Ilustrasi pembedahan contoh soal PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12.

Contoh Soal PAT Semester 2 Bahasa Inggris Kelas 12

Salah satu mata pelajaran yang bakal elo temui dalam penilaian akhir tahun (PAT) yaitu Bahasa Inggris. Hayo, siapa yang suka pelajaran bahasa asing? Atau elo malah nggak suka?

Tenang! Kali ini, gue punya beberapa contoh soal prediksi PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 yang bisa elo jadikan acuan pembelajaran, lho. 

Soal kayak gimana aja yang bakal muncul di PAT, ya? Kira-kira, susah atau gampang, nih? 

Seperti yang sudah lo ketahui, PAT ini termasuk ke salah satu ujian akhir tahun untuk kenaikan kelas. Contohnya, dari kelas 10 ke kelas 11. Kelas 11 ke kelas 12. Sedangkan kelas 12, hasil nilai PAT ini bisa untuk kelulusan.

Maka dari itu, nilai PAT elo ini penting banget, lho. Tapi nggak perlu khawatir, gue punya solusi buat elo yang mau mengerjakan PAT.

Di sini, gue bakal mengupas tuntas berbagai soal yang menjadi prediksi dari PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12. Untungnya, elo bisa melatih kemampuan menjawab soal melalui contoh-contoh di bawah ini, lho.

Tapi, kira-kira topik apa aja yang bakal muncul di soal PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12, ya? 

Persebaran topik PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12
Persebaran topik PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 (Arsip Zenius)

Itu dia persebaran topik PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 nantinya. Biar makin jelas, coba kita bahas beberapa contoh soal dari topik-topiknya, yuk!

Baca Juga: Kenapa Menguasai Bahasa Inggris itu Penting?

Topik: Instruction Text

Kalau versi bahasa Indonesia, instruction text ini kan artinya teks instruksi. Nah, makanya sering banget disebut juga sama procedure text. 

Tapi, elo udah tahu belum, maksudnya instruction atau procedure text itu kayak gimana? Nggak susah, kok.

Ibaratnya, elo mau masak telur goreng di rumah. Tapi, elo nggak tahu caranya. Terus, elo coba menyelami internet dengan mengetikkan “cara memasak telur goreng”. Dari situ, elo ketemu dengan salah satu laman yang ngasih tahu cara memasak telur goreng melalui beberapa langkah.

Nah, langkah-langkah tersebut itu lah yang disebut sebagai procedure atau instruction text. Simpelnya, teksnya ini memberikan elo urutan atau tutorial dalam mengerjakan sebuah hal. 

Terus, contoh soal kayak gimana yang bakal muncul di PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12, ya? Nggak perlu khawatir, gue punya pembahasannya di sini!

Contoh Soal 1:

Instruction text can often be found in….

A. a song

B. a speech

C. rules for a game

D. prayers

E. a report card

Jawaban dan pembahasan:

Dalam peraturan permainan atau pertandingan, pasti terdapat ketentuan-ketentuan yang disusun untuk mengatur alur jalannya permainan atau pertandingan tersebut. Maka, dapat dipastikan instruction text dapat kita temukan di dalamnya. 

Makanya, jawaban yang paling tepat dari pertanyaan di atas yaitu C.

Baca Juga: Procedure Text, Imperative, and Declarative

Topik: Conditionals and Wishes

Topik selanjutnya yang bakal elo temukan dalam PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 yaitu conditionals and wishes. Duh, tentang apa, tuh?

“Seandainya gue punya pintu ajaib, gue mau jalan-jalan ke luar negeri” -> ini salah satu contoh pembahasan dari kalimat conditionals and wishes, gengs.

Simpelnya, topik ini bakal mempelajari tentang pengandaian atau berandai-andai akan suatu hal.

Nah, gue punya dua contoh prediksi soal PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 yang bisa elo coba kerjakan, nih. 

Contoh Soal 1:

Which of the following sentences uses the conditionals in the right context?

A. had I been more patient. I wouldn’t forget my key at home

B. were I to have a little brother, he would’ve been here with me

C. I wish we had had more time to do this task. The deadline is in three days

D. I wish I hadn’t eaten so many spicy foods at the party. I had diarrhea for three days

E. I wish I chose another dress. I wore the same dress as two other girls

Jawaban dan pembahasan:

Supaya lebih jelas, kita coba bedah kalimatnya satu per satu dari pilihan A sampai E, ya.

Di pilihan A,  pemakaian frasa “had I been”, ini menggunakan tenses past perfect atau mengacu ke masa lalu yang nggak bakal kejadian lagi di masa sekarang. Terus, ditambah frasa “wouldn’t forget” yang berarti infinitive atau mengacu ke masa sekarang. Jadi, pilihan A ini nggak benar karena ada frasa yang mengacu ke masa sekarang.

Terus di pilihan B, ada pemakaian kata “were” di mana mengacu ke 2nd conditional atau berandai-andai mengenai sebuah kejadian di saat ini. Tapi sayangnya, ada pula pemakaian frasa “would’ve been” yang mengacu ke past perfect. Jadi, pilihan B ini juga belum benar, ya.

Untuk pilihan C, kalimat ini sebenarnya mengacu ke present tense atau masa sekarang karena ada frasa “in three days”. Tapi, ada keterangan “we had had” yang berarti merujuk ke masa lalu. Kalau mau merujuk ke masa sekarang, penggunaan yang benar ialah “we had”.

Nah, di pilihan D ini baru benar karena tokoh I menjelaskan kejadian di masa lalu menggunakan simple past tense secara keseluruhan.

Terus, kenapa pilihan E salah? Soalnya, penggunaan kata “chose” dan “wore” nggak sepadan. Alih-alih menggunakan “wore”, harusnya menggunakan kata “wear”.

Contoh Soal 2:

Salah satu soal prediksi PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 tentang conditionals dan wishes.
Soal PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 (Arsip Zenius)

Jawaban dan pembahasan:

Tanda bahwa pilihan D bukan fakta adalah penggunaan verba will yang berarti “akan” dalam bahasa Indonesia. Berarti, pilihan D menggambarkan sesuatu yang akan terjadi di masa depan atau masih dalam bentuk rencana, bukan fakta.

Pelajari Juga: Conditionals and Wishes 

Topik: News Item Text

Hayo, ada yang tahu nggak, news item text ini maksudnya apa? Kalau dari namanya, mungkin elo langsung menebak kalau isinya ini tentang berita, ya? Bener banget!

Di topik news item text, elo bakal belajar teks yang berisi berita. Seperti apa contoh soalnya? Ini dia prediksi soal PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 yang bisa elo jadikan gambaran.

Contoh Soal 1:

Scientists have captured the first direct image of a solar system that closely resembles our own. The new image is a family portrait of sorts, showing two giant exoplanets orbiting a young, sun-like star, roughly 300 light years away. 

It marks the first time astronomers have observed more than a single planet orbiting a star similar to the sun. Only two similar systems have ever been previously observed — both with stars uniquely different to ours.

source: cbsnews.com

Based on the text, the similarity between the newly-discovered system and our solar system is….

A. the newly-discovered system has a star resembling our Sun

B. the age of the star in the newly-discovered system is similar to our Sun’s age

C. the number of planets in the newly-discovered system is the same as in our solar system

D. the characteristics of the planets in the two solar systems are similar to each other’s

E. the newly-discovered system and our solar system have more than one planet orbiting a star

Jawaban dan pembahasan:

“It marks the first time astronomers have observed more than a single planet orbiting a star similar to the sun.” Kalimat ini menandai dua hal: ditemukannya tata surya baru, dan tata surya pertama yang sejenis dengan tata surya kita (ditandai dengan the sun).

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang paling tepat dari pertanyaan tersebut ialah E.

Contoh Soal 2:

Salah satu soal prediksi PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 tentang news item text.
Prediksi soal PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 (Arsip Zenius)

Which of these statements are correct based on the text above?

A. Elon Musk is an innovative African-American entrepreneur that focuses on space exploration.

B. Musk is an ultra-rich innovator who neglects huge environmental impacts of his technology company. He’s very determined and persistent.

C. Elon Musk is a very charming and polite businessman who is currently leading an innovative space exploration company.

D. Elon Musk is a visionary entrepreneur who is also very generous. He is super-ambitious and passionate about his job.

E. Elon musk is ridiculously humorous and energetic. He’s a chill and laid-back businessman.

Jawaban dan pembahasan:

Berdasarkan pertanyaannya, kita diajak buat mencari gagasan yang paling benar dari teks di atas, nih. Nah, kebetulan teks di atas menceritakan tentang Elon Musk, mungkin elo pernah dengar kabar baru-baru ini saat dia membeli Twitter di tahun 2022.

Kalau berdasarkan teks di atas, paragraf pertama ini menceritakan tentang latar belakang Elon Musk itu sendiri. Mulai dari kelahirannya di Afrika Selatan, sampai bisnisnya berupa Tesla dan PayPal.

Di paragraf kedua, pembahasannya merujuk kepada Musk yang berhasil masuk ke berita dikarenakan penemuannya, SpaceX. Lalu di paragraf terakhir, penulis membahas tentang sisi Musk yang berdonasi dan ikut membantu untuk penanaman pohon.

Berdasarkan pembahasan paragraf tersebut, jawaban yang paling tepat yaitu D. Kenapa? 

Soalnya, penggambaran Musk sebagai visionary entrepreneur ini terbilang tepat karena dia sudah memikirkan untuk berjelajah ke luar angkasa di tahun 2012 dengan membangun SpaceX.

Terus, dia juga membuat kendaraan listrik yang bisa meminimalisir pemakaian bahan bakar minyak (BBM). 

Selain itu, berdasarkan seluruh pencapaian yang dibuat sampai tahun 2020 kemarin, Musk bisa disebut sebagai orang yang ambisius.

Contoh Soal 3:

Even before the coronavirus pandemic ignited global conversations about hygiene, there was one part of an airplane that nobody wanted to touch — the bathroom door.

What can we infer from the sentence above?

A. people are afraid to touch airplane bathroom door due to fear of coronavirus spreads.

B. airplane bathroom door is among top suspects of coronavirus spreaders.

C. people have always been concerned about airplane bathroom door hygiene even before the pandemic.

D. washing your hands properly will help you to avoid virus spread when using the airplane bathroom.

E. lack of hygiene is the reason why coronavirus pandemic spreads across the globe.

Jawaban dan pembahasan:

Jadi, hal apa yang bisa elo dapat atau simpulkan dari sedikit informasi di atas? Kurang lebih, itu pertanyaan di contoh soal ketiga dari PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 kali ini. 

Simpelnya, kalimat di atas memiliki arti “Bahkan sebelum adanya pandemi virus corona yang membuat seluruh dunia memperbincangkan masalah higienitas, ada satu tempat yang kebanyakan orang nggak mau pegang kalau di pesawat, yaitu pintu kamar mandi”. 

Nah, kita coba bedah jawaban A sampai E, ya.

Pilihan A ini kurang tepat karena hanya membahas rasa takut orang terkena virus corona karena menyentuh pintu kamar mandi di pesawat. Padahal menurut teks di atas, ketakutan ini sudah muncul bahkan sebelum adanya pandemi virus corona.

Terus, pilihan B juga kurang tepat, nih. Soalnya, pintu kamar mandi di pesawat ini nggak menjadi satu-satunya penyebab penyebaran virus corona.

Nah, pilihan C ini yang paling tepat karena berdasarkan teks di atas, orang-orang banyak yang nggak mau menyentuh pintu kamar mandi pesawat. 

Sedangkan pilihan D, masih kurang tepat juga. Kenapa? Karena teks di atas nggak membahas mengenai cuci tangan sama sekali.

Kalau pilihan E, gimana? Pilihan ini juga kurang tepat karena teks di atas nggak menjelaskan tentang alasan menyebarnya virus corona.

Maka dari itu, jawaban yang paling tepat adalah C.

Baca Juga: News Item Text: Definisi, Tujuan, Struktur, dan Contoh 

Topik: English Tenses

Topik terakhir yang bakal gue bedah dalam soal PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 yaitu english tenses. 

Kalau ngomongin tenses, mungkin elo nggak asing sama present, past, sampai perfect continuous tense. Yap! Elo bakal ketemu sama beberapa soal yang membahas tenses nantinya.

Supaya makin kebayang, gue punya dua contoh soal prediksi PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 yang bisa elo kerjakan, nih.

Contoh Soal 1:

If I … an expensive car to show off at the party tonight, I … so hesitant to come.

A. have, wouldn’t be

B. had, wouldn’t be

C. have had, wouldn’t be

D. had, wouldn’t have been

E. would have, were

Jawaban dan pembahasan:

Kalimat dalam soal merujuk pada saat ini dan sifatnya tidak nyata, hanya pengandaian. Jadi kamu harus menggunakan bentuk kalimat 2nd conditional. Untuk membentuknya kamu harus menggunakan simple past dan present conditional (atau present continuous conditional).

Contoh Soal 2:

Sweden is a country known to always respect its athletes. So, Sweden … their athletes if they … any competitions.

A. will reward, win

B. rewards, win

C. rewarded, will win

D. will win, reward

E. wins, reward

Jawaban dan pembahasan:

Yang dideskripsikan dalam soal adalah kebijakan pemerintah Swedia yang bersifat general truth. Artinya, kebijakan tersebut berlaku sekarang atau selalu, nyata, dan mungkin terjadi. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan simple present tense pada kedua klausa dalam kalimat tersebut.

Pelajari Juga: Introduction to Tenses 

Nah, itu dia beberapa contoh soal PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 yang bisa elo jadikan bahan buat pembelajaran, nih. Semoga prediksi soal-soal di atas nggak jauh berbeda sama soal yang keluar di sekolah elo, ya.

Oh iya, elo juga bisa belajar contoh soal PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12 lainnya di Zenius, lho. Yap! Ada puluhan soal yang bisa elo akses, nih. Penasaran, nggak? Elo bisa langsung klik banner di bawah ini saja, ya!

Belajar lebih lanjut tentang contoh soal PAT di sini

Sambil elo belajar dan latihan soal PAT semester 2 Bahasa Inggris kelas 12, gue punya video yang dijamin bisa mencerahkan pikiran elo, nih. Video di bawah ini tentang tebak-tebakan spelling dalam bahasa Inggris. 

Hayo … coba elo ikutan tebak-tebakannya juga lewat video di bawah ini, ya!

Bagikan Artikel Ini!