Informasi lengkap Fakultas Ekonomi dan Bisnis FEB UB

Info Perkuliahan, Jurusan, dan Daya Tampung di FEB UB

Berbisnis nggak asal berbisnis, lho. Kalau nggak punya ilmunya, bisnis elo nggak akan bertahan lama. Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB (FEB UB), elo bisa belajar ilmunya dari dosen dan pakar berpengalaman. Simak di artikel ini, ya!

Hai, Sobat Zenius! Gue mau tanya dong, kira-kira apa nih cita-cita elo? Ada satu profesi yang sering banget gue denger buat ngejawab pertanyaan kayak gini. Orang-orang di sekitar gue banyak yang berandai-andai bisa hidup sebagai pebisnis, pengusaha, atau entrepreneur istilah kerennya.

Gue cukup paham alasannya, sih. Coba bayangin, elo bisa dapet cuan tanpa perlu ngikutin jadwal kerja yang dibikin orang lain. Elo bebas bikin aturan di kantor elo sendiri terserah mau kayak apa. Sampai seberapa besar gaji elo aja bisa diatur. Siapa yang nggak tergiur, kan?

Makanya, nggak heran kalau sampai sekarang banyak orang berlomba-lomba buat berwirausaha. 

Tapi, berbisnis nggak asal berbisnis, lho. Contoh, buat ngatur keuangan supaya bisnis elo bisa bertahan jangka panjang. Elo bakal butuh keahlian di bidang akuntansi.

Meskipun nggak jadi wirausaha, ilmu Akuntansi juga bakal terpakai di semua perusahaan. Kalau elo menguasai ilmu yang satu ini, keahlian elo bakal dicari-cari perekrut kerja. 

Nah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB (FEB UB) punya pilihan jurusan yang tepat buat elo. Ada jurusan lain juga, lho, kayak Jurusan Manajemen dan Jurusan Ilmu Ekonomi.

Ketiga jurusan di Universitas Brawijaya ini untuk jenjang sarjana dan tentunya memiliki konsentrasi bidang ilmu bisnis yang berbeda.

Nah, kayak apa sih perkuliahan di jurusan FEB UB ini? Yuk, simak terus artikel ini biar nggak penasaran!

Informasi jurusan FEB UB
Ilustrasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB (dokumentasi pixabay)

Kenalan Dengan FEB UB

Awalnya, pada 1957, Yayasan Perguruan Tinggi Ekonomi Malang mendirikan Perguruan Tinggi Ekonomi Malang (PTEM) yang menjadi cikal bakal dari berdirinya Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB, lho.

Barulah pada 3 Oktober 1961, PTEM menggabungkan diri dengan Universitas Brawijaya dengan nama Fakultas Ekonomi dan Bisnis seperti yang kita kenal sekarang.

Nah, seperti yang gue sebutkan di awal tadi, fakultas ini memiliki tiga jurusan untuk jenjang sarjana. Tapi, kalau elo mau melanjutkan pendidikan lebih tinggi, ada juga lho, program Pascasarjana FEB UB. Jadi, elo nggak perlu jauh-jauh mencari universitas baru, deh.

Tapi, karena sebentar lagi elo akan kuliah di jenjang sarjana, gue mau mengulik abis soal program dan jurusan di FEB UB ini, nih. Di jenjang sarjana ini, tentunya elo akan belajar selama kurang lebih empat tahun yang tersebar ke delapan semester.

Baca juga: 20+ Jurusan SNMPTN Sepi Peminat di Universitas Top, Ada yang Jadi Incaran?

Buat elo yang ada keinginan untuk kuliah di luar negeri tapi masih ragu, Program Pendidikan Internasional atau International Undergraduate Program (IUP) di FEB UB mungkin bisa jadi salah satu jawaban yang elo butuhin. Soalnya, di program ini elo bisa ikut beragam program yang memberikan kesempatan untuk belajar dengan universitas partner Universitas Brawijaya di luar negeri.

Programnya itu ada pertukaran pelajar atau exchange student di mana elo bisa belajar langsung di universitas partner selama enam bulan. Kemudian ada juga summer school yang mirip dengan exchange student tapi dengan durasi hanya empat minggu.

Selanjutnya, ada program internship atau magang selama enam bulan. Dan nggak ketinggalan, ada juga program double degree (joint degree). Nah, kalau di program double degree ini, elo akan menghabiskan waktu dua tahun di Universitas Brawijaya, dan dua tahun berikutnya di universitas partner. Sehingga, saat lulus nanti elo nggak cuma mendapatkan gelar dari UB, tapi juga gelar dari universitas partner!

Menarik banget, kan? Eits, tapi yang perlu diingat, program IUP ini cuma tersedia untuk tiga program studi, yaitu Akuntansi, Manajemen, serta Ekonomi Keuangan dan Perbankan.

Daftar Jurusan FEB UB
Daftar Jurusan FEB UB (Arsip Zenius)

Jurusan S1 di FEB UB

Khusus di artikel ini, gue akan bahas jurusan FEB UB untuk jenjang S1 aja, ya. Simak baik-baik, ya! Kalau udah kenal tiap jurusannya, semoga pilihan elo bisa lebih terarah lagi.

Jurusan Ilmu Ekonomi UB

Kalau elo suka belajar strategi dan penyelesaian masalah, Jurusan Ilmu Ekonomi ini bakalan cocok banget buat elo, nih. Soalnya, fokus di jurusan ini seputar strategi pengelolaan sumber daya. 

Berangkat dari konsep dasar ilmu ekonomi: kebutuhan manusia terus bertambah, tapi sumber daya terbatas. Karena itu, penggunaannya harus diatur, kan. Di sinilah ilmu ekonomi berperan penting untuk mengalokasi setiap sumber daya supaya nggak terjadi kelangkaan.

Nah, Jurusan Ilmu Ekonomi UB terbagi lagi menjadi tiga program studi bisa elo pilih saat mendaftar kuliah nanti. Program studinya yaitu Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Islam, dan Ekonomi Keuangan dan Perbankan. Gue bahas satu-satu, ya.

  • Ekonomi Pembangunan, mempelajari soal isu-isu ekonomi di sektor industri, perbankan, keuangan, dan bisnis, serta langkah-langkah untuk mengatasi masalah ekonomi tersebut.
  • Ekonomi Islam, mempelajari soal teori ekonomi, aturan-aturan, hukum, dan pengolahan sumber daya berdasarkan syariat Islam. Makanya, di program studi ini, elo nggak cuma belajar soal ekonomi, tapi juga hukum-hukum ekonomi Islam yang ada di Al-Qur’an maupun hadist.
  • Keuangan dan Perbankan, mempelajari seputar perputaran bisnis dan ekonomi di sektor perbankan, khususnya pengelolaan keuangannya. Baik bank konvensional, maupun bank syariah.

Nah, kalau elo memilih Jurusan Ilmu Ekonomi, kira-kira program studi mana nih, yang jadi minat elo?

Baca juga: 10 PTN Terbaik di Jawa yang Bisa Jadi Pilihan Sobat Zenius!

Jurusan Manajemen UB

Nah, kalau elo tipe orang yang suka menyusun rencana hingga mengeksekusinya, Jurusan Manajemen ini cocok banget buat elo, deh. Apalagi, di jurusan ini ada dua program studi yang bisa elo pilih, nih.

Pertama itu ada Prodi Manajemen, di mana elo akan belajar soal pengelolaan bisnis. Mulai dari membangun strategi pengelolaan SDM, strategi pemasaran, operasional, sampai mengawasi pelaksanaan peraturan.

Yang kedua, ada Prodi Kewirausahaan, nih. Kalau elo punya cita-cita untuk membangun bisnis elo sendiri, program studi ini bisa memberikan elo ilmu-ilmu yang dibutuhkan seperti etika bisnis, manajemen, supply-chain, hukum-hukum di bidang bisnis, dan masih banyak lagi!

Jurusan Akuntansi UB

Buat elo yang SMA di jurusan IPS atau SMK di Jurusan Akuntansi, pasti sudah familiar banget dengan bidang ilmu yang satu ini. Yap, di jurusan ini elo akan belajar soal hitung-hitungan dalam pengelolaan keuangan bisnis.

Eits, tapi kalau di dunia perkuliahan nggak cuma sampai situ saja. Di Jurusan Akuntansi FEB UB, elo juga akan belajar soal perpajakan, audit keuangan, hukum komersial, hingga penyusunan laporan keuangan dan penafsirannya.

Nah, kalau elo mau berprofesi sebagai seorang akuntan profesional, Jurusan Akuntansi FEB UB juga punya Program Profesi Akuntansi yang bisa elo tempuh setelah lulus jenjang sarjana.

Akreditasi FEB UB

Kalau ngomongin soal kualitas, Universitas Brawijaya sudah terjamin oke banget, deh. Berdasarkan Webometrics tahun 2022 saja, Universitas Brawijaya menduduki peringkat ke-3 sebagai universitas terbaik di Indonesia, lho!

Makanya, wajar banget kalau Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga punya kualitas yang juara. Hal ini didukung oleh akreditasi A yang diberikan BAN-PT untuk seluruh program studinya. Nggak cuma sampai situ saja, bahkan Program Studi Ekonomi Pembangunan juga memiliki akreditasi AUN-QA, lho!

Jadi, nggak perlu ragu buat masuk fakultas yang satu ini, ya!

Baca juga: Selma UB 2021: Ingin Masuk Universitas Brawijaya? Yuk Ikut Seleksi Mandiri SMUB 2021!

Daya Tampung FEB UB

Sudah tahu mau masuk jurusan dan program studi yang mana? Nah, buat tambahan pertimbangan, gue juga udah nyiapin infografis soal daya tampung jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB, nih. Bisa langsung cek di bawah ini saja, ya!

Daya Tampung FEB UNBRAW
Daya Tampung FEB UNBRAW

Dari infografis di atas, mungkin elo bingung, kok nggak ada daya tampung untuk jalur mandirinya? Eits, nggak perlu khawatir soalnya kuota penerimaan jalur mandiri itu cukup besar, lho. Melansir dari Kompas, Universitas Brawijaya menyediakan 50% kuota dari jumlah kuota keseluruhan untuk jalur mandiri!

Gimana, elo udah tahu mau memilih jurusan apa pas ujian masuk nanti? Semoga informasi yang gue kasih bisa ngasih elo pencerahan, ya.

Nah, buat elo yang lagi ikutan UTBK 2022 gelombang 1, semangat berjuang! 

Elo bisa kapanpun tonton playlist belajar UTBK yang Zenius siapin. Barangkali ada pembaca artikel ini yang punya giliran ikut UTBK tahun depan. Bisa gas belajar dari sekarang, deh. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Makin banyak latihan, pasti makin oke dong persiapannya. Udah ngulik panduan lengkap dan latihan soalnya, giliran elo untuk cobain try out dari Zenius. Supaya elo bisa mengevaluasi sejauh mana pemahaman elo terhadap materi ujian. Langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

 Try Out Zenius Ujian Mandiri PTN

Referensi:

Sejarah Singkat – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (https://feb.ub.ac.id/id/profil-2/sejarah-singkat)

Academic Programs – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (https://feb.ub.ac.id/id/profil-2/program-pendidikan) 

Admission International Undergraduate Program 2019 – Faculty of Economics and Business Universitas Brawijaya (http://iup.feb.ub.ac.id/admission/#)

Kuota SNMPTN Berkurang, UB Perbanyak Kuota Jalur Mandiri 2022 Halaman all – Kompas.com (https://www.kompas.com/edu/read/2022/02/17/082915571/kuota-snmptn-berkurang-ub-perbanyak-kuota-jalur-mandiri-2022?page=all)

Bagikan Artikel Ini!