Persiapan SBMPTN Matematika, Pelajari Materi KTSP atau K-13?

Persiapan SBMPTN Matematika, Pelajari Materi KTSP atau K-13?

Kurikulum 2013, kadang disebut Kurtilas atau K-13, sudah memasuki tahun ke 3 di beberapa sekolah. Namun, pelaksanaan kurikulum 2013 ini tidak serentak. Sebagian besar sekolah masih menggunakan kurikulum yang lama, yaitu KTSP. Akibatnya, anak-anak SMA Kelas 12 di season (tahun ajaran) 2016-2017 ini memiliki dua jenis kurikulum, kurikulum 2013 dan KTSP. Materi yang diajarkan di Kurikulum 2013 tentu beda dengan yang diajarkan di KTSP.

Kalau gitu untuk SBMPTN nanti, harus belajar pakai kurikulum yang mana dong?

pertanyaan-ktsp-k13-di-blog

Kalau kita melihat statistiknya, sebenarnya sekolah yang sudah menjalankan Kurikulum 2013 itu baru sedikit banget. Menurut data yang gue dapet, penerapan K-13 baru ada di 1270 SMA. Sementara jumlah SMA di Indonesia yang sudah terakreditasi ada sekitar 11.036 (data tahun 2010). Jadi, baru sekitar 10% SMA yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Melihat fakta ini, harusnya sih materi yang dimasukkan dalam SBMPTN itu hanya yang KTSP aja ya.

SMA-KTSP-K13
Perbandingan jumlah SMA yang menerapkan KTSP vs K-13

 

Meskipun begitu, kita perlu hati-hati mengambil kesimpulan di atas. Karena seperti biasa, panitia SBMPTN nggak pernah terbuka terhadap materi yang diujikan, beda dengan UN yang selalu ada kisi-kisinya. Kalau panitia SBMPTN memutuskan untuk masukin materi Kurikulum 2013 ke soal-soal SBMPTN, bisa aja. Jadi, gimana dong nih? Kalau sekolah gue masih pakai kurikulum KTSP, apakah gue harus belajar materi Kurikulum 2013 juga? Nah, ini dia yang akan gue jawab di artikel ini. Di artikel ini gue akan jelasin perbedaan antara kedua kurikulum itu dan kira-kira gimana lo bisa menyiasatinya untuk menghadapi SBMPTN 2016 nanti, khususnya untuk Matematika karena perbedaan materi KTSP dengan K-13 di pelajaran ini cukup mencolok dibandingkan pelajaran-pelajaran lain.

 

Sebelum lanjut baca artikel ini..

By the way, sebelum lo melanjutkan baca artikel ini, pastikan dulu lo udah pernah baca artikel gue tentang tips belajar Matematika untuk persiapan SBMPTN yah. Karena di artikel itu gue menjelaskan terlebih dahulu beberapa hal penting berikut ini:

  • Bahwa materi yang lo pelajari di kelas 12 itu cuma 20-25% dari total materi yang diujikan di SBMPTN. Sisanya adalah materi kelas 10, 11, dan bukan materi SMA.
  • Bahwa soal-soal yang ada di SBMPTN itu kebanyakan campuran berbagai topik (bab).
  • Statistik topik yang diujikan di SBMPTN

Nah, kalau udah baca, berarti udah tau lah ya bahwa apapun kurikulum yang lo ambil sekarang, jangan pernah cuma mengandalkan apa yang lo pelajari di kelas 12 ini aja, karena memang materi SBMPTN itu lebih banyak mengulang materi yang pernah diajarkan di kelas 10 dan kelas 11.

So, sekarang pertanyannya, gue harus ngulang dengan materi KTSP atau materi Kurikulum 2013 nih? Yuk, kita berusaha jawab pertanyaan ini dengan melihat perbedaan antara materi KTSP dan Kurikulum 2013 dulu.

 

Bedanya KTSP dan Kurikulum 2013

Kalau kita telaah mendalam, sebenernya banyak banget perbedaan antara KTSP dengan Kurikulum 2013. Mulai dari perbedaan filosofis, aspek penilaian, konsep peminatan, pelaporan hasil belajar, sampai urutan bab yang di pelajari di tiap-tiap pelajaran. Meskipun begitu, sebagian besar perbedaan itu nggak relevan untuk kita bahas di artikel ini, yang relevan cuma perbedaan antara bab yang dipelajari di KTSP dengan bab yang dipelajari di Kurikulum 2013. Sekarang, gue mau tunjukin perbedaan bab-babnya, khususnya untuk matematika. Karena di matematika ini perbedaannya rada mencolok, sementara di pelajaran lain cenderung hampir nggak ada bedanya.

Biar enak melihatnya, kita pakai diagram Venn aja yah. Dan gue akan membagi menjadi 3 daerah, yaitu daerah A, B, dan C.

Venn-Diagram

 

Daerah A - Materi yang eksklusif ada di KTSP doang

Daerah ini menunjukkan topik yang ada di KTSP, tapi nggak ada di K-13. Pada sebagian besar pelajaran, daerah ini berisikan himpunan kosong. Artinya, semua yang ada di KTSP, pasti ada juga di K-13. Tapi untuk matematika, ada nih, meskipun cuma satu bab aja, yaitu bab Logika. Kalau mau tahu isi bab itu kayak apa, di bawah ini gue kasih linknya.

Gue sendiri agak menyayangkan sih kalau bab itu dihapus dari kurikulum karena di bab itu lo bisa belajar tentang bagaimana menggunakan aturan-aturan logika untuk mengambil kesimpulan yang valid dalam kehidupan sehari-hari.

Daerah B - Materi yang ada di KTSP, ada juga di K-13

Daerah ini menunjukkan topik yang ada baik di KTSP maupun di K-13. Untuk matematika, semua bab ini ada di daerah B:

Daerah C - Materi yang eksklusif ada di K-13 doang

Daerah ini menunjukkan topik yang ada di K-13, tapi nggak di KTSP. Untuk matematika, yang termasuk daerah ini antara lain:

 

Persiapan Matematika SBMPTN 2017

So, balik lagi ke persiapan SBMPTN. Kalau begitu, kira-kira untuk SBMPTN nanti, soal-soal SBMPTN itu diambil dari KTSP atau dari Kurikulum 2013? Well, nggak ada yang bisa jawab ini dengan pasti selain panitia SBMPTN itu sendiri tentunya. Selama belum ada pernyataan resmi dari panitia, sampai sekarang yang bisa kita lakukan cuma menebak aja. Meskipun kita nggak tau kurikulum apa yang akan dipakai di SBMPTN, menurut gue sih, cara belajarnya tetep sama aja kok, yaitu mulai dari KTSP. Loh, kenapa mulai dari KTSP? Okay, gue jelasin di bawah ini yah.

 

1. Semua basic yang perlu lo ketahui ada di KTSP

Hampir semua topik baru yang ada di Kurikulum 2013 cuma merupakan pengembangan dari topik yang ada di KTSP. Fungsi eksponen dan logaritma itu pengembangan dari konsep eksponen dan logaritma. Sistem persamaan kuadrat dan kuadrat itu pengembangan dari Sistem Persamaan secara umum. Sistem pertidaksamaan kuadrat merupakan pengembangan dari sistem pertidaksamaan dan fungsi kuadrat. Di irisan kerucut, bagian lingkaran dan parabola udah ada di KTSP, sisanya cuma hiperbola dan elips yang baru. Bunga, pertumbuhan, peluruhan, dan matematika keuangan itu pengembangan dari konsep eksponen. Dst.

Jadi, lebih baik lo fokus untuk perkuat basic-nya dulu di KTSP. Untuk matematika, topik yang perlu lo kuasai udah tersedia di link berikut ini:

Di kedua link itu lo bisa memperkuat pemahaman lo terhadap konsep-konsep matematika per topik.

2. Latihan Soal Campuran

Berikutnya, ketika basic-nya udah kuat, wajib banget untuk lanjut ke latihan soal campuran. Kenapa? Karena seperti yang gue sebutin di artikel ini, kebanyakan soal SBMPTN itu nggak cuma menguji pemahaman lo di satu topik. Sering kali dalam satu soal, lo membutuhkan pemahaman di 2, 3, atau bahkan 4 topik sekaligus. Okay, jadi di mana gue bisa dapet latihan soal campuran untuk matematika? Ya di sini:

Soal-soal campuran yang ada di dua link di atas nggak cuma diambil dari soal SBMPTN, tapi diambil juga dari berbagai soal tes lainnya dan ada juga yang kita bikin sendiri soalnya. Kenapa begitu? Karena soal-soal itu dirancang supaya lo bisa menghadapi soal serumit dan sekompleks apapun di SBMPTN atau ujian mandiri.

Dari berbagai soal yang ada di latihan soal campuran di atas, banyak juga yang sebenarnya udah keluar dari materi KTSP dan ternyata ada di materi Kurikulum 2013. Contohnya soal ini nih:

contoh-soal-pertumbuhan-di-SBMPTN

Ini adalah soal pertumbuhan. Di Kurikulum 2013, pertumbuhan itu dibahas di satu bab sendiri (bareng sama bunga dan peluruhan). Tapi apakah yang nggak belajar Kurikulum 2013 jadi nggak bisa ngerjain? Ya bisa dong. Kan seperti yang gue bilang di atas, ini hanya pengembangan dari konsep Eksponen dan Logaritma. So, kalau lo bener-bener ngerti konsep Eksponen dan Logaritma, lo juga bisa ngerjain soal ini.

By the way, seperti biasa, coba dong kerjain soal di atas terus jelasin gimana cara lo ngerjainnya di comment di bawah! 🙂

3. Materi Kurikulum 2013 yang bukan sekedar pengembangan KTSP

Ada nggak sih materi Kurikulum 2013 yang bener-bener ilmu baru, yang bukan sekedar pengembangan KTSP? Ada juga sih. Kalau lo bener-bener penasaran pengen mencicipi materi tersebut, untuk matematiknya, boleh lo buka bab ini:

Cuma gue harus pertegas di sini yah: Untuk yang sekolahnya masih pakai KTSP, don’t spend too much time untuk menguasai materi Kurikulum 2013 itu. Lo boleh masuk ke situ hanya jika materi-materi basic-nya udah lo kuasai bener-bener. Inget bahwa tes SBMPTN itu adalah tes seleksi. Lo nggak harus ngerjain seluruh soalnya untuk bisa diterima (kecuali kalau pilihan jurusan lo tingkat kesulitannya tinggi banget kayak FK UI atau STEI ITB). Lebih baik lo fokus untuk menguasai basic-nya.

****

Oke deh, gue harap melalui penjelasan panjang lebar gue di atas, lo udah mulai ada bayangan dan ga bingung lagi tentang persiapan SBMPTN tahun depan. So, ga ada lagi ya excuse bernada patah semangat dalam menyiapkan diri buat SBMPTN hanya karena terintimidasi dengan adanya kurikulum baru. Padahal mah, kalo ditilik-tilik lagi, tetap jurus utamanya adalah perkuat konsepnya. Sebagai penutup, gue rangkum lagi ya hal-hal penting yang mesti lo perhatikan dalam mempersiapkan diri buat menghadapi SBMPTN Matematika 2016 nanti.

  • Perkuat konsep-konsep dasar di KTSP
  • Banyakin latihan soal campuran
  • Boleh intip materi eksklusif K-13, tapi jangan berlebihan, kecuali lo cari nilai perfect buat masuk jurusan unggulan (atau sekedar belajar for fun, bukan sebagai bagian dari strategi SBMPTN).

Berikut adalah persebaran topik SBMPTN matematika dasar TKPA selama 2011-2016

 

Kemudian berikut di bawah ini adalah persebaran topik SBMPTN Matematika IPA/Saintek tahun 2011-2016

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau diskusi sama Wisnu tentang persiapan SBMPTN Matematika Dasar atau IPA, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Wisnu adalah CEO Zenius Education dan salah satu tutor pengisi suara di zenius.net untuk pelajaran Matematika dan Fisika. Wisnu mengambil S1 di Departemen Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung.
 
Follow Twitter Wisnu at @wisnuops

  • "Kalau kita melihat statistiknya, sebenarnya sekolah yang sudah menjalankan Kurikulum 2013 itu baru sedikit banget. Menurut data yang gue dapet, penerapan K-13 baru ada di 1270 SMA. Sementara jumlah SMA di Indonesia yang sudah terakreditasi ada sekitar 11.036 (data tahun 2010). Jadi, baru sekitar 10% SMA yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Melihat fakta ini, harusnya sih materi yang dimasukkan dalam SBMPTN itu hanya yang KTSP aja ya."

    tuh penjelasan beda ama gambarnya..
    atau mungkin gua buta warna biru ama merah kali ya @_@
    kalo gambar pendukungnya salah.. diganti tuh.. kak wisnu :3

    • Hehe.. sorry, men. Udah dibenerin yah sekarang.

  • Uswa C

    Klo sekolah pakek K13 berarti harus ngulang materi KTSP gitu kak? Suka bingung sih sama model K13..

    • Nggak usah bingung-bingung atuh. Seperti yang gue sebutin di atas, yang perlu lo lakukan adalah perkuat basic-nya (itu ada semua di KTSP), lalu lanjut ke latihan soal campuran (karena soal-soal latihan di situ juga udah mencakup apa yang ada di K13).

  • Rafly

    Gimana buat yang mapel lain kak, saya ada rencana nyebrang jurusan soalnya, apa ekonomi, geo, sosio, sejarah ktsp ama k-13 banyak bedanya ?

  • Rizky Ardi Maulana

    Bang, kok ketemunya 2log3+2 ya/? Penasaran salahnya di mana...

    • Gimana tuh bisa ketemu angka segitu? Coba jabarin di sini.

      • Rizky Ardi Maulana

        Ternyata kurang teliti (penyakit) bang hehe... udah ketemu ini. Sorry kalo kurang https://uploads.disquscdn.com/images/de404b25f7ddfe8778ab7f0c120b20c6d2b00f29cf555ba451e30ed27585afca.jpg rapi hehe 😀

        • Sip. Bener itu. By the way, kalau lo mau manipulasinya di pangkat, sebenernya bisa juga. Jadi log-nya nggak perlu panjang-panjang, kayak gini:

          • Rizky Ardi Maulana

            Wokeh bang sippp

          • Bella

            Ka itu 4 dr mana ya hehe? Bknnya log 100,000 itu 5?!

          • Sampai situ belum pakai log. Di ruas kiri kan ada 3 x 25.000. Sementara di ruas kanan ada 100.000 x ... Nah, 100.000 sama 25.000 dicoret jadi 4 deh.

          • Bella

            25.000 dr mana ka? Kan di soalnya ga ada? ._. Oh jd kita cari N(t) dulu baru di olah gt ka?

          • Memang nggak ada. 25.000 didapet dari masukin t=0 ke persamaan N(t). Dapetnya N(0) = 25.000.

          • Bella

            Ohh jd 25.000 itu populasi awalnya ya kak?

          • Yeap

          • Bella

            Oh aku paham skrg ka kalo t=2 berarti ntar bkn dibagi 1/4 kan tp 1/1?

          • Yup. Kalau mau lebih paham lagi, lo bisa lanjut tonton teori dan kerjain soal di sini: Eksponen dan Logaritma

  • Fadillah Adamsyah

    jawabannya E ya ? 2log3

    • Yoi bener. Tapi jabarin caranya juga dong.

      • Fadillah Adamsyah

        sama kaya bang whisnu di atas, tinggal pake perbandingan aja hehe

      • nurul istikomah

        Kak, kta senior gue smk teknik itu masuk ke ipa, emg bner ka?? Setau gue si ips. Tlong pncerhannya kak

    • Muhammad Irfan Wicaksono

      sama bro

  • Priagung Satyagama

    Gw sih dapetnya segini bang, sorry2aja ye kalo tulisan gw rada bermasalah hahaha..

    • Tulisan lo jelas kok. Cool. 🙂

    • Bella

      Ga ngerti itu knp bs jadi 1/4 ya? Hehe

      • Ahmad Wigo Prasetya

        Kalo menurut teori gw sih, 2^-2 = (-) 2^2 =(-) 4 = -4 = 1/4 . Bener gak caranya gitu ya? hehe

        • Bella

          ^ artinya apa sih?
          Kl aku sih krna t=0 ya berarti tinggal dua pangkat min dua yg sm aja 1/4

  • william

    kak, mau nanya nih, biasa kisi kisi UN itu keluarnya bulan apa? soalnya disini juga rada bingung, kalo mau belajar pake buku tahun lalu itu takutnya beda total 😐

    • Ari Candra Arista

      biasanya sih sekitar desember keluarnya

      • Defri Gunawan

        Assalamualaikum . Bagi pinnya kak buat nanya info boleh ga?

  • Fitriαh Ulfαh

    kalo yang pake k13, diperkuat dulu di bab ktsp trs baru masuk bab di k13 bang? btw mantab bgt gaya lo ngajar, tutor fav bgt :3

    • Hehe... Thank you.

      Yup. Untuk persiapan SBMPTN, caranya begitu. Kalau di zenius.net, masuk ke persiapan SBMPTN aja yah (bukan ke kelas 10, 11, 12). Seperti yang gue jelasin di artikel di atas.

      • Fitriαh Ulfαh

        tapi gue kalo lgsg masuk materi sbmptn, terutama matpel mtk&sejarah itu suka bingung, jadi review materi kls 10/11 ktsp sm k13 dulu trs masuk materi sbm, baru gue konek. kira2 efektif ga bang?

  • Muhammad Irfan Wicaksono

    yg N(t) gini bukan kak?
    awalnyakan t=0 maka 100.000 x 2^-2
    =100.000 x 1/4 = 25.000. untuk mencari 3x dari populasi maka jumlah populasinya 75.000
    Kita masukkan 100.000 x 2^x-2 = 75.000
    lalu 2^x-2 = 75/100. kita kecilkan jadi 2^x-2 = 3/4
    2^x-2 = 3/2^2 kita pindah ruas jadi 2^x-2+2 = 3
    maka 2^x = 3. kita rubah jadi log maka 2log3 =x
    bener gak kak? 😀

  • Bella

    Ka kl kayak gua alumni thn ini mau sbm thn dpn nah gua udh beli tuh xpedia ips k13 tp sebenernya gua dr ipa dulunya gua bingung gt jadinya antara ktsp atau k13 ntar materinya. trs gua udh selesai nih zen learningnya, pas gua email cs zen katanya tonton mtk sm inggrisnya, nah itu ditonton selang seling bljrnya atau selesain mtk sampe habis baru inggris? Mohon pencerahannya kak hehe

    • Fajri

      selang seling, kata sabda-san harus mantepin dulu perbab + latihan soal campuran biar galupa

      • Bella

        Oh berarti gua hrs habisin mtknya sampe selesai kl cd nya udh abis baru nonton yg inggris?

  • Alex
  • Nugraha Akbar

    udah gua alusin dari kemarin tapi takut salah

  • faskah

    i got it

  • Indra D. Herdiana

    Wew Induksi Matematika, Fungsi DIstibusi, Irisan Kerucut (Elips dan Hiperbola), baru saya kenal pas di kuliahan. Haha.

    #SisaSisaAnakKTSP

    • Alifah Dimar Ramadhina

      kak mau nanya dong, kalo misalnya d sbmptn pilihnya kedoteran unila, kedokteran unsri, kedokteran unand. nah unsri unila unand itu kan di wilayah I semetara saya bertempat tinggal di bengkulu yang juga wilayah I apakah bisa kak kalo test nya di bengkulu? atau mesti di palembang , padang atau lampung? yang lain kalo ada yg tau tolong bntu juga jawab yaa

  • fadhila zara

    Kak gimana yg tes sbmptnnya taun 2017? sama gak kayak taun ini ?
    aku masih kelas 11 tapi udah pengen 'nyuri' start belajar dari sekarang, soalnya abis ngeliat contoh2 soal sbmptn dari taun ke taun makin susah =3=;
    tapi masalahnya mau belajar juga susah, soalnya peer ama ujian di sekolah banyak bangeet, takutnya gaada abis2nya sampe UN taun 2017... nanti kagak sempet lagi belajar buat seleksi masuk T_T

    ada tips ato cara tertentu gak biar bisa nyicil belajar pelan2, trus kira2 startnya dari mana?

    • Kalau SBMPTN tahun 2017, mending sekarang banyakin eksplorasi ilmu. Bisa lewat materi yang lagi dipelajari di sekolah, bisa juga hal-hal di luar itu. Yang pasti, jangan cuma belajar sebatas untuk ujian sekolah, tapi coba lebih dari itu. Karena dengan begitu, minimal lo bisa:
      (1) Mengerti lebih dalem dibanding apa yang dites sama soal ujian
      (2) Bikin lo tau topik pelajaran apa aja yang lo suka
      Nomor 1 bukan hanya akan bikin lo lebih mudah dalam menghadapi SBMPTN 2 tahun lagi, tapi ini akan berguna seumur hidup. Sementara nomor 2 akan membantu lo dalam menentukan jurusan kuliah, atau berbagai decision lainnya yang harus lo buat di masa mendatang. Nomor 2 ini penting banget; banyak loh anak-anak kelas 12 yang masih bingung mau milih jurusan apa karena nggak pernah tau minatnya apa.

  • LUTHFIA QURANI S

    Kak disekolah saya kembali lagi pakai ktsp,tapi kak kalau gaya belajarnya kayak k13 gitu misalnya guru menjelaskan sedikit langsung mengerjakan tugas dan sebagainya walaupun materinya ktsp dan sebenarnya saya agak bingung dan alumni kelas 12 tahun 2015 ini sebelumnya nggak kayak gitu dari sebelumnya?

  • M Arif Setyo Aji

    Gue anak K-13 nih bang 😀

  • Sonya

    kak aku sekarang kelas 11 di sekolahku pakai sistem k-13 ditambah sistem sks tapi materi logika tetap diajarin kok.tapi ya gitu karena sistem sks jadi belajarnya ngebut ngebut

  • Ambar Isminingtias

    Kak, sekarang ini gue baru belajardi zenius.net yg sbmptn. nah, itu udah bener belum, maksudnya gue belajar yg di menu sbm baru yg k13. trus yg k13 itu kita pelajarinnya yg kelas 12 doang apa sama yg kelas 10 11 ? secara kan sbm kebanyakan dari kelas 10 11. trus gue juga mau tanya, kalo gue bikin jadwal satu hari satu mapel gitu efektif nggak ya bang ? apa harus selesaiin yg tkpa duluu ? makasih bangg 🙂

  • Sultan

    bang maksud dari soal proyek tentang tawar menawar mobil bekas di buku k-13 kelas 12 "sampai perseribuan terdekat dan poin no.6" ???maaf kalo nda bersangkutan yg di atas

  • Faisal Satria R

    klo dari pengalaman saya yg sudah megikuti ujian sbmptn 2014 tahun lalu, materi yg diujikan di sbmptn sebagian sudah memakai kurikulum 2013

    • kalo gak salah waktu SBMPTN tahun 2014 itu penerapan K13 kan baru di kelas 10 doang, jadi anak kelas 12 belum pernah sama sekali menerima pelajaran K13 Kelas 10.

  • zakky zakaik

    gw pelajar di salah satu sekolah di kota gw..
    gw ingin fokus sbmptn tapi gw masih kelas 12 yang tahun besoknya baru un dan sbmptn
    sebaiknya gw beli xpedia yang alumni atau xpedia yang kelas 12?

    makasih sebelumnya kak..

    • Ari Candra Arista

      Sebaiknya sih pake xpedia kelas 12, karena di xpedia kelas 12 udah lengkap semua materi buat kelas 12, UN dan SBMPTN juga.

  • Zulpan Fahrijal

    Bang gua mau nanya
    Kalo UN kurtilas itu kapan yak ?

  • Muhammad Al-Ghiffary

    berarti kisi-kisi UN sama SBMPTN rada2 sama gak?

  • Wisnunandar Dwi Santoso

    Kak? lulusan tahun 2014 masi bisa ikutan SBMPTN 2016 gak ya ? 🙁

  • Aditya Kemal

    bang kalau mau belajar BIO buat sbmptn mending ngulang dari kelas 10-12 kurtilas atau langsung yang di persiapan sbmptn bio

  • Nasrul Khoiri

    Bang mau curcol nih.mungkin saya adalah salah satu anak dari sekian ank yang buta tentang matematika.Tapi saya menganggap diri saya ini aneh,saya nggak ngerti samasekali apa itu matematika.Tapi jujur, saya sukaaa banget sama yang namanya matematika.Dan akhirnya saya coba buat memahami,masuk dan mendalami,tapi yang ada saya serasa masuk kdalam sebuah labirin,yang ketika saya masuk, dsuguhkan dengan jutaan lorong jalan yang membingungkan,yang membuat saya sulit banget buat nemuin jalan keluarnya, yang ada saya tersesat mulu...dan tak tau arah jalan pulang(nyanyi dikit).Jadi, sebenernya saya masih bisa nggak buat bisa paham dan ngerti matematika?.apa kah matematika hanya buat orang2 jenius seperti bang wisnu, bang sabda dan yang lainnya? Apakah orang seperti saya nggak bakalan bisa matematika? Walaupun udah berusaha banyak belajar,atau apakah cara belajar saya yang salah?, atau saya harus berenti belajar mtematika karena passion saya bukan disitu?padahal saya udah belajar berkali2, tapi nnggak bisa2.Mohon pencerahannya dong bang,saya masih pengen bisa matematika. ..Makasih 🙂

  • Sabila

    Kak saya mau beli zenius nih. Dan msh kelas 11. Bentar lg kelas dua belas. Tp masih bingung mau beli xpedia paket yg mana? Xpedia 2.0 buat yg kelas 12 ktsp ato yg k13? Kira2 mending yg mana? Saya pingin basic kuat trus campuran jg kuat. Sebenernya saya udh ngebet dr awal kelas 11. Dan saya pingin banget belajar materi2 sbm sejak awal liburan. Jd gmn ya kak?