Bahasa yang Berubah: Kemajuan atau Kemunduran?

Pada 88 tahun yang lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, para pemuda-pemudi dari berbagai daerah di Nusantara berkumpul dan menyatukan semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Pada hari bersejarah itu, lahirlah sebuah ikrar yang kemudian kita kenal sebagai Sumpah Pemuda. "Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia." Itulah salah satu bunyi poin dari ikrar yang masih ditulis dengan ejaan tempoe doloe (ejaan van Ophuijsen). Delapan puluh delapan tahun berselang, …

Gimana sih bentuk Bahasa Melayu di Nusantara zaman dahulu?

“Siji, loro, telu, papat, lima”, seorang bocah di Pulau Jawa lagi mulai belajar berhitung. Di sudut belahan dunia yang lain, tepatnya di kota Antananarivo, ibukota Madagaskar, seorang bocah lain mulai belajar berhitung: “Iray, roa, telo, efatra, dimy”. Sementara itu di Kota Manila, Filipina, seorang bocah yang mulai belajar berhitung, berkata “Isa, dalawa, tatlo, apat, lima!”.  Di sudut lain dunia, di negara Pulau Paskah (Easter Island), negara Chili, seorang bocah yang …

Mau belajar SBMPTN lebih awal, sebaiknya mulai dari mana?

Meskipun sekarang ini kita masih memasuki awal-awal bulan dari tahun ajaran baru, tapi kalo gua perhatikan traffic yang akses zenius.net, ternyata gak sedikit juga siswa kelas 12 SMA/SMK maupun alumni SMA/SMK yang udah bertekad dari jauh-jauh hari untuk mulai persiapan belajar menghadapi sbmptn 2016! Mungkin kesannya rada lebay kali ya, ujian SBMPTN-nya aja masih bulan Juni tahun depan, masa belajarnya udah mulai dari bulan September sekarang? Untuk bisa dibilang lebay atau nggak, sebetulnya relatif …

Asal-Usul Kata dalam Bahasa Indonesia

Seorang munsyi (ahli bahasa), Yapi Tambayong pernah mengutip kontak jodoh yang dibuat harian Kompas: “Gadis 33, Flores, Katolik, sarjana, karyawati, humoris, sabar, setia, jujur, antimerokok, antifoya-foya, aktif di gereja. Mengidamkan jejaka maks 46, min 38, penghasilan lumayan, kebapakan, romatis, taat, punya charisma”. Wah wah wah, banyak maunya juga si gadis ini. Gue enggak tahu apakah iklan cari jodoh macam ini masih ada di zaman Tinder, Path, Facebook dan sebagainya. 🙂 …

Matematika sebagai Bahasa - 4x6 atau 6x4?

Kalau lo aktif di social media belakangan ini, pasti foto PR anak SD di bawah ini sempet muncul di timeline lo. Buat yang belum tau, gue ceritain sedikit deh gimana ceritanya foto PR ini bisa viral (baca: nyebar ke mana-mana). Jadi gini, pada suatu hari, seorang kakak yang baik bantuin adiknya yang masih kelas 2 SD mengerjakan soal matematikanya. Soalnya seperti yang bisa lo lihat di foto di bawah. Berhubung …