About Faisal Aslim

Find more about me on:

Here are my most recent posts

Peran Peradaban Islam dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Artikel ini mengupas tuntas sejarah Zaman Keemasan Islam, tokoh-tokoh pentingnya, dan perkembangan ilmu pengetahuan di era ini. Halo semua! Tabik! Pada kesempatan kali ini gua mau ceritain lo tentang sepotong kisah perjalanan sejarah yang seru banget tapi sekaligus juga ironis dari peradaban yang telah luar biasa berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan modern. Peradaban ini adalah pemegang obor estafet kedua dari perkembangan ilmu pengetahuan umat manusia, yang pertama dimulai sejak era klasik Yunani, Romawi, …

Sutan Sjahrir: Arsitek di Balik Layar Kemerdekaan

Artikel ini menceritakan kisah kehidupan dan perjuangan Sutan Sjahrir sebagai arsitek kemerdekaan Indonesia yang bekerja di balik layar. Halo semua, pada artikel blog Zenius kali ini, lagi-lagi gue mau bahas topik sejarah. Buat lo yang belum tau, hari ini tanggal 5 Maret, tepat 111 tahun yang lalu telah lahir salah satu Bapak pendiri bangsa kita. Bukan Sukarno, bukan juga Hatta, tapi seseorang yang berjuang di garis belakang dengan jalan kaderisasi kaum …

Kupas Tuntas Jurusan Ilmu Psikologi

Artikel ini membahas dunia ilmu psikologi, materi kuliah psikologi, keahlian yang diperoleh dan peluang kerja setelah lulus. Selama lima belas tahun terakhir, tiap kali gue ketemu orang baru (apalagi begitu tau latar belakang bidang gue psikologi) pertanyaan yang dialamatkan ke gue hampir selalu itu-itu lagi: “Oh lo anak psikologi… bisa baca pikiran orang dong??” Saking bosennya gua sama pertanyaan ini, jawaban gua seringkali beda-beda. Dari jawaban yang bener, singkat, sampai asal-asalan, hehe… Tapi tenang aja, …

Panduan Belajar SBMPTN Sejarah

Pada artikel ini, Zenius mengupas persiapan belajar menghadapi SBMPTN Sejarah. Ada tips belajar menghadapi soal HOTS, bedah topik materi, dan latihan soal yang bervariasi. Halo rekan-rekan muda nan imut-imut sekalian! Gimana suasana hati? Beres? Makin deg-degan ga menjelang SBMPTN? Yaah.. Berbahagialah jika elo-elo semua makin deg-degan, karena deg-degan itu pertanda elo niat banget jadi anak kuliahan di tempat yang elo suka. Nah, pada kesempatan kali ini gua mau berbagi tips untuk mempersiapkan …

Sukarno : Kehidupan & Perjuangan Sang Pendiri Bangsa

Artikel ini mengupas tuntas kisah hidup Sukarno, dari masa mudanya hingga perjuangannya untuk memperoleh kemerdekaan Indonesia. Oke guys, dari judulnya aja lo pasti udah bisa nebak apa isi artikel ini. Yak, setelah sebelumnya Zenius Blog pernah nulis biografi singkat dari Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Tan Malaka, dan Kartini. Tepat hari ini tanggal 6 Juni 2016, sebagai bentuk peringatan kelahiran Bapak Bangsa kita, Zenius Blog mempersembahkan tulisan biografi singkat dari Ir. Sukarno, seorang …

Gimana sih Bentuk Bahasa Melayu di Nusantara Zaman Dahulu?

Sejarah perkembangan Bahasa Melayu dari 5000 SM hingga berubah menjadi Bahasa Indonesia yang kita gunakan sekarang dibahas tuntas pada artikel ini. “Siji, loro, telu, papat, lima”, seorang bocah di Pulau Jawa lagi mulai belajar berhitung. Di sudut belahan dunia yang lain, tepatnya di kota Antananarivo, ibukota Madagaskar, seorang bocah lain mulai belajar berhitung: “Iray, roa, telo, efatra, dimy”. Sementara itu di Kota Manila, Filipina, seorang bocah yang mulai belajar berhitung, …

Siapakah Orang Asli Pribumi Indonesia?

Asal-usul orang pribumi asli Indonesia masih dipertanyakan. Artikel ini mengupas sejarahnya dimulai dari manusia pendatang pertama 1,5 juta tahun yang lalu. Dalam konteks sosial masyarakat Indonesia modern, seringkali kita jumpai istilah “pribumi” yang biasanya mengacu pada identitas orang asli di daerah tertentu. Memang secara umum kita mengenal klasifikasi umum etnis kesukuan lokal Indonesia, misalnya orang Batak itu di Sumetera Utara, orang Sunda itu di Banten dan Jawa Barat, orang Minang di Sumatera Barat, …

Tan Malaka: Bapak Republik Indonesia yang Terlupakan

Tan Malaka adalah orang pertama yang mencetuskan konsep Republik Indonesia bahkan sebelum Sukarno & Hatta. Namun namanya seperti hilang dalam sejarah. Baca kisah selengkapnya! Bulan Juni itu sering diingat sebagai bulan lahirnya tokoh-tokoh besar nasional Indonesia. Diawali dengan hari lahirnya Pancasila (1 Juni) kemudian disusul dengan hari lahirnya mantan presiden pertama Indonesia Soekarno (6 Juni), mantan presiden kedua HM.Soeharto (8 Juni), mantan presiden ketiga B.J Habibie (25 Juni), dan juga presiden ketujuh kita …