fungsi lembaga agama

Fungsi Lembaga Agama dan Pengertiannya! – Materi Sosiologi Kelas 10

Hai, Sobat Zenius! Sudah tahu belum, berita tentang restoran Hanamasa yang belum memiliki sertifikat halal MUI? Yap, belakangan ini berita tersebut sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Tapi, elo tahu nggak sih, sebenarnya hal-hal seperti halal atau tidaknya sebuah restoran itu ada yang mengatur, lho! 

Misalnya saja MUI sebagai lembaga agama yang mempunyai semacam indikator penilaian terhadap halal atau tidaknya sebuah restoran. Eitss, tapi fungsi lembaga agama tidak hanya itu lho, melainkan, masih banyak fungsi lainnya yang nggak kalah penting. Maka dari itu, yuk cari tahu lebih banyak tentang lembaga agama, mulai dari pengertian hingga fungsinya!

Apa yang Dimaksud dengan Lembaga Agama? 

fungsi lembaga agama
Fungsi Lembaga Agama / Sumber: Zenius

Sederhananya, lembaga agama merupakan wadah untuk memenuhi kebutuhan rohani. Sekarang, coba deh elo bayangkan kalau lembaga agama itu tidak ada. Pastinya, keadaan akan sangat kacau, bahkan bisa saja menimbulkan perpecahan di negara. Kenapa bisa begitu? 

Well, seperti yang diketahui, sebuah agama membutuhkan yang namanya penafsiran. Sehingga, adanya lembaga agama ini dapat menghindari timbulnya orang-orang yang mengaku-ngaku sebagai ahli tafsir. Selain itu, lembaga agama juga memiliki berbagai fungsi nih, guys! Kira-kira apa saja ya, fungsinya? Yuk, cari tahu!

Fungsi Lembaga Agama

1. Fungsi Manifes (Fungsi Nyata)

Fungsi lembaga agama pertama adalah manifes. Ini dia penjelasannya.

  • Salah satu fungsi manifes lembaga agama yakni mengatur hubungan manusia dengan Tuhan & manusia dengan manusia. Contoh dari hubungan manusia dengan Tuhan adalah dengan adanya tempat ibadah. Sementara itu, contoh dari hubungan manusia dengan manusia adalah dengan berperilaku baik antara sesama.
  • Fungsi lembaga agama selanjutnya adalah sebagai pedoman berperilaku yakni nilai-nilai apa saja yang diharapkan untuk dipegang teguh oleh manusia. 
  • Selain itu, fungsi lembaga agama adalah untuk memberi makna pada suatu fenomena, contohnya pernikahan. 

2. Fungsi Laten (Tersembunyi)

Nah, tadi kan sudah membahas tentang fungsi manifes lembaga agama. Terus, kalau fungsi latennya bagaimana, ya?

  • Salah satu fungsi laten lembaga agama adalah sebagai pemersatu, sebagai contoh elo memiliki agama yang sama dengan teman sehingga timbul rasa persatuan.
  • Selain itu, fungsi lembaga agama adalah sebagai kontrol sosial. Misalnya, elo jadi mengetahui bagaimana cara berperilaku yang baik. 

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Lembaga Keluarga – Materi Sosiologi Kelas 10

Contoh Fungsi Lembaga Agama 

Lalu, apa saja sih, fungsi lembaga agama yang sering dirasakan di kehidupan sehari-hari? 

Kalau di dalam bidang pendidikan, biasanya lembaga agama akan mengontrol dan memberi masukan kepada pemerintah agar buku-buku pelajaran di sekolah benar dan tidak bertentangan dengan ajaran agama. 

Selain itu, lembaga agama juga berperan dalam mengawasi konten-konten agama yang ada di media massa sehingga isinya semakin berkualitas. 

Contoh Soal Lembaga Agama

  1. Fungsi laten dari lembaga agama yang tepat adalah ….

A. Pedoman hidup manusia

B. Mengatur tata cara hubungan antarmanusia dan manusia dengan Tuhan

C. Memberikan identitas kepada seluruh umat beragama

D. Pengikat solidaritas kelompok

E. Memberikan acuan bertindak umat beragama

Jawaban dan Pembahasan:

Fungsi laten adalah sebagai pengikat solidaritas kelompok sehingga jawaban yang tepat adalah D. Pengikat solidaritas kelompok.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis Kriminalitas – Materi Sosiologi Kelas 10

Finally, selesai juga nih, pembahasan tentang pengertian dan fungsi lembaga agama. So, gimana guys, masih ada yang bingung nggak? Kalau masih ada yang ingin ditanyakan elo bisa langsung komen di bawah, ya! 

Bagikan Artikel Ini!