Banner Matpel UN Matematika IPA SMA

Tips Belajar Menghadapi UN SMA Matematika IPA

Artikel ini berisi tips dan strategi dalam mempersiapkan UN SMA Matematika IPA. Semua kisi-kisi dan contoh soal untuk setiap topik akan diuraikan di artikel ini.

Hello Bro/Sis kelas 12 yang sebentar lagi mau UN. Gimana kesiapan lo sekarang ini? Kalau Ujian Nasional diselenggarain sekarang juga, kira-kira lo dapet nilai berapa nih? 🙂 Semoga aja nggak jelek-jelek amat yah. Tapi kalaupun masih jelek, ya berarti lo harus belajar lebih banyak lagi supaya nanti siap. Masih ada waktu kok.

By the way lagi, kadang-kadang gue nemuin murid yang nanya gini: Boleh nggak sih, Nu, kalau gue nggak belajar UN dan fokus untuk SBMPTN aja? Jawaban serius dari gue, boleh-boleh aja. Heh, serius boleh? Iya, boleh kok. Karena sebenernya kalau lo belajar SBMPTN dengan bener, semua bab yang lo pelajari itu juga udah mencakup yang dipelajari di UN. Tapi syaratnya itu, belajar untuk SBMPTN-nya yang bener.

Di sisi lain, ada juga yang nanya gini: Kalau kita belajar untuk UN, itu mengganggu belajar untuk SBMPTN nggak sih? Jawaban gue: Enggak. Kalau lo belajarnya bener, belajar untuk UN itu sama sekali nggak mengganggu belajar untuk SBMPTN. Tapi lagi-lagi perhatiin syaratnya, yaitu belajarnya harus bener. Nah, emang maksudnya apa tuh belajar yang bener? Lanjut baca terus deh, pertanyaan itu gue bahas di bawah.

Banner Matpel UN Matematika IPA SMA

Cara Belajar yang Benar buat UN SMA Matematika

Jangan cuma menghafal tipe soal, tapi kuasai konsepnya

Semoga lo nggak bosen yah denger kita ngomong gini. Tapi ini memang penting banget untuk ditekenin. Kalau lo pernah ngerjain soal-soal UN tahun 2014, 2013, 2012, dan seterusnya… lo akan melihat bahwa sebenernya soal UN dari tahun ke tahun nggak banyak perubahan. Artinya, tipe-tipe soalnya gampang banget dihafal. Bahkan nih, udah buanyak banget buku dan bimbel yang nyediain trik-trik cepat untuk ngerjain soal-soal itu.

Gue harap lo nggak kejebak di situ yah. Karena cara belajar yang seperti itu bisa merusak otak lo dalam jangka panjang, nggak bikin lo termotivasi juga, lama-lama jadi ga suka sama namanya belajar. Selain itu, belajar UN yang model begini ini yang bisa menggangu persiapan SBMPTN lo. Karena tipe soal yang lo hafalin di UN itu tentunya NGGAK akan keluar di SBMPTN! Sebaliknya kalo lo belajar UN dengan cara yang bener (baca: bener-bener ngerti sama konsepnya), mau tipe soalnya keluar kayak apapun juga, mau di UN ataupun di SBMPTN, harusnya sih lo bisa ngerjainnya.

Lagian, bisa jadi loh nanti trik-trik cepat itu nggak kepake lagi. Beberapa waktu yang lalu, Menteri Pendidikan Anies Baswedan memberikan pernyataan agar jangan ada lagi low order thinking untuk mengerjakan soal UN. Maksudnya low order thinking itu ya hafalan itu tadi. Jadi pemerintah sekarang ini berharap supaya kualitas soal UN itu bisa ditingkatkan supaya yang diuji itu bukan cuma hafalan-hafalan aja.

Kisi kisi UN SMA Matematika IPA 2015

Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, UN tahun ini juga udah ada kisi-kisinya.  Kalau lo mau lihat lengkap seluruh kisi-kisi UN tahun 2015, buka aja halaman ini: SK Kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2014-2015 keluaran BSNP. Kisi-kisi itu dibuat oleh pemerintah yang lama, waktu menteri pendidikannya masih M. Nuh. Selama belum ada pernyataan lain dari pemerintah yang sekarang sih, sementara ini kita asumsikan aja kisi-kisi itu masih dipakai lah ya.

Nah, tapi menurut gue nih, kisi-kisi itu pun nggak terlalu banyak membantu sih. Lebih baik kalau lo belajar semuanya dan nggak pilih-pilih. Coba aja lihat daftar seluruh bab Matematika yang lo pelajari dari kelas 10, 11, sampai 12. Terus lihat apakah bab tersebut ada di kisi-kisi 2015? Apakah bab tersebut diuji di UN tahun-tahun sebelumnya? Ini gue bikinin daftarnya:

Kelas Bab Judul Bab Ada di Kisi-kisi 2015? 2014 2013
Kelas 10 1 Pangkat, Akar, dan Logaritma Ada 3 soal 2 soal
2 Persamaan dan Fungsi Kuadrat Ada 2 soal 3 soal
3 Sistem Persamaan Linear Ada 2 soal 1 soal
4 Pertidaksamaan Nggak ada
5 Logika Ada 2 soal 2 soal
6 Trigonometri Dasar Ada 2 soal 1 soal
7 Dimensi Tiga Ada 2 soal 2 soal
Jumlah Soal Kelas 10: 13 soal 11 soal
Kelas Bab Judul Bab Ada di Kisi-kisi 2015? 2014 2013
Kelas 11 1 Statistika Ada 2 soal 1 soal
2 Peluang Ada 3 soal 4 soal
3 Trigonometri Lanjut Ada 1 soal 2 soal
4 Persamaan Lingkaran Ada 1 soal 1 soal
5 Sukubanyak (Polinom) Ada 1 soal 1 soal
6 Fungsi Ada 1 soal 2 soal
7 Limit Ada 2 soal 2 soal
8 Turunan Ada 1 soal 1 soal
Jumlah Soal Kelas 11: 12 soal 14 soal
Kelas Bab Judul Bab Ada di Kisi-kisi 2015? 2014 2013
Kelas 12 1 Integral Ada 6 soal 5 soal
2 Program Linear Ada 1 soal
3 Matriks Ada 1 soal 1 soal
4 Vektor Ada 3 soal 3 soal
5 Transformasi Geometri Ada 1 soal 1 soal
6 Eksponen dan Logaritma Ada 2 soal 2 soal
7 Baris dan Deret Ada 2 soal 2 soal
Jumlah Soal Kelas 12: 15 soal 15 soal

Sebagai catatan, daftar di atas ini sebenernya versi simplifikasinya ya, ada sebagian kecil soal yang gak ditampilin berupa campuran dari berbagai bab. Contoh, ada soal Integral yang sebenernya juga menguji kemampuan trigonometri, di daftar ini gue mengategorikan soal itu sebagai soal integral aja.

Lo bisa lihat bahwa satu-satunya bab yang tidak muncul soalnya di soal UN itu adalah bab tentang pertidaksamaan. Nah, tapi salah besar kalau lo terus nggak belajar tentang pertidaksamaan, karena untuk mengerti bab-bab lain, seperti konsep definit positif di persamaan kuadrat, pertidaksamaan di trigonometri, pertidaksamaan di eksponen dan logaritma, dll, itu semua dasarnya ya di satu bab pertidaksamaan ini.

Jadi kesimpulannya adalah semua bab yang lo pelajari dari kelas 10, 11 sampai 12 itu keluar semua di soal UN. Ada yang cuma 1 soal, ada yang sampai 6, ujung-ujunga ya bisa dibilang semua butuh buat  dipelajari, nggak ada yang sama sekali nggak kepake. So, untuk UN ini memang bagusnya nggak pilih-pilih sih, hitung-hitung latihan nyicil buat SBMPTN juga.

Tips Persiapan Belajar UN SMA Matematika IPA

1. Latihan Soal per Bab

Sama seperti di persiapan SBMPTN, kuncinya ada di latihan soal per bab. Daftar di atas itu udah disertai dengan link-link ke video di zenius.net. Bab apa yang lo merasa masih lemah? Coba lo tonton lagi teorinya, kerjain latihan soalnya, dan kalau perlu lo coba buktikan rumus-rumus yang ada di bab-bab tersebut. Dengan model belajar begini, lo juga jadi bisa sekalian belajar untuk SBMPTN juga, jadi nggak perlu khawatir SBMPTNnya ketinggalan ketika lo belajar untuk UN.

Gue ambil contoh sedikit. Kita mulai dari daftar di atas ya. Bab Pangkat, Akar, dan Logaritma itu keluar di UN 2014 sebanyak 3 soal. Salah satu soalnya, yang tentang Akar, itu begini:

UN Mat IPA

Bisa ngerjain soal di atas? Kalau lo belum bisa ngerjainnya, ya berarti lo wajib banget belajar lagi teorinya. Pembahasan soal di atas sebenernya simple aja kok.

Nah, tapi jangan berhenti di situ. Coba cek juga berbagai variasi soal lainnya. Download soal-soal tentang akar di zenius.net misalnya, contohnya yang ini. Terus coba lo kerjain deh soal-soal di situ. Usahain kerjain dulu soal-soalnya sebelum lihat video pembahasannya. Soal-soal yang ada di link itu masih yang gampang. Tapi setiap kali lo lanjut ke bab berikutnya, akan berasa kalau tingkat kesulitannya makin lama makin tinggi. Lakuin aja begitu terus sampai tamat semua babnya. Dijamin jago deh matematikanya kalau udah tamat 🙂

2. Uji Kemampuan Lo Dengan Soal UN Tahun-tahun Sebelumnya

Nah, untuk menguji gimana hasil belajar lo selama ini, untuk ngetes apakah lo udah bener-bener siap menghadapi UN, coba aja lo kerjain soal UN tahun-tahun sebelumnya. Minimal banget, coba kerjain soal UN 5 tahun terakhir deh. Berapa persen yang bisa lo kerjain? Terus soal-soal yang ternyata lo masih belum bisa, itu soal-soal dari bab mana aja? Khusus untuk bab-bab yang lo nggak bisa itu, coba lo review lagi materinya sampai bener-bener ngerti.

Kalau mau lihat lebih banyak lagi, lo bisa lihat semuanya lengkap di sini:

>> Soal dan Pembahasan UN SMA Matematika IPA 2002-2019 <<

Oke deh. Selamat belajar ya guys. Good luck UN nya.. 🙂

====CATATAN EDITOR====

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Wisnu tentang persiapan UN Matematika IPA, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya.

Bagikan Artikel Ini!