About yuuji-sensei

Here are my most recent posts

Mending Masuk SMA, SMK, atau MA?

Artikel ini membahas tentang berbagai jenis sekolah menengah tingkat atas seperti SMA, SMK, dan MA, apa perbedaannya, serta bahan pertimbangan untuk membantu kamu memilih. Halo, guys! Ketemu lagi dengan yuuji-sensei. Pada kesempatan kali ini, sensei mau kasih sedikit informasi, nih, terutama untuk kamu yang sebentar lagi akan mengganti warna seragam kamu dari putih biru ke putih abu-abu, dan bingung menentukan sekolah lanjutanmu. Menurut pengamatan sensei, ternyata banyak banget siswa SMP yang masih bingung dalam menentukan …

Panduan Belajar UN SMP Bahasa Inggris

Artikel ini membahas tentang berbagai tips untuk mempersiapkan UN Bahasa Inggris tingkat SMP. Halo! Jumpa lagi dengan yuuji-sensei. Kali ini sensei akan membahas tentang persiapan UN SMP Bahasa Inggris. Mungkin di antara kamu masih ada yang bingung tentang cara mempersiapkan diri untuk menghadapi UN Bahasa Inggris. Tenang aja, melalui artikel ini, sensei akan bagi beberapa tips supaya kamu bisa punya persiapan yang matang.   Kisi-Kisi UN SMP Bahasa Inggris Sebelum …

Gue Minat dengan Bahasa, Bagusnya Ambil Jurusan Kuliah Apa Ya?

Bingung dengan jurusan-jurusan bahasa? Gak tahu harus pilih jurusan bahasa mana yang sesuai? Artikel ini akan membahas tentang tiga jurusan bahasa yaitu Sastra, Pendidikan Bahasa, serta Linguistik Halo, guys! Jumpa lagi dengan gue, yuuji-sensei. Kali ini gue akan bahas tentang jurusan-jurusan yang masih bingungin beberapa siswa, khususnya siswa-siswi yang pengen berkecimpung di dunia bahasa. Kenapa gue ngomongin tentang jurusan-jurusan bahasa? Karena bisa dibilang gue sendiri adalah pecinta bahasa. Gue sendiri adalah lulusan D3 Linguistik dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Selama gue kuliah dulu (dan sekarang …

Bahasa Cina Itu Apa Sih?

Artikel ini membahas tentang apa yang dimaksud dengan bahasa Cina (bahasa Tionghoa), sejarah singkatnya, penggolongannya, serta contoh kosakata yang diserap ke bahasa Indonesia Bang, beli siomay goceng, dong, kamsia ya. Ah, gak cuan gua kalo lu ngutang melulu. Kongkow dulu yuk, tempat mah cincai lah. Kalimat-kalimat di atas pastinya dah gak asing lagi kan, di telinga lo? Nah, dari kalimat-kalimat tersebut, lo ada perhatiin gak, kata-kata yang kok kedengarannya gak kayak …

Sumpah Pemuda: Mengapa Bahasa Indonesia yang Dipilih Sebagai Bahasa Persatuan?

Mengapa Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai bahasa persatuan dalam Sumpah Pemuda? Mengapa bukan bahasa Jawa, yang jumlah penggunanya lebih banyak di Nusantara? Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Gue yakin banget kalo lo tahu bahwa kalimat-kalimat di atas adalah isi dari Sumpah Pemuda …

4 Prinsip Utama dalam Belajar Bahasa Asing

Artikel ini mengupas 4 prinsip utama dalam mempelajari bahasa asing. Dilengkapi juga dengan indikator penguasaan bahasa, tingkat kesulitan, serta tips-tips mempelajari bahasa asing dengan cara yang efektif dan menyeluruh. Pernah gak sih, lo nyoba belajar bahasa asing? Entah itu bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Mandarin, atau bahasa Jerman? Hayo, udah sampe mana penguasaannya? Berdasarkan pengalaman gua jadi guru bahasa asing, gak sedikit pembelajar yang semangat belajarnya gak bertahan lama, mungkin ada juga yang sampe putus asa, …

Bahasa Indonesia itu Gampang atau Susah, sih?

Kenapa banyak anak yang merasa bahasa Indonesia lebih sulit dibandingkan bahasa Inggris? Artikel ini mengulas penyebabnya dan memberi tips mengatasinya. Pernah gak sih, kalian mikir gini: “Kok nilai ulangan Bahasa Indonesia gue gak bagus-bagus amat, ya?” “Perasaan nilai ulangan Bahasa Indonesia gue lebih jelek dari Bahasa Inggris, deh.” Gue sering banget mendengar keluhan-keluhan tersebut dari para siswa. Selama gue mengajar, hal ini selalu saja menjadi fenomena yang berulang setiap tahunnya. Nilai ulangan …