Materi apa aja yang paling sering keluar di SBMPTN?

Berisi kumpulan data dan informasi terkait berbagai topik materi SBMPTN yang paling sering keluar pada soal-soal SBMPTN tahun-tahun lalu.

Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Maret 2016, tapi telah di-update dengan soal terbaru untuk persiapan SBMPTN 2018.

Halo guys, gak kerasa sekarang udah mau bulan April lagi. Ujian-ujian di akhir tahun ajaran sebentar lagi akan menyambut kita semua, terutama bagi anak kelas 12, yang dalam waktu dekat akan menghadapi yang namanya UN, US, SBMPTN, & Ujian mandiri. Nah, artikel kali ini gua buat khusus bagi lo semua yang tahun ini berencana untuk menghadapi ujian masuk PTN atau SBMPTN.

Okay, SBMPTN memang sebentar lagi. Jadi mau gak mau, siap gak siap, lo harus terima kenyataan kalo waktu lo sekarang udah mepet banget untuk belajar materi SBMPTN. Seiring dengan semakin mepetnya waktu, gua makin banyak dapet curhatan di sosmed dan email yang kurang lebih intinya begini:

“Kak Glenn, kira-kira kalo baru mulai belajar dari sekarang masih sempet gak yah?”

Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, sebetulnya gua udah pernah bahas secara lengkap di artikel Zenius sebelumnya. Jadi kalo lo ingin menanyakan hal yang sama, gua rekomendasikan untuk langsung aja baca artikel “Kalo gua baru belajar SBMPTN dari sekarang, masih sempet gak yah?”.

Nah, dalam artikel ini gua ingin melengkapi beberapa hal yang belum sempat gua tulis pada artikel tersebut. Pada intinya kalo bisa gua persingkat, akar masalah yang sebenarnya adalah:

“Bahan materi yang perlu lo pelajari ada banyak (banget) TAPI waktu yang tersisa udah mepet (banget)”

Oke, terus gimana dong? Solusi paling praktis untuk menjawab sempet/nggak sempet itu adalah bagaimana cara yang efektif untuk bisa mengalokasikan waktu, energi, serta fokus kita untuk mempelajari semua (atau sebagian besar) materi SBMPTN?

Nah, dalam artikel kali ini gua akan memandu lo untuk menentukan skala prioritas dalam belajar SBMPTN. Darimana skala prioritas itu diperhitungkan? Dalam pembahasan kali ini, gua mengambil pendekatan berdasarkan distribusi persebaran topik untuk tiap soal SBMPTN sampai dengan 6 tahun terakhir (tahun 2012-2017). Jadi nanti di bawah ini, gua akan share satu per satu chart/grafik yang menggambarkan topik-topik mana aja yang paling sering keluar di SBMPTN untuk setiap mata pelajaran.

Oke, sebelum gue tunjukin satu per satu chart per mata pelajaran, gua perlu menekankan dulu bahwa proses pembuatan chart ini didasarkan pada beberapa asumsi berbeda. Maksudnya, pada mata pelajaran tertentu (seperti TPA, Sejarah, dll) para tutor bisa dengan mudah mengklasifikasikan bahwa 1 soal merepresentasikan 1 topik. Tapi pada beberapa pelajaran, (contohnya Matematika, Ekonomi, dll) terkadang 1 soal tidak hanya merepresentasikan 1 topik, melainkan beberapa topik.

Jadi pada intinya, lo juga perlu memikirkan dasar asumsi yang digunakan para tutor, sebelum akhirnya memutuskan skala prioritas lo dalam mengalokasikan waktu dan energi pada topik-topik tertentu. Oke deh, kita langsung aja mulai ke subjek yang pertama yaitu TPA:

TKPA : TPA / Tes Potensi Akademik

Oke berikut di bawah ini adalah persebaran soal SBMPTN TPA dari 2012-2017. Perlu lo ketahui bahwa jumlah soal TPA memang gak selalu sama dari tahun-ke tahun. Sewaktu nama tes masuk PTN masih bernama “SNMPTN” jumlah soal TPA itu bisa mencapai 60-75 soal. Sementara sejak nama tes masuk PTN jadi “SBMPTN” pada tahun 2013 hingga 2017 sekarang ini, jumlah soal TPA selalu konsisten di angka 45 soal. Untuk lebih jelasnya, lo bisa lihat tabel dan grafik di bawah ini:

Topik / MateriSNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016SBMPTN 2017TOTAL
VERBAL15151550353
LOGIKA PROPOSISI127055534
LOGIKA ANALITIK1111455541
ARITMETIKA DASAR26151085569
ARITMETIKA GEOMETRI011000011
ARITMETIKA TABEL00005510
POLA BARISAN1111575544
POLA GAMBAR00415151549
SEBAB-AKIBAT0000527
DIAGRAM VENN0070007

Nah, bisa lo lihat di atas urutan topik yang paling sering keluar, dari mulai aritmetika. verbal, pola barisan, dst. Sekilas mungkin lo berpikir untuk mengalokasikan waktu lebih banyak untuk belajar aritmetika saja, tapi tunggu dulu. Coba lo lihat lebih seksama pada tabel distribusi persebaran soal di atasnya, bisa dilihat pada SBMPTN tahun 2015 yang lalu, topik yang paling banyak keluar justru adalah pola gambar! Nah lho, sementara pada SBMPTN 2014 topik “pola gambar” malah cuma keluar 4 soal, bahkan di SBMPTN tahun 2013 gak keluar sama sekali. Bingung kan lo?

Okay, emang khusus untuk TPA ini, persebaran topik yang keluar TIDAK KONSISTEN. Pada tahun 2013-2014 bisa jadi topik yang banyak keluar adalah “Verbal”, sementara tahun berikutnya (2015) topik “Pola gambar” lebih banyak keluar. Jadi mau gak mau, suka nggak suka… khusus untuk pelajaran TPA ini, emang lo sebaiknya menguasai semua topik secara merata dan seimbang! Oke deh untuk lebih mendalami lagi topik-topik pada subjek TPA ini, lo bisa nonton video zenius.net di link berikut ini:

TKPA : Matematika Dasar

Oke, untuk subjek Matdas ini gua minta tolong Wisnu untuk bikinin chart persebaran soal per topik yang keluar di SBMPTN sejak tahun 2012-2017, berikut adalah grafiknya:

Topik / MateriSNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016SBMPTN 2017TOTAL
Persamaan Kuadrat24517019
Fungsi Kuadrat13213111
Baris dan Deret23111210
Pertidaksamaan1131129
Statistika2112028
Eksponen (akar/pangkat)1121106
TPA1301016
Fungsi Komposisi dan Invers1112016
Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat1012206
Trigonometri0010405
Logaritma1121005
Peluang0111115
Sukubanyak0001405
Matriks1111015
Turunan0020204
Transformasi Geometri0000213
Program Linear1010013
Persamaan Garis0010203
Integral0000213
Persamaan Lingkaran0000202
Dimensi Tiga0000112
Limit0000112
Himpunan1000001
Logika0000000
Vektor0000000

Khusus untuk subjek matematika (baik matdas maupun math saintek) perlu lo catat bahwa chart ini dibuat dengan asumsi bahwa “1 soal SBMPTN bisa mencakup beberapa topik”, karena memang 1 soal dalam matematika kadang tidak hanya merepresentasikan 1 topik seperti dalam pelajaran lain. Bisa jadi 1 soal dalam matematika itu mencakup pertidaksamaan, persamaan kuadrat, dan eksponen. Jadi untuk bisa menjawab 1 soal, diperlukan penguasaan 3 konsep matematika.

Jadi kalo lo perhatikan materi “persamaan kuadrat” yang menjadi topik paling banyak keluar, sebetulnya lebih tepat diterjemahkan sebagai sebuah materi yang sangat fundamental & penting untuk dikuasai karena dibutuhkan untuk menjawab berbagai macam soal dalam topik-topik lain, seperti (katakanlah) fungsi kuadrat, persamaan linear, pertidaksamaan, dll.

Catatan kedua untuk chart matdas ini adalah adanya topik “TPA”. Mungkin ada beberapa di antara lo yang heran kenapa ada TPA di chart di atas. Perlu lo ketahui bahwa sebelum nama tes masuk PTN jadi “SBMPTN” di tahun 2013, subjek TPA dan Matematika Dasar seringkali dicampur dan digabungkan dalam 1 sesi tes (dalam chart di atas berarti berlaku untuk SNMPTN  2012). Jadi, simpelnya bisa dibilang lo abaikan aja topik TPA dalam chart di atas karena sebetulnya udah gua alokasikan pada chart sebelumnya. Oke deh, berikut adalah link video pembahasan untuk beberapa materi yang paling sering keluar di matdas:

TKPA : Bahasa Indonesia & Inggris

Nah, untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, gua nggak bisa menampilkan topik materi yang paling sering keluar. Karena memang ya tipe soal yang keluar di SBMPTN dari dulu selalu sama untuk kedua pelajaran ini, yaitu PERTANYAAN DARI BACAAN. Jadi ya mau gak mau, memang lo harus belajar kemampuan Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris yang benar, agar bisa menjawab pertanyaan dari bacaan dengan tepat dan cepat. Oke, berikut ini adalah tips dari tutor Bahasa Inggris dalam menghadapi tipe soal pertanyaan dalam bacaan di SBMPTN & juga link pembahasan soal SBMPTN Bahasa Indonesia:

SAINTEK : Matematika IPA

Untuk matematika saintek, perlu dicatat kembali bahwa chart persebaran topik di bawah ini adalah hasil perhitungan berdasarkan asumsi bahwa “satu soal bisa merepresentasikan beberapa topik”, berikut adalah chartnya:

Topik / MateriSNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016SBMPTN 2017TOTAL
Persamaan Kuadrat44437022
Trigonometri54144119
Fungsi Kuadrat13313011
Integral23212111
Sukubanyak11224111
Turunan12222211
Peluang33121111
Pertidaksamaan4201119
Persamaan Lingkaran2111207
Limit1111127
Persamaan Garis0212207
Vektor2111016
Transformasi Geometri1101205
Dimensi Tiga1111105
Baris dan Deret0022105
Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat0010214
Eksponen & Logaritma0012104
Bunga, Pertumbuhan, dan Peluruhan0000011
Irisan Kerucut0000011
Irisan Dua Lingkaran0000011
Fungsi Rasional0000011
Fungsi Komposisi dan Invers0100001
Matriks0010001


Oke, lagi-lagi kita bisa lihat bahwa persamaan kuadrat adalah topik yang sangat fundamental untuk dipahami karena konsep dasarnya dibutuhkan untuk menjawab banyak soal di topik lain, diikuti trigonometri, peluang, turunan, integral, sukubanyak. Khusus untuk Matematika IPA SBMPTN 2017, ada empat topik baru yang belum pernah muncul di tahun-tahun sebelumnya, yaitu: Bunga, Pertumbuhan, dan Peluruhan, Irisan Kerucut, Irisan Dua Lingkaran, dan Fungsi Rasional. Pada grafik di atas, keempat materi baru tersebut berasal dari materi K13 dan K13 Revisi, dan gua tandain dengan warna hijau. Berikut adalah link pembahasan materi dari topik-topik tersebut:

Note:

SAINTEK : Fisika

Nah, untuk SBMPTN Fisika berikut adalah chart persebaran frekuensi soal yang paling sering keluar:

Topik / MateriSNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016SBMPTN 2017TOTAL
Usaha dan Energi2021319
Gerak Lurus1212118
Listrik Dinamis2121107
Elektromagnet1221107
Dinamika Partikel dan Hukum Newton0102216
Bunyi1111105
Termodinamika0111205
Teori Kinetik Gas0012205
Fluida1101115
Relativitas Khusus1101115
Fisika Inti1120004
Optika Geometri1011104
Gerak Harmonik Sederhana0010214
Suhu dan Kalor1100024
Listrik Statis0101114
Optika Fisis0101013
Elastisitas1010103
Gelombang Mekanik1100013
Listrik Bolak-Balik0011013
Hukum Newton dan Gravitasi0020002
Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar0100102
Fisika Kuantum/ Atom0001012
Gelombang Elektromagnetik1000012
Impuls dan Momentum0001012
Kinematika dengan Analisis Vektor0000101
Gerak Melingkar Beraturan0000000
Besaran, Satuan, dan Vektor0000000

 

Oke dalam proses pembuatan chart di atas ini, ternyata kita bisa membuatnya dengan perhitungan asumsi bahwa “1 soal hanya merepresentasikan 1 topik”. Jadi melalui grafik di atas ini, emang bisa keliatan bahwa topik-topik yang sering keluar dalam SBMPTN 5 tahun terakhir adalah materi gerak lurus, elektromagnet, listrik dinamis, usaha-energi, dll. Berikut adalah link pembahasan materi dari topik-topik tersebut:

Sebagai tambahan, Wisnu juga bikin chart persebaran soal dengan klasifikasi topik-topik besar Fisika. Kamu bisa lihat pada tabel di bawah ini:

Nah, dengan adanya pembagian/klasifikasi dari topik-topik besar di atas, gua harap bisa memudahkan lo untuk melihat prioritas topik mana yang dipelajari lebih dahulu. Asyiknya lagi, pembahasan materi Fisika berdasarkan topik-topik besar ini, udah zenius kelompokan di laman Video Pembahasan Materi Ringkas Fisika SBMPTN.

SAINTEK : Biologi

Yak, langsung aja gua tampilkan chart persebaran soal per topik SBMPTN Biologi dari tahun 2012-2017:

Topik / MateriSNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016SBMPTN 2017TOTAL
Struktur dan Fungsi pada Tumbuhan11313413
Ciri Makhluk Hidup & Perannya32112312
Sistem Organ Manusia33131112
Metabolisme Sel2122119
DNA, RNA, Kromosom0122218
Klasifikasi Makhluk Hidup1010417
Ekosistem0111036
Evolusi2101116
Bioteknologi1001226
Sel0111216
Perubahan Lingkungan & Konservasi1102105
Pembelahan Sel1120004
Biokimia1001204
Persilangan dan Mutasi1100103

Sesuai dengan chart di atas, topik yang paling sering ditanyakan dalam SBMPTN Biologi adalah sistem organ manusia, matebolisme sel, struktur & fungsi tumbuhan, dll. Berikut adalah link video pembahasan dari materi-materi tersebut:

Perlu dicatat bahwa materi “Ciri Makhluk hidup dan perannya” itu pada dasarnya mencakup hampir seluruh pelajaran Biologi kelas X SMA. Materi Biologi kelas X SMA sebagian besar adalah tentang klasifikasi makhluk hidup dan ciri-ciri dari tiap Kingdom kehidupan.

SAINTEK : Kimia

Oke, berikut ini adalah chart pembagian distribusi soal per topik untuk SBMPTN Kimia tahun 2012-2017:

Topik / MateriSNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016SBMPTN 2017TOTAL
Stoikiometri23133315
Struktur atom, sistem periodik dan Ikatan kimia12222211
Kesetimbangan22311110
Termokimia1211117
Sifat koligatif1111116
Laju reaksi1111105
Larutan dan teori asam basa2011105
Elektrolisis1111015
Reaksi Senyawa Karbon1100114
Reaksi redoks0001113
Sel volta1010103
Senyawa turunan alkana0011013
Larutan Buffer0101103
Biomolekul1001002
Kimia unsur1010002
Hidrolisis garam0100012
Kelarutan dan reaksi pengendapan0010012
Hidrokarbon0000101
Radioaktif0000011
Koloid0000000
Benzena dan polimer0000000
Kimia lingkungan0000000

Oke, bisa dilihat dari chart di atas bahwa topik stoikiometri, kesetimbangan, termokimia, struktur atom, sistem periodik, dan ikatan kimia adalah materi fundamental yang wajib banget lo kuasai. Dengan lo mengetahui 6 topik itu aja, bisa dibilang (moga-moga) udah lumayan cukup meng-cover banyak soal di SBMPTN Kimia nanti. Berikut adalah link video pembahasan dari topik-topik yang paling sering keluar, sesuai dengan chart grafik di atas:

SOSHUM : Sejarah

Pelajaran sejarah bisa dibilang paling gampang untuk diklasifikasikan, karena memang pengkategoriannya jelas berdasarkan timeline. Untuk itu, bisa dibilang chart di bawah ini gak tumpang tindih & punya tingkat akurasi yang tinggi:

Topik / MateriSNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016SBMPTN 2017TOTAL
Orde Baru dan Reformasi30032311
Politik Etis dan Pergerakan nasional1122118
Kerajaan Islam2220118
Kependudukan Jepang0420107
Kerajaan Hindu-Buddha1112117
Demokrasi Liberal1120206
Renaisans dan Revolusi1011216
Peradaban Kuno1111116
Revolusi Kemerdekaan Indonesia1011025
Perubahan Politik Dunia 1970 - 19991300105
Prasejarah1011115
PD I dan II0112004
Metode dan Ilmu Sejarah1001114
Kependudukan Belanda - VOC0100113
Organisasi Internasional1000012
Demokrasi Terpimpin0001001
Perang Dingin0000011
Kependudukan Belanda - Hindia Belanda0010001
Nasionalisme di Asia dan Dunia0000000

 

Sip, bisa dilihat berdasarkan chart persebaran soal SBMPTN Sejarah tahun 2012-2017 bahwa topik-topik tertentu cukup frekuentif dan selalu keluar dalam SBMPTN 5 tahun terakhir. Berikut adalah link video pembahasan materi dari topik-topik yang sering keluar di SBMPTN Sejarah:

SOSHUM : Sosiologi

Oke deh, sekarang kita masuk ke pelajaran Sosiologi. Berikut di bawah ini adalah chart persebaran soal per topik dari SBMPTN Sosiologi tahun 2011-2016.

Topik / MateriSNMPTN 2011SNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016TOTAL
Konflik & Integrasi Sosial12114413
Struktur, Diferensiasi, Stratifikasi Sosial12122311
Perubahan Sosial1103229
Interaksi Sosial1211128
Perilaku Menyimpang & Pengendalian Sosial1121117
Masyarakat Multikultural2011217
Kelompok & Dinamika Sosial1021116
Sosialisasi & Kepribadian0212005
Mobilitas Sosial2011105
Modernisasi & Globalisasi2111005
Lembaga Sosial0200114
Pengetahuan Sosiologi0111003
Penelitian Sosial1110003
Nilai & Norma Sosial2000002

Nah, berdasarkan chart di atas, kita bisa ngeliat jelas banget bahwa topik struktur sosial, perubahaan sosial, sosialisasi & kepribadian, serta konflik & integrasi sosial tuh jomplang banget dibandingkan topik-topik yang lain. Jadi, buat lo yang ingin mengalokasikan waktu secara efektif untuk belajar sosiologi, bisa fokus pada 4 topik berikut ini:

SOSHUM : Ekonomi

Yup, berikutnya adalah pelajaran Ekonomi. Berikut adalah chart distribusi soal SBMPTN Ekonomi tahun 2012-2017:

Topik / MateriSNMPTN 2012SBMPTN 2013SBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016SBMPTN 2017TOTAL
Permintaan dan Penawaran13233315
Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya3110218
Konsep Pasar dalam Perekonomian1110238
Pendapatan Nasional0131117
Manajemen & Kewirausahaan1113006
Dasar-dasar Akuntansi1021026
Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal1201116
Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi2001115
Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi0111115
Akuntansi Perusahaan Jasa0111104
Koperasi1101003
Akuntansi Perusahaan Dagang1100103
Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank1110003
Pelaku Ekonomi dalam Sistem Ekonomi0010113
Permasalahan Ketenagakerjaan2001003
Perdagangan Internasional0002002
APBN & APBD0010012
Indeks Harga dan Inflasi0100001
Perpajakan0000101
Sistem dan Alat Pembayaran0100001
Pasar Modal0000000
Kerjasama Internasional0000000

Untuk bikin chart ini terus terang dasar pembagian topiknya agak ribet karena konsep materi dalam ekonomi bertumpuk satu sama lain. Maksudnya bertumpuk gimana? Contohnya, konsep “makroekonomi” yang cakupannya sangat luas, dimana di dalamnya terdapat sub topik lain seperti konsep inflasi, deflasi, kurs mata uang asing, kebijakan moneter, fiskal, GDP, GNP, dll.

Nah, oleh karena itu link track list video di zenius jadi agak tumpang tindih karena beberapa konsep dalam sub topik ekonomi bisa jadi diajarkan secara terpisah pada sub-sub topik yang lain. Untuk itu, walaupun di bawah ini gua share beberapa link terkait topik prioritas di atas, sebetulnya gua menyarankan lo untuk menggali lebih dalam pada video pembahasan ekonomi dari kelas X, dan kelas XI:

SOSHUM : Geografi

Oke, terakhir adalah Geografi. Berikut ini adalah chart distribusi persebaran soal SBMPTN Geografi tahun 2014-2017:

Topik / MateriSBMPTN 2014SBMPTN 2015SBMPTN 2016SBMPTN 2017TOTAL
Hidrosfer31329
Litosfer22228
Atmosfer13217
Interaksi Desa-Kota11125
Biosfer30115
Negara Maju & Berkembang11114
Kependudukan01114
SDA11114
Hakekat Geografi11114
Peta11114
Penginderaan Jauh01012
Wilayah & Perwilayahan00112
Pembangunan Berkelanjutan00011
Bumi01001
Lingkungan Hidup00000
SIG00101

 

Dibandingkan dengan chart persebaran soal SBMPTN pelajaran lain, chart untuk Geografi ini itungannya emang rada unik sendiri. Kenapa? Karena setelah gua telusuri, hampir selalu soal-soal yang keluar itu merata di setiap topik dari tahun 2014-2017. Kebanyakan jumlah soal per topiknya adalah masing-masing 1 soal. Makanya pada chart juga lo bisa lihat kebanyakan merata pada angka 5. Artinya topik-topik tersebut secara konsisten selalu menyumbangkan 1-2 soal dari tahun ke tahun. Berdasarkan hal itu, khusus untuk pelajaran Geografi, gua gak menyarankan untuk fokus di 2-3 topik doang. Melainkan perlu belajar secara merata dan seimbang. Nah, berikut adalah video pembahasan materi Geografi SBMPTN.

****

Moga-moga data distribusi frekuensi soal yang sering keluar di SBMPTN ini bisa membantu lo semua dalam menentukan prioritas dan fokus pada topik-topik yang penting serta fundamental untuk dikuasai. Namun di sisi lain, perlu gua ingatkan juga untuk jangan terlalu mengandalkan chart persebaran soal ini untuk semua mata pelajaran, karena biar bagaimanapun juga tidak ada jaminan bahwa komposisi soal SBMPTN tahun 2018 ini akan berubah jauh daripada tahun-tahun sebelumnya.

Jadi saran gua, lo boleh menggunakan chart di atas sebagai patokan prioritas untuk beberapa mata pelajaran yang lo nilai udah sulit lo kejar kalo baru mulai belajar dari sekarang. Contoh misalnya lo bener-bener buta sama sekali soal pelajaran sejarah, sementara selama ini lo fokus belajar TKPA, dan pelajaran soshum yang lain. Nah, dengan adanya chart di atas, memang ada baiknya lo alokasikan waktu yang tersisa ini dengan belajar Sejarah untuk topik-topik yang sering keluar sesuai dengan chart di atas supaya lebih efisien. Siapa tau senggaknya lo bisa bener 5-7 soal dari 15 soal di pelajaran Sejarah. Lumayan banget kan?

Tapi untuk pelajaran-pelajaran yang memang udah betul-betul cukup lo kuasai secara mendalam, saran gua lo tetap fokus untuk maksimalkan point dari mata pelajaran itu dengan sebaik mungkin. Jangan sampai lo terlalu mengandalkan chart di atas dan HANYA belajar dari topik-topik yang paling sering keluar… karena kalo sikap lo begitu, gua khawatir lo malah jadi kalah bersaing point dengan para pesaing lo yang berupaya maksimal mendulang point pada  setiap mata pelajaran. Jadi sekali lagi, gunakan data yang gua share ini dengan bijak agar pengalokasian waktu dan energi lo bisa tersalurkan dengan efektif di waktu yang tersisa, tapi perlu dicatat bahwa chart ini bukan jaminan komposisi soal yang nanti keluar di SBMPTN 2018 akan sama persis. Oke deh, demikian sharing gua kali ini, moga-moga bermanfaat!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol sama Glenn tentang persiapan SBMPTN, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Bagi kamu anak kelas 12 maupun alumni yang lagi fokus belajar untuk persiapan SBMPTN, Zenius sangat merekomendasikan untuk baca beberapa tips berikut :

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.