Panduan Belajar UN SMP Bahasa Inggris

Artikel ini membahas tentang berbagai tips untuk mempersiapkan UN Bahasa Inggris tingkat SMP.

Halo! Jumpa lagi dengan yuuji-sensei. Kali ini sensei akan membahas tentang persiapan UN SMP Bahasa Inggris. Mungkin di antara kamu masih ada yang bingung tentang cara mempersiapkan diri untuk menghadapi UN Bahasa Inggris. Tenang aja, melalui artikel ini, sensei akan bagi beberapa tips supaya kamu bisa punya persiapan yang matang.

 

Kisi-Kisi UN SMP Bahasa Inggris

Sebelum kita bahas, coba kamu lihat dulu kisi-kisi resmi UN Bahasa Inggris 2018 dari pemerintah ini:

Wah, kok kayaknya ribet banget, ya? Nggak juga sih, sebenernya. Kalo kamu lihat dari kisi-kisi ini, sebenernya yang akan keluar gak jauh berbeda dari UN tahun-tahun sebelumnya, kok.

Secara garis besar, ada 3 hal yang perlu banget kamu perhatikan, yaitu:

  • Expression
  • Reading
  • Grammar

Kalo kamu fokus ke 3 hal tersebut, kamu dah meng-cover semua hal inti yang bakal keluar di UN nantinya.

 

Expression pada UN SMP Bahasa Inggris

Dalam aspek Expression, kamu perlu memerhatikan pola interaksi yang terjadi antara 2 orang atau lebih.Bentuk-bentuk yang keluar biasanya berupa permintaan maaf, harapan, ucapan selamat, salam, penyesalan, maksud, kebiasaan, keharusan, dll.

Untuk contoh soal dan pembahasannya, kamu bisa cek video Zenius di sini ya.

Nah, terus gimana cara kita bisa bedain jenis ekspresi yang harus dipake? Gampang, kok, kamu baca dulu soalnya, lalu kamu tentukan nuansa setting dari dialog/teks tersebut. Misalnya kalo ada premis pembicara A menyampaikan sesuatu yang ia tidak sengaja lakukan, maka kemungkinan ekspresi yang keluar adalah permintaan maaf dan atau penyesalan.

Nah, terus gimana kalo soalnya membingungkan? Kalo terjadi seperti ini, kamu bisa lihat pilihan jawaban yang tersedia. Kamu coba kategorikan jenis ekspresi pada jawaban, lalu cocokkan dengan situasi pada soal.

Sebenernya video Zenius yang sensei kasih tadi udah cukup untuk persiapan kamu dalam menguasai jenis-jenis expressions yang bakal keluar nantinya. Namun, kalo kamu mau menambah referensi boleh coba cek video youtube di bawah ini. Beberapa ekspresi di dalam video tersebut pernah keluar di soal-soal UN tahun sebelumnya juga.

 

Reading pada UN SMP Bahasa Inggris

Sensei yakin banget ini bukan hal baru buat kamu. Di sekolah pastinya hampir setiap ada pelajaran Bahasa Inggris, kamu latihan reading. Berhubung tipe soal seperti ini biasanya adalah yang paling banyak keluar, kamu harus menguasai banget segala seluk-beluk reading dalam pelajaran Bahasa Inggris.

Langkah-langkah yang harus kamu kuasai untuk bisa menjawab tipe soal ini dengan baik adalah:

  1. Pahami jenis bacaannya. Yup, kamu harus tahu dulu jenis-jenis bacaan yang akan kamu hadapi nantinya di soal UN. Jenis bacaan tuh bisa berupa berita, iklan, kutipan cerpen atau novel, kutipan naskah dialog drama/film, kutipan wawancara, dsb.
  2. Pahami maksud dari bacaannya. Ini jelas banget, setelah kamu tahu jenis bacaannya apa, kamu harus tentukan kira-kira maksud dari bacaan tersebut apa. Apakah penyampaian informasi, deskripsi sesuatu/seseorang, pengumuman, dll.
  3. Temukan detil-detil penting pada bacaan. Maksudnya apa? Kamu pernah denger 5W 1H, kan? What Who When Why Where How? Kalo kamu dah ketemu keenam detil ini pada bacaan, kamu bakal gampang banget nantinya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan ini.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek video Zenius ini ya.

 

Grammar pada UN SMP Bahasa Inggris

Nah, ini nih, yang sering banget jadi komplain para siswa. Kamu gak perlu khawatir atau males duluan kalo denger soal grammar. Grammar itu bagian paling penting dalam bahasa apapun, jadi mau gak mau, kalo kamu pengen bisa berbahasa Inggris (atau bahasa apapun) dengan baik, kamu harus menguasai grammar dengan baik pula.

Sebenernya ada 2 hal penting yang harus kamu perhatikan saat mempelajari grammar. Sensei nyebutnya prinsip AT (Amount & Time). Maksudnya gimana tuh? Maksudnya, dalam grammar bahasa Inggris, ada 2 hal yang menjadi ujung tombak pembentuk tatanan kalimat, yaitu Amount (jumlah) dan Time (waktu). Kenapa jumlah dan waktu? karena kedua hal ini akan memengaruhi segala perubahan bentuk tenses dalam bahasa Inggris.

Jadi, kamu perhatikan jumlah (Amount) pada subyek dan obyek kalimat dulu. Jangan lupa tambahkan "s" pada bentuk jamak, dan jangan lupa lihat apakah subyeknya jamak atau tunggal. Untuk waktu (Time), ini jelas banget bakal ngaruh. Kamu lihat dulu apakah kejadian/hal yang terjadi dalam sebuah kalimat itu adanya di masa lalu, sekarang, atau akan datang. Kalo kamu terbiasa dengan prinsip AT ini, kamu bakal lebih mudah dalam menguasai grammar, terutama tenses.

Untuk video pembahasan, kamu bisa cek video Zenius berikut.

Kalo kamu masih mumet dengan tenses, bisa cek video referensi berikut ini:

 

Perbanyak Latihan Soal

Setelah kamu mempelajari konsep dan materi untuk Expression, Reading, dan Grammar; kamu butuh untuk menguji pemahaman kamu dan udah sejauh gimana progress belajar kamu. Gimana caranya? Kamu bisa coba ngerjain soal-soal UN SMP Bahasa Inggris dari tahun-tahun sebelumnya.

Enaknya nih, Zenius udah menyediakan soal UN SMP Bahasa Inggris 5 tahun terakhir.

Kamu bisa download PDF soalnya dengan mengklik tombol "Download Soal" di sisi kiri atas pada halaman link-link di atas. Kalo kamu ragu dengan jawaban kamu atau ada bagian yang ga kamu mengerti, kamu juga bisa langsung tonton video pembahasannya. Lengkap banget kan!

****

Nah, demikian beberapa tips yang bisa sensei berikan untuk kamu. Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk membantu kamu dalam mempersiapkan diri demi menghadapi UN SMP Bahasa Inggris 2018. Kalo kamu masih ada pertanyaan seputar UN Bahasa Inggris, jangan ragu untuk tanya ke sensei di kolom komentar ya. Good luck untuk ujiannya 😉

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.

  • Ahmad Zainur

    Ada prediksi gak nih ?