Panduan Belajar UN IPA SMP 2019

Artikel ini menyediakan tips belajar, sumber belajar, dan latihan soal untuk persiapan UN IPA SMP 2019 yang telah dibagi menjadi Fisika, Kimia, dan Biologi berdasarkan kisi-kisi resmi pemerintah.

Mungkin ingatan yang muncul pertama kali ketika mendengar kata IPA adalah tanya jawab dengan orang tua sebelum ujian. IPA itu apa sih? Semua yang bukan IPS, Bahasa, olahraga ataupun kesenian. Yaelah.. Bukan!

IPA itu singkatan dari Ilmu Pengetahuan Alam. Wow penting sekalee informasinya. Jadi pada dasarnya kita akan mempelajari ilmu mengenai alam. ūüėÄ

Di SD dan SMP, Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA dipelajari sebagai satu mata pelajaran. Padahal, IPA itu adalah gabungan dari berbagai cabang ilmu pengetahuan. Nah, di SMA nanti, IPA akan dipelajari secara terpisah menjadi 3 pelajaran, yaitu Fisika, Kimia dan Biologi.

“Dari semua materi IPA yang dipelajari di SMP, mana sih bab yang masuk ke Fisika, Kimia, dan Biologi? Emang apa bedanya antara ketiga cabang ilmu tersebut?”

Fisika itu ilmu yang mempelajari hukum alam (seperti Hukum Gravitasi dan Hukum Newton) dan gejala-gejala alam yang bisa diinderakan oleh manusia, seperti panas, cahaya, bunyi, dll. Di sisi lain, Kimia udah fokus mempelajari tentang suatu zat/materi, mulai dari susunannya, sifat, perubahan, hingga reaksi yang bisa terjadi pada suatu zat. Sedangkan Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang keadaan dan sifat makhluk hidup. Secara keseluruhan, ketiga cabang ilmu pengetahuan alam ini berkaitan satu sama lain. Hukum Fisika banyak membantu menjelaskan reaksi kimia, yang merupakan bagian penting dari gimana sistem biologis bekerja. Ketiga cabang ilmu ini dipecah sebenernya untuk memudahkan kita memahami dasar-dasar dari ketiga ilmu aja sih.

Nah, pada Ujian Nasional IPA / Sains tingkat SMP 2019 nanti, pemerintah ternyata sudah membagi kisi-kisinya menjadi Fisika, Kimia, dan Biologi. Pada artikel ini, kami akan berbagi tips belajar dan bedah kisi-kisi untuk UN SMP IPA 2019. Kami juga akan share pembahasan soal UN SMP IPA tahun-tahun lalu untuk membantumu belajar.

Tips Belajar Fisika untuk UN SMP IPA 2019

Zenius pernah membuat survei yang menanyakan ke anak SMA, ‚ÄúApa sih pelajaran yang paling kamu benci?‚ÄĚ

Ternyata, sebagian besar siswa SMA menganggap Fisika sebagai pelajaran yang sulit dan paling dibenci! Kok bisa gitu? Kalo menurut pengalaman para tutor Zenius sih, mereka itu benci sama Fisika karena mereka ga ngerti sama pelajarannya. Kenapa bisa ga ngerti? Ternyata karena kebiasaan belajar Fisika yang kurang baik aja. Padahal sebagian besar materi yang dipelajari di SMA sebenernya udah dipelajari di SMP. Bisa jadi kebiasaan belajar yang ga baik ini udah dimulai dari SMP. Dengan kata lain, bencinya anak SMA ke pelajaran Fisika kemungkinan besar udah dipupuk dari SMP!

Emang kebiasaan belajar Fisika kayak gimana yang kurang baik?

Ngapalin RUMUS! Sering banget kan kita diajarin cara mudah menghapal rumus. Ada yang pake singkatan lah, ada yang pake gambar lah, dsb. Hapalin aja rumusnya. Ketemu soal, tinggal masukin rumus. Ngerti apa enggak, itu urusan belakangan. Hehehe. Masalahnya, kalo kita nggak paham gimana cara menggunakan rumus dan kaitannya antara satu variabel dengan variabel lainnya mah, sama aja boong. Ujung-ujungnya malah merugikan kamu sendiri. Contoh yah…

Kita pake contoh persamaan Gaya.

Salah satu metode menghapal yang paling sering digunakan itu adalah membuat ‚Äújembatan keledai‚ÄĚ. Kita buat jadi: Fakir Miskin dipelihara oleh negarA

Oke sekarang gue kasih elo soal yah. Coba kerjain soal yang ini…

Nah lho! m tuh yang mana? a itu berapa? Emang m itu apa? Dan a itu apa coba? Biasanya ketemu soal yang lurus-lurus aja, udah disebutin massa dan percepatannya. Sekarang dapet nilai massa dan percepatannya gimana coba? Nah, itulah kenapa enggak banget deh untuk sekedar menghapal tanpa tau makna dari setiap variabel dari suatu persamaan.

Pelajaran Fisika di SMP itu emang relatif lebih mudah ketimbang pelajaran Fisika di SMA, tapi bukan berarti kamu bisa belajar dengan sekadar menghapal rumus. Justru pemahaman lah yang harus dibangun secara mendasar. Sama aja kayak kita membuat gedung, pondasinya harus kokoh. Kalo pondasinya payah, semakin tinggi gedungnya maka gedungnya akan semakin rentan terhadap musibah.

Coba bayangin kalo kamu kebiasaan menghapal rumus terus. Kalo ketemu soal yang enggak¬†“lurus” kayak di atas, kamu malah bingung. Di SMA, makin banyak soal kayak di atas dan menjebak. Akhirnya kamu jadi stres sendiri. Udah banyak banget rumus yang dihapalin, eh masih aja ga bisa ngerjain soalnya. Ga ngerti! Belajarnya jadi ga enjoy. Bete! Benci deh sama Fisika. ‚ėĻ

Terus gimana dong?

Coba deh kamu bayangin Fisika itu kayak cerita. Setiap variabel yang ada di dalam sebuah rumus itu harus bisa dulu kita deskripsikan secara detail. Misalkan kayak gini.

Hampir tiap benda memiliki massa walau sekecil apapun. Yang membedakan massa dari suatu benda dan benda lainnya adalah wujud zatnya, komponen penyusunnya, dan jumlah dari komponen tersebut. Jadi massa ini common keberadaannya di alam semesta.

Kemudian ada percepatan. Kalo ini beda nih, nggak semua benda punya percepatan. Percepatan adalah perubahan kecepatan yang dialami sebuah benda. Misalkan benda awalnya diam, berarti kecepatannya nol. Terus dalam 1 sekon, benda itu bergerak dengan kecepatan senilai 1 meter per sekon. Perubahan dari nol menjadi 1 meter per sekon inilah yang dimaksud dengan percepatan. Salah satu percepatan yang paling sering kita temui adalah percepatan gravitasi.

Ketika sebuah benda yang memiliki massa “berlatih keras” sehingga kecepatannya berubah dari nol menjadi 1 m/s, atau dalam kata lain benda “diberikan sebuah kekuatan” bernama percepatan, maka benda tersebut akan menjadi superhero bernama GAYA. Makin besar percepatannya, makin kuat gaya yang dihasilkan. Hazeeek yah hazeek yah. Sekarang Fisika langsung terlihat jauh lebih menarik kan?

Coba deh kerjain soal tadi lagi dengan pemahaman akan setiap variabelnya secara menyeluruh. Nah, kayak terbukakan yah pikiran kita. Selamat! Kamu telah tercerahkan *Lebai*

Kalo kamu penasaran dengan jawabannya, kamu bisa lihat video pembahasannya di sini.

Sekarang kamu paham yah kalo percepatan tidak mesti ditulis sebagai “a” dalam rumus hapalan. Kalo masih pake metode hapalan, bisa jadi kamu menghapal rumus lain lagi, yaitu rumus “baru” di bawah:

Padahal dengan memahami konsep dasarnya, kamu udah ngerti¬†kalo¬†percepatan merupakan perubahan kecepatan yang terjadi pada selang waktu tertentu. (vt-v0)/t itu kan sama aja dengan a. Kamu bisa turunin sendiri rumusnya tanpa menghapal “rumus cepat” yang lain.

Ini baru tentang gaya yang simpel. Bayangin berapa banyak rumus dan “rumus cepat” yang harus kamu hapal selama masa sekolah?

Nah, sebelum kamu mencoba sendiri untuk merangkai cerita dan nalar tentang ‚Äúrumus‚ÄĚ fisika, pahami dulu setiap variabel ya. Hati-hati untuk tidak meleset dalam merangkai hubungan antara setiap variabelnya.

Cara belajar seperti ini adalah cara belajar yang kita sebut sebagai ‚Äúmemahami konsep‚ÄĚ. Mau soal seribet apapun yang kamu temui, kalo kamu ngerti konsepnya, kamu bakalan lebih lancar ngebongkar soal dan nemuin solusinya. Kalau kamu¬†udah belajar dengan menggunakan konsep, kamu harusnya bisa¬†ngerjain¬†soal-soal Fisika berbentuk HOTS yang¬†bakalan¬†ada nanti di UN.

Tips Belajar Kimia dan Biologi untuk UN SMP IPA 2019

Di pelajaran IPA SMP, materi Kimia itu porsinya dikit banget dibanding Fisika dan Biologi. Cuma ada 2 bab berbau Kimia di pelajaran IPA SMP, yaitu Zat/Materi (sifat, perubahan, jenis, dan penamaan) dan Bahan Kimia (zat aditif, adiktif, dan psikotropika). Nah di SMA nanti, kamu akan mempelajari Kimia sebagai satu pelajaran sendiri, mulai banyak rumus dan keahlian matematika untuk menyelesaikan soal. Tapi di tingkat SMP, pelajaran Kimia mirip dengan pelajaran Biologi, yaitu lebih ke hapalan.

“Kalo Biologi dan Kimia yang identik dengan hapalan gimana? Ga mungkin kan kalo ga dihapal?!”

Harus diakui sih, khususnya di pelajaran Biologi, banyak banget istilah nama jaringan, organ, dan spesies yang awalnya¬†emang¬†mesti dihapalin.¬†Tapi sayangnya nih, karena saking banyaknya istilah yang dihapalin, kebanyakan siswa tuh jadi¬†lost track¬†atau ga¬†ngeh suatu istilah itu masuk ke bab yang mana. Nanti¬†ada aja yang nanya, “Eh, materi Ekosistem tuh yang mana sih?” Padahal bulan lalu dia mati-matian menghapal istilah yang ada di bab Ekosistem. Hehehe. Miris yah.

Ketika kita terlalu fokus hapalin detil-detil yang kecil; kita jadi ga bisa ngerti gambaran besarnya, konsep dasar yang membedakan satu hal dengan hal lain, dan hubungan antar bab, yang sebenernya jauh lebih penting daripada cuma ngapalin nama spesies atau jenis zat!

Nah, untuk membantu kamu ga lost track dengan bab-bab yang ada, ada satu cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan membuat mind-map. Contohnya seperti ini nih:

Dengan bikin mind-map, kamu ga sekadar komat-kamit hapalin istilah yang ada. Tapi kamu bisa dapet gambaran besar dari bab yang kamu pelajari. Kamu jadi tau keterkaitan suatu bab dengan bab yang lain.

Tentu saja, usahakan juga untuk memahami konsep dasar dari tiap istilah yang kamu pelajari, biar kamu beneran ngerti dan ga gampang lupa. Coba deh tonton video di bawah ini supaya kamu kebayang pemahaman konsep di materi Kimia.

 

Bedah Kisi-kisi UN SMP IPA 2019

Sekarang saatnya bedah kisi-kisi untuk mengetahui materi atau bab apa aja yang perlu dipelajari dalam menghadapi UN SMP IPA 2019.

Berikut adalah komposisi soal Ujian Nasional IPA tingkat SMP.

Soal Fisika selalu ada di nomor-nomor awal. Soal Biologi selalu ada di bagian akhir. Trus gimana dengan soal Kimia? Soal Kimia biasanya ada di bagian-bagian awal dekat soal Fisika. Tapi ga tentu gitu. Kadang dimulai dari nomor 4-8. Kadang mencar-mencar. Tapi biasanya, soal Kimia berada di 20 soal awal UN SMP IPA.

Berikut adalah kisi-kisi UN SMP IPA 2019 yang resmi dikeluarkan pemerintah.

Sekarang kita bandingkan materi yang disebut di kisi-kisi dengan kemunculan soal pada UN SMP IPA tahun lalu.

FYI aja, Kisi-kisi 2019 ini sebenernya nggak terlalu beda jauh dari tahun sebelumnya, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Di bagian Biologi, satu hal yang agak berbeda di kisi-kisi tahun 2019 adalah bab Sistem Organisasi Kehidupan. Di tahun 2018, bab ini ditiadakan. Namun di tahun ini, Sistem Organisasi Kehidupan ada di dalam kisi-kisi terbaru. Kamu bisa belajar mengenai Sistem Organisasi Kehidupan di sini.

Untuk Biologi, karena adanya perubahan ke Kurikulum 2013 Revisi, bab Sistem Saraf dan Kelangsungan Makhluk Hidup udah ga dipelajari lagi. Kedua bab ini biasanya muncul di UN tahun 2015, 2014, dan sebelumnya. Tapi sejak UN 2016 dan di kisi UN 2018 ini, kedua bab tersebut udah ga disebut lagi.

Kemudian perhatikan yah, yang berbeda dari UN tahun ini adalah kisi-kisinya. Jika untuk tahun-tahun sebelumnya, level kognitif, atau tingkat kemampuan kamu, pada setiap materi dibuat berbeda sesuai dengan babnya masing-masing. Tahun ini, level kognitif dibuat sama untuk setiap bab yang dipelajari.

Sumber Belajar dan Latihan Soal untuk UN SMP IPA

Tips belajarnya, udah. Bedah kisi-kisi, juga udah. Saatnya mulai belajar buat Ujian Nasional. Dari mana belajarnya?

Tenang kawula muda, para tutor Zenius udah mengumpulkan materi belajar dan latihan soal yang super lengkap di zenius.net buat kamu belajar menghadapi Ujian Nasional 2019.

Berikut video materi dan bab yang perlu kamu pelajari untuk Ujian Nasional nanti dan sudah disesuaikan dengan kisi-kisi UN SMP IPA dari pemerintah.

Setelah kamu cek materi dan latihan per bab nya, kamu perlu uji pemahaman dan progress belajar kamu dengan mengerjakan soal UN thaun-tahun sebelumnya. Di zenius.net juga tersedia kumpulan video pembahasan soal UN SMP IPA 5 tahun terakhir! Kamu bisa download PDF soalnya dengan mengklik tombol ‚ÄúDownload Soal” di sisi kiri atas halaman link berikut.

Kamu bisa download semua soal di atas dalam bentuk pdf GRATIS! Kalo kamu ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Dan bukan cuma UN IPA aja, Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa kamu download secara GRATIS. Soal-soal ini dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas. Zenius juga udah menyediakan bentuk soal HOTS. Kalo kamu mau download soalnya, kamu bisa download aja di zenius.net ya!

Seperti yang disebut di atas, bagian Fisika ada 18 soal di UN IPA SMP. Tapi di sini kami menggabungkan soal Kimia ke Fisika, jadinya kalo kamu liat di pembahasan UN SMP soal Fisika ada 20-23 nomor.

****

Baiklah, kayaknya semua penjabaran di atas udah lebih dari cukup untuk membantu persiapan kamu menghadapi UN SMP IPA 2019. Jangan sampai lengah, supaya kamu beneran bisa masuk ke SMA inceran kamu selama ini. Sekali lagi, akan jauh lebih baik kalo kamu udah bisa belajar dengan pemahaman konsep dari sekarang, bukan sekedar untuk bisa jawab soal di ujian, trus besoknya lupa. Kalo kamu punya pemahaman materi yang oke, dijamin deh, kehidupan di SMA nanti bakal kebantu banget. Oke deh, semangat ya belajarnya!

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau nanya-nanya sama Fanny dan Steve tentang persiapan Ujian Nasional IPA SMP, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Kamu juga bisa cek video pembahasal soal UN SMP IPA berikut:

>> PEMBAHASAN SOAL UN IPA SMP 2008 – 2017 <<

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.