Panduan Belajar Lengkap USBN dan UNBK SMP 33

Panduan Belajar Lengkap USBN dan UNBK SMP

Kompilasi tips belajar, materi belajar, latihan soal, dan pembahasan soal-soal tahun lalu dari USBN dan UN tingkat SMP.

Artikel ini dibuat khusus untuk kamu yang sekarang duduk di bangku kelas 9 SMP yang akan menempuh Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional. Buat kamu yang sekarang duduk di bangku kelas 9, tulisan ini wajib hukumnya untuk di-bookmark dan di-share ke semua temen-temen sekelas karena pada artikel ini saya akan membagikan info penting sekaligus bahan materi belajar untuk UN dan USBN, lengkap dengan pembahasan soal-soal dari tahun-tahun lalu.

.

Mekanisme USBN dan UN SMP tahun ajaran 2018-2019

Sebelum saya share bahan materi belajarnya, saya mau pastikan dulu kamu udah up-to-date tentang mekanisme USBN dan UN pada tahun ajaran yang sekarang (2018-2019). Beberapa kebijakan masih sama seperti tahun lalu dari pemerintah pada tahun ajaran ini, yaitu sebagai berikut.

  • Hanya akan ada 2 tipe ujian, yaitu UN dan USBN.
  • Ujian Sekolah (US) dihapus.

Berikut beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui mengenai pelaksanaan Ujian Nasional (UN):

  • UNBK mencakup 4 mata pelajaran dengan standardisasi nasional.
  • Seluruh soal UNBK menggunakan soal tipe HOTS
  • Khusus untuk UN Matematika, akan ada 10% soal isian singkat.

Sedangkan, ini adalah beberapa poin penting terkait pelaksanaan USBN:

  • USBN akan mengujikan seluruh mata pelajaran yang dipelajari di sekolah, termasuk yang sudah diujikan di UN.
  • 25% soal disiapkan oleh Kemendikbud + 75% disiapkan dari musyawarah guru.
  • 90% pilihan ganda + 10% essay.

Agar lebih mudah dibayangkan, kamu bisa lihat mekanisme UNBK & USBN SMP tahun ajaran 2018-2019 pada tabel di bawah ini:

Panduan Belajar Lengkap USBN dan UNBK SMP 34

Berdasarkan tabel di atas, kamu bisa lihat kalo semua pelajaran yang masuk ke UN, akan diujikan juga di USBN. Jadi kamu akan 2x ujian untuk matpel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. 

.

Jadwal USBN dan UNBK SMP 2019

Untuk jadwal pelaksanaan USBN, pemerintah memberikan kewenangan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota/Kantor Kementerian Agama. Ini karena mempertimbangkan beberapa hal antara lain: ketuntasan kurikulum; kalender akademik masing-masing sekolah; hari libur nasional/keagamaan; jadwal ujian nasional; jadwal pengumuman kelulusan; dan moda pelaksanaan ujian seperti berbasis kertas/komputer yang harus dipersiapkan oleh tim USBN terlebih dahulu.

Nah, Ujian Nasional SMP sendiri akan dilaksanakan di akhir April, yakni pada rentang 22-25 April 2019. Kamu bisa melihat jadwalnya di bawah:

Panduan Belajar Lengkap USBN dan UNBK SMP 35

.

3 Hal Penting Seputar USBN dan Ujian Nasional SMP

1. Faktor Penentu Kelulusan

Dalam 3 tahun terakhir, Ujian Nasional sudah bukan lagi menjadi faktor penentu kelulusan SMP. Berdasarkan kebijakan terakhir, berikut adalah beberapa faktor yang menentukan kelulusan siswa/i SMP untuk tahun ajaran 2018/2019:

  • Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
  • Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik
  • Mengikuti Ujian Nasional
  • Lulus USBN sesuai dengan kriteria yang ditetapkan sekolah masing-masing

Coba liat deh poin 3. Jangan harap kamu bisa “nakal” ga ikut UN mentang-mentang nilai UN bukan lagi penentu kelulusan. Kamu tetap harus “berpartisipasi” di Ujian Nasional.

Lanjut lihat poin 4. Berdasarkan kebijakan baru ini, nilai USBN jauh lebih berpengaruh terhadap kelulusan. Kamu bisa saja dinyatakan tidak lulus kalo nilai USBN kamu tidak mencapai kriteria minimal yang ditetapkan oleh sekolah.

2. Materi Ujian Nasional dan USBN untuk Ketiga Kurikulum

Secara umum, kisi-kisi soal UN dari pemerintah (SKL) bisa dikatakan SAMA untuk siswa yang menjalani 3 kurikulum yang berbeda, yaitu Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 Revisi. Artinya, soal-soal UN nanti adalah irisan dari materi yang dipelajari dari 3 kurikulum nasional yang berjalan sekarang. Sederhananya, buat kamu yang menjalani Kurikulum 2013 ga usah pusing belajar materi K13 Revisi atau KTSP, begitu juga yang menjalani KTSP, ga usah pusing belajar dari materi K13 atau K13 revisi. Fokus saja dengan kisi-kisi dan materi yang sudah kalian pelajari selama SMP.

Untuk USBN sendiri, pemerintah merilis kisi-kisi per kurikulum, yaitu KTSP dan Kurikulum 2013. Jadi kamu ga perlu mengkhawatirkan kurikulum lain. Kamu pasti mengikuti USBN sesuai dengan kurikulum yang kamu pelajari di SMP selama ini.

3. Nilai USBN dan UNBK untuk PPDB SMA

Hingga artikel ini dimuat, belum ada pernyataan resmi dari pihak SMA mengenai nilai apa saja yang akan mereka lihat dalam Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA. Biasanya, pemerintah di tiap provinsi punya kebijakan atau dapurnya tersendiri untuk menentukan poin apa saja yang dipakai untuk menyeleksi calon peserta didik baru SMA.

Sebagai contoh, diambil dari informasi yang tertera di halaman Aturan PPDB DKI Jakarta di sini, berikut sistem seleksi PPDB DKI Jakarta tahun ajaran 2017-2018 lalu:

Panduan Belajar Lengkap USBN dan UNBK SMP 36

Pada tahun lalu, SMA-SMA se-provinsi DKI Jakarta menggunakan 4 poin di atas dalam menyeleksi calon peserta didik baru dengan urutan seperti di atas. Provinsi lain beda lagi lho aturannya. Ada yang melihat prestasi non-akademik. Ada yang melihat waktu pendaftaran. Ada yang memprioritaskan anak guru. Wah macem-macem deh.

Informasi di atas memang belum di-update dengan informasi terbaru. Saya rasa, informasi yang baru akan tersedia pas pengumuman UN, yaitu sekitar akhir Mei 2018. Namun, ada satu pelajaran yang bisa kita ambil di sini. Pada tahun lalu, Ujian Sekolah masih ada dan masih diperhitungkan dalam seleksi masuk SMA. Nah, prediksi saya sih, ketika tahun ini US sudah tidak ada, saya rasa sekolah akan melihat nilai USBN dan UN dalam seleksi masuk SMA.

Jadi jangan lengah di USBN dan UN kamu. Nilai yang kamu dapatkan di kedua ujian tersebut akan menjadi tiket emas kamu masuk ke SMA favorit yang udah kamu kejar selama ini.

Anyway, kalo kamu mau mempersiapkan strategi lebih awal untuk masuk SMA, kamu bisa simak artikel berikut:

>> 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Daftar PPDB SMA

Tips Belajar dan Pembahasan Soal Ujian Nasional SMP 2019

Selain soal mekanisme dan jadwal pelaksanaan, saya yakin kamu juga rada khawatir dengan tipe soal HOTS yang muncul di UN dan soal essay di UN dan USBN

“Gimana nih nanti soal HOTS di UN? Soal yang biasa aja udah bikin bingung! Ada soal essay juga?!”

Tenang, kamu ga perlu sepanik itu kok. Kenapa? karena Zenius sudah mempersiapkan cara yang tepat untuk menghadapi soal HOTS yang membutuhkan kemampuan analisis. Kamu bisa klik di sini untuk mengetahui soal HOTS lebih lanjut. Intinya sih, pahamin konsep dari materi-materi yang kamu pelajari!

Untuk soal essay, kamu juga ga perlu panik. Pertama, komposisi soal essay di USBN dan UN hanya 10%. Jadi, se-enggak bisanya kamu  ngerjain soal essay, kamu masih punya peluang ngejar nilai di 90% soal pilihan ganda. Kedua, soal essay di UN dan USBN ga akan menuntut kamu untuk menjawab panjang lebar. Soal essay di UN dan USBN hanya meminta kamu memberi jawaban isian singkat. Ketiga, kalo dari awal kamu belajarnya udah bener, mau bentuk soalnya diputer-puter kayak apapun, kamu ga perlu pusing. Kalo beneran paham dengan materi yang akan diujikan, kamu pasti bisa jawab. Intinya, kamu ga usah terlalu panik berlebihan menghadapi soal essay di UN Matematika nanti.

Secara umum, kisi-kisi USBN dan UN yang dikeluarkan pemerintah untuk semua mata pelajaran kurang lebih sama. Jadi, ketika kamu belajar USBN, kamu juga sekalian belajar buat UN. Begitu juga sebaliknya.

Nah, untuk persiapan UN & USBN SMA, saya akan membagi klasifikasinya berdasarkan mata pelajaran. Dalam setiap mata pelajaran, tercantum panduan belajar, materi belajar, dan pembahasan soal UN tahun-tahun sebelumnya. Kamu juga bisa download  PDF soalnya dengan mengklik tombol “Download Soal” pada bagian kiri atas halaman link-link di bawah ini.

PERSIAPAN UNBK / USBN SMP MATEMATIKA

.

PERSIAPAN UNBK / USBN SMP Bahasa Indonesia

.

PERSIAPAN UNBK / USBN SMP Bahasa Inggris

PERSIAPAN UNBK / USBN SMP IPA

Khusus untuk UN SMP IPA, tutor Zenius sudah membagi materi belajar dan pembahasan soalnya menjadi Fisika-Kimia dan Biologi. Pemisahan ini dilakukan mengikuti kisi-kisi UN SMP IPA dari pemerintah yang memang sudah terbagi menjadi Fisika, Kimia, dan Biologi.

Kamu bisa download semua soal di atas dalam bentuk pdf GRATIS! Kalo kamu ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa kamu download secara GRATIS. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Zenius juga udah menyediakan bentuk soal HOTS. Kalau kamu mau download soalnya, kamu bisa download aja soalnya di zenius.net ya!

****

Nah, demikian seluruh referensi dari Zenius untuk persiapan UNBK & USBN tingkat SMP 2019. Sepertinya referensi yang saya kasih di atas itu bisa dibilang lumayan lengkap untuk jadi patokan belajar mempersiapkan UNBK & USBN dengan cukup efektif dan tepat sasaran. Semoga kumpulan link di atas bermanfaat buat kamu semua, good luck yah ujiannya!

.

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Fanny tentang persiapan Ujian Nasional SMP, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Bagikan Artikel Ini!