terbiasa fokus dengan kepadatan waktu ujian.
  5. Mental lo jadi lebih kuat ketika hari-H ujian.
  6. Lo bisa jadi lebih realistis milih jurusan kuliah.

Nah, dengan adanya link latihan soal ini, gua berharap lo jadi semakin terpacu lagi untuk melakukan TO mandiri. Terakhir, gua cuma mau ingetin lagi, (terutama bagi lo yang baru aja kenal sama zenius) bahwa zenius.net MENYEDIAKAN FITUR UNTUK MENGAKSES VIDEO PEMBAHASAN SOAL untuk semua latihan soal yang gua bagikan di atas.

Caranya gimana? Lo tinggal catat/hafalkan kode konten yang tertera di bawah footnote setiap latihan soal, lalu masukan kode tersebut ke search box yang sudah disediakan di sudut kanan atas homepage zenius.net. Agar lebih mudah dibayangkan, lo bisa lihat infografik berikut ini:

Soal SBMPTN

Oke deh, demikianlah kumpulan set latihan soal SBMPTN dari gue, moga-moga bermanfaat buat lo untuk bisa mengalokasikan waktu yang udah mepet ini dengan lebih efektif dan tepat sasaran. Pesen terakhir dari gua, jangan cepet “merasa cukup ” hanya dengan ngerjain latihan soal-soal di atas, karena gua yakin banyak pesaing lo yang sejak berbulan-bulan yang lalu, udah menggali latihan soal lebih dalem daripada apa yang gua bagikan di atas. So, gua harap (terutama buat lo yang baru mulai belajar), latihan soal di atas bisa jadi semacam sesi perkenalan supaya lo bisa terus fokus latihan soal supaya nilai SBMPTN lo bisa optimal! Good luck buat semuanya!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol sama Glenn tentang persiapan SBMPTN, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Bagi kamu yang belum baca artikel tentang pentingnya TO Mandiri dan juga Materi yang paling sering keluar di SBMPTN, zenius sangat menyarankan lo untuk lanjut baca 2 artikel tersebut:

Bagikan Artikel Ini!