Apa Itu Alkohol dan Fungsinya – Materi Kimia Kelas 12

ilustrasi perempuan sedang membuat larutan alkohol

Di materi Kimia Kelas 12 ini, kita akan membahas apa itu alkohol. Selain itu, topik ini juga akan menjelaskan fungsi alkohol. Yuk, kita mulai pembahasan!

Apakah kalian pernah memanfaatkan larutan alkohol dalam kehidupan sehari-hari? Ada banyak banget fungsi dari alkohol, mulai dari produk kecantikan, kesehatan, minuman, sampai manfaatnya di bidang transportasi. Dengan manfaat yang beragam ini, sebenarnya apa, sih, alkohol itu?

Apa Itu Alkohol?

Ilustrasi apa itu alkohol
Ilustrasi apa itu alkohol (Arsip Zenius 2022).

Di materi Kimia Kelas 11, elo udah berkenalan dengan materi hidrokarbon. Nah, alkohol berawal dari senyawa kimia hidrokarbon yang terdiri dari dua atom, yaitu karbon (C) dan hidrogen (H). Berdasarkan tiga jenis ikatan pada hidrokarbon, salah satunya adalah alkana, kita bisa lihat kalau alkohol merupakan turunan dari alkana.

Oleh karena itu, alkohol adalah istilah umum untuk semua jenis senyawa turunan alkana yang mengikat gugus hidroksil (OH). Satu atau lebih atom H ketika diganti dengan gugus fungsi tertentu akan membentuk senyawa turunan. Jadi, ketika atom H dari suatu senyawa tersebut digantikan dengan gugus fungsi -OH, itulah yang akan menghasilkan senyawa alkohol.

Nama Kimia Alkohol

Setelah tahu kalau alkohol adalah istilah umum yang dipakai, alkohol juga memiliki nama kimia atau rumus kimia seperti berikut ini:

CnH2n + 1OH

Rumus kimia tersebut adalah rumus umum yang dimiliki oleh alkohol. Selain itu, terdapat jenis-jenis alkohol, misalnya metanol (CH3OH) dan etanol (C2H5OH).

Baca Juga: Senyawa Aromatik (Benzena) – Materi Kimia Kelas 12

Fungsi Alkohol

Sebelumnya, kita udah tahu kalau alkohol adalah sebutan umum untuk senyawa karbon dengan gugus fungsi -OH. Contohnya, metanol, etanol, gliserol, dan etilen glikol. Nah, jenis-jenis alkohol ini memiliki fungsinya masing-masing. Kita bahas satu per satu, ya.

Ilustrasi fungsi alkohol
Ilustrasi fungsi alkohol (Arsip Zenius 2022).

Metanol

Alkohol jenis ini bermanfaat sebagai bahan pelarut, plastik, sampai bahan pembuatan pupuk. Selain itu, metanol berfungsi untuk membuat senyawa-senyawa lain, seperti metil ester, asam etanoat, dan formaldehid.

Etanol

Alkohol jenis ini yang sebenarnya digunakan dalam minuman beralkohol. Selain menjadi bahan minuman, etanol bisa dimanfaatkan pada pewarna makanan, obat-obatan, pelarut parfum, sampai desinfektan untuk pembersih luka.

Ilustrasi etanol
Ilustrasi etanol (Arsip Zenius 2022).

Gliserol

Kalau alkohol jenis ini, bermanfaat sebagai bahan obat-obatan, pelumas, dan berbagai fungsi lainnya di bidang kesehatan. Di kehidupan sehari-hari, alkohol jenis ini juga kita temukan sebagai bahan pada produk-produk kecantikan, contohnya pelembap wajah.

Etilen Glikol

Salah satu manfaat senyawa ini adalah sebagai bahan antibeku, contohnya pada campuran air radiator di mobil. Fungsi ini amat membantu di negara yang memiliki musim dingin. Selain itu, kita bisa menemukan alkohol jenis ini pada bahan tambahan cat, cairan lem, dan lain-lain.

Oke, sebelum kita lanjut, kalau elo tertarik mempelajari materi ini secara mendalam, bisa dicek pembahasannya lewat klik banner di bawah ini.

Materi larutan alkohol

Baca Juga : Aldehid dan Keton – Materi Kimia Kelas 12

Contoh Soal Larutan Alkohol

Kita udah membahas materi tentang alkohol dan fungsinya. Sekarang, elo bisa langsung mengerjakan contoh soal di bawah ini supaya pemahaman tentang materi ini semakin oke. Selamat mengerjakan, ya!

  1. Berikut ini yang bukan merupakan kegunaan alkohol adalah .…

a. Sebagai bahan pelarut

b. Sebagai minuman

c. Sebagai bahan antibeku

d. Sebagai parfum

2. Berikut ini yang bukan merupakan kegunaan alkohol aJenis alkohol yang menjadi bahan dalam minuman beralkohol adalah .…

a. Metanol

b. Etanol

b. Gliserol

c. Etilen glikol

Pembahasan

  1. Alkohol dapat digunakan sebagai pelarut parfum, tapi bukan sebagai bahan utama dari parfum. Bahan utama pembuatan parfum adalah ester.

Jawaban: d.

2. Dari berbagai jenis alkohol, etanol merupakan senyawa yang biasa digunakan sebagai bahan minuman beralkohol.

Jawaban: b.

***

Pembahasan kita kayaknya sampai di sini aja. Semoga elo jadi lebih paham ya, tentang materi alkohol dan fungsinya ini. Oh, ya, di Zenius ada berbagai pembahasan tentang materi Kimia yang bisa diakses di sini.

Selain itu, udah ada pembahasan dari beragam materi pelajaran yang bisa diakses lewat website atau aplikasi Zenius, seperti Sejarah, Ekonomi, Biologi, Matematika, dan masih banyak lagi. Selamat belajar!

Baca Juga : Contoh Reaksi Eliminasi dan Substitusi – Materi Kimia Kelas 12

Bagikan Artikel Ini!