Materi apa aja yang paling sering keluar di SBMPTN?

Berisi kumpulan data dan informasi terkait berbagai topik materi SBMPTN yang paling sering keluar pada soal-soal SBMPTN tahun-tahun lalu.

Halo guys, gak kerasa sekarang udah bulan April lagi. Ujian-ujian di akhir tahun ajaran sebentar lagi akan menyambut kita semua, terutama bagi anak kelas 12. yang dalam waktu dekat akan menghadapi yang namanya UN, US, SBMPTN, & Ujian mandiri. Nah, kalo pada artikel sebelumnya gua udah sempet bagi-bagi tips dan kumpulan link untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional SMA & SMK 2016. Maka pada artikel kali ini, gua buat khusus bagi lo semua yang tahun ini berencana untuk menghadapi ujian masuk PTN atau SBMPTN.

Okay, SBMPTN memang tinggal beberapa bulan lagi. Jadi mau gak mau, siap gak siap, lo harus terima kenyataan kalo waktu lo sekarang udah mepet banget untuk belajar materi SBMPTN. Seiring dengan semakin mepetnya waktu, gua makin banyak dapet curhatan di sosmed dan email yang kurang lebih intinya begini:

"Kak Glenn, kira-kira kalo baru mulai belajar dari sekarang masih sempet gak yah?"

Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, sebetulnya gua udah pernah bahas secara lengkap di artikel zenius sebelumnya. Jadi kalo lo ingin menanyakan hal yang sama, gua rekomendasikan untuk langsung aja baca artikel "Kalo gua baru belajar SBMPTN dari sekarang, masih sempet gak yah?".

Nah, dalam artikel ini gua ingin melengkapi beberapa hal yang belum sempat gua tulis pada artikel tersebut. Pada intinya kalo bisa gua persingkat, akar masalah yang sebenarnya adalah:

"Bahan materi yang perlu lo pelajari ada banyak (banget) TAPI waktu yang tersisa udah mepet (banget)"

Oke, terus gimana dong? Solusi paling praktis untuk menjawab sempet/nggak sempet itu adalah bagaimana cara yang efektif untuk bisa mengalokasikan waktu, energi, serta fokus kita untuk mempelajari semua (atau sebagian besar) materi SBMPTN?

Nah, dalam artikel kali ini gua akan memandu lo untuk menentukan skala prioritas dalam belajar SBMPTN. Darimana skala prioritas itu diperhitungkan? Dalam pembahasan kali ini, gua mengambil pendekatan berdasarkan distribusi persebaran topik untuk tiap soal SBMPTN sejak 6 tahun terakhir (tahun 2011-2016). Jadi nanti di bawah ini, gua akan share satu per satu chart/grafik yang menggambarkan topik-topik mana aja yang paling sering keluar di SBMPTN untuk setiap mata pelajaran.

Oke, sebelum gue tunjukin satu per satu chart per mata pelajaran, gua perlu menekankan dulu bahwa proses pembuatan chart ini didasarkan pada beberapa asumsi berbeda. Maksudnya, pada mata pelajaran tertentu (seperti TPA, Sejarah, dll) para tutor bisa dengan mudah mengklasifikasikan bahwa 1 soal merepresentasikan 1 topik. Tapi pada beberapa pelajaran, (contohnya Matematika, Ekonomi, dll) terkadang 1 soal tidak hanya merepresentasikan 1 topik, melainkan beberapa topik.

Jadi pada intinya, lo juga perlu memikirkan dasar asumsi yang digunakan para tutor, sebelum akhirnya memutuskan skala prioritas lo dalam mengalokasikan waktu dan energi pada topik-topik tertentu. Oke deh, kita langsung aja mulai ke subjek yang pertama yaitu TPA:

TKPA : TPA / Tes Potensi Akademik

Oke berikut di bawah ini adalah persebaran soal SBMPTN TPA dari 2011-2016. Perlu lo ketahui bahwa jumlah soal TPA memang gak selalu sama dari tahun-ke tahun. Sewaktu nama tes masuk PTN masih bernama "SNMPTN" jumlah soal TPA itu bisa mencapai 60-75 soal. Sementara sejak nama tes masuk PTN jadi "SBMPTN" pada tahun 2013 hingga 2017 sekarang ini, jumlah soal TPA selalu konsisten di angka 45 soal. Untuk lebih jelasnya, lo bisa lihat tabel dan grafik di bawah ini:

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
VERBAL201515155070
ARITMETIKA202615108584
POLA BARISAN10111157549
LOGIKA PROPOSISI5127051544
ANALITIK5111145541
POLA GAMBAR0004151534
BASIC MATH001100011
DIAGRAM VENN0007007

Nah, bisa lo lihat di atas urutan topik yang paling sering keluar, dari mulai aritmetika. verbal, pola barisan, dst. Sekilas mungkin lo berpikir untuk mengalokasikan waktu lebih banyak untuk belajar aritmetika saja, tapi tunggu dulu. Coba lo lihat lebih seksama pada tabel distribusi persebaran soal di atasnya, bisa dilihat pada SBMPTN tahun 2015 yang lalu, topik yang paling banyak keluar justru adalah pola gambar! Nah lho, sementara pada SBMPTN 2014 topik "pola gambar" malah cuma keluar 4 soal, bahkan di SBMPTN tahun 2013 gak keluar sama sekali. Bingung kan lo?

Okay, emang khusus untuk TPA ini, persebaran topik yang keluar TIDAK KONSISTEN. Pada tahun 2013-2014 bisa jadi topik yang banyak keluar adalah "Verbal", sementara tahun berikutnya (2015) topik "Pola gambar" lebih banyak keluar. Jadi mau gak mau, suka nggak suka... khusus untuk pelajaran TPA ini, emang lo sebaiknya menguasai semua topik secara merata dan seimbang! Oke deh untuk lebih mendalami lagi topik-topik pada subjek TPA ini, lo bisa nonton video zenius.net di link berikut ini:

TKPA : Matematika Dasar

Oke, untuk subjek Matdas ini gua minta tolong Wisnu untuk bikinin chart persebaran soal per topik yang keluar di SBMPTN sejak tahun 2011-2016, berikut adalah grafiknya:

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
Persamaan Kuadrat32451318
Baris dan Deret22311110
Pertidaksamaan11131310
TPA2130129
Fungsi Kuadrat1132119
Eksponen (akar/pangkat)1112139
Fungsi Komposisi dan Invers1111228
Statistika1211218
Logaritma1112117
Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat1101216
Matriks1111116
Peluang0011114
Program Linear1101003
Persamaan Garis0001023
Turunan0002002
Trigonometri1001002
Himpunan0100001
Limit0000011
Transformasi Geometri0000011
Logika1000001
Sukubanyak0000101
Integral0000000
Persamaan Lingkaran0000000
Dimensi Tiga0000000
Vector0000000

Khusus untuk subjek matematika (baik matdas maupun math saintek) perlu lo catat bahwa chart ini dibuat dengan asumsi bahwa "1 soal SBMPTN bisa mencakup beberapa topik", karena memang 1 soal dalam matematika kadang tidak hanya merepresentasikan 1 topik seperti dalam pelajaran lain. Bisa jadi 1 soal dalam matematika itu mencakup pertidaksamaan, persamaan kuadrat, dan eksponen. Jadi untuk bisa menjawab 1 soal, diperlukan penguasaan 3 konsep matematika.

Jadi kalo lo perhatikan materi "persamaan kuadrat" yang menjadi topik paling banyak keluar, sebetulnya lebih tepat diterjemahkan sebagai sebuah materi yang sangat fundamental & penting untuk dikuasai karena dibutuhkan untuk menjawab berbagai macam soal dalam topik-topik lain, seperti (katakanlah) fungsi kuadrat, persamaan linear, pertidaksamaan, dll.

Catatan kedua untuk chart matdas ini adalah adanya topik "TPA". Mungkin ada beberapa di antara lo yang heran kenapa ada TPA di chart di atas. Perlu lo ketahui bahwa sebelum nama tes masuk PTN jadi "SBMPTN" di tahun 2013, subjek TPA dan Matematika Dasar seringkali dicampur dan digabungkan dalam 1 sesi tes (dalam chart di atas berarti berlaku untuk SNMPTN 2011 & 2012). Jadi, simpelnya bisa dibilang lo abaikan aja topik TPA dalam chart di atas karena sebetulnya udah gua alokasikan pada chart sebelumnya. Oke deh, berikut adalah link video pembahasan untuk beberapa materi yang paling sering keluar di matdas:

TKPA : Bahasa Indonesia & Inggris.

Nah, untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, gua nggak bisa menampilkan topik materi yang paling sering keluar. Karena memang ya tipe soal yang keluar di SBMPTN dari dulu selalu sama untuk kedua pelajaran ini, yaitu PERTANYAAN DARI BACAAN. Jadi ya mau gak mau, memang lo harus belajar kemampuan Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris yang benar, agar bisa menjawab pertanyaan dari bacaan dengan tepat dan cepat. Oke, berikut ini adalah tips dari tutor Bahasa Inggris dalam menghadapi tipe soal pertanyaan dalam bacaan di SBMPTN & juga link pembahasan soal SBMPTN Bahasa Indonesia:

SAINTEK : Matematika IPA

Untuk matematika saintek, perlu dicatat kembali bahwa chart persebaran topik di bawah ini adalah hasil perhitungan berdasarkan asumsi bahwa "satu soal bisa merepresentasikan beberapa topik", berikut adalah chartnya:

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
Persamaan Kuadrat44443726
Trigonometri45414422
Turunan31222212
Peluang23312112
Integral22321212
Fungsi Kuadrat01331311
Sukubanyak11122411
Persamaan Garis2021229
Persamaan Lingkaran1211128
Pertidaksamaan0420118
Vector3211108
Limit2111117
Transformasi Geometri1110126
Dimensi Tiga1111116
Baris dan Deret0002215
Eksponen & Logaritma0001214
Fungsi Komposisi dan Invers2010003
Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat0001023
Matriks0001001

Oke, lagi-lagi kita bisa lihat bahwa persamaan kuadrat adalah topik yang sangat fundamental untuk dipahami karena konsep dasarnya dibutuhkan untuk menjawab banyak soal di topik lain, diikuti trigonometri, peluang, turunan, integral, sukubanyak. Berikut adalah link pembahasan materi dari topik-topik tersebut:

SAINTEK : Fisika

Nah, untuk SBMPTN Fisika berikut adalah chart persebaran frekuensi soal yang paling sering keluar:

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
Gerak Lurus31212110
Elektromagnet2122119
Usaha dan Energi1202139
Listrik Dinamis2212119
Dinamika Partikel dan Hukum Newton1010226
Bunyi1111116
Termodinamika1011126
Teori Kinetik Gas0001225
Fisika Inti1112005
Fluida1110115
Relativitas Khusus0110114
Optika Geometri0101114
Gelombang Mekanik2110004
Suhu dan Kalor1110003
Elastisitas0101013
Listrik Statis0010113
Gerak Harmonik Sederhana0001023
Fisika Kuantum/ Atom1000102
Listrik Bolak-Balik0001102
Hukum Newton dan Gravitasi0002002
Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar0010012
Optika Fisis0010102
Kinematika dengan Analisis Vektor0000011
Gelombang Elektromagnetik0100001
Impuls dan Momentum0000101
Gerak Melingkar Beraturan0000000
Besaran, Satuan, dan Vektor0000000

Oke dalam proses pembuatan chart di atas ini, ternyata kita bisa membuatnya dengan perhitungan asumsi bahwa "1 soal hanya merepresentasikan 1 topik". Jadi melalui grafik di atas ini, emang bisa keliatan bahwa topik-topik yang sering keluar dalam SBMPTN 5 tahun terakhir adalah materi gerak lurus, elektromagnet, listrik dinamis, usaha-energi, dll. Berikut adalah link pembahasan materi dari topik-topik tersebut:

Sebagai tambahan, Wisnu juga bikin chart persebaran soal dengan klasifikasi topik-topik besar Fisika. Kamu bisa lihat pada tabel di bawah ini:

Nah, dengan adanya pembagian/klasifikasi dari topik-topik besar di atas, gua harap bisa memudahkan lo untuk melihat prioritas topik mana yang dipelajari lebih dahulu. Asyiknya lagi, pembahasan materi Fisika berdasarkan topik-topik besar ini, udah zenius kelompokan di laman Video Pembahasan Materi Ringkas Fisika SBMPTN.

SAINTEK : Biologi

Yak, langsung aja gua tampilkan chart persebaran soal per topik SBMPTN Biologi dari tahun 2011-2016:

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
Biokimia0100124
Sel0011125
Bioteknologi1100125
Ekosistem1011104
Klasifikasi Makhluk Hidup2101048
Perubahan Lingkungan & Konservasi0110215
Persilangan dan Mutasi2110015
DNA, RNA, Kromosom0012227
Pembelahan Sel1112005
Evolusi1210116
Ciri Makhluk Hidup & Perannya13211210
Struktur dan Fungsi pada Tumbuhan31131312
Metabolisme Sel22122110
Sistem Organ Manusia13313112

Sesuai dengan chart di atas, topik yang paling sering ditanyakan dalam SBMPTN Biologi adalah sistem organ manusia, matebolisme sel, struktur & fungsi tumbuhan, dll. Berikut adalah link video pembahasan dari materi-materi tersebut:

Perlu dicatat bahwa materi "Ciri Makhluk hidup dan perannya" itu pada dasarnya mencakup hampir seluruh pelajaran Biologi kelas X SMA. Materi Biologi kelas X SMA sebagian besar adalah tentang klasifikasi makhluk hidup dan ciri-ciri dari tiap Kingdom kehidupan.

SAINTEK : Kimia

Oke, berikut ini adalah chart pembagian distribusi soal per topik untuk SBMPTN Kimia tahun 2011-2016:

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
Stoikiometri22313314
Struktur atom, sistem periodik dan Ikatan kimia21222211
Kesetimbangan12231110
Termokimia2121118
Laju reaksi1111116
Larutan dan teori asam basa1201116
Sifat koligatif1111116
Elektrolisis1111105
Larutan Buffer0010113
Reaksi redoks1000113
Sel volta0101013
Senyawa turunan alkana1001103
Reaksi Senyawa Karbon0110013
Biomolekul1100103
Kimia unsur0101002
Hidrolisis garam0010001
Kelarutan dan reaksi pengendapan0001001
Hidrokarbon0000011
Koloid1000001
Benzena dan polimer0000000
Radioaktif0000000
Kimia lingkungan0000000

Oke, bisa dilihat dari chart di atas bahwa topik stoikiometri, kesetimbangan, termokimia, struktur atom, sistem periodik, dan ikatan kimia adalah materi fundamental yang wajib banget lo kuasai. Dengan lo mengetahui 6 topik itu aja, bisa dibilang (moga-moga) udah lumayan cukup meng-cover banyak soal di SBMPTN Kimia nanti. Berikut adalah link video pembahasan dari topik-topik yang paling sering keluar, sesuai dengan chart grafik di atas:

SOSHUM : Sejarah

Pelajaran sejarah bisa dibilang paling gampang untuk diklasifikasikan, karena memang pengkategoriannya jelas berdasarkan timeline. Untuk itu, bisa dibilang chart di bawah ini gak tumpang tindih & punya tingkat akurasi yang tinggi:

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
Orde Baru dan Reformasi23003210
Kerajaan Islam1122028
Politik Etis dan Pergerakan nasional1112218
Hindu-Buddha1111217
Prasejarah2101116
Peradaban Kuno1111116
Organisasi Internasional3110016
Revolusi Kemerdekaan Indonesia1202106
Kependudukan Jepang0021025
PD I dan II0011125
Metode dan Ilmu Sejarah1100114
Nasionalisme di Asia dan Dunia1030004
Hindia Belanda1011003
Renaissance dan Revolutie0101103
Demokrasi Liberal0012003
Perubahan Politik Dunia 1970 - 19990110002
Demokrasi Liberal0000011
Kependudukan Belanda - VOC0100001
Perang Dingin0000101
Demokrasi Terpimpin0000101

Sip, bisa dilihat berdasarkan chart persebaran soal SBMPTN Sejarah tahun 2011-2015 bahwa topik-topik tertentu cukup frekuentif dan selalu keluar dalam SBMPTN 5 tahun terakhir. Berikut adalah link video pembahasan materi dari topik-topik yang sering keluar di SBMPTN Sejarah:

SOSHUM : Sosiologi

Oke deh, sekarang kita masuk ke pelajaran Sosiologi. Berikut di bawah ini adalah chart persebaran soal per topik dari SBMPTN Sosiologi tahun 2011-2016.

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
Konflik & Integrasi Sosial12114413
Struktur, Diferensiasi, Stratifikasi Sosial12122311
Perubahan Sosial1103229
Interaksi Sosial1211128
Perilaku Menyimpang & Pengendalian Sosial1121117
Masyarakat Multikultural2011217
Kelompok & Dinamika Sosial1021116
Sosialisasi & Kepribadian0212005
Mobilitas Sosial2011105
Modernisasi & Globalisasi2111005
Lembaga Sosial0200114
Pengetahuan Sosiologi0111003
Penelitian Sosial1110003
Nilai & Norma Sosial2000002

Nah, berdasarkan chart di atas, kita bisa ngeliat jelas banget bahwa topik struktur sosial, perubahaan sosial, sosialisasi & kepribadian, serta konflik & integrasi sosial tuh jomplang banget dibandingkan topik-topik yang lain. Jadi, buat lo yang ingin mengalokasikan waktu secara efektif untuk belajar sosiologi, bisa fokus pada 4 topik berikut ini:

SOSHUM : Ekonomi

Yup, berikutnya adalah pelajaran Ekonomi. Berikut adalah chart distribusi soal SBMPTN Ekonomi tahun 2011-2016:

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
Permintaan dan Penawaran11323313
Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya33110210
Konsep Pasar dalam Perekonomian2111027
Manajemen & Kewirausahaan1111307
Pendapatan Nasional1013117
Dasar-dasar Akuntansi3102107
Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi2011116
Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal0120115
Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi0200114
Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank1111004
Koperasi1110104
Akuntansi Perusahaan Jasa0011114
Permasalahan Ketenagakerjaan0200103
Akuntansi Perusahaan Dagang0110013
Sistem dan Alat Pembayaran1010002
Pelaku Ekonomi dalam Sistem Ekonomi0001012
Perdagangan Internasional0000202
APBN & APBD0001001
Perpajakan0000011
Indeks Harga dan Inflasi0010001
Pasar Modal0000000
Kerjasama Internasional0000000

Untuk bikin chart ini terus terang dasar pembagian topiknya agak ribet karena konsep materi dalam ekonomi bertumpuk satu sama lain. Maksudnya bertumpuk gimana? Contohnya, konsep "makroekonomi" yang cakupannya sangat luas, dimana di dalamnya terdapat sub topik lain seperti konsep inflasi, deflasi, kurs mata uang asing, kebijakan moneter, fiskal, GDP, GNP, dll.

Nah, oleh karena itu link track list video di zenius jadi agak tumpang tindih karena beberapa konsep dalam sub topik ekonomi bisa jadi diajarkan secara terpisah pada sub-sub topik yang lain. Untuk itu, walaupun di bawah ini gua share beberapa link terkait topik prioritas di atas, sebetulnya gua menyarankan lo untuk menggali lebih dalam pada video pembahasan ekonomi dari kelas X, dan kelas XI:

SOSHUM : Geografi

Oke, terakhir adalah Geografi. Berikut ini adalah chart distribusi persebaran soal SBMPTN Geografi tahun 2011-2016:

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
SDA & Lingkungan1221219
Litosfer & Pedosfer2121219
Atmosfer1311118
Biosfer1120127
Pola Keruangan desa-kota1112117
Wilayah & Perwilayahan1211117
Hidrosfer1112117
Penginderaan Jauh2111117
Antroposfer0112116
Pengetahuan Peta & Pemetaan0111115
Geografi Regional Dunia1110115
Jagat Raya, Tata Surya, Bumi1001114
Persebaran Industri1111004
Konsep Dasar Geografi1000113
Mitigasi & Adaptasi Bencana0000011

Dibandingkan dengan chart persebaran soal SBMPTN pelajaran lain, chart untuk Geografi ini itungannya emang rada unik sendiri. Kenapa? Karena setelah gua telusuri, hampir selalu soal-soal yang keluar itu merata di setiap topik dari tahun 2011-2016. Kebanyakan jumlah soal per topiknya adalah masing-masing 1 soal. Makanya pada chart juga lo bisa lihat kebanyakan merata pada angka 5. Artinya topik-topik tersebut secara konsisten selalu menyumbangkan 1-2 soal dari tahun ke tahun. Berdasarkan hal itu, khusus untuk pelajaran Geografi, gua gak menyarankan untuk fokus di 2-3 topik doang. Melainkan perlu belajar secara merata dan seimbang. Nah, berikut adalah video pembahasan materi Geografi SBMPTN.

****

Moga-moga data distribusi frekuensi soal yang sering keluar di SBMPTN ini bisa membantu lo semua dalam menentukan prioritas dan fokus pada topik-topik yang penting serta fundamental untuk dikuasai. Namun di sisi lain, perlu gua ingatkan juga untuk jangan terlalu mengandalkan chart persebaran soal ini untuk semua mata pelajaran, karena biar bagaimanapun juga tidak ada jaminan bahwa komposisi soal SBMPTN tahun 2016 ini akan berubah jauh daripada tahun-tahun sebelumnya.

Jadi saran gua, lo boleh menggunakan chart di atas sebagai patokan prioritas untuk beberapa mata pelajaran yang lo nilai udah sulit lo kejar kalo baru mulai belajar dari sekarang. Contoh misalnya lo bener-bener buta sama sekali soal pelajaran sejarah, sementara selama ini lo fokus belajar TKPA, dan pelajaran soshum yang lain. Nah, dengan adanya chart di atas, memang ada baiknya lo alokasikan waktu yang tersisa ini dengan belajar Sejarah untuk topik-topik yang sering keluar sesuai dengan chart di atas supaya lebih efisien. Siapa tau senggaknya lo bisa bener 5-7 soal dari 15 soal di pelajaran Sejarah. Lumayan banget kan??

Tapi untuk pelajaran-pelajaran yang memang udah betul-betul cukup lo kuasai secara mendalam, saran gua lo tetap fokus untuk maksimalkan point dari mata pelajaran itu dengan sebaik mungkin. Jangan sampai lo terlalu mengandalkan chart di atas dan HANYA belajar dari topik-topik yang paling sering keluar... karena kalo sikap lo begitu, gua khawatir lo malah jadi kalah bersaing point dengan para pesaing lo yang berupaya maksimal mendulang point pada  setiap mata pelajaran. Jadi sekali lagi, gunakan data yang gua share ini dengan bijak agar pengalokasian waktu dan energi lo bisa tersalurkan dengan efektif di waktu yang tersisa, tapi perlu dicatat bahwa chart ini bukan jaminan komposisi soal yang nanti keluar di SBMPTN 2016 akan sama persis. Oke deh, demikian sharing gua kali ini, moga-moga bermanfaat!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol sama Glenn tentang persiapan SBMPTN, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Bagi kamu anak kelas 12 maupun alumni yang lagi fokus belajar untuk persiapan SBMPTN, zenius sangat merekomendasikan untuk baca beberapa tips berikut :

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Jordan Ben Amr

    lengkap banget kak Glen, mantap! Save bookmark dulu biar enak..

  • cazador

    [OOT]
    sori bang,no 43 Kimia Kesetimbangan http://bit.ly/1qkjFMC kok pembahasannya dimensi tiga?

    • wah, betul juga salah input. thanks koreksinya, nanti kami perbaiki.

  • Nabiila

    beuh, mantep banget lah ka glenn..

  • Faizin9/11

    Nice bang glen, gua udh nunggu-nunggu ini dari dulu..

  • Meita Sari Perdana

    Asliiiiiii. Mantep bgt bang,makasih banget ya bang,sangat amat membantu

  • Christian22

    Kak materi Geografi kapan mau ditambah lagi? Materi Geografi yang sekarang kurang lengkap 🙁

    • haiqal

      bener banget

    • skrg ini materi geografi lg dlm proses rekaman oleh Pio & Faisal. Di samping itu, zenius juga lg nyari tutor geografi utk mengisi kekosongan tutor nih. 🙂

      • melania adelia

        ALLHAMDULILAH

        • Muhammad Iqbal

          wkwk , bisa gitu ya . hmm :3

      • Eksa Oktavian

        a year ago, dan zenius seolah seperti politikus

    • Alfinsa EP

      Materinya cukup lengkap, tapi penyampaiannya terkesan 'textbook'. Ditunggu bang rekamannya 😀

      • Ermania Soraya

        iyaaa setujuuuuuuu

  • Sarah Evangelista

    Kak Glenn, kode modul dimasukkinnya kemana ya? Cuma ada kotak konten doang.

    • kode modul itu sama dengan kode konten. intinya sih kode konten itu dimasukin ke panel box yg ada di sudut kanan atas laman homepage zenius.net

      • Sarah Evangelista

        Kak, aku sering banget kalo zenius-an tiba2 muncul tulisan 'html5: Video file not found'. Hp aku gak support Flash Player mungkin krn OS-nya 5.x. Jadi, kalo pake html5 suka gitu, Kak?

        • Meita Sari Perdana

          Sarah sama nih aku juga suka kyak gitu,apalagi kalo lagi buka kimia sering bgt kyak gitunya

        • cobain kamu pake UC Browser deh di android, banyak yang pake browser itu bisa mengatasi kalo hp yg gak support & gak update.

  • saksak

    Ini nih yg d tunggu", thanks om jd mkin smngat bljr 😀

  • ree trr

    kak, kok saya ndak bisa sign in ya? padahal voucher-nya belum abis :'

    • coba kamu kontak customer service zenius terus kamu kasih tau alamat email kamu, nanti mereka cek status akun kamu.

      CS#01: 021-94219225
      CS#02 : 021-96170109
      CS#03 : 0858-83683449
      CS#04 : 0813-83174800

  • m_ ekas

    Bang glen , kan aku ikut stan tggl 15 mei udah test stelah itu sbm tnggl 31 nya kan , minta masukan dong gmn cara bagi waktunya untuk belajar ...

    • belajar STAN dan SBMPTN sebetulnya bisa sekalian kok, karena soal-soal STAN kan byk TPA & Bhs Inggris, jadi materinya hampir sama dengan TKPA SBMPTN juga.

      • m_ ekas

        Okedahh..
        Mau tanya punya PG prodi tiap univ nggk bang? buat ngukur kemampuan ._.

  • Annisa Afisina

    Bang, aku dari awal kelas 3 udah belajar buat sbmptn, bahkan sampe bela"in bolos buat belajar sbm kalo ada kesempatan. Tapi rasanya selama ini aku belajar kok rasanya nggak dapet apa apa ya bang?? Ini perasaanku aja ato gimana sih bang.. ngganjel banget rasanya:(

  • wah hebat! terima kasih banyak

  • Magicwithme

    up

  • Forum zenius club itu adalah akses khusus pengguna Xpedia 2.0
    Dgn membeli produk Xpedia 2.0, kamu dapet kode voucher zenius club yg bisa kamu akses di sini >> https://www.zenius.net/club

  • Proud of My Name

    pertama liat artikel ini, rasanya gua pengin cium tangan lu bolak-balik Glenn, many thanks :')

  • Widya Nurhayati

    Ya Allah banggg semoga lo dapet balesan pahala karena udah ngebantu para pejuang sbm dengan artikel iniii :') Makasiih bangg (y)

  • Isya R

    doain saya bang semoga aja bisa libat semua materi SBMPTN dalam 1 bulan, soalnya ane baru nge-zenius sekarang -_-

  • yasmin

    Keren Kak Glenn! Walaupun gue UN tahun depan, tapi udah harus siap-siap dari sekarang.

    • eh ini yg gua share itu persebaran topik SBMPTN lho, bukan UN.

  • Redi Sunarta

    try out pke soal2 yg dah dikerjain, menurut lu masih guna gk, bang?

    gue lupa, sampe gk ngeh hampir semua soal2 campuran di zen udah kebabat, abis dikit banget soal2nye. hahaha

    • wah lu udah beresin semua soal2 campuran di znet? ya sebetulnya sih lebih efektif itu TO pake soal2 baru. Coba kamu download dari web lain aja, harusnya banyak yg nyediain soal2 jadul kok.

  • Jordan Ben Amr

    kak mau tanya dong.. aku udah baca artikel zenius ttg cara memilih jurusan saat kuliah. Dan "bidang yang bikin gw penasaran sampai gw rela buat ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun" adalah sesuatu yg berhubungan dgn kinematika dan aku jg suka bab relativitas cuz its rly cool. Kira2 bidang yg berhubungan dengan kinematika apa aja ya kak?

    • yg berhubungan dgn kinematika itu teknik mesin, robotika & otomasi. Kalo suka relativitas mungkin kamu suka fisika murni juga.

  • cidakada

    video ,UI dan konten-konten lainnya diperbaiki & disempurnakan dong...

    • Siap! tim IT & produk development sedang dlm progress terus utk menyempurnakan produk & service zenius 🙂

  • ravanelly

    bang glenn maaf agak out of topic . tapi bisa nggak soal SIMAK UI 2015 bahasa inggris dikasih pdf nya ?? sama yang soal latihan sbmptn 1 ,2 dan 3 bahasa inggris juga kalo bisa ada pdf nya juga . buat belajar . Thx.

    • utk modul soal SIMAK UI saat ini sedang dalam proses pengetikan 🙂

      • Salsa

        soal USM Stan bahasa inggrisnya jg dibikin pdf nya ya bang.

  • Robby Rafeal

    Terimakasih bang Glen !

  • Nanda Aditya Nugoroho

    Kak mau tanya saya dari ips. Sbmptn milih sainstek nah saya bingung pas pelajaran fisika ada 2 fisika ringkas sama fisika lengkap lebih baik saya belajar yang mana kak apa dua dua nya

  • JAR

    Kak kalo UN gue jelek, apakah bisa lolos SBMPTN? dengan asumsi bahwa
    materi UN adalah materi dasar, sedangkan SBMPTN levelnya diatas UN.
    Atau, jangan gue bandingin UN sama SBMPTN karena both of them ada pada
    bidang yang berbeda? pencerahannya bang... galau.

  • Nanda Aditya Nugoroho

    Saya mau bertanya kak saya memiliki kelemahan dalam pelajaran mtk dalam hal dasar dasar dalam matematika seperti tidak bisa porogapit apakah saya bisa mengimbangi penjelasan tutornya zenius
    Kak ?

    • Onigi Rice

      bisa

  • fadhila zara

    weeeeh mantep banget statistiknya hhe bis anyicil dri skrg Xd
    oh iya kak kalau misalnya sbmptn nya taun depan, kira-kira nanti masih PBT ato udh CBT?

  • Selena Aura Puspita

    kak glenn, maaf nanya oot hehehe. tutor fisika (selain bang wisnu sama bang sabda) itu siapa ya? hehehe :p

    • agun wiguna

      pak medy

  • Meita Sari Perdana

    Bang kumpulan soal utul ugm kok minim banget ya ga sebanyak simak ui ... perbanyak dong bang 🙁

  • Erlangga Yuwana Putra

    Good nih artikelnya, mau belajar sbmptn tapi bingung mulainya dari mana, jadi sampai sekarang gue cuma baca-baca materi tanpa arah yang tidak pasti :v

    Mau pesan paket zenius yang sebulan aja deh nanti (hemat vroh, jatah uang bulanan gue sebulan), sekarang gue belajar dulu dengan materi dan soal-soal yang telah dikumpulkan hasil mengobok-obok google, nah setelah belajar ditambah nonton video zenius siapa tau aja ada cahaya lampu di atas kepala gue 😀

  • moch siswan afandi

    thanks kak glen

  • Rizky Akbar

    Kak, Panduan SBMPTN Ekonomi dong ka @@
    Soalnya kurva" masih bingung aku

    #anakpindahjurusan

  • Azhari Rulye Hayanasa

    Itu yakin SBMPTN MatDas ga ada materi limit bang?

  • Muhammad Roby Pratama

    kAK, mau tanya, ttg panlok sbmptn dan lokasi ujian, . . .
    misal : sya tinggal di kaltim, trus pilih 1 PTN saja dan 1 Jurusan, tetapi Lokasi PTN di Jogja, . . dimana sya melaksanakan ujiannya? atau sya hrus ke jogja utk ujian?

  • Hanifa Arrumaisha

    Kak, di teori sbmptn saintek kimia materi senyawa karbon-reaksi identifikasi kok isinya sama kayak stoikiometri? https://www.zenius.net/c/587/senyawa-karbon-reaksi-identifikasi

    • wah bener juga, thanks atas masukannya. udah gua sampaikan ke bagian backoffice

      • SherayA

        salam, hallo kak Glen, suka bgt deh dg artikel2 kakak. motivasi bgt! makasih ya kak ^^. btw aku mau cerita ni, aku tu lulusan MA yang belajarnya full agama, nah skrg aku kan ikut bimbel tapi skor to ku masih aja 500, pdhl tmn2 ku yang lain byk yang sudah melakukan mobilitas vertikal naik huhu, gmn ya kak? mhn bantu ya kak

  • Kok gua liat2 soal sbmptn 2011 - 2015 di zenius, soal2 bab sistem organ manusia cuma sedikit ya, tapi di tabel di atas bab sistem organ manusia paling banyak munculnya.. Gimana yang bener??

  • Meita Sari Perdana

    Bang kenapa rekaman biologi sbmptn ataupun materi kelas 12 kebanyakan suara tutor cwe sih,materi yg beliau sampein ga komplit bang,komplitan materi yg disampein tutor cwo (bang pras maybe),perbanyak atau materi yg direkam tutor cwe diganti tutor cwo aja dong bang:(

    • Hanifa Arrumaisha

      Gue setuju banget bang sama meita, gue butuh banget karena gue kurang di bio.

    • Muhammad Davie

      pras udh gak di zenius lagi

  • imammuhajir

    bang kalo pengen latihan try out yang satu set , kya try out 2015 gmna??.... saya tau nya yang tepisah pisah

  • imammuhajir

    ka saya dari bulan2 kemarin selalu fokus sama materi yang seperti fisika, kimia, biologi, matematika, tpi saya malah melupakan yang namanya b.inggris sma b.indonesia, gmna menurut kk?

  • Rizka

    kak, kok aku nyari2 soal sbmptn sosiologi yg teori gak ada ya? mengingat aku belajar sbmptn yg lintas jurusan (ipa jadi ips)

  • Moch Siswan Afandi

    Bang glen kalo misalnya saya belajar materi tiap mata pelajaran yang fundamental aja (baca: yg sering keluar) itu bisa mengcover nilai sbmptn untuk jurusan top (baca: stei itb) ?

    • kalo utk jurusan top seperti STEI ITB sih rasanya belum cukup jika hanya belajar berdasarkan materi2 yg sering keluar. Kalo targetnya STEI sih, menurut Wisnu sebisa mungkin ditargetkan TPA dan Matematika Dasar itu betul semua, tidak ada yang salah, tidak ada yang dikosongkan.

  • lisnawati

    Kak.. kalau belajar nya dari kumpulan materi blog ini aja,, efektif ga??

  • Salsa

    bang, bab 10 politik etis dan pergerakan nasional (Sejarah) kayaknya belum selesai deh videonya.

  • Zelo

    cara ambil filenya gimana?

  • Moch Siswan Afandi

    Bang glen kalo misalnya saya belajar materi tiap mata pelajaran yang fundamental aja (baca: yg sering keluar) itu bisa mengcover nilai sbmptn untuk jurusan top (baca: stei itb) ?

    • Wah, kalo utk jurusan top seperti STEI ITB sih rasanya belum cukup jika hanya belajar berdasarkan materi2 yg sering keluar. Kalo targetnya STEI sih, menurut Wisnu sebisa mungkin ditargetkan TPA dan Matematika Dasar itu betul semua, tidak ada yang salah, tidak ada yang dikosongkan.

      • Moch Siswan Afandi

        oke thanks bang glen..

  • Rizky Akbar

    Ka, gue nih kan anak lintas jurusan, gue baru belakangan ini mulai ngejar ekonomi.
    Kalau di zenius ekonominya mending gue tonton yang mana? yang di video sbmptn atau video kelas" sma?
    komposisinya sama gak ya kira kira? makasih kak

  • Mhd Ryan Pranata

    bang mau nanyak nih , lebih baik mana belajar materi per kelas SMA atau yg di sbmptn yaa bg ? kadang saya liat di sbmptn ituu ringkas . Btw saya belajar sbmptn baru dalam sebulan ini , jadi mau kejar semua mapel . Mohon balas nya . makasih ::)

    • Coba kamu belajar dari materi SBMPTN dulu, kemudian Try Out mandiri. Kalo kamu belum merasa nilainya memuaskan, berarti kamu memang harus mengulang belajar materi per kelas SMA.

      • Mhd Ryan Pranata

        Ohya Bg Glenn 1 lagi nih yg saya tanyakan . Pada saat saya melakukan TO mandiri kadang blank gitu alias lupa dan gaingat cara ngerjakan nya . kalau saya kerjakan soal yg sudah saya kerjain tetapi saya kerjakan lagi tanpa melihat cara kerja nya , gitu terus. efektif gak bg? Makasih Bg Glenn

  • Ermania Soraya

    Kak Glen, bilangin kek kak faisal dong. Sejarah yg chapter 20 bagian demokrasi terpimpin engga lengkap uploadnya banyak yg kepotong yang "Politik luar negeri konfrontasi 1" sama "percobaan kudeta G30S" yang bagian I gadaa. thanks kak

    • oke, gua udah kabarin ke bagian backoffice, thanks masukannya!

  • Zakkiyah Azka

    Butuh banget materi lengkap geografi nih kak...

  • finessa

    Hallo kak Glen. mau tanya, emangnya bener yah kalo misalkan aku mau masuk FE, waktu kerjain sbmptn harus bagus di ekonomi sama matematikadasar nya? ((soalnya matdas ku gabisa kerjain lebih dari 5)) T_T

  • Bima Aditama

    Bismillah ^^

  • Angga Jamal

    Kak... Kalo soal hubungan internasial gimana

  • Iman

    Kak mau nanya, kalo misalkan gue milih jurusan akutansi tpi jurusan SMA gue itu Ipa, terus tes sbm nya yg soshum atau saintek?

  • Lenny Agustin

    permisi.. kak soal dan pembahasan ekonomi SBMPTN tahun 2014 2015 kok enggak ada ya ?

    • Salsa

      iyaa, soal simak ui ekonomi jg g ada 2014 2015

  • om, tambain dong list idioms bahasa inggris yg sering keluar di test test perguruan tinggi..

  • Adrian Derrin

    bang kenapa gk bisa di play vidionya, layarnya malah 'vidio format or MIME type is not supported'

  • Yessica

    kira kira sama gak kaya SIMAK UI?

  • kenzi lam

    Kak Glenn, jadi untuk mindmapping kita itu disesuaikan dengan soal2 yang sering muncul diatas kan ? Atau ada hal lain yang mempengaruhi pembuatan mindmapping ? Terimakasih

  • Indra Putra Gunawan Banjarnaho

    Thanks yah kak

  • adit TW

    mau nanya nih min, kalo cd xpedia nya compatible sama macbook juga?

    • Tidak CD/DVD Zenius tidak bisa diputar di iOS & MacOS, tapi bisa diputar di OS berbasis Windows & Linux dengan settingan tertentu.

  • Akbar Apriansyah

    kak misal saya hanya beli vouchernya aja, apakah bisa jadi Premium Member?? tanpa beli Xpedia nya????

    • bisa, dengan beli voucher kamu bisa belajar online di zenius.net dengan menjadi premium member. Tapi kamu gak bisa belajar offline dengan DVD seperti para pengguna Xpedia 2.0

  • SHAFIRA FAIZUNIAR

    kak klo untuk jurursan bahasa, SMA.
    itu sbmptn nya kayak gmn materi2 nya..?

  • Eksa Oktavian

    ditunggu chart tahun 2012-2016 nya bang

  • Eksa Oktavian

    om sebaiknya materi di matdas yang ngga ada dichart dipelajari ngga? untuk efisiensi..

    • sebetulnya utk memahami matematika jangan pilih2 sih, sebaiknya belajar jgn melihat apa yg keluar di ujian. tapi kalo emg tujuan kamu efisien utk sbmptn, dan emg sbmptn ga akan lama lagi, ya yg ga ada di chart bisa diabaikan dulu sementara.

  • rizqi fadillah

    kalo untuk jurusan astronomi saintek, topik yang dipelajarin apa aja kak?

    • maksudnya sbmptn-nya? ya berarti kamu ikut paket ujian Saintek (TKPA + Saintek). kalo yg dipelajari di kuliahnya ya tentang dunia cosmologi & astronomi.

  • nugroho dwi.fitrianto

    kak glenn, tolong segera buat frekuensi kemunculan topik sampai dengan sbmptn 2016 dong
    butuh banget kak glenn, tolong secepatnya ya

  • melania adelia

    kaaaaak materi geografinya di reupdate donggg pleaseee

  • Oxlade

    bang glenn, izin tanya. Data statistik diatas dihitung berdasarkan satu paket soal saja atau lebih dari satu paket soal?

    • Reinhard

      Sama nih pertanyaannya, tiap paket soal komposisi materinya sama atau engga dengan paket soal lain?
      Tolong jawab kak...

    • halo guys, sorry banget dari semalem backoffice blog sempet error jadi sempet ada data yang ngaco. skrg datanya udah dibenerin lagi, thanks masukan & koreksinya!

  • Endah

    kak aku mau nanya mengenai sbmptn. aku angkatan 2015 jurusan ipa, jadi aku mau ikut sbmptn lg tahun ini kak. tapi jurusan yang mau aku ambil semuanya jurusan soshum, jadi sebaiknya untuk sbmptn nantik aku milih ujian sohum atau ipc ya?

    • gua pribadi ga menyarankan IPC karena bahan yang dipelajari terlalu banyak. sebaiknya pikirkan matang2 kamu mau ambil paket tes saintek atau soshum.

  • Muhammad Ramdani

    bang, perasaan di matdas pertidaksamaan ada deh. malah 2 soal deh, tiap paket soal juga ada pertidaksamaan kayaknya. malah matriks yg kagak ada.

  • honeybee

    mantap bang.

    btw materi penginderaan jauh tolong dibikin dong latihan soal + pembahasannya karena belum ada, makasih bang 🙁

    • oke, sudah dlm agenda update oleh tutor kok 🙂

  • MutiaRmdhn_

    Makasih banyak, kak

  • Andi Sahrul

    Kalo dasar-dasar akuntansi itu di bab ekonomi mana ya adanya?

  • Kelvin Ondang

    Sorry OOT..
    Bang Glen, sebut aja aku pengen nyebrang dari IPS ke IPA, dan mau masuk FK. Kira-kira untuk mengejar materi dasar biar gak kaget di FK nanti harus belajar Mapel apa aja (Biologi kah?)? dan mulai dari tingkat berapa (SMP kah)?

    Mohon pencerahannya bang..

    • berdasarkan obrolan kasual dgn temen2 yg kuliah di kedokteran sih, untuk bisa masuk FK, kemampuan yang penting utk dikuasai adalah:
      - pemahaman akan metodologi sains
      - bahasa inggris

      utk memahami metode sains emang sebaiknya memahami dasar2 biologi, kimia, dan fisika.
      sebagai gambaran, lo bisa baca artikel zenius blog yg mengupas hal tsb >>
      https://www.zenius.net/blog/14449/jurusan-kedokteran

  • Nafiys Ismail A.

    Bang Glenn, boleh request bikin blog tentang beasiswa gak ?? khususnya bidikmisi

  • tHIS ME

    Kakak-Kakak Apakah Soal-soal TPA/TES POTENSI AKADEMIK ITU UNTUK SEMUA JURUSAN ?

    • iya, semua jurusan perlu mengambil paket ujian TKPA yang berisi materi TPA, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris.

  • Aulia Qudusi Ramadhani

    Bang maaf nih, kok aku ngga bisa save image nya ya, malah jd web.mp gitu formatnya..

  • Endrio Wistara

    tengkyu om Glenn Fredly ??????

  • Andi Sahrul

    bang glen, ini jumlah soal tiap tahun diambil hanya dari 1 kode soal sbmptn atau beberapa kode naskah ya?

  • alif aurum

    kak geografi videonya kok ruwet ya? Dirapiin ya kak, udah kebelet belajar nih wkw. Makasih

  • Eksa Oktavian

    bang, materi g30s bab 1 nya ngga ada, padahal bab 2 nya ada..

  • Lefri Mikhael

    Bang kalo belajar di kolom snmptn,,itu udh mencakup smua materi blm ? Soslnya gw liat di chart² diatas msh bnyak materi yg blm ada si kolom sbm..

  • Gagah Sri Bintang Nuswantara

    Bang, ini gimana geografinya

  • Tama X-Friend

    Ka, itu buat semua jurusan ngerjain semua itu?? Apa cuma yg berkaitan aja kyk teknik informatika ujiannya saintek doang gtu

  • Azay Zaenudin

    Mau tanya kak...itu soal yang 45 tadi itu berbentuk apa...esy atau pg

  • Bagus nr17

    numpang nanya bang kalo misalkan saya pengen jurusan kedokteran umum s1 trus yang dites sbmptn nya yang biologi doang atau gimana mohon jawabannya ?

    • Eksa Oktavian

      semua mapel ipa, kimia bio fisika matem ipa

  • alif yaih

    sry OOT, bang itu geografi mungkin bisa d rapihin videonya, kesannya kaya liat dr buku terus d tulis ulang, ciri khas zeniusnya ilang 🙂

  • alif yaih

    sry OOT, bang itu geografi mungkin bisa d rapihin videonya, kesannya kaya liat dr buku terus d tulis ulang, ciri khas zeniusnya ilang 🙂 respon kalo bisa ya bang makasih

  • fandole kejojo

    Apakah sbmptn ada nilai mati?
    Aku kan ga fokus di 2 mata pelajaran, apakah aku boleh mengosongkan ke-2nya?

  • Lilis

    Maaf kak, tolong di cek lagi soal TKPA SBMPTN Matdas saintek Nomor 3. Disitu ditulis -4(3+2k) tapi kok kakak nulis hasilnya -12-6k? Bukannya harusnya 12-8k ya? Makasih. Maaf kalo salah.

  • lan abit

    kira kira bakal di update lagi gak post nya?

  • anto cahyadi

    halo kak, saya mau menuju kelas 11... nah mumpung libur saya mau belajar buat persiapan sbmptn.. ada saran belajar apa dulu?

    • Agung

      Tkpa

  • ratu

    Kaa glen d tunggu update materi sbmptn 2017 nya..

  • Nidaa

    kak upgrade dong sama yang 2017nya

  • Suta Rahmadhani

    > Matematika Dasar
    > TPA

    maksudnya gimana?

  • Thibbil Qulub

    itu semua jurusan soal nya itu semua ya bang?ko banyak bngt ya mata pelajaran nya

  • Permatasari Hasna

    kak update dongg pake materi sbmptn2017

  • Meiliana Chandra

    kak mau nanya nih, zenius adanya video aja yaa? ngga ada pdf nya? aku udah premium tp masih binggung