jaringan meristem adalah

Jaringan Meristem – Pengertian, Ciri-Ciri, dan Fungsinya

Apa sih pengertian jaringan meristem? Kulik bareng-bareng, yuk. Materi ini keluar di mata pelajaran Biologi kelas 11. Bakal muncul di ujian juga, lho.

Gue masih ingat, dulu gue pernah menanam biji kacang hijau dengan media tanam kapas, di dalam gelas plastik. Cuma butuh beberapa hari saja bagi biji tersebut untuk mulai berkecambah. 

Menanam biji kacang hijau dengan media tanam kapas untuk eksperimen dan observasi.
Ilustrasi menanam biji kacang hijau dengan media tanam kapas. (Arsip Zenius)

Seiring berjalannya waktu, biji mungil itu mulai terus bertumbuh, dengan akar semakin panjang ke bawah, dan batang meninggi ke atas.

Dedaunan yang tadinya begitu sepi, mulai terus bertumbuh di titik-titik tertentu pada batang kurus yang terus memanjang itu.

Wah, rasanya senang banget, bisa melihat suatu tumbuhan yang terus bertumbuh di dalam pengawasan gue. Sobat Zenius, apakah elo juga pernah menanam seperti ini? 

Tumbuhan kacang hijau tersebut, seperti makhluk hidup lainnya di Bumi ini, tentu memiliki jaringan sehingga bisa bertumbuh seperti itu.

Sebagai catatan, jaringan tumbuhan di sini merujuk pada sekumpulan sel dengan fungsi serupa untuk fungsi fisiologi tumbuhan. Jaringan ini ada yang muda dan dewasa.

Nah, jaringan yang muda disebut sebagai jaringan meristem. Biasanya, elo menemui materi ini ketika mempelajari jaringan dan organ tumbuhan pada pelajaran Biologi kelas 11.

Kira-kira, apa ya jaringan meristem itu, bagaimana fungsinya, dan di mana letaknya? Yuk, kita bahas bareng-bareng, dimulai dari pengertian jaringan meristem.

Pengertian Jaringan Meristem

Jaringan meristem adalah jaringan muda pada tumbuhan dengan sel yang terus membelah secara aktif. 

Mungkin sebelumnya Sobat Zenius pernah dengar, bahwa jaringan muda itu bersifat meristematis. Itu artinya, sel-sel pada jaringan muda terus melakukan pembelahan.

Sehingga, jika suatu saat jaringan tersebut dipotong jadi dua atau lebih, potongan-potongannya dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru, lho.

Lalu, apa perbedaan jaringan meristem dengan jaringan dewasa? Sebenarnya, jaringan dewasa pada tumbuhan berasal dari jaringan muda, yang sudah melalui berbagai proses, sehingga kehilangan kemampuan pembelahannya. Jaringan ini kadang disebut juga sebagai jaringan permanen.

Gambar meristem di bawah mikroskop menunjukkan selnya.
Meristem di bawah mikroskop. (Arsip Zenius, Dok. Getty Images)

Selanjutnya, mari kita cari tahu bagaimana karakteristik sel pada jaringan muda ini. Berikut ini beberapa ciri jaringan meristem.

  • Dinding selnya tipis.
  • Ukuran sel jaringan meristem kecil, dengan bentuk dan ukuran yang sama.
  • Sel dalam jaringan meristem hidup.
  • Bersifat meristematis, atau aktif membelah.
  • Isi sel nggak mengandung zat makanan

Ada macam-macam jaringan meristem, yaitu primer dan sekunder. Apa yang dimaksud dengan jaringan meristem sekunder dan primer?

Simpelnya, meristem primer itu mengacu pada aktivitas jaringan yang menyebabkan pertumbuhan tinggi atau panjang tumbuhan. 

Jadi, kalau gue lihat batang kacang hijau tadi, aktivitas jaringan meristem primer menyebabkan kacang hijau gue bisa makin tinggi, dan akarnya pun making panjang ke bawah, itu berkat meristem primer, Sobat Zenius.

Jenis meristem primer ini ada meristem apikal yang terletak di ujung akar serta batang, dan meristem interkalar yang terletak pada ruas tumbuhan.

Lalu, bagaimana dengan meristem sekunder? Meristem jenis ini merujuk pada aktivitas jaringan yang berhubungan dengan pelebaran tubuh diameter tumbuhan.

Contoh meristem sekunder ini adalah meristem lateral yang terdapat pada kambium. Pada tumbuhan dikotil (berbiji terbelah) seperti kacang hijau gue tadi, kambium vaskuler membentuk xilem sekunder ke arah dalam dan floem sekunder ke arah luar.

Untuk penjelasan yang lebih mendalam tentang pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan, elo bisa coba baca artikel di bawah ini, nih.

Baca Juga: Pertumbuhan Primer dan Sekunder Tumbuhan – Materi Biologi Kelas 11

Sebelumnya, gue sudah sempat menjelaskan beberapa jenis meristem pada meristem primer dan sekunder serta letaknya secara singkat. 

Berikut ini gambar jaringan meristem yang menunjukkan letak jaringan meristem dengan lebih jelas.

Gambar jaringan meristem apikal, interkalar, dan lateral.
Gambar jaringan meristem. (Arsip Zenius)

Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, jaringan meristem terdapat pada bagian pucuk akar, batang, tunas, serta ruas tumbuhan (nodus). 

Dilihat dari letak-letak tadi, kita bisa membagi jaringan meristem menjadi tiga macam, yaitu meristem apikal (pucuk/ujung), meristem lateral (samping), dan meristem interkalar (ruas/antara).

Oke, kita telah membahas apa itu jaringan meristem secara umum. Sekarang, kita cari tahu soal fungsinya, yuk.

Fungsi Jaringan Meristem

Jadi, apa fungsi jaringan meristem bagi tumbuhan?

Fungsi jaringan meristem bagi tumbuhan adalah untuk pertumbuhan.
Ilustrasi pertumbuhan suatu tumbuhan. (Arsip Zenius)

Sebenarnya, ada satu kata kunci untuk mendeskripsikan fungsi jaringan meristem: pertumbuhan.

Yap, meristem ini merupakan jaringan yang melakukan mitosis atau pembelahan sel untuk menghasilkan sel anak dengan jumlah kromosom yang sama seperti sel induknya.

Pembelahan sel ini menyebabkan adanya pertumbuhan yang kemudian dapat terlihat seiring dengan pertambahan tinggi, panjang, dan luas tanaman.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa jaringan meristem berfungsi untuk menyokong pertumbuhan tanaman, baik tinggi maupun besar tumbuhan tersebut.

Dengan adanya meristem apikal atau meristem ujung, akar tumbuhan dapat tumbuh memanjang ke bawah, sehingga jangkauan penyerapan air pun semakin panjang. Selain akar, meristem ini juga memungkinan adanya sel-sel pembentuk daun di bagian pucuk tunas tumbuhan.

Selanjutnya meristem interkalar atau meristem antara/ruas, yang dapat ditemukan pada ruas-ruas tumbuhan. Meristem jenis ini berfungsi sebagai jaringan yang mendukung pertumbuhan tinggi tanaman. 

Lalu meristem lateral atau meristem samping, merupakan jaringan yang ditemukan pada batang tumbuhan, seperti pada kambium dan kambium gabus. Dengan pembelahan, jaringan ini berfungsi memperbesar diameter baik batang maupun akar pada tumbuhan.

Jaringan ini biasa juga disebut sebagai jaringan meristem sekunder, yang berasal dari sel dewasa yang aktif membelah kembali. Bila suatu saat nanti elo ditanya soal jaringan meristem yang terdapat pada tumbuhan dewasa, elo bisa menjawab bahwa jaringan meristem yang terdapat pada tumbuhan dewasa adalah  jaringan meristem sekunder seperti kambium.

Baca Juga: Mengenal Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Contoh Soal Jaringan Meristem

Wah, kita sudah membahas definisi, ciri, dan fungsi jaringan meristem, nih. Kira-kira seperti apa ya contoh soal yang biasa ditanyakan? Check it out!

Soal 1

Pernyataan yang benar mengenai jaringan meristem adalah …

A. Hanya dijumpai pada organ tumbuhan yang tidak lagi mengadakan pertumbuhan

B. Sel-selnya selalu membelah dan belum terdiferensiasi

C. Memiliki dinding dengan penebalan yang tidak teratur

D. Dapat bermodifikasi menjadi stomata dan trikomata

Pembahasan

Kita bahas pilihan jawabannya satu per satu ya. Untuk jawaban A, tentu saja salah karena justru jaringan ini dijumpai pada organ tumbuhan yang mengalami pertumbuhan.

Lalu untuk B, betul sekali bahwa jaringan meristem bersifat meristematis yang berarti selnya selalu membelah. Selain itu, jaringan ini memang disebut jaringan muda karena belum terdiferensiasi menjadi jaringan tua. Makanya, jawaban B adalah benar. Bagaimana dengan C dan D, apa yang salah?

Untuk jawaban C nggak tepat, karena dinding meristem itu teratur, yaitu tipis semua seperti yang sudah kita bahas pada ciri jaringan meristem tadi.

Lalu untuk jawaban D juga nggak tepat karena yang bisa bermodifikasi menjadi stomata dan trikomata adalah jaringan epidermis atau jaringan dewasa.

Soal 2

Jaringan meristem terdapat pada bagian tumbuhan kecuali …

A. Ujung akar 

B. Ujung batang 

C. Kambium 

D. Daun

Pembahasan 

Sebelumnya, kita sudah membahas soal letak dan fungsi jaringan meristem. Apabila elo telah membaca dan memahami artikel di atas, elo akan tahu bahwa jaringan muda ini ada di ujung akar dan ujung batang sebagai meristem apikal, dan berada di kambium sebagai meristem lateral. 

Oleh karena itu, jawaban dari soal ini adalah daun (D).

Baca Juga: 6 Jenis Jaringan Tumbuhan

*********

Oke Sobat Zenius, itulah pembahasan singkat mengenai jaringan meristem. Kalau elo ingin mempelajari berbagai macam jaringan dan organ tumbuhan, serta materi Biologi lainnya dengan lebih dalam dan asyik, coba deh nonton videonya di bawah ini. 

materi biologi

Pastikan elo log in akun Zenius elo ya supaya bisa akses video dan soalnya. Sampai di sini dulu artikel kali ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Referensi:

Fungsi Jaringan Meristem – PUSTEKKOM (2019)

Bagikan Artikel Ini!