Pengertian Administrasi Kelas

Pengertian Administrasi Kelas untuk Kamu Para Siswa dan Guru

Administrasi kelas menjadi dokumen wajib yang harus ada untuk hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan kelas. Jenis-jenis administrasi kelas pun ada bermacam-macam dan masing-masing dokumen memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda.

Pengertian Administrasi Kelas

Secara harfiah, pengertian administrasi kelas diambil dari kata administrasi yang memiliki arti melayani, mengarahkan, mengatur, atau membantu. Sementara itu, kelas adalah tempat atau kelompok belajar di mana peserta didik atau siswa-siswi belajar di sekolah.

Sehingga pengertian administrasi kelas secara umum adalah pegangan yang digunakan oleh guru selama mengajar di dalam kelas sebagai bagian dari perangkat pengajar. Guru membutuhkan administrasi kelas sebagai dasar untuk merancang program pembelajaran dan kegiatan belajar mengajar.

Pengertian Administrasi Kelas

Perlu disadari bahwa tugas guru tidak hanya sebagai pengajar yang berdiri di depan kelas dan memberikan materi. Lebih dari itu guru yang profesional juga mengurus hal-hal yang berkaitan dengan administrasi kelas dan sekolah.

Fungsi Administrasi Kelas

Administrasi kelas tidak hanya bermanfaat untuk guru saja, namun juga bagi pihak sekolah maupun kelas itu sendiri termasuk para siswanya. Bagaimanapun juga kelas adalah wadah atau ruang tempat terjadinya proses kegiatan belajar mengajar antara guru dengan murid. Berikut ini beberapa fungsinya:

• Membantu mengelola manajemen kelas dengan baik secara individu per siswa maupun kelompok
• Mengorganisir dan me-manage, serta mengkoordinasikan segala aktivitas dan kegiatan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
• Membantu guru untuk membuat keputusan dan memahami kemampuan setiap siswa di kelasnya
• Bahan evaluasi terkait kehadiran siswa kedisiplinan dan lainnya
• Mengelola inventaris data di dalam kelas dan membantu pendistribusian fasilitas yang diperlukan
• Mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan siswa dan mencatat data siswa
• Sebagai arsip dokumen

Macam-macam Administrasi Kelas

Seluruh komponen kegiatan yang dilaksanakan di dalam kelas harus dicatat diatur dengan baik dalam dokumen administrasi kelas. Tujuannya agar bisa menjadi catatan yang suatu saat nanti berguna jika dibutuhkan pihak sekolah, guru, maupun siswa. Apa saja yang termasuk didalamnya?

1. Daftar Hadir dan Grafik Absensi Siswa

Daftar absensi siswa menjadi salah satu dokumen administrasi kelas yang paling penting dan harus ada di setiap kelas. Daftar absensi ini untuk mengetahui kehadiran siswa setiap harinya apakah masuk semua, ada yang izin sakit, tanpa keterangan, atau lainnya.

Fungsinya adalah untuk mengontrol jika ada murid yang sering tidak ada di dalam kelas apakah perlu dicek langsung kondisinya atau perlu diberi teguran jika tidak ada keterangan. Grafik absensi siswa memberikan gambaran tentang kondisi kehadiran di kelas dengan lebih mudah.

2. Papan Absensi Harian

Papan absensi harian biasanya dipajang di papan kelas. Isinya tentang siapa saja nama yang ada di dalam kelas tersebut, siapa yang absen, siapa yang izin sakit, atau tanpa keterangan, dan lainnya.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Zenius

Langsung Nikah Setelah Lulus Sekolah, Aman kan?
Mengenal Kesalahan Logika Beban Pembuktian
Ngapain Sih Berpikir Kritis?
Ikan Cupang: Cantik-cantik Kok Suka Berantem?
Buat Apa Ada Suatu Negara? Emang Ada Fungsinya?
Benci Mendengar Rekaman Suara Sendiri, Kok Bisa?
Proses Mumifikasi dalam Tradisi Mesir Kuno

Jika daftar absen siswa lebih untuk kebutuhan personal guru, maka papan absensi harian adalah untuk memudahkan guru mengetahui sebelum mengabsen satu persatu. Setiap orang di kelas tersebut bisa melihat dengan jelas daftar absensi harian.

3. Buku Penerimaan dan Pengambilan Rapor

Buku penerimaan dan pengambilan raport adalah daftar dokumen yang berisi tentang data orang tua atau siswa yang menerima dan mengambil rapor. Tujuannya untuk mengantisipasi jika ada rapat yang hilang atau tidak ketemu untuk tracing yang lebih mudah.

4. Buku Penilaian

Buku penilaian pada dasarnya berfungsi sebagai dokumen untuk memberikan nilai kepada peserta didik yang ada di kelas tersebut. Mulai dari laporan akademik, non akademik, hingga hal-hal yang bersifat sikap dan perilaku siswa selama di kelas.

5. Jadwal Pelajaran

Setiap kelas memiliki jadwal pelajaran yang berbeda-beda karena harus bergantian dengan guru yang mengajar di kelas lain. Jadwal pelajaran menjadi dokumen kelas yang sangat penting dan acuan bagi para siswa untuk mempelajari dan membawa buku apa saja yang diperlukan di hari tersebut.

6. Buku BP

BP atau BK identik dengan anak-anak nakal yang biasanya harus mendapatkan pengarahan dari guru BK secara langsung. Buku BP adalah dokumen yang berisi tentang penilaian siswa tersebut dari segi perilaku, sikap, kedisiplinan, dan aspek psikologis lainnya.

7. Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan menjadi dokumen yang tidak kalah penting karena menjadi acuan bagi para guru dan siswa untuk mengetahui jadwal kegiatan belajar mengajar. Kalender tersebut dibutuhkan untuk jadwal selama satu semester atau 1 tahun kedepan.

Mulai dari jadwal masuk sekolah, libur sekolah, libur hari nasional, libur keagamaan, penerimaan rapor, ujian semester, dan lainnya.

8. Denah Tempat Duduk

Denah tempat duduk biasa yang diperlukan oleh para guru agar lebih mudah untuk menghafal para siswa di kelasnya. Sehingga para guru mengetahui siswa A duduk di sebelah mana, siswa B duduk sebelah mana, dan seterusnya.

Jika ada yang kurang bisa memahami pelajaran dengan baik maka bisa dipindah siswa tersebut tempat duduknya agar duduk di depan.

9. Daftar Inventaris Kelas

Daftar inventaris kelas berisi tentang data-data fasilitas apa saja yang ada di kelas tersebut sebagai aset dan inventaris sekolah. Dokumen ini penting sebagai arsip dan file bagi pihak sekolah untuk mengetahui fasilitas dan sarana yang ada. Jika ada kehilangan, maka lebih mudah dalam pencatatannya.

Setiap sekolah biasanya memiliki dokumen administrasi kelas yang berbeda-beda tergantung dari visi misi sekolah dan kegiatan apa saja yang ada di sekolah tersebut. Namun, daftar administrasi kelas yang disebutkan di atas adalah yang paling umum dan wajib ada di sekolah di setiap kelas.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Bagikan Artikel Ini!