7 Langkah Strategis Untuk Belajar SBMPTN

Ujian SBMPTN itu sulit, bahan materinya banyak, durasi waktu ujiannya singkat. Untuk itu, perlu langkah belajar yang efektif dan tepat sasaran.

Halo semuanyaa! artikel blog kali ini gua bikin khusus buat lo yang lagi duduk di kelas 12 SMA dan juga alumni yang mau nempuh SBMPTN tertulis 2016 di bulan Juni nanti. Oke, jadi mumpung sekarang masih bulan Januari dan semangat lo buat belajar lagi ON FIRE – kayaknya sekarang adalah waktu yang paling tepat kalo gua mau bahas seputar strategi belajar yang efektif buat nempuh SBMPTN Tertulis 2017!

Btw sebelum gua bahas tentang strategi belajar, pastiin dulu lo baca artikel blog yang gue tulis sebelumnya tentang “Apa sih Penyebab Utama Gagal Tembus SBMPTN?” Soalnya banyak banget pembahasan gua dalam strategi belajar ini yang juga berkaitan sama artikel gua sebelumnya itu. Oke deh, kalo udah baca – langsung aja nih gua bahas skema 7 langkah strategis & efektif buat belajar SBMPTN :

7 tahap strategis belajar sbmptn

 

STEP 1 : Coba kerjain soal SBMPTN tahun lalu

Kenapa langkah pertama langsung ngerjain soal? Simply for testing the water! Maksudnya supaya lo tau dulu tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN itu kayak gimana dan lo juga jadi bisa kira-kira udah sejauh mana kesiapan (atau ketidaksiapan) lo sampai dengan saat ini.

Terus, gimana cara dapetin soal SBMPTN tahun lalu? Well, di zenius.net kita udah sedian kumpulan soal SBMPTN dan SNMPTN tahun-tahun lalu buat semua mata pelajaran. Nih langsung gua kasih aja link-nya ke soal-soal SBMPTN tahun-tahun lalu untuk setiap mata pelajaran!

Kumpulan soal TKPA SBMPTN

Kumpulan soal Saintek SBMPTN

Kumpulan soal Soshum SBMPTN

Gua saranin lo cobain aja ngerjain masing-masing 1 paket (satu tahun) soal SBMPTN, misalnya kumpulan soal SNMPTN tahun 2012 atau SBMPTN tahun 2013.

 

STEP 2 : Evaluasi kesiapan

Setelah lo coba ngerjain satu set kumpulan soal SBMPTN, pastinya lo udah bisa kebayang kira-kira soal semacam apa sih yang akan lo hadapi. Gua harap sih, di tahap ini lo bisa langsung kepikiran :

“Ternyata tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN tuh sesusah ini yah, gua bener-bener gak nyangka. Untung gua tau duluan dari sekarang”

atau mungkin

“Ternyata tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN segini doank?? Yaelah gua kira sesusah apaan. Kayak gini sih gua yakin tembus masuk universitas mana pun!”

Nah, buat lo yang udah kepedean duluan, ati-ati aja yah.. soalnya sering banget siswa udah kepedean duluan, terus ternyata setelah dibahas jawaban yang bener baru deh lo nyadar kalo soal SBMPTN itu buanyak banget jebakannya. That’s why gua rancang langkah berikutnya yang musti lo ambil di step 2 ini adalah evaluasi jawaban dari try out yang udah lo lakukan di step 1.

Oke, gua asumsikan misalnya di step 1 tadi lo nyobain ngerjain soal SBMPTN tahun 2016 yaah.. Berikut di bawah ini adalah pembahasan soal SBMPTN 2016 untuk setiap mata pelajaran :

Pembahasan soal TKPA SBMPTN 2016

Pembahasan soal Saintek SBMPTN 2016

Pembahasan soal Soshum SBMPTN 2016

Sistem penilaian yang ada di artikel ini menggunakan sistem penilaian SBMPTN tahun 2013-2017. Di SBMPTN 2018, sistem yang digunakan adalah sistem IRT yang berbeda dengan sistem ini. Untuk sistem penilaian SBMPTN 2019, sampai saat ini belum ada pengumuman resmi dari pemerintah maupun panitia resmi SBMPTN.

Nah, kalo lo udah coba liat pembahasannya. Coba deh lo itung berapa passing grade lo. Ada yang masih belom tau cara ngitung passing grade? Oke, sini gua sekalian kasih tau caranya. Pertama, rumus dasar dari ngitung passing grade itu kayak gini :

Cara ngitung passing grade2

Nih, gua coba kasih contoh untuk setiap masing-masing mata pelajaran yah, ini gua bagi 3 kategori yaitu TPA, Kemampuan Dasar, dan Kemampuan IPA. Jumlah benar, salah, dan nomer dikosongin gua isi ngasal aja, intinya supaya lo kebayang aja gimana cara ngitungnya.

TPAContoh tabel di atas itu misalnya dari total 60 nomer, lo bener 40 nomer, salah 10 nomer, terus dikosongin 10 nomer. Jadinya :

(40 nomer bener x 4) – (10 nomer salah x 1) – (nomer dikosongin x 0) = 150

Dengan cara yang sama juga lo itung buat Kemampuan Dasar dan Kemampuan IPA seperti tabel di bawah ini..

Kidas

Kipas

Setelah lo dapet jumlah untuk setiap kategori, baru lo jumlahin terus dibagi jumlah seluruh nomor dikali 4 terus dikali sama 100% seperti itungan di bawah ini..

passing grade

Dari contoh di atas, berarti kita bisa liat bahwa nilai passing grade yang didapet adalah 52.88. Dengan cara yang sama juga bisa lo praktekin buat kemampuan IPS dan juga IPC. Okei, sekarang coba lo itung deh hasil dari try out lo sendiri. Nah kalo udah, berarti kira-kira lo udah tau berapa passing grade yang lo dapetin kalo misalnya lo ngerjain SBMPTN di waktu sekarang ini.

Mungkin lo sekarang ada yang kepikiran “Oke nilai gua sekarang sekian, kira-kira udah cukup belum yah buat masuk FK UI? Kalo STEI ITB berapa yah minimal? Kalo buat masuk Ekonomi UGM?” Nih yaa saran gua sih, mending lo nggak perlu mikir soal itu dulu. Karena gini, gua ingetin lagi kalo SBMPTN itu bukan test evaluasi tapi test seleksi, artinya lo gak bisa bilang bahwa passing grade masuk fakultas A di universitas X itu 55 berarti target lo adalah mencapai nilai 55 itu. Salah Besar! Yang bener adalah : “Jumlah kapasitas mahasiswa yang masuk fakultas A universitas X itu cuma 50 kursi setiap tahun, berarti gua harus jadi 50 orang dengan nilai tertinggi dari semua peserta dari seluruh Indonesia yang milih fakultas tsb.” Artinyaaa… lo harus berjuang buat dapetin nilai setinggi-tingginya supaya lo bisa terpilih!

Lagian, sebenernya yang lebih penting sekarang itu bukan lo udah tau passing grade lo. Tapi sekarang lo jadi tau pemetaan kekuatan dan kelemahan lo di setiap mata pelajaran. Dengan lo mengetahui di mata pelajaran apa yang masih banyak salah atau kosong, lo akan lebih mudah buat nentuin prioritas belajar dan fokus buat review mata pelajaran yang lo anggap masih kurang lo kuasai.

 

STEP 3 : Elaborasi bahan materi review

Setelah lo udah nyobain ngerjain SBMPTN tahun lalu dan evaluasi kesiapan/ketidaksiapan lo, langkah selanjutnya adalah mengelaborasi seluruh bahan materi yang perlu lo pelajari. Artinya, lo coba kupas tuntas sebenernya bahan materi SBMPTN di setiap mata pelajaran itu sebanyak apa sihApa betul bahan materi SBMPTN itu pada dasarnya seluruh bab kelas 10–12 SMA untuk semua mata pelajaran? Buset banyak banget donk! Atau jangan-jangan ada beberapa bahan yang dikurangi?

Naah.. buat lo yang udah biasa akses dan belajar pake zenius, lo beruntung buanget karena kita disini udah memuat seluruh materi yang bener-bener perlu lo pelajari buat bener-bener fokus tembus SBMPTN.

Pembahasan materi SBMPTN TKPA

Pembahasan materi SBMPTN Saintek

Pembahasan materi SBMPTN Soshum

Okeei.. sekarang coba deh lo intip dari link yang gua kasih di atas. Lo dalemin bener-bener deh semua konsep dan dasar teori setiap mata pelajaran. Eh tapi jangan dikira karena cuma 12 link video doang jadi kesannya cuman dikit yaah, video turunan dari link yang gua kasih di atas tuh buanyak bangeett Dude! Kalo lo mau, coba kupas satu per satu link video materi yang gua share di atas, bisa-bisa lo ngabisin video sebanyak itu bisa sampe berbulan-bulan lhoo ! Hehehe..

STEP 4 : Buat jadwal review materi

Langkah berikutnya setelah lo ngejabarin semua bahan materi yang perlu lo ubek-ubek adalah : BUAT JADWAL BELAJAR !

“Tapi Kak, gua kalo belajar dijadwal-jadwal gitu malah gak belajar.”

Yaaa.. gua ngerti sih mungkin emang ada sebagian dari lo yang nggak suka dijadwal-jadwal. TAPI, gua cuma mau ingetin aja nih, kalo tujuan dari dibikin jadwal sebenernya bukan berarti lo harus nurut terus ikutin jadwal itu. Lha terus apa donk?

Maksud gua, jadwal punya banyak fungsi yang jauh lebih krusial dibandingkan cuma bikin lo sekedar patuh sama jadwal.

  1. Supaya lo punya pemetaan waktu sampai hari-H. Artinya, lo punya gambaran setiap hari, seberapa banyak lagi waktu yang tersisa buat lo mempersiapkan diri sebelum hari pertempuran nanti.
  2. Supaya lo punya patokan dalam mengalokasikan seluruh bahan yang perlu lo review dan banyaknya latihan soal yang perlu lo geber sampe lo bener-bener siap dan manteb untuk menghadapi variasi soal macam apapun.
  3. Sebagai “alarm” buat lo buat terus keep up sama target belajar lo. Maksudnya gini, kalo misalnya lo bikin target “menguasai sepenuhnya bab integral dan turunan” sebelum tanggal 20 Januari.. dan untuk mencapai itu lo udah alokasiin waktu buat nyicil dari tanggal 12–20. Eh tapi ternyata lo gak disiplin dan gak sempet nyentuh sampe tanggal 15. Seenggaknya dengan ada jadwal, lo punya “alarm” buat ingetin lo kalo lo masih punya “utang” belajar yang harus lo lunasi. Dengan begitu lo bisa nyadar dan langsung tancap gas dalam buat tetep ngejar target lo apapun caranya dalam waktu 5 hari yang tersisa.

Jadi, yang mau gua tekanin di sini adalah, lo nggak perlu bener-bener strict sama jadwal lo. Gua pahamlah ada saatnya lo jenuh ato pengen ngerjain aktivitas lain. Tapi, dengan adanya jadwal belajar, lo akan bisa terus diingatkan supaya bisa terus konsisten dan disiplin dengan target mingguan/bulanan yang udah lo buat. 

Lagian, di zaman sekarang nih yaa.. teknologi tuh udah makin praktis aja buat menunjang kedisiplinan lo. Buat lo yang punya smartphone. Lo bisa bikin jadwal belajar dan bisa disinkronisasi dengan seluruh devices lo seperti PC, laptop, maupun tablet. Ada buanyak banget aplikasi gratisan buat scheduling dan managing time di smartphone atau tablet. Lo tinggal pilih aja mana yang paling cocok buat lo.

Oh iya, terakhir sebelum kita lanjut ke step berikutnya – buat lo yang belum baca, gua saranin banget sempetin buat baca artikel gua tentang Tips Membuat Jadwal Belajar SBMPTN yang Efektif

 

STEP 5 : Review materi

Oke, akhirnya kita masuk ke bagian yang paling penting dari seluruh step yang udah dijalanin, for short intinya di tahap ini adalah melakukan jadwal yang udah lo buat yaitu : BELAJAR… BELAJAR dan BELAJAR !!

Eit, tapi tunggu dulu nih.. Lo jangan mikir tahap ini sesimple “ya udah terus aja belajar dan kejar seluruh materi yang perlu lo kuasai.” Gak segampang itu, Dude! Lha terus harus gimana lagi?

Gini, ada dua kesalahan umum dalam belajar SBMPTN

  1. Belum apa-apa lo udah langsung latihan soal campuran. Kesalahan ini luar biasa fatal.. Kesannya aja lo udah belajar dengan banyak latihan soal, padahal sebenernya lo nggak punya basic fundamental skills yang mateng!  Analoginya nih, lo nggak bisa jadi pemain bola yang jago dengan cara lo sering maen bola. Kok bisa gitu? Nih yaa.. kalo lo mau jadi pemain bola yang jago, pertama lo harus tau gimana cara nendang dengan bener, gimana caranya liat situasi di lapangan, gimana caranya nahan operan dari bola datar sampe bola umpan lambung, dsb.. Naaah, sama halnya juga dengan belajar buat SBMPTN! Supaya lo bisa mantep ngerjain semua variasi soal yang mungkin keluar, lo harus dalemin setiap materi/topik dengan bener-bener mendalam !
  2. Lo keasikan belajar buat dalemin materi/konsep teori tapi nggak cukup banyak latihan soal. Nah, ini kebalikannya dari kesalahan pertama. Maksudnya, lo jangan sampe cuma keasikan nontonin video teori di zenius.net tapi nggak banyak latihan soal tentang materi/topik yang lagi lo dalemin. Ibaratnya nih ya, lo keseringan nonton video tutorial tendangan bebas ala David Beckham atau Andrea Pirlo di youtube tapi jarang latihan buat praktekin apa yang udah lo pelajari di lapangan.

Nah, jadi gimana donk caranya belajar dengan bener?

Cara yang bener adalah dengan DELIBERATE PRACTICE! Apaan tuh? Buat lo yang belum tau, pastiin dolo lo baca artikel zenius sebelumnya tentang deliberate practice! Intinya sih gini, kuncinya lo jangan try out soal campuran dulu, tapi justru dalemin materi secara mendalam untuk setiap topik yang jadi titik kelemahan lo dan terus digali dengan banyak latihan variasi soal tentang materi/topik tersebut.

Untungnya nih, desain urutan video yang ada di zenius.net sebagian besar udah dirancang buat deliberate practice. Artinya dengan lo ngikutin nonton video materi di zenius.net, tanpa sadar lo udah ngikutin deliberate practice

PENGGAMBARAN PROSES DELIBERATE PRACTICE FOR SHORT

perkenalan konsep => latihan soal => review teori lebih detail => latihan soal lagi => review teori yang lebih mendalam => latihan dengan variasi soal yang lebih sulit, dst…

Nah, satu lagi tips dari gua buat belajar setiap materi secara efektif adalah dengan cara buat MIND MAP! Nih, berikut adalah contoh mind map yang pernah dibuat Pras, tutor biologi..

evolusi-makro-mikro

struktur-sel-dan-fungsi-organel

Kenapa gua saranin lo buat bikin mind-map kayak gini? Soalnya manfaatnya ada buanyak bangeet.. Percaya deh! Dengan kita bikin mind-mapping kayak di atas, pada saat setiap kali abis nonton video materi dari zenius.net.. tanpa sadar kita udah berpikir secara komprehensif dan menyeluruh dengan cara meng-organize informasi atau data yang lo dapetin dalem video untuk kemudian diterjemahkan kembali dari pemikiran lo. Selain itu, dengan lo membuat mind-map – secara nggak sadar lo juga membantu otak lo untuk bisa mencerna informasi tersebut dan mengingat kembali konsep materi yang udah lo pelajari dengan lebih mudah.

STEP 6 : Try Out mandiri

Nah, di tahap ini.. gua asumsikan lo udah melakukan jurus ‘deliberate practice‘ dengan mereview seluruh materi bahan yang perlu lo kuasai dan juga kenyang makan banyak latihan variasi soal. Pada tahap ini, baru deh lo boleh coba latihan soal campuran atau singkatnya try out SBMPTN !

Caranya terserah lo, bisa dengan cara lo kerjain ulang soal SBMPTN tahun-tahun lalu yang udah tersedia lengkap di zenius.net beserta dengan pembahasannya. Atau mungkin juga dengan ikut try out di luar (biasanya banyak tuh lembaga yang nyelenggarain try out gratis SBMPTN). Dengan try out ulang kayak gini, gua harap sih lo sekarang udah bisa ngerasain bedanya kesiapan lo sebelum dan sesudah lo melakukan deliberate practice.

Oh iya, waktu lo coba kerjain try out mandiri, coba usahain supaya lo buat kondisinya semirip mungkin dengan situasi pada saat nanti lo ngerjain test SBMPTN. Misalnya dengan cara lo ukur waktu ngerjainnya persis dengan waktu yang nanti diberikan, isi lembar biodata dengan lengkap, buat kondisi ruangan sehening mungkin jauh dari gangguan, dsb.

Dengan lo setting kondisi try out lo seperti simulasi ngerjain SBMPTN beneran, lo jadi melatih mental lo juga buat lebih familiar/terbiasa dalam kondisi ujian dengan batas waktu yang mepet. Buat lo yang ingin tau lebih jauh step by step dalam membuat TRY OUT Mandiri, lo bisa baca di artikel gua Penting Gak sih TRY OUT dalam Persiapan SBMPTN? lo juga bisa dapetin banyak banget Kumpulan Latihan soal SBMPTN yang Wajib Lo Kerjain.

 

STEP 7 : Evaluasi kelemahan

Nah setelah lo try out ulang, baru lo evaluasi lagi deh hasilnya. Kalo lo coba try out mandiri dengan ngerjain soal SBMPTN tahun-tahun lalu di zenius.net, lo tinggal nonton video pembahasan soal setiap nomor di zenius.net dengan memasukan kode konten ke kolom search box di sudut kiri atas website. Abis lo tonton seluruh video pembahasannya, coba lo nilai ulang  deh passing grade dengan cara yang sama dengan step 2 di atas.

Setelah lo liat pembahasan dan nilai ulang passing grade lo, sekali lagi lo bisa lihat pemetaan point yang lo dapetin, lo bisa coba identifikasi sekali lagi dimana titik kelemahan lo yang bikin passing grade lo jatuh atau berada di bawah mata pelajaran yang lain. Dengan lo mengetahui dimana kelemahan lo, dari situ lo coba balik lagi deh ke step 5 dengan review kembali materi tersebut dan latihan variasi soal terus-terusan sampai lo membuat kelemahan lo jadi insignifikan.

“The strength of the chain lies in its weakest link” – Thomas Reid

***

Oke deh, sekian 7 langkah strategis untuk belajar SBMPTN, moga-moga tips ini ngebantu lo buat bisa ngerancang rencana belajar dengan cara yang lebih efektif. Pesen terakhir dari gua, jangan anggep proses belajar yang lo jalanin ini sebagai beban, tapi justru sebagai kesempatan buat meningkatkan kapasitas intelektual lo secara signifikan sebelum akhirnya lo terjun ke dunia kuliah sebagai mahasiswa. Oke, buat lo semua yang mau nempuh SBMPTN Tertulis 2016, Give it your best shot !

PS. Buat lo yang serius mau curi start belajar lebih awal untuk persiapan SBMPTN, gua sangat menyarankan lo untuk baca artikel berikut :

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.