pengertian bonus demografi

Bonus Demografi Beserta Manfaat dan Dampaknya – Materi Geografi Kelas 11

Halo, Sobat Zenius! Sebelum membahas tentang bonus demografi, gue punya satu pertanyaan nih. Pernah nggak elo membayangkan kalau di suatu negara yang didominasi oleh kelompok umur tertentu dalam jumlah yang sangat banyak? Kira-kira apa ya, yang akan terjadi?

Yap, pastinya keadaan seperti itu akan berdampak pada kondisi ekonomi negara nih, guys. 

Nah, biar elo nggak makin bingung, yuk kita cari tahu lebih banyak mengenai bonus demografi. Mulai dari pengertian, dampak, hingga manfaat dari bonus demografi!

Bonus demografi termasuk dalam materi Isu dalam Dinamika Kependudukan kelas 11. Untuk baca artikel selengkapnya, klik link berikut: Dinamika Kependudukan Indonesia.

Pengertian Bonus Demografi

Apa yang dimaksud bonus demografi?

Bonus demografi adalah kondisi di mana proporsi penduduk usia produktif lebih besar dibandingkan penduduk usia non produktif (utamanya usia muda).

Usia produktif yang dimaksud adalah rentang usia 15-64 tahun, sedangkan usia non-produktif terbagi menjadi dua yaitu usia muda (<15 tahun) dan usia tua (>64 tahun).

Nah, menurut elo apa sih yang menjadi penyebab bonus demografi? Kalau elo menjawab angka kelahiran rendah, yap itu betul banget. Rendahnya angka kelahiran di suatu wilayah menyebabkan populasi usia muda (<15 tahun) menjadi sedikit. Sehingga, usia produktif (15-64 tahun) menjadi lebih dominan. 

So, apakah Indonesia telah mencapai kondisi bonus demografi? Nah, coba deh elo perhatikan gambar di bawah ini!

piramida penduduk dan data bonus demografi indonesia
Piramida penduduk Indonesia. (Dok. Populationpyramid.net)

Seperti yang elo lihat di gambar kiri, penduduk Indonesia di tahun 2020-sekarang masih didominasi oleh usia non-produktif sehingga belum bisa dikatakan sebagai bonus demografi. Sementara itu, dari gambar kanan, penduduk Indonesia tahun 2045 didominasi oleh usia produktif.

Dari sana, dapat disimpulkan kalau Indonesia akan mencapai bonus demografi di tahun 2045. 

Udah pernah tau belum, apa itu piramida penduduk dan jenis-jenisnya? Pembahasan selengkapnya ada di artikel berikut: Komposisi Penduduk dan Piramidanya.

Dampak Positif dan Negatif Bonus Demografi

manfaat bonus demografi dan dampak negatifnya
Apa dampak positif dan negatif bonus demografi? (Dok. Pexels)

Lantas, apa sajakah dampak positif dan negatif bonus demografi?

Jadi, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bonus demografi merupakan kondisi di mana usia produktif lebih dominan. Sehingga, dampak positif bonus demografi adalah meningkatnya pertumbuhan ekonomi. Nah, menurut elo kenapa sih bonus demografi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi? 

Dengan adanya bonus demografi dapat meningkatkan standar hidup penduduk yang salah satu faktor penentunya yakni produktivitas. Produktivitas merupakan kemampuan untuk memperbaiki mutu kehidupan, efisiensi, efektivitas, dan penciptaan nilai tambah. Sehingga, dengan adanya peningkatan produktivitas maka dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Tapi, pertumbuhan ekonomi bisa tercapai ketika ketersediaan lapangan pekerjaan dan kualitas SDM yang baik sudah tercapai. Bagaimana kalau tidak?

Apabila belum tercapai, yang akan terjadi adalah penurunan ekonomi akibat angka pengangguran yang tinggi. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan memiliki strategi dalam menghadapi bonus demografi. Beberapa strategi yang bisa dilakukan yakni reformasi birokrasi, pengembangan talenta muda, reformasi pengawasan, dan lainnya. 

Contoh Soal Bonus Demografi

penyebab perubahan sosial budaya yang berkaitan dengan demografi adalah bertambah dan berkurangnya penduduk
Ilustrasi bonus demografi (Dok. Pexels)
  1. Bonus demografi cenderung terjadi di negara berkembang karena ….

A. Jumlah penduduk usia muda tinggi.
B. Jumlah penduduk usia muda rendah.
C. Peluang atau kesempatan kerja rendah.
D. Peluang atau kesempatan kerja tinggi.
E. Tidak ada jawaban yang benar.

Jawaban:

Bonus demografi terjadi apabila sebelumnya suatu negara memiliki jumlah penduduk usia muda yang tinggi. Ini banyak terjadi di negara berkembang karena pada dasarnya jumlah penduduk muda di negara berkembang sudah tinggi. Maka, jawaban yang tepat adalah A. 

Gimana nih guys, elo udah paham belum tentang materi di atas? Atau elo masih bingung dengan konsep bonus demografi? 

Nah, bagi elo yang masih bingung atau malah ingin tahu lebih banyak lagi tentang materi ini, buruan download dan kunjungi aplikasi Zenius atau klik banner di bawah ini, ya!

belajar materi pelajaran geografi di zenius
Bagikan Artikel Ini!