Ilustrasi seseorang memberikan contoh teks prosedur sederhana, kompleks, dan protokol.

Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks, dan Protokol – Materi Bahasa Indonesia Kelas 11

”Cara membuat dalgona coffee”, “Tips mengerjakan soal UTBK”, “Cara memikat hati wanita”. Hayoo … pernah mencari tips atau cara melakukan sesuatu seperti di atas? Ketika elo menemukan langkah-langkahnya, itu artinya elo sedang melihat contoh teks prosedur, guys! Ada yang sederhana, kompleks, dan protokol. Cari tahu di sini, yuk!

Elo sering merasa stres nggak, sih? Kalau gue pribadi sih sering, ketika sesuatu berjalan nggak sesuai rencana gue, ya, gue merasa tertekan.

Yap, stres merupakan suatu respons tubuh ketika sedang merasa tertekan dengan suatu kondisi. Elo nggak perlu khawatir kalau merasa stres. Toh, kondisi ini termasuk wajar di kalangan milenial, seperti di lingkungan sekolah, perkuliahan, dan kerja.

Nah, kalau sudah stres gitu, kira-kira apa yang elo lakukan untuk membuat pikiran kembali fresh dan plong? Kalau gue mencoba relaksasi menggunakan aromatherapy. Bisa dalam bentuk diffuser atau lilin.

Ilustrasi orang sedang meditasi menggunakan aromatherapy di kamarnya.
Aromatherapy bisa digunakan untuk relaksasi tubuh dan pikiran. (Arsip Zenius)

Sayangnya, buat anak sekolahan, membeli lilin aromatherapy sering kali dianggap nggak ekonomis. Uang yang digunakan untuk membeli lilin aromatherapy, harusnya bisa digunakan untuk jajan sepulang sekolah. Lebih nikmat beli jajan, iya nggak, sih?

Untungnya, gue punya DIY aromatherapy, nih. Elo bisa membuat lilin aromatherapy sendiri di rumah! Tentu saja dengan biaya yang lebih ekonomis. Elo perhatikan bahan dan cara pembuatannya di bawah ini, ya!

Bahan-bahan:

  • 2 batang lilin putih atau parafin
  • Crayon atau cat minyak dengan warna sesuai selera
  • Minyak esensial

Alat-alat:

  • Panci kecil
  • Kaleng bekas
  • Gelas kecil transparan
  • 2 sumbu
  • Tusuk sate dengan ukuran lebih besar dari diameter mulut gelas
  • Pengaduk

Langkah-langkah:

  1. Serut lilin atau lelehkan parafin terlebih dahulu.
  2. Masukkan lilin yang telah diserut atau parafin yang telah dilelehkan ke dalam kaleng bekas.
  3. Siapkan air dan rebus dalam panci kecil.
  4. Setelah air mendidih, masukkan kaleng bekas yang berisi lilin ke dalamnya. Pastikan air dalam panci nggak masuk ke dalam kaleng dan bercampur dengan lilin.
  5. Setelah lilin mulai meleleh, masukkan crayon dengan cara diserut atau cat warna secukupnya ke dalam kaleng.
  6. Aduk lilin dan crayon tersebut menggunakan pengaduk.
  7. Siapkan gelas transparan kecil dan sumbunya. Supaya sumbu terletak di tengah gelas, tusuk sumbu menggunakan tusuk sate dan pastikan sumbu tersebut berada di tengah gelas.
  8. Setelah lilin dan pewarna tercampur sempurna, masukkan minyak esensial dengan aroma yang elo sukai ke dalam campuran tersebut sebanyak 10 tetes.
  9. Angkat kaleng dari panci dan masukkan lelehan lilin ke dalam gelas transparan.
  10. Lilin aromateraphy siap digunakan dan siap membuat pikiran elo lebih relaks.

Gimana, gimana? Stres bisa membuat elo lebih kreatif, kan? Jadi, meskipun elo stres, tetap ada hal positif yang bisa elo lakukan untuk membuat pikiran elo lebih relaks.

Nah, langkah-langkah dalam membuat lilin aromateraphy di atas merupakan salah satu contoh teks prosedur dalam kehidupan sehari-hari, lho.

Baca Juga: Mengenal Tentang Teks Prsedur

Apa Itu Teks Prosedur?

Sebelum masuk ke contoh lainnya, elo perlu memahami dulu apa itu teks prosedur. Kalau didefinisikan, pengertian teks prosedur itu ya seperti ini.

Teks prosedur merupakan teks yang menyajikan langkah-langkah untuk membuat atau melakukan sesuatu secara tepat dan berurutan.

Lho, memangnya tujuan teks prosedur itu apa? Bukannya kita bisa melakukan sesuatu tanpa harus menuliskannya secara berurutan?

Belum tentu, bagi orang awam atau yang belum mengetahui sesuatu, informasi berupa teks prosedur itu perlu, lho.

Misalnya waktu zaman kuliah, gue mau ikut sidang akhir atau skripsi. Nah, gue perlu informasi mengenai alur sidang. Daripada petugasnya menjelaskan ke setiap mahasiswa dan menyebarlah informasi dari mulut ke mulut, lebih baik menggunakan teks prosedur. Dengan begitu, mahasiswa bisa langsung membacanya di papan pengumuman. Iya, kan?

Kasus lainnya ketika awal pandemi Covid-19. Banyak orang belum mengetahui seperti apa protokol kesehatannya. Maka dari itu, pemerintah membuat langkah-langkahnya. Nah, itu termasuk dalam contoh teks prosedur protokol.

Penasaran ada contoh apa saja pada teks prosedur? Kita uraikan bareng-bareng, ya. Cekidot!

Baca Juga: Berkenalan dengan Corona dan COVID-19

Contoh Teks Prosedur Beserta Strukturnya

Sebelumnya, kita sudah melihat salah satu contoh teks prosedur tentang cara membuat aromatherapy. Namun, elo tahu nggak sih, cara membuat aromatherapy itu termasuk dalam jenis teks prosedur apa?

Jadi, teks prosedur itu terbagi menjadi beberapa jenis. Di sini, kita akan membahas jenis teks prosedur berdasarkan bentuknya, yaitu teks prosedur sederhana, kompleks, dan protokol. Gimana perbedaan ketiganya?

Untuk membedakan ketiganya, mudah saja, simak penjelasan dari ketiga jenisnya terlebih dahulu, yuk!

Teks Prosedur Sederhana

Jenis yang pertama adalah teks prosedur sederhana. Contoh teks prosedur sederhana yaitu langkah-langkah dalam mengecas HP. Intinya, jenis yang satu ini hanya berisi dua sampai tiga langkah saja.

Langkah-langkah dalam mengecas HP dalam teks prosedur sederhana.
Prosedur mengecas baterai HP dengan benar. (Arsip Zenius)

Peralatan:

  • HP
  • Charger baterai

Langkah-langkah:

  1. Sambungkan charger ke HP. Akan muncul lampu atau tanda bahwa sambungan antara charger dan HP berhasil.
  2. Cas HP kurang lebih 2 jam sampai baterai HP hampir penuh (lebih baik nggak ngecas HP sampai penuh 100%, misalnya 80% atau 90% sudah dicabut supaya umur baterai lebih awet).
  3. Cabut charger dari HP ketika baterai sudah penuh, dan letakkan charger di tempat yang aman.

Singkat, kan? Bisa dibilang, jenis ini juga merupakan teks prosedur singkat. Contoh teks prosedur singkat selain cara membuat mi adalah cara mengoperasikan setrika listrik. Kita hanya perlu menyambungkan setrika kepada listrik dan setrika sudah bisa digunakan.

Singkat, kan? Contoh teks prosedur lainnya bisa elo sebutkan di kolom komentar, ya.

Teks Prosedur Kompleks

Jenis selanjutnya adalah teks prosedur kompleks. Berbanding terbalik dengan jenis teks prosedur sederhana, tek prosedur kompleks memiliki lebih banyak langkah dan jenjang di tiap tahapannya.

Contoh teks prosedur kompleks yaitu prosedur melaksanakan sidang akhir dan prosedur pendaftaran mahasiswa.

Tahapan sidang kerja sidang tugas akhir terjadwal Telkom University.
Perhatikan alur kerja sidang TA terlebih dahulu supaya bisa melaksanakan sidang TA. (dok. BIF Telkom University)

Teks Prosedur Protokol

Nah, sedangkan teks prosedur protokol itu langkah-langkahnya bisa dibolak-balik. Jadi, nggak harus berurutan gitu dalam melakukan sesuatu.

Contoh teks prosedur protokol adalah cara membuat makanan dan minuman. Elo bisa membolak-balik prosedur tersebut sesuai selera, karena hasilnya nggak akan banyak berubah. Contoh teks prosedur membuat makanan bisa elo lihat pada cara membuat mi instan berikut ini

Contoh teks prosedur membuat makanan mi instan.
Langkah-langkah membuat mi instan. (Arsip Zenius)

Pernah kan, ketemu teman yang cara memasak minyak berbeda dengan kita? Ada yang bumbunya dimasukkan langsung ke panci saat memasak, jadi ikut direbus. Ada juga yang mengikuti arahan bungkus mi, bumbunya dimasukkan ke dalam mangkuk.

Meskipun berbeda, namun tujuannya tetap tercapai, kan?

Hmm, teks prosedur membuat makanan sudah gue kasih di atas. Sekarang, giliran elo yang ngasih contoh teks prosedur membuat minuman di kolom komentar. Gue tunggu, ya.

Uraian di atas bisa elo pelajari menggunakan video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini.

CTA banner ke video belajar zenius bahasa indonesia

Contoh Soal Teks Prosedur dan Pembahasannya

Setelah mempelajari uraian di atas, tentunya elo sudah paham dengan materi teks prosedur, ya. Namun, belum lengkap rasanya kalau gue harus mengakhiri tulisan ini tanpa menguji kemampuan elo dalam memahami uraian di atas. So, coba elo kerjakan soal yang sudah gue siapkan di bawah ini, ya! Kalau masih bingung, elo bisa intip pembahasannya.

Contoh Soal 1

Judul yang tepat untuk sebuah teks prosedur adalah ….

A. Wacana Penutupan Taman Nasional Komodo.

B. Keindahan dan Keistimewaan Pulau Komodo.

C. Panduan Berlibur ke Pulau Komodo Ala Backpacker.

D. Proyek Jurassic Park: Ancaman Habitat Komodo.

E. Destinasi Keindahan Wisata Pulau Komodo.

Jawab: C. Panduan Berlibur ke Pulau Komodo Ala Backpacker.

Pembahasan:

Untuk menjawab soal ini, elo perlu ingat dulu pengertian teks prosedur.

Teks prosedur merupakan langkah-langkah atau tahapan yang dibuat sebagai petunjuk untuk pembaca dalam melakukan sesuatu secara benar.

Kalau elo sudah mengetahui pengertian dari teks prosedur, elo bisa langsung lihat pilihan gandanya. Manakah di antara pilihan A-E yang judulnya menggambarkan langkah-langkah atau petunjuk di dalam isinya.

Yap, pilihan C merupakan yang paling tepat. Karena, tulisan dengan judul tersebut ditujukan bagi orang-orang yang belum pernah berkunjung ke Pulau Komodo, terutama yang ingin menjadi backpacker.

Sedangkan, pilihan ganda lainnya ada yang berupa teks opini (eksposisi atau editorial), teks observasi, dan teks deskripsi.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi

Contoh Soal 2

Perhatikan langkah-langkah mencuci tangan berikut ini!

  1. Basahi tangan dengan air mengalir yang bersih dan hangat.
  2. Tuangkan sedikit sabun ke telapak tangan.
  3. Gosok telapak tangan hingga berbusa.
  4. Gosok juga jemari tangan dan sela-sela jari.
  5. Bersihkan telapak tangan dengan kuku.
  6. Gosok punggung tangan.
  7. (…)
  8. Keringkan dengan handuk atau tisu yang bersih.

Isilah kalimat yang rumpang dalam teks prosedur di atas secara tepat!

A. Cucilah tangan menggunakan air bersih dan mengalir.

B. Sebelum dan sesudah makan, cuci tangan terlebih dahulu.

C. Tuang lagi sabun ke telapak tangan dan gosok hingga berbusa.

D. Pastikan seluruh bagian tangan terkena sabun.

E. Pastikan untuk membilas busa di tangan.

Jawab: A. Cucilah tangan menggunakan air bersih dan mengalir.

Pembahasan:

Kalau elo menemukan tipe soal seperti ini, di mana elo harus mengisi kalimat rumpang dalam teks tersebut, maka elo baca dulu teksnya, kemudian lihat pilihan ganda yang tersedia. Selanjutnya, tinggal pilih deh, option yang paling tepat untuk mengisi kerumpangan pada kalimat tersebut.

Pada teks di atas, ada teks prosedur dalam mencuci tangan. Elo baca poin sebelumnya, yaitu nomor 6, “Gosok punggung tangan”. Baca juga kalimat setelahnya, yaitu poin nomor 8, “Keringkan dengan handuk atau tisu yang bersih”.

Artinya, pada poin 7 itu posisi tangan elo masih dalam keadaan basah, kan? Coba elo baca pilihan gandanya, mana sih, cara yang paling tepat untuk melanjutkan cara ke-6.

Opsi A: Cucilah tangan menggunakan air bersih dan mengalir. Betul ya, setelah tangan berbusa, kita bilas atau cuci dengan air mengalir.

Opsi B: Sebelum dan sesudah makan, cuci tangan terlebih dahulu. Lho, ini nggak nyambung dengan kalimat sebelumnya. Kan cuci tangannya sudah berlangsung, kenapa baru ngasih tahu, iya nggak, sih?

Opsi C: Tuang lagi sabun ke telapak tangan dan gosok hingga berbusa. Kalau lihat dari opsi 6, ini nyambung. Tapi, kalau kita lihat opsi selanjutnya, nggak nyambung. Masa abis nuang sabun langsung dikeringkan. Aneh, kan?

Opsi D: Pastikan seluruh bagian tangan terkena sabun. Ini nyambung dengan poin 6, tapi nggak nyambung dengan poin 8. Kita perlu membilas sabunnya terlebih dahulu sebelum dikeringkan.

Opsi E: Pastikan untuk membilas busa di tangan. Ini lumayan nyambung, nih. Tapi, kalau dipikir-pikir, nggak ada penjelasan lanjutan, membersihkan busanya pakai apa? Pakai air, kan?

Artinya, pilihan A adalah yang paling tepat.

*****

Gimana, gimana? Cepat kasih tahu gue, elo sudah paham, kan, dengan contoh teks prosedur di atas? Kalau elo lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa banget mengakses materi Bahasa Indonesia lainnya dengan langganan paket Aktiva Sekolah Zenius. Dengan begitu, elo bisa mempelajari berbagai video, contoh soal, dan pembahasannya tanpa batasan!

CTA banner ke paket belajar zenius

Referensi:

Alur Kerja Sidang TA Terjadwal — Bachelor of Informatics School of Computing Telkom University.

Bagikan Artikel Ini!