7 Langkah Strategis Untuk Belajar SBMPTN

7 Langkah Strategis Untuk Belajar SBMPTN

Halo semuanyaa! artikel blog kali ini gua bikin khusus buat lo yang lagi duduk di kelas 12 SMA dan juga alumni yang mau nempuh SBMPTN tertulis 2016 di bulan Juni nanti. Oke, jadi mumpung sekarang masih bulan Januari dan semangat lo buat belajar lagi ON FIRE - kayaknya sekarang adalah waktu yang paling tepat kalo gua mau bahas seputar strategi belajar yang efektif buat nempuh SBMPTN Tertulis 2017 !

Btw sebelum gua bahas tentang strategi belajar, pastiin dulu lo baca artikel blog yang gue tulis sebelumnya tentang "Apa sih Penyebab Utama Gagal Tembus SBMPTN?" Soalnya banyak banget pembahasan gua dalam strategi belajar ini yang juga berkaitan sama artikel gua sebelumnya itu. Oke deh, kalo udah baca - langsung aja nih gua bahas skema 7 langkah strategis & efektif buat belajar SBMPTN :

7 tahap strategis belajar sbmptn

 

STEP 1 : Coba kerjain soal SBMPTN tahun lalu

Kenapa langkah pertama langsung ngerjain soal? Simply for testing the water! Maksudnya supaya lo tau dulu tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN itu kayak gimana dan lo juga jadi bisa kira-kira udah sejauh mana kesiapan (atau ketidaksiapan) lo sampai dengan saat ini.

Terus, gimana cara dapetin soal SBMPTN tahun lalu? Well, di zenius.net kita udah sedian kumpulan soal SBMPTN dan SNMPTN tahun-tahun lalu buat semua mata pelajaran. Nih langsung gua kasih aja link-nya ke soal-soal SBMPTN tahun-tahun lalu untuk setiap mata pelajaran!

Kumpulan soal TKPA SBMPTN

Kumpulan soal Saintek SBMPTN

Kumpulan soal Soshum SBMPTN

Gua saranin lo cobain aja ngerjain masing-masing 1 paket (satu tahun) soal SBMPTN, misalnya kumpulan soal SNMPTN tahun 2012 atau SBMPTN tahun 2013.

 

STEP 2 : Evaluasi kesiapan

Setelah lo coba ngerjain satu set kumpulan soal SBMPTN, pastinya lo udah bisa kebayang kira-kira soal semacam apa sih yang akan lo hadapi. Gua harap sih, di tahap ini lo bisa langsung kepikiran :

"Ternyata tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN tuh sesusah ini yah, gua bener-bener gak nyangka. Untung gua tau duluan dari sekarang"

atau mungkin

"Ternyata tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN segini doank?? Yaelah gua kira sesusah apaan. Kayak gini sih gua yakin tembus masuk universitas mana pun!"

Nah, buat lo yang udah kepedean duluan, ati-ati aja yah.. soalnya sering banget siswa udah kepedean duluan, terus ternyata setelah dibahas jawaban yang bener baru deh lo nyadar kalo soal SBMPTN itu buanyak banget jebakannya. That's why gua rancang langkah berikutnya yang musti lo ambil di step 2 ini adalah evaluasi jawaban dari try out yang udah lo lakukan di step 1.

Oke, gua asumsikan misalnya di step 1 tadi lo nyobain ngerjain soal SBMPTN tahun 2016 yaah.. Berikut di bawah ini adalah pembahasan soal SBMPTN 2016 untuk setiap mata pelajaran :

Pembahasan soal TKPA SBMPTN 2016

Pembahasan soal Saintek SBMPTN 2016

Pembahasan soal Soshum SBMPTN 2016


Nah, kalo lo udah coba liat pembahasannya. Coba deh lo itung berapa passing grade lo. Ada yang masih belom tau cara ngitung passing grade? Oke, sini gua sekalian kasih tau caranya. Pertama, rumus dasar dari ngitung passing grade itu kayak gini :

Cara ngitung passing grade2

Nih, gua coba kasih contoh untuk setiap masing-masing mata pelajaran yah, ini gua bagi 3 kategori yaitu TPA, Kemampuan Dasar, dan Kemampuan IPA. Jumlah benar, salah, dan nomer dikosongin gua isi ngasal aja, intinya supaya lo kebayang aja gimana cara ngitungnya.

TPAContoh tabel di atas itu misalnya dari total 60 nomer, lo bener 40 nomer, salah 10 nomer, terus dikosongin 10 nomer. Jadinya :

(40 nomer bener x 4) - (10 nomer salah x 1) - (nomer dikosongin x 0) = 150

Dengan cara yang sama juga lo itung buat Kemampuan Dasar dan Kemampuan IPA seperti tabel di bawah ini..

Kidas

Kipas

Setelah lo dapet jumlah untuk setiap kategori, baru lo jumlahin terus dibagi jumlah seluruh nomor dikali 4 terus dikali sama 100% seperti itungan di bawah ini..

passing grade

Dari contoh di atas, berarti kita bisa liat bahwa nilai passing grade yang didapet adalah 52.88. Dengan cara yang sama juga bisa lo praktekin buat kemampuan IPS dan juga IPC. Okei, sekarang coba lo itung deh hasil dari try out lo sendiri. Nah kalo udah, berarti kira-kira lo udah tau berapa passing grade yang lo dapetin kalo misalnya lo ngerjain SBMPTN di waktu sekarang ini.

Mungkin lo sekarang ada yang kepikiran "Oke nilai gua sekarang sekian, kira-kira udah cukup belum yah buat masuk FK UI? Kalo STEI ITB berapa yah minimal? Kalo buat masuk Ekonomi UGM?" Nih yaa saran gua sih, mending lo nggak perlu mikir soal itu dulu. Karena gini, gua ingetin lagi kalo SBMPTN itu bukan test evaluasi tapi test seleksi, artinya lo gak bisa bilang bahwa passing grade masuk fakultas A di universitas X itu 55 berarti target lo adalah mencapai nilai 55 itu. Salah Besar! Yang bener adalah : "Jumlah kapasitas mahasiswa yang masuk fakultas A universitas X itu cuma 50 kursi setiap tahun, berarti gua harus jadi 50 orang dengan nilai tertinggi dari semua peserta dari seluruh Indonesia yang milih fakultas tsb." Artinyaaa... lo harus berjuang buat dapetin nilai setinggi-tingginya supaya lo bisa terpilih!

Lagian, sebenernya yang lebih penting sekarang itu bukan lo udah tau passing grade lo. Tapi sekarang lo jadi tau pemetaan kekuatan dan kelemahan lo di setiap mata pelajaran. Dengan lo mengetahui di mata pelajaran apa yang masih banyak salah atau kosong, lo akan lebih mudah buat nentuin prioritas belajar dan fokus buat review mata pelajaran yang lo anggap masih kurang lo kuasai.

 

STEP 3 : Elaborasi bahan materi review

Setelah lo udah nyobain ngerjain SBMPTN tahun lalu dan evaluasi kesiapan/ketidaksiapan lo, langkah selanjutnya adalah mengelaborasi seluruh bahan materi yang perlu lo pelajari. Artinya, lo coba kupas tuntas sebenernya bahan materi SBMPTN di setiap mata pelajaran itu sebanyak apa sihApa betul bahan materi SBMPTN itu pada dasarnya seluruh bab kelas 10--12 SMA untuk semua mata pelajaran? Buset banyak banget donk! Atau jangan-jangan ada beberapa bahan yang dikurangi?

Naah.. buat lo yang udah biasa akses dan belajar pake zenius, lo beruntung buanget karena kita disini udah memuat seluruh materi yang bener-bener perlu lo pelajari buat bener-bener fokus tembus SBMPTN.

Pembahasan materi SBMPTN TKPA

Pembahasan materi SBMPTN Saintek

Pembahasan materi SBMPTN Soshum

Okeei.. sekarang coba deh lo intip dari link yang gua kasih di atas. Lo dalemin bener-bener deh semua konsep dan dasar teori setiap mata pelajaran. Eh tapi jangan dikira karena cuma 12 link video doang jadi kesannya cuman dikit yaah, video turunan dari link yang gua kasih di atas tuh buanyak bangeett Dude! Kalo lo mau, coba kupas satu per satu link video materi yang gua share di atas, bisa-bisa lo ngabisin video sebanyak itu bisa sampe berbulan-bulan lhoo ! Hehehe..

STEP 4 : Buat jadwal review materi

Langkah berikutnya setelah lo ngejabarin semua bahan materi yang perlu lo ubek-ubek adalah : BUAT JADWAL BELAJAR !

"Tapi Kak, gua kalo belajar dijadwal-jadwal gitu malah gak belajar."

Yaaa.. gua ngerti sih mungkin emang ada sebagian dari lo yang nggak suka dijadwal-jadwal. TAPI, gua cuma mau ingetin aja nih, kalo tujuan dari dibikin jadwal sebenernya bukan berarti lo harus nurut terus ikutin jadwal itu. Lha terus apa donk?

Maksud gua, jadwal punya banyak fungsi yang jauh lebih krusial dibandingkan cuma bikin lo sekedar patuh sama jadwal.

  1. Supaya lo punya pemetaan waktu sampai hari-H. Artinya, lo punya gambaran setiap hari, seberapa banyak lagi waktu yang tersisa buat lo mempersiapkan diri sebelum hari pertempuran nanti.
  2. Supaya lo punya patokan dalam mengalokasikan seluruh bahan yang perlu lo review dan banyaknya latihan soal yang perlu lo geber sampe lo bener-bener siap dan manteb untuk menghadapi variasi soal macam apapun.
  3. Sebagai "alarm" buat lo buat terus keep up sama target belajar lo. Maksudnya gini, kalo misalnya lo bikin target "menguasai sepenuhnya bab integral dan turunan" sebelum tanggal 20 Januari.. dan untuk mencapai itu lo udah alokasiin waktu buat nyicil dari tanggal 12--20. Eh tapi ternyata lo gak disiplin dan gak sempet nyentuh sampe tanggal 15. Seenggaknya dengan ada jadwal, lo punya "alarm" buat ingetin lo kalo lo masih punya "utang" belajar yang harus lo lunasi. Dengan begitu lo bisa nyadar dan langsung tancap gas dalam buat tetep ngejar target lo apapun caranya dalam waktu 5 hari yang tersisa.

Jadi, yang mau gua tekanin di sini adalah, lo nggak perlu bener-bener strict sama jadwal lo. Gua pahamlah ada saatnya lo jenuh ato pengen ngerjain aktivitas lain. Tapi, dengan adanya jadwal belajar, lo akan bisa terus diingatkan supaya bisa terus konsisten dan disiplin dengan target mingguan/bulanan yang udah lo buat. 

Lagian, di zaman sekarang nih yaa.. teknologi tuh udah makin praktis aja buat menunjang kedisiplinan lo. Buat lo yang punya smartphone. Lo bisa bikin jadwal belajar dan bisa disinkronisasi dengan seluruh devices lo seperti PC, laptop, maupun tablet. Ada buanyak banget aplikasi gratisan buat scheduling dan managing time di smartphone atau tablet. Lo tinggal pilih aja mana yang paling cocok buat lo.

Oh iya, terakhir sebelum kita lanjut ke step berikutnya - buat lo yang belum baca, gua saranin banget sempetin buat baca artikel gua tentang Tips Membuat Jadwal Belajar SBMPTN yang Efektif

 

STEP 5 : Review materi

Oke, akhirnya kita masuk ke bagian yang paling penting dari seluruh step yang udah dijalanin, for short intinya di tahap ini adalah melakukan jadwal yang udah lo buat yaitu : BELAJAR... BELAJAR dan BELAJAR !!

Eit, tapi tunggu dulu nih.. Lo jangan mikir tahap ini sesimple "ya udah terus aja belajar dan kejar seluruh materi yang perlu lo kuasai." Gak segampang itu, Dude! Lha terus harus gimana lagi?

Gini, ada dua kesalahan umum dalam belajar SBMPTN

  1. Belum apa-apa lo udah langsung latihan soal campuran. Kesalahan ini luar biasa fatal.. Kesannya aja lo udah belajar dengan banyak latihan soal, padahal sebenernya lo nggak punya basic fundamental skills yang mateng!  Analoginya nih, lo nggak bisa jadi pemain bola yang jago dengan cara lo sering maen bola. Kok bisa gitu? Nih yaa.. kalo lo mau jadi pemain bola yang jago, pertama lo harus tau gimana cara nendang dengan bener, gimana caranya liat situasi di lapangan, gimana caranya nahan operan dari bola datar sampe bola umpan lambung, dsb.. Naaah, sama halnya juga dengan belajar buat SBMPTN! Supaya lo bisa mantep ngerjain semua variasi soal yang mungkin keluar, lo harus dalemin setiap materi/topik dengan bener-bener mendalam !
  2. Lo keasikan belajar buat dalemin materi/konsep teori tapi nggak cukup banyak latihan soal. Nah, ini kebalikannya dari kesalahan pertama. Maksudnya, lo jangan sampe cuma keasikan nontonin video teori di zenius.net tapi nggak banyak latihan soal tentang materi/topik yang lagi lo dalemin. Ibaratnya nih ya, lo keseringan nonton video tutorial tendangan bebas ala David Beckham atau Andrea Pirlo di youtube tapi jarang latihan buat praktekin apa yang udah lo pelajari di lapangan.

Nah, jadi gimana donk caranya belajar dengan bener?

Cara yang bener adalah dengan DELIBERATE PRACTICE! Apaan tuh? Buat lo yang belum tau, pastiin dolo lo baca artikel zenius sebelumnya tentang deliberate practice! Intinya sih gini, kuncinya lo jangan try out soal campuran dulu, tapi justru dalemin materi secara mendalam untuk setiap topik yang jadi titik kelemahan lo dan terus digali dengan banyak latihan variasi soal tentang materi/topik tersebut.

Untungnya nih, desain urutan video yang ada di zenius.net sebagian besar udah dirancang buat deliberate practice. Artinya dengan lo ngikutin nonton video materi di zenius.net, tanpa sadar lo udah ngikutin deliberate practice

PENGGAMBARAN PROSES DELIBERATE PRACTICE FOR SHORT

perkenalan konsep => latihan soal => review teori lebih detail => latihan soal lagi => review teori yang lebih mendalam => latihan dengan variasi soal yang lebih sulit, dst...

Nah, satu lagi tips dari gua buat belajar setiap materi secara efektif adalah dengan cara buat MIND MAP! Nih, berikut adalah contoh mind map yang pernah dibuat Pras, tutor biologi..

evolusi-makro-mikro

struktur-sel-dan-fungsi-organel

Kenapa gua saranin lo buat bikin mind-map kayak gini? Soalnya manfaatnya ada buanyak bangeet.. Percaya deh! Dengan kita bikin mind-mapping kayak di atas, pada saat setiap kali abis nonton video materi dari zenius.net.. tanpa sadar kita udah berpikir secara komprehensif dan menyeluruh dengan cara meng-organize informasi atau data yang lo dapetin dalem video untuk kemudian diterjemahkan kembali dari pemikiran lo. Selain itu, dengan lo membuat mind-map - secara nggak sadar lo juga membantu otak lo untuk bisa mencerna informasi tersebut dan mengingat kembali konsep materi yang udah lo pelajari dengan lebih mudah.

STEP 6 : Try Out mandiri

Nah, di tahap ini.. gua asumsikan lo udah melakukan jurus 'deliberate practice' dengan mereview seluruh materi bahan yang perlu lo kuasai dan juga kenyang makan banyak latihan variasi soal. Pada tahap ini, baru deh lo boleh coba latihan soal campuran atau singkatnya try out SBMPTN !

Caranya terserah lo, bisa dengan cara lo kerjain ulang soal SBMPTN tahun-tahun lalu yang udah tersedia lengkap di zenius.net beserta dengan pembahasannya. Atau mungkin juga dengan ikut try out di luar (biasanya banyak tuh lembaga yang nyelenggarain try out gratis SBMPTN). Dengan try out ulang kayak gini, gua harap sih lo sekarang udah bisa ngerasain bedanya kesiapan lo sebelum dan sesudah lo melakukan deliberate practice.

Oh iya, waktu lo coba kerjain try out mandiri, coba usahain supaya lo buat kondisinya semirip mungkin dengan situasi pada saat nanti lo ngerjain test SBMPTN. Misalnya dengan cara lo ukur waktu ngerjainnya persis dengan waktu yang nanti diberikan, isi lembar biodata dengan lengkap, buat kondisi ruangan sehening mungkin jauh dari gangguan, dsb.

Dengan lo setting kondisi try out lo seperti simulasi ngerjain SBMPTN beneran, lo jadi melatih mental lo juga buat lebih familiar/terbiasa dalam kondisi ujian dengan batas waktu yang mepet. Buat lo yang ingin tau lebih jauh step by step dalam membuat TRY OUT Mandiri, lo bisa baca di artikel gua Penting Gak sih TRY OUT dalam Persiapan SBMPTN? lo juga bisa dapetin banyak banget Kumpulan Latihan soal SBMPTN yang Wajib Lo Kerjain.

 

STEP 7 : Evaluasi kelemahan

Nah setelah lo try out ulang, baru lo evaluasi lagi deh hasilnya. Kalo lo coba try out mandiri dengan ngerjain soal SBMPTN tahun-tahun lalu di zenius.net, lo tinggal nonton video pembahasan soal setiap nomor di zenius.net dengan memasukan kode konten ke kolom search box di sudut kiri atas website. Abis lo tonton seluruh video pembahasannya, coba lo nilai ulang  deh passing grade dengan cara yang sama dengan step 2 di atas.

Setelah lo liat pembahasan dan nilai ulang passing grade lo, sekali lagi lo bisa lihat pemetaan point yang lo dapetin, lo bisa coba identifikasi sekali lagi dimana titik kelemahan lo yang bikin passing grade lo jatuh atau berada di bawah mata pelajaran yang lain. Dengan lo mengetahui dimana kelemahan lo, dari situ lo coba balik lagi deh ke step 5 dengan review kembali materi tersebut dan latihan variasi soal terus-terusan sampai lo membuat kelemahan lo jadi insignifikan.

"The strength of the chain lies in its weakest link" - Thomas Reid

***

Oke deh, sekian 7 langkah strategis untuk belajar SBMPTN, moga-moga tips ini ngebantu lo buat bisa ngerancang rencana belajar dengan cara yang lebih efektif. Pesen terakhir dari gua, jangan anggep proses belajar yang lo jalanin ini sebagai beban, tapi justru sebagai kesempatan buat meningkatkan kapasitas intelektual lo secara signifikan sebelum akhirnya lo terjun ke dunia kuliah sebagai mahasiswa. Oke, buat lo semua yang mau nempuh SBMPTN Tertulis 2016, Give it your best shot !

PS. Buat lo yang serius mau curi start belajar lebih awal untuk persiapan SBMPTN, gua sangat menyarankan lo untuk baca artikel berikut :

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Glenn Ardi adalah Online Marketing Manager Zenius Education dan Editor Zenius Blog. Glenn mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi, Jurusan Business Management Universitas Parahyangan Bandung.
 
Follow Twitter Glenn at @GlennArdi

  • Yoris Garfield

    Jadwal belajar >_<
    susah banget buat ngatasin ni masalah, terlalu banyak distraction yg buat belajarnya jadi ga disiplin.

    • Glenn Ardi

      Hi Yoris, coba deh lo manfaatin teknologi buat bikin jadwal yang enak. jaman skrg kan ada banyak banget tuh aplikasi di Apple Store maupun Google play. 🙂

  • Muhammad Mugni Hadi

    Kira2 waktu yang tersisa ini cukup gak sih buat belajar materi SBMPTN secara optimal? sedangkan kita kelas 12 juga pasti masih digeber sama namanya TO UN bahkan guru masih ada yang ngasih tugas :v

    • Glenn Ardi

      Nah kalo mikirnya "waktu yg tersisa cukup gak yah?" gak akan ada abisnya dude..

      Karena setiap detik juga waktu makin habis dan gak nambah, jadi yang penting itu justru manfaatin waktu yang tersisa buat berupaya seoptimal mungkin

  • Axega

    kalo misalkan ada to un abis itu mau belajar sbmptn, lebih baik milih yang mana ya?

    • Glenn Ardi

      Saran gua sih mending lo belajar buat SBMPTN aja yah, kalo lo fokus di SBMPTN, otomatis soal UN juga udah pasti bisa. Soalnya tingkat kesulitan soal SBMPTN jauh di atas soal UN.

      dan kalo lo liat persentase-nya, angka kelulusan UN tahun 2013 lalu itu 99,48%. Jadi relatif peluang lo besar banget. Sedangkan buat SBMPTN, peluang lo buat lolos kalo dibandingkan jumlah pesaing kira-kira bervariasi antara 1%-10% doang.

      • Axega

        makasih banyak ya kak... btw zenius ngadain TO dong, baik TO UN maupun SBMPTN...

  • Aziz

    wahh thx bgt nih tips nya berguna bgt..emg itu masalah gw dari pertama niat buat belajar sbmptn tapi pas liat soalnya langsung bengong karena ga nguasain materi2 nya...bakalan di coba nih deliberate practice nya selagi masih ada waktu hehe...

    • Glenn Ardi

      Sip! surprise yourself dude!

  • Cinder

    Bang Glen gw mau nanya, di zenius itu teori IPS nya apa udah lengkap/cukup buat yg mau ambil IPC atau kudu ditambain les diluar atau bli buku2 IPS laen ?(berhubung gw anak IPA)

    • Kalau yang soal-soal SBMPTN asli dari tahun2 sebelumnya sih udah lengkap banget. Tapi untuk teori per bab, kayaknya kurang kalau cuma nonton zenius.net. Teori yang ada di zenius.net penting sih untuk ngebangun fundamental IPS, tapi berhubung materinya lumayan luas (coba bayangin aja materi sejarah misalnya), sangat direkomendasikan sih untuk tetep baca buku.

      • Cinder

        mending baca buku apa kak?[gw anak ipa jdi kgak tau] atau perlukah ambil les intensif sbmptn ipc?

  • Muhammad Ghudafa Taufiq Akbar

    Semoga Bisaa,, makasih ka Glenn mau sharing terus di blog zenius 🙂

    • Glenn Ardi

      sama-sama, semoga bermanfaat yah !

      • Guest

        Mau tanya dong kak. . Saat tes seleksi SBMPTN diperbolehkan menggunakan kalkulator gak ???

      • Muhammad Ghudafa Taufiq Akbar

        Mau tanya dong kak. . Saat tes seleksi SBMPTN diperbolehkan menggunakan kalkulator gak ??

        • Glenn Ardi

          ... harusnya gak boleh lah ya.. kalkulator emang buat apa? hahaha...

          • pesjay

            kalo bawa kertas buat kotretan gitu boleh engga bang?

          • Glenn Ardi

            kalo emg diperluin sih pasti disediain. masalah teknis sebenernya gua udah gak update karena gua kuliah 7 tahun yg lalu, hahaha..

            coba tanya-tanya ke kakak angkatan lo yg lebih update deh..

          • pesjay

            wahahaha sip deh

          • Muhammad Ghudafa Taufiq Akbar

            Terasa banget kalo mau masuk PTN itu kaya disaring ibarat gak boleh ada air kotor dalam air bersih. Semoga saya termasuk Air kotor yang dapat tersaring jadi air bersih. Sudah teruji di ITB dan IPB.:D Pure it kali ah

  • Abdurrahman Faiq

    Keren bener bang artikelnya.. Kasih tips dong gima.a caranya biar ga takut dan gamikirin to un atau ujian2 disekolah yg ga ngaruh sm sekali buat sbmptn.. Pengen fokus sbmptn aja tp keganggu bgt sm ujian2 itu bang, semoga dijawab nuhun bang..

    • Materi tes yang lo ambil di SBMPTN sama ga dengan jurusan di sekolah (IPA/IPS) sekarang? Kalau sama sih, harusnya ga terlalu masalah untuk tetep belajar pelajaran sekolah dan UN. Cuma jangan terbatas sama tipe soal yang diujikan di situ, pelajari bener2 konsepnya.

      Kalau beda, emang penting untuk fokus ke SBMPTN sih. Cara ngatasin rasa takut itu biasanya dengan bener2 pikirin apa sih sebenernya yang jadi sumber rasa takut lo itu. Misalnya sama UN nih, apakah lo takut ga lulus? Kalau UN ga lulus sih kebangetan 🙂 99% peserta UN itu lulus kok, termasuk anak2 yang sekolah di pedalaman. Karena standard kelulusan UN itu sebenernya sangat rendah, dan tipe soalnya gitu2 aja dari tahun ke tahun.

      • Abdurrahman Faiq

        waaah keren bgt makasih ka wisnu mencerahkan. smg dr skrg bisa lebih fokus ke sbmptn amiin 😀

      • Abdurrahman Faiq

        gue anak ipa, mau lanjut ke kedokteran ka, minta doanya juga ye hehe

  • Hinsa Simatupang

    Bang kalau di zenius club, atau forum zenius atau dimanalah... Bisa nanya2 masalh uang kuliah ga? Hehhe
    Kayak misalnya informatika ITB itu seberapa biayanya?
    Thanks

    • Kalau di zenius club sih mau ngomongin apa aja boleh. Hehe... Tapi kalau udah spesifik gitu (kayak biaya informatika ITB), gue juga gatau sih. Coba aja buka website resmi ITB, harusnya ada informasinya di sana.

      Terus kalau soal biaya kuliah di ITB, jangan lupa kalau ITB juga punya program beasiswa (sekarang digabung sama program bidik misi dari pemerintah). Program beasiswa ITB biasanya ga sekedar ngebiayain uang kuliah, tapi dapet biaya hidup juga.

  • Abby

    THANK YOU BANGET KAK GLEN!!!

    • Glenn Ardi

      SAMA-SAMA ABY !!!

  • barby

    bang sebenarnya soal sbmptn kalo gak di isi boleh gak sih?? kan yang selama ini aku dengar kalo soalnya salah 1 nilainnya pun dikurangi 1 kalo kosong yah gak dikurangi tapi aku ada baca tulisan blog yang bilang "jangan coba sekali-kali mengosongkan jawaban di sbmptn karna bakalan dianggap nilai mati walaupun 1 yg dikosongin dan itulah penyebab utama banyak yg gagal sbmptn.. jd diisi aja semua jawabannya" tp ada juga dibilang dalam tulisannya "kalo gak benar-benar tau atau gak yakin jangan dijawab soalnya agar tidak menambah nilai minus.." (-_-") sebenarnya maksudnya gimana yah bang? apa ada keterangan di soal kalo soalnya boleh atau tidak dikosongin..?

    • Soal SBMPTN boleh lah dikosongin. Kan dari penyelenggara juga udah bilang kalau kosng, maka nilainya nol. Sementara kalau diisi dan salah, maka nilainya minus 1. Ini memang untuk mencegah supaya ga pada isi jawaban secara ngasal.

      • Barby

        ohh gitu yaa.. berarti salah tanggap aku nya

        dah lupa nama blognya bang
        thanks ya bang wisnu.. :))

        • Dimas

          klo nilai mati itu gimana ya mas maksudnya di SBMPTN ?

      • Dimas

        klo nilai mati itu gimana ya mas maksudnya di SBMPTN ?

  • Cinder

    Bang Glen gw mau nanya, di zenius itu teori IPS nya apa udah
    lengkap/cukup buat yg mau ambil IPC atau kudu ditambain les diluar atau
    bli buku2 IPS laen ?(berhubung gw anak IPA)

    • Ini pertanyaan yang sama dengan yang di bawah. Udah dijawab ya.

  • Sulastri Wahyuni Sibagariang

    bang klo mw ngambil jurusan hukum gmna caranya...............

    • Glenn Ardi

      maksudnya? ya nanti waktu isi form isinya fakultas hukum aja, hehe.. :v

  • shidqi

    kak wisnu, saya mau nanya, gimana caranya ilangin rasa bosan slama deliberate practice? soalnya saya ngerasa bosan gitu slama ngelakuin deliberate practice.... mohon sarannya

    • Yoris Garfield

      Problem kita sama boy,, DP itu mmg kaga enak dan biasanya sih bikin jenuh,, soalnya gue juga kena dampak negatifnya 😀
      Daripada ngeluh, mending lo paksain aja men, ntar jg terbiasa... dan yg rasain manfaatnya kan elo sendiri 🙂

  • IB 96

    bang mau nanya klo kita ambil sbmptn di luar kota kita, apa harus ngelaksanain ujian tulisnya disana juga? trus biasanya pilihan univnya harus 1 diluar kota 1 dalam kota atau gapapa 22nya luar kota?

    • Glenn Ardi

      sejauh yang gua tau, ada kuota jatah utk mahasiswa dalam kota. Jadi sebaiknya sih kalo mau taktis pilihan kamu nanti 1 univ luar kota kemudian 1 univ dalam kota.

  • fajar

    kak ini kan persiapan buat sbmptn , kalo buat simak ui gimana ? n mana yang lebih sulit sbmptn atau simak ?

    • pesjay

      simak kayanya

      • andrew

        Yaa susah simak lahhh,gue prnh nanya ank UI nya lgsung, ktnya ksulitanya itu ibarat klo sbm cuma 1 jalan tpi di simak bisa 3 jalan

    • Glenn Ardi

      sejauh yang gua tau tingkat kesulitan SIMAK UI lebih tinggi

    • Kalau dari tingkat kesulitan soal, jelas soal-soal SIMAK UI lebih susah. Tapi kalau dari tingkat kesulitan lulusnya sih sama aja. Inget, tes masuk PTN apapun itu kan sifatnya seleksi. Jadi kalaupun kita cuma bisa ngerjain dikit, tapi saingan kita ngerjain lebih sedikit lagi, tetep aja lulus. Btw, kita pernah nulis kok tentang SIMAK UI di sini. Baca aja.

  • imam

    Bang ,di cd xpedia kan bang sabda pernah bilang.isi aja try out semuanya pas lg kerjain.jgn skip skip soal,nah hal itu berlaku jg ga buat sbmptn nanti?

    • abby

      ya enggalah

    • Glenn Ardi

      iya emang sabda sih menyarankan buat lo ngisi semua pertanyaan.. soalnya kalo emg lo udah bener-bener manteb, sebetulnya lo tuh mungkin banget ngejawab bener ke 15 soal di mata pelajaran tsb.

      tapi ya itu sebenernya balik lagi ke strategi masing-masing yaah..

    • Muhammad Davie

      kalo to gw selalu punya target pribadi, meleset2 dikit gapapa lah

  • Muhammad Ghudafa Taufiq Akbar

    Minta pencerahan dong. . Ada yang saya tidak paham soal campuran fisika SBMPTN no. 10. . Saya udah tanya tutornya di twitter blm dijawab. . θ = 5/13 maka v = 12/13c. V-nya Dapatnya dari mana ??

    • Glenn Ardi

      Bisa tolong coba kamu kasih tau kita kode konten-nya?

  • Cinder

    untuk IPC mending baca buku apa kak?[gw anak ipa jdi kgak tau] atau perlukah ambil les intensif sbmptn ipc?

    • Glenn Ardi

      pinjem aja buku temen-temen lo yang anak IPS. Textbook gitu biasanya isinya cukup identik kok, kan sama-sama ngikutin kurikulum dari pemerintah

  • Reza Nugraha Pratama

    Bang, ngerjain soal sbm itu tekniknya selesain 1 mata pelajaran dulu trus ke mata pelajaran selanjutnya atau campur-campur ngejainnya

    • Glenn Ardi

      nah itu kan dah dibahas di atas. tepatnya di step 5 ttg kesalahan umum belajar sbmptn 🙂

  • farid

    try out mandiri bisa di zenius nih,

  • Pidianku

    ALL IS WELL

  • Rizaldi Prasetya

    maaf bang. mau ngasih tau. link
    https://www.zenius.net/cg/552/fungsi-kuadrat

    itu yg bagian soal fk matdasnya salah ngasih link soal. tolong diganti kalau ada waktu. terimakasih:)

  • Abiib

    kak gue mau mintak saran nih,gue udah beberapa bulan ini belajar di zenius .net sangat efektif dibanding bimbel" yang guru"nya pada ngaco :D, tapi persoalanya saya gak punya dasar apapun misalnya saat belajar besic skill bagian aljabar gue harus belajar pecahan dan beberapa pelj SD maklum dulu waktu plj mtk gue tidur , jadi gue gak yakin bisa lulus Sbmptn tahun ini.| Jadi lebih baik mana gue belajar serius di zenius sampe sbmptn tahun depan dari pada masuk pts?? dan seberapa besar peluang gue lulus kalau gue belajar mati-matian di zenius sampe tahun depan ?? tolong di jawab ya kak

    • Glenn Ardi

      Kalo seberapa besar peluang ya gua gak bisa kuantifikasi dari sini lah biib.. semua kan tergantung kesiapan lo dan kedisiplinan lo sendiri.

      Pertanyaan lo itu seperti ini kira-kira...

      "Give the world the best you have and you'll get kicked in the teeth?? Well, give the world the best you have anyway.”

      • Abiib

        oklah thanks bang, oiya teori ips di zenius kira2 kapan bisa lengkap bang ? tahun ajaran kedepan bisa lengkap gak ? gue rencananya mau gulang kalo gak lulus thn ini ,tapi kalau teori masih gak lengkap Agak ragu2 untuk gulang abis kalau belajar di media lain agak kurang efektiv !!

  • Mr.Einstein

    Thank you banget nih artikelnya. abis baca artikel ini,
    Gua langsung "reform" lagi Schedule belajar gua, dan sekarang udah Rapih..
    😀 Mantap dach .!!!

  • Jakiro

    kalo bisa materi sosiologi nya di upload kak hehe

  • putri

    mau nanya kalau materi matdas ips tuh yang mana aja ya ? semua dasar teori matematika ipa atau ada bab2 di matematika ipa yang bukan materi matdas ?

    • Glenn Ardi

      Materi matematika dasar itu ditujukan untuk IPA maupun IPS. Khusus untuk IPA ada lanjutan dari dasar yaitu namanya "Matematika IPA". Sedangkan untuk IPS cukup sampai "Matematika Dasar" saja, gak ada yang namanya "Matematika IPS"

  • Costanza

    keren nih, lanjutkan gan ! hidup mahasiswa

  • yulintin riana dewi

    kak, saya mau minta pendapat nih.
    jadi gini, saya kan beli buku kumpulan soal sbmptn gitu. terus sama si penulis buku itu kita dikasih tips, katanya cukup kuasain aja beberapa bab yang lo anggap gampang. misal untuk math ipa materi yang perlu dikuasai limit, suku banyak, transformasi, vector, lingkaran. gitu.
    bagaimana menurut anda? apakah ini cara efektif belajar sbm atau sebaliknya? makasi 🙂

    • Glenn Ardi

      setau gue nih yul, materi dalam SBMPTN itu gak bisa ditebak kayak UN. dan materi yang keluar pun gak cuma "bab yang itu-itu doank" gitu..

      So, gua sih gak tau lo baca buku itu dari mana. Tapi kalo saran gua, lebih baik lo persiapkan diri lo secara total untuk menghadapi SBMPTN. Jangan sampe nanti malah lo nyesel karena ikut nasehat dari satu buku. Emang penulisnya mau tanggung jawab? 😉

      • yulintin riana dewi

        oke terima kasih kak.
        saya mau minta saran lagi nih kak
        kan katanya nilai un 2014 ini jg dipake (60%) buat seleksi snmptn.
        trs kita jg hrs tetep persiapan sbmptn. gimana ya biar bisa fokus ke 2-2nya gt. terima kasih.

  • dinda

    thanks masukannya.. sangat bermanfaat!!!!!!

  • Rizal

    Thank U banget kakak-kakak Zenius.net

  • Yuliana Evita Nugraeni

    thankyou banget buat tulisan ini. bagi gue bermanfaat banget.
    tapi gue mau tanya, apa mungkin dalam waktu 5bulan gue belajar mulai dari nol. maksudnya, gue belajar dari konsep2 dan dasar2nya sampe gue ngaplikasiin teori2 tersebut ke dalam soal. dalam waktu seminimal itu apa gue bisa nguasain itu? kalo gue konsisten bisa nggak? makasih sebelumnya.

    • Glenn Ardi

      kalo nanya "sekarang tinggal x bulan lagi, masih sempet gak yah?" << pertanyaan ini gak akan ada habisnya. Waktu yang lo punya gak akan nambah, jadi terima aja kenyataan kalo emang cuman segitu waktu yang tersisa buat lo, dan manfaatkanlah hal itu dengan sebaik-baiknya

  • nana

    kak,saya kan nyelesaiin soalnya yang udah pernah saya kerjain kerjain ,tp soal itu sedikit ada pengembangannya atau beda paket . kenapa kok belum bisa ya? apa faktor dari konsep yang belum mateng? terus bagaimana cara belajar yang efektif biar konsepnya lebih mantap?thx 🙂

    • Glenn Ardi

      iya betul berarti konsepnya belum mateng. cara belajar konsep ya tinggal tonton video zenius aja, hehe.. semua video zenius itu ngajarin dari konsep paling dasar sampai lo bener-bener ngerti bahasannya

  • Ali Ghoni Madridista

    Thanks senpai
    Sugooii ...

  • Herera

    thankyou banget referensi nya kak, lemahnya di gua adalah gua ketergantungan ama tentor/guru/tutorial, kadang kalo belajar sendiri, buyar dah itu semuaaa...ngeblank! damn

  • almirah r.

    kak ada nggak contoh buat bikin jadwal belajar ? ini susah banget 🙁

  • Hariyadi Nugraha Hutagalung

    gimana sih cara bahas materi tapi gk buat bosen.? X_X

  • bang gua minta pendapatnya dong, duh jadi curcol deh.. Jadi begini bang gua siswa dari smk swasta jurusan akuntansi gak pernah dapet prestasi akademik maupun non akademik pinter gak bodoh juga gak hehe. Gua pengen ikut sbmptn tahun depan, kenapa gak tahun ini aja ? kalo tahun ini gua belum punya persiapan ( sebenernya sii punya niatan buat ikut cuma buat coba doang ), minta ikut bimbel gak diizinin sama orang tua dan saudara kandung gua (gak diizinin karena biaya), kakak gua saranin gua buat kuliah sekalian tahun depan ikut tes sbmptn tapi gua nolak gua bilang nanti belajar untuk persiapan sbmptn bisa keganggu. Gua punya niatan kerja 5 bulan kemudian ikut bimbel. Tahun ini gua terdaftar beasiswa bidikmisi daftar di jalur pts yang katanya 95% diterima, apa gua harus berenti ngurus beasiswa bidikmisi jalur pts yaa bang cuma buat persiapan sbmptn tahun depan ??

    Kalo gua ngomongin ptn dikeluarga pasti ada sindir2an yang gak enak didenger dikuping, kakak gua selalu banding2in gua sama tetangga yang pinter2 🙁 kakak gua selalu ngomong nooh si A enak pinter makanya bisa masuk UI apalagi si B dari kecil udah keliatan banget pinternya makanya bisa masuk ptn gua agak sedikit down ama kata2 itu bang 🙁

    gua coba ajak temen2 gua yang punya prestasi dikelas untuk ikut sbmptn tapi pada nolak yaaa karena pada bosen kali ya belajar terus dari kelas X - XII secara gua dulu pemalas dan bandel gak tau kenapa atau ketampar apa sampe2 gua pengen banget masuk ptn dan pengen bahagian orang tua

  • Vero

    kaka, mau nanya dong.. saya dari SMK PERHOTELAN pengen banget msk lewat sbmptn soshum.. tapi nggak ada basic, sama sekali nggak paham T_T
    salahnya lg baru SEKARANG ngeh kalo ini GAWAT BANGET

    bagi masukan dong TT

  • Clarissa

    Aku patah semnagat! skg aja udh takut gk lulus~ wahh butuh motivasi

  • tiara

    kak, mau tanya dong... itu kok matdas yang di blog ini sm matdas yg saya klik langsung dr tab sbmptn itu beda ya isinya?

    • Oh iya, baru diperbaharui. Thanks yah

      • tiara

        sip kak, udah sama kan 22nya?

  • Muhammad Fadhil Ayyasy

    Mind Map! Kayaknya ini yang harus gue pakai._.
    Mudah2an berhasil deh XD

  • Ahmad Yusuf

    bang glenn punya daftar film inspiratif supaya rajin belajar yg dijelasin di zenius learning bab time management?

  • GATEL

    duhhh kak tapi gimana ya kalo kehadang sama kuliah juga 🙁

  • SBMPTN2015

    Hai adik-adik,

    Bagi kalian yang sedang menempuh ujian SBMPTN 2015 dan sedang mencari-cari buku-buku persiapannya, kini kami menyediakan BUKU PERSIAPAN SBMPTN 2015.

    Terdiri dari:

    Buku "Kumpulan Soal" SBMPTN tahun-tahun lalu.

    Buku "Kumpulan Rumus" SBMPTN, yang akan sering digunakan.

    Buku "Konsep Dasar" SBMPTN, yang berisi teori-teori penting dan pertanyaan langsung berisi penjelasan

    Kumpulan "Soal-Soal Try-Out" SBMPTN (Tes Potensi Akademik, Tes Kemampuan Dasar, Tes Kemampuan Saintek)

    Kami dapat jamin persiapan adik adik akan mencapai 90% karena soal-soalnya dijamin sulit dan bahkan lebih sulit dari SBMPTN yang akan adik-adik jalani.

    Tersedia dalam bentuk:

    Hardcopy, berupa buku cetak, seharga Rp 400.000,00* (harga sudah diskon 20%)

    Softcopy, berupa file scan/foto, seharga Rp 250.000,00* (harga sudah diskon 30%)

    Dapatkan stiker gratis dan keren dari kami!!

    Link Sumber : http://infosbmptn.blogspot.com/p/strategi-sukses.html#ixzz3LUvjwSNw

  • Anwar Prayogi

    belum persiapan apa-apa, apa langsung hajar soal sbmptn tahun lalu? kalau gitu pasti buuaaaannyyaaakk banget yang salah dan gak diisi? gak masalah kah?

    • yah intinya kan tujuannya supaya kamu paham betul bahwa kamu itu belum siap, dan dipetakan di bagian mana aja kamu yang belum siap. dengan begitu juga kamu jadi lebih termotivasi buat belajar dengan lebih fokus ke materi2 yg belum kamu kuasai.

  • Putri Afiifah

    kak gimana nih, aku harus belajar dari mana? basicnya? yang kaya gmana kasih contohnya dong ka, aku masih bingung >.<

    • lha itu artikelnya di atas kamu baca gak? >.<

  • Afin Nurhayati

    boleh nggak kalo masih kelas 10 bljr sbmptn?

    • boleh-boleh aja, belajar itu jangan melihat batasan 🙂

  • Mufliih Ramadhan

    masih bisa ga proff untuk ngejar sbmptn dngan waktu yang minim ini ? 🙁

    • Jangan terlalu larut dengan kekhawatiran "sempet gak yah?" karena itu gak akan membawa lo kemana-mana. Realitanya biar bagaimanapun juga kita gak mungkin bisa memundurkan waktu atau menambahkan waktu yang tersisa. Jadi satu-satunya cara ya manfaatkanlah waktu yang tersisa ini sebaik-baiknya

  • Dinadheaa

    aku baru join 🙂

  • m.husaini ansori

    susah banget untuk mangatur jadwal belajar yang tetapi anatara un,sbmptn,dan ujian mandiri..
    sekarang gua berada di jurusan ipa, sedangkan gua mau ngambil jurusan ips, tepatnya sih jurusan kesejahteraan sosial ui, jujur gua udah belajar banyak untuk persiapan sbmptn,dan simak ui...
    tapi efeknya gua jadi kurang menghargai waktu belajar unutk persiapan un ( emnas).sedangkan gua harus menghadapai ujuan ipa di un nnti, tapi gua juga harus menghadapi ujian soshum di sbmptn dan simak ui ,,,,,,

    sarannya dong kk.....

  • Muhammad Zaid Ihsan

    Kak gw alumni sekrng lbh tepatnya udah kerja. Jujur rada ksltan untk bljr dngn kondisi tubuh cape.Plng kerja lngsng bljr bangun tdr langsng bljr. Gw cma bljr disaat pagi & malam hari sisanya buat kerja. -__-
    Apa gw hrs tinggalin pekerjaan gw yg skrng ya, kak? -,-

  • Dharma

    maksudnya buat jadwal itu gimana ya ??

  • Guest

    saya gak pernah belajar sama sekali, karna dari SMK dan gak punya materinya. tapi Alahmdulillah beruntung bisa lolos sbmptn 2014 hehe

  • Della Annisa

    saya gak pernah belajar sama sekali, karna dari SMK dan gak punya materinya. tapi Alhamdulillah beruntung bisa lolos sbmptn 2014 soshum hehe

  • Dinda Aulia Syafira

    Ka, saya anak IPA ingin ambil jurusan Akuntansi UI. Berarti nanti saya akan tes SBMPTN IPC ya? Apakah soal IPC itu soal SBMPTN IPA digabung SBMPTN IPS?
    Kalo boleh saya minta saran dan kiat2 untuk mengambil akuntansi dari jurusan IPA dong ka hehehe. Terimakasih

    • kalo kamu emang niat ambil akuntansi langsung aja ambil SBMPTN IPS (Soshum) jadinya kamu lebih fokus belajar materi IPS

  • Dani Agung Prastiyo

    sulit kak untuk membagi waktu antara bekerja dan belajar, mohon sarannya kak

  • a!

    kaaaak... saya tuh bingungg udah coba2 pake tips nya bang sabda yang deliberate practice... saya susun satu hari harus kuasai satu bab. itusih udah rada berhasil namun keesokan, lusa, bbrp hari saya latihan lagi kenapa lupaa konsepnya. dan berujung pada gabisa dan gatau harus pake cara yang mana? tipss nya kakkk

  • Ayu Angelia

    Waaah thankyou semoga 7step bener" ngebantu buat manage dan prepare dari sekarang, setelah gue baca gue jadi tau step yang bener gimana 🙂
    Mungkin kelemahannya skarang kalo ada TO diskolah masih repot bagi waktu belajarnya karna pengen hasil TOnya bagus jadi kadang waktu untuk belajar sbmnya jadi kurang dan malah fokus ke TO dan UN padahal masih banyak banget yang harus dipelajari buat sbmptn

  • Guest

    bikin rapot passing grade kayak gitu make ms.excel enak kali y? uda ada command nya hehe

  • Utta Gatra Permatasari

    Kak,, mau tanya. bobot tkpa dan saintek sama atau beda ya? soalnya saya pernah baca, bobot tkpa dan tkd 30%, sedangkan saintek 70%. jadi, % tkpa tkd dikali 3 per sepuluh, yang saintek dikali 7 persepuluh, baru semua dijumlah. Benar atau tidak ya? terimakasih 🙂

  • Nadira Ari Pramesti

    Bang Glen, gue dari jurusan IPA niatnya mau ngambil jurusan IPS waktu SBMPTN. Kalo gue mulai belajar setelah selesai UN kira-kira bisa nggak?

  • Rizqya Cipta Auliya

    videonya bisa di download ga sih ?? biar bisa mantengin hp tiap hari

    • video zenius gak bisa didownload, tapi kamu bs dapetin dlm bentuk DVD atau streaming online di zenius.net

  • Ilham

    Kak, aku lulusan tahun lalu nih. Tahun lalu smpet gagal sbmptn. sempet down n kecewa. Trus selama beberapa bulan ini aku ikut kursus bahasa, drpd nganggur. Sekarang aku mau mulai belajar lg buat sbmptn thn ini, aku jg udh beli zenius. Kira2 waktunya cukup g ya buat melajari semua? kok aku jd g pede skrg. Kuatir gagal lagi thn ini. Mohon sarannya memanfaatkan wkt yg tersissa ini buat belajar.

    makasih.

  • Dayu Esa

    Kak glen, aku kan anak smk jurusan akuntansi, nanti kl sbmptn peljarin materi apa aja ni kak? Masih bingung sm sbmptn, mohon info ya kak. Aku mau lnjut k jurusan akntansi lagi hhe. Apa perlu bljar ipa juga?

  • septi

    aku dari anak smk kira2 bisa engga yaa ngejar semua materi anak soshum dalam waktu dekat ini?

  • Woro Malla

    Mau nanya kak. Saya kan baru kelas 11 ya. Dan gatau kenapa saya sudah kepikiran banget tentang SBMPTN. Dan ngerasa banget takut kalo gak lulus tes tersebut. Soalnya saya juga mau ikut IPC pas tesnya. Berhubung saya IPA dan mau ngambil Ilmu Perpustakaan. Kasih tips solusi dong buat bikin jadwal belajar saya untuk soal-soal SBMPTN soalnya saya juga masih kelas 11. Bahkan mau naik ke kelas 12, sebelum itu saya pun harus memikirkan tentang UAS nanti. Terimakasih sebelumnya kak.

  • Woro Malla

    Mau nanya kak. Saya kan baru kelas 11 ya. Dan gatau kenapa saya sudah kepikiran banget tentang SBMPTN. Dan ngerasa banget takut kalo gak lulus tes tersebut. Soalnya saya juga mau ikut IPC pas tesnya. Berhubung saya IPA dan mau ngambil Ilmu Perpustakaan. Kasih tips solusi dong buat bikin jadwal belajar saya untuk soal-soal SBMPTN soalnya saya juga masih kelas 11. Bahkan mau naik ke kelas 12, sebelum itu saya pun harus memikirkan tentang UAS nanti. Terimakasih sebelumnya kak... 🙂

  • aisyah syahruddin

    saya mau tanya. saya jurusan Ipa tpi mau masuk akuntansi, saya bingung. itu bisa tidak. kalau itu bisa bagaimana cara seleksinya. ujian Sbmptn nya masuk Rumpun Ipa atau IPC

  • vannibreanna

    kak kalo aku masih kelas 11 tapi ini kan udah mau kelas 12 trus selama aku kelas 10 ampe kelas 11 ini aku sekola itu ga bgitu ngerti sama pelajaran yang diajarkan di sekolah trus aku nanti ingin nya kalo udah kelar kelas 12 nya ini aku mau ikut tes SBMPTN

    kira* saran kakak gimana buat belajarku 1th kedepan ini buat ikut SBMPTN apa udah terlambat kalo aku mulai dr sekarang ini kak , aku takut banget kalo sampe gak lolos SBMPTN nya

  • steven roy

    Mau naya kak, Sulitan mana simak UI atau UM UGM?

  • steven roy

    kak, misalnya SBMPTN saya jawab soal bahasa inggris hanya 2 soal. tapi pelajaran lain bisa semua. itu memperkecil peluang lolos, gk?

  • sukko waluyo

    soal soal nya susah banget

  • Muhammad Dio Dermawan

    bang mau nanya nih, kan saya jurusan IPA SMA nya, tapi saya liat di website nya FSRD itu SOSHUM,nanti sbmptn nya yang IPA atau IPS nya?

  • 림아

    step 1 dilakukan dengan sebelumnya sudah belajar atau belum sama sekali belajar?

  • maksih banyak.. salam sukses. makin semangat untuk menghafal

  • nadyasha karahan

    thank u bgt ka glen,ngebantu bgt ni buat motivasi. gua disekolah bukan anak yg terlalu pinter rangking juga tengah2 mulu. gua jd ga pede ka, terlebih lagi ada beberapa anak pinter yg sukanya ngerendahin gitu, eh tp btw anak yg ngerendahin gue itu rangkingnya dibawah gue lo kak HAHAHA. saran dong ka biar pede walaupun direndahin sm anak2 sok pinter kaya gituu

  • manggilnya bang aja lah biar enakan dikit .
    nih bang , aku kan anak ips minat ambil jurusan teknik informatika nahhhh itukan jurusan punya anak ipa , apa aku nurutin minat apa cari yang laen aja ya bang ? pleaseee di jawab

  • adrian017

    bang mau tanya.
    misalnya kan saya mau ambil fakultas ekonomi nih, nah nanti itu soal" yang keluar di sbmptn itu cuma soal" ekonomi apa ada yang lain? kayak sosio, sejarah, TPA atau lain"?

  • Anita Rustanti

    Gw baru mulai materi per bab.. Nah ini gimana enaknya? Abisin semua materi + lthannya dulu atau tiap 1materi coba kerjain kapsel, soal sbm, soal campuran?? Jd bingung sendirii..

  • kalvin dewantara

    kalo semisal aku uda bikin jadwal belajar buat sbmptn ya terus aku bingung sehari itu harus melajari apa dan mapel apa, apa harus sehari satu bab mat fis kim gitu ato gimana ?

  • Edwin

    Bang Glen, saya minta saran. Apa cara ini ngefek buat kita (yang make kurikulum 2k13) ? Kalo iya. Terima kasih sarannya 🙂 . Kalo enggak, bisa dipostingkan cara belajar buat generasi 2K13 ? Terima kasih

  • Diah Ayuningtias

    Kak, aku sekarang IPA tapi prodi yang ku pilih IPS. Aku mau mulai belajar materi IPS dari sekrang. Menurut kakak, mulai belajar IPS dari sekrang bagus apa engga?

    Terus, kan gak pernah pelajarin materi IPS, nah.. Apalah langkah awal belajar juga sama dengan LANGSUNG mengerjakan soal-soal ?

    Terima kasih kak

  • Khusnul Sholaikhah

    wah, aku belajarnya per mapel tiap bulan nih. rencana selesai Maret, April baru review semua. bisa diterapin & berhasil ga nih?

  • Kurnia Ningsih ElfSiwonssi

    kalau mau masuk fakultas pendidikan soal testnya IPA, IPS, atau IPC, khususnya pendidikan TIK

  • Yogi M A

    Izin Download Soal2nya min buat latihan 😀

  • Asep M S Fetriady

    kak, boleh minta kopas buat sekalian ngasih tau temen temen seangkatan?

  • Fadhil Riyanto

    Kalo ikut IPC, apakah untuk jurusan IPA nya juga menggunakan poin dari TKD Soshum ? Atau di abaikan (cuma pake yang TKPA dan TKD Saintek) ?

  • Wildanu Fauzi

    Hai kak mau tanya, untuk soal TPA yang terbaru itu berjumlah 45 atau 60 soal? makasih

  • Fauza Khanindo

    kalo saya mau gelogi itu test soshum apa saintek?

  • Joel

    kak! kalo saya yg lintas jurusan emng bisa langsung pake step 1? secara otak ips saya nol banget

  • evan

    Bang glen, aku masih kelas 11 nih
    Mending cicil sbmptn atau review pel kelas 10? Makasih

  • Vianna

    Kalo gua baru mulai belajar SBMPTN sekarang ( Februari ini) kira2 waktunya cukup gak ya bang? tapi sebelumnya udah beajar foundation sama basic skills

  • Annisa Dinandya

    Kak Glenn, setuju ga sama pernyataan "Kalau belajar SBMPTN, pilih mata pelajaran yang kamu kuasai aja, atau fokus di materi yang kamu kuasai."?
    Gue bingung nentuin cara belajar gua nih, padahal SBM 3 bulan lagi. Harus kaya gitu, atau semua gua pelajarin?

  • Rika

    Kak, aku ngejar materi sbmptn sambil kuliah. Rasanya iti banyak kendalanya. Gimana cara ngatasinya dengan waktu yang terbatas ini?

  • sitiyuliyanisa

    kak, saya itu gampang cepat nangkep kalo belajar tapi cepet lupa juga. kira-kira gimana caranya supaya hasil belajar saya buat tes sbmptn?

  • Al fatih

    bagaimana belajar soshum untuk yang ambil ipc. teutama pelajaran sosiologi dan ekonomi yang saya sendiri ipa tidak pernah mempelajari itu sebelumnya. minta sarannya agar belajar lebih efektif untuk sbmptn . selama ini mengerjakan soal tahun lalu pelajaran tersebut tapi masih merasa sangat kurang dan sulit memahami

  • Annisa Nadia Melati

    kak, klo misalkan kita udah selsesai belajar semua materi dari zenius, sampe ke latihan soal dan SBMPTNnya juga, sementara kita masih kelas 11, nah kan kita tinggal latihan2 soal kan? apa gimana?

  • MUHAMMAD ALI DAKIR

    Izin bertanya mengenai nilai mati di SBMPTN Apakah benar adanya? bls

  • MUHAMMAD ALI DAKIR

    Izin bertanya mengenai nilai mati di SBMPTN Apakah benar adanya? TKPA MADAS saya kosong tidak terisi, waktunya mepet jdi gk sempet isi. bls ya

  • Siroja ⛅

    tips buat yang mau ke perguruan tinggi kedinasan dong?

  • Catniss

    Mas, saya mau nanya dong ..... saya kan anak MIPA, mau nyebrang ke IPS. Lalu, karena pengalaman tahun ini buat nyebrang jurusan itu semakin sulit (bayangin aja, angkatan di atas saya, yang nyebrang, nggak ada yang lolos SNMPTN, padahal di peraturannya boleh nyebrang) , jadi saya berpikir, toh, SBMPTN juga nggak apa-apa, yang penting kuliah di jurusan yang saya inginkan. Tapi kemudian, ada yang mengatakan pada saya, sayang kalau saya nggak coba SNMPTN. Lalu saya berpikir keras, nyari jurusan IPA yang kira-kira sesuai sama saya ....... nah, kalau itu gimana? Saya enaknya belajar apa?

  • Rafif Wintama

    Materi Sbmptn sama Materi Sma sama gk kak ?

  • Rafif Wintama

    Klu materi di Zenius yang saintek lengkap gk untuk SMBPTN ?

  • rara

    Kak glenn, mau nanya saran nih. Aku kan mau ngulang tahun depan buat dapetin yg terbaik ((eaa)) terus aku bingung ni kak, aku langganan zenius.net jadi member premium aja atau ikut bimbel juga? soalnya kan biaya bimbel nambah lagi, ortu gapapa tapi aku takut ngebebanin banget, aku juga rencana mau banting stir dari ipa fokus ips aja, tahun ini aku sbmptn dkk ipc dan surely persiapan kurang karna ipc jadi aku mau fokus ips aja. bagusnya aku ikut bimbel ga kak? menurut kakak gimana kak?

  • rikka azizatul qolbi

    Kak aku mau nanya. Aku minat matematika. Sedangkan matematika untuk snmptn itu masuknya kategori saintek kan? Aku anak ips.
    Di raport nilai matematika aku ga begitu jelek2 amat diatas 80.
    Sedangkan ke akuntansi aku pesimis ga bisa masuk. Dan aku ga suka ekonomi. Di rapot niali tertinggi aku sosiologi. Sedangkan aku ga minat sama yang berbau masyarakat gitu!
    Pengen kerja yang gak banyak omong.
    Kira2 aku cocok ya masuk jurusan apa ya?
    Dan universitas apa?

  • Fauzan Nurramadhan

    Bang gleeeenn kalo materi dan video di zenius net apakah sudah urut untuk deliberate practice sbmptn? kalo kita ga nyaman sama urutan nya boleh loncat2 ga?

  • LnN

    Kak, gue lulus taun 2016 dan memutuskan buat nunda 1 taun mengejar cita2 ke jurusan yg gue mau. Lalu, sekarang jdnya pusing nih mau belajar sbmptnnya dari mana... apakah gue harus buka dari pelajaran kelas 10 sampe dalemm gue kuasain, atau hanya lewat video SBMPTN doang? Mohon bantuannya ya...

  • Farhan Muhammad

    Bang kalo misalnya saya pilih jurusan Statistik kan di situ masuk FMIPA tapi kimia sama biologi nya gk ada.
    kalo misalnya di SBMPTN kimia sama biologinya dikosongin itu ngaruh ga ?

    • elsys

      setahuku semuanya gak boleh dikosongin

  • Firda Cynthia

    Kak aku smk jurusan akuntansi terus mau masuk fisip, jadi sbmptn nya yg soshum atau ips/ipc kak? berhubung aku bukan anak sma ips. makasih kakk

  • Dhimas Ghifari

    Bang mau tanya, gw bingung mau belajar sbmptn mulai dari mana. Apakah gw harus belajar bahasa dulu atau belajar matematika, mohon sarannya bang.

  • elsys

    kak saya dari ipa, mau ambil sbmptn yg soshum sdgkn waktunya mepet. bisa nggak ya kak kira2? tinggal 4 bulan lagi soalnya. terima kasih. mohon jawabannya

  • yudhis

    siaaaaaapppppp

  • Nur Haliza

    Pembahasan soalnya ada versi ebooknya aja ga kak, soalnya videonya banyak banget jadi bingung

  • sri utammy

    kak glen,tes sama pendaftaran Mandiri tgl brpa kak ?

  • Aizza wardah

    Puyeng ngadepin persiapan msuk kuliah nih bang, skrg sih masih klas 11,tpinya ane males bgt belajar wkwkw.. Pdhal cita2 tinggi haduhhh biar bisa tekun gimana ya? Ditambah lagi krna paksaan pas msuk SMK perbankan pdhal mau masuk PLB, gimana tuh yak, so? Yg hrus ane lakuin apa yahh? Biar lulus tes2 msuk prguruan tinggi nnti?