Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lembaga Ekonomi – Materi Sosiologi Kelas 10

Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lembaga Ekonomi

Salah satu lembaga sosial yang nggak kalah pentingnya untuk dibahas adalah lembaga ekonomi. Elo pasti sering mendengar kan tentang lembaga ekonomi? Tapi, elo tahu nggak sih sebenarnya apa itu lembaga ekonomi?

Sebagai contoh nih, sekarang lagi ramai berita tentang naiknya harga minyak. Nah, menurut elo apa sih yang perlu dilakukan pemerintah? Yap, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan mempunyai tugas untuk menetapkan HET (Harga Eceran Tertinggi) minyak agar tidak semakin melambung. 

Seperti yang kita tahu, Kementerian Perdagangan merupakan salah satu contoh lembaga ekonomi. So, kali ini gue akan mengajak elo untuk kenalan dengan lembaga satu ini, mulai dari pengertian, fungsi, hingga contohnya. Yuk, simak!

Pengertian Lembaga Ekonomi

Apa yang dimaksud dengan lembaga ekonomi? Lembaga ekonomi merupakan seperangkat aturan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat (produksi, distribusi, dan konsumsi). 

Pengertian Lembaga Ekonomi
Pengertian Lembaga Ekonomi (Arsip Zenius)

Sobat Zenius, coba deh elo bayangin kalau lembaga ekonomi tidak ada? Hmm, pastinya akan banyak pedagang yang menjual barang tidak sesuai dengan HET (Harga Eceran Tertinggi). Nah, hal ini tentu saja akan mengganggu keseimbangan dan ketersediaan pasokan barang. Maka, dari itu guys, kita membutuhkan lembaga ekonomi dalam mengatur masalah ekonomi. 

Sebagai informasi, HET merupakan harga tertinggi yang boleh dikenakan untuk sebuah produk yang dijual di suatu negara. Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi lembaga ekonomi:

1. Fungsi Manifes Lembaga Ekonomi

Fungsi manifes lembaga ekonomi dalam menjaga kesejahteraan, yaitu:

  1. Mengatur kegiatan pembelian, pengolahan, pendistribusian, dan penjualan. 
  2. Mengatur kewajiban, hak, dan keseimbangan pasar. 

2. Fungsi Laten Lembaga Ekonomi

Selain fungsi manifes, lembaga ekonomi juga memiliki fungsi laten. Secara tidak sadar lembaga ekonomi berfungsi sebagai pemberi identitas sosial (white collar atau blue collar) dan pembentukan stratifikasi (kelas sosial). 

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Lembaga Keluarga

Contoh Lembaga Ekonomi

Contoh Lembaga Ekonomi pertamina
Pertamina merupakan salah satu contoh lembaga ekonomi. (Dok. Wikimedia Commons)

Nah, tadi kan kita sudah bahas mengenai pengertian dan fungsi lembaga ekonomi. Lantas, apa saja sih contoh lembaga ekonomi? 

1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 

Salah satu contoh lembaga ekonomi adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menurut UU nomor 19 Tahun 2003, BUMN merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang terpisah. Contoh BUMN antara lain PT Pertamina, Perum Bulog, Perum Damri, dan lainnya. 

2. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)

Contoh lembaga ekonomi berikutnya adalah Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). BUMS merupakan badan usaha yang didirikan dan dimodali oleh seseorang atau sekelompok orang. Contoh BUMS antara lain PT Astra Internasional Indonesia, PT Freeport Indonesia, dan lainnya.

3. Koperasi

Menurut UU RI No. 25 Tahun 1992, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Contoh koperasi yakni koperasi sekolah. 

Bank termasuk ke lembaga ekonomi
Bank termasuk ke lembaga ekonomi. (Dok. Freepik)

Baca Juga: Fungsi Lembaga Agama dan Pengertiannya!

Contoh Soal Lembaga Ekonomi

  1. Perhatikan contoh-contoh lembaga sosial berikut!

(1) Pedagang

(2) Bank

(3) DPR

(4) Koperasi

Contoh lembaga ekonomi yang tepat ditunjukkan oleh pernyataan ….

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 1 dan 4

D. 2 dan 4

E. 3 dan 4

Jawaban:

DPR adalah lembaga politik. Sementara itu, pedagang merujuk pada pekerjaan individu, bukan sebuah sistem yang lebih luas dalam mengatur kegiatan ekonomi seperti pasar atau perdagangan, sehingga belum bisa disebut sebagai lembaga sosial.

Maka, jawaban yang tepat adalah D. 

Baca Juga: Jenis Penelitian Sosial dan Manfaatnya

Nah, itu dia, guys, pembahasan tentang pengertian dan fungsi lembaga ekonomi. Kalau elo mau tahu lebih banyak mengenai lembaga ekonomi, elo bisa tonton videonya melalui aplikasi Zenius Yuk, download aplikasinya dengan cara klik banner di bawah ini!

Belajar sosiologi di video materi Zenius
Bagikan Artikel Ini!