dinamika kependudukan Indonesia

Dinamika Kependudukan Indonesia – Materi Geografi Kelas 11

Hi, guys! Kali ini aku akan membahas topik yang ‘kita bangetnih. Apa ya kira-kira yang kita banget? Penduduk atau Antroposfer. Antroposfer itu memang mencakup dua pembahasan besar, yaitu penduduk dan budaya.

Namun, di artikel ini aku hanya akan fokus ke dinamika kependudukan Indonesia.

Pernah gak kalian perhatikan bahwa di suatu daerah selalu ada yang lahir dan ada juga yang meninggal. Ada penduduk baru, ada juga yang pindah ke tempat lain.

Nah, itu termasuk dalam bahasan kita kali ini lho, guys. Tentunya bahasan kali ini menarik banget buat kita sebagai penduduk Indonesia. Yuk, langsung aja kita bahas satu per satu!

Apa Itu Dinamika Kependudukan?

Sebelum jauh membahas tentang dinamika kependudukan, alangkah baiknya kita tau dulu apa itu penduduk. Nah, berdasarkan UUD 1945 pasal 14 ayat 1, penduduk adalah tiap-tiap orang yang bertempat kedudukan di dalam daerah Negara Indonesia selama 1 tahun berturut-turut.

Jadi, bukan hanya mereka yang secara hukum menjadi WNI, melainkan juga WNA yang tinggal di Indonesia.

Udah tau ‘kan definisi pengertian penduduk? Sekarang kita bahas pengertian dinamikanya. Dinamika penduduk adalah perubahan jumlah penduduk yang diakibatkan oleh beberapa faktor. 

Penduduk termasuk dalam bahasan Antroposfer. Saat mempelajari Antroposfer, maka kamu akan menemukan tiga bahasan penting, yaitu demografi, mobilitas, dan masalah kependudukan.

Demografi mempelajari tentang sensus penduduk, kuantitas dan kualitas kependudukan.

Selanjutnya ada mobilitas, yang akan membahas tentang transmigrasi dan urbanisasi. Terakhir, ada masalah kependudukan di Indonesia.

Sumber Data Kependudukan

Sensus Penduduk

Pasti kamu udah gak asing dengan sensus penduduk ‘kan? Itu lho pendataan penduduk yang biasanya dilakukan oleh petugas dengan datang ke rumah-rumah, namun tahun lalu sensus udah mulai dilakukan secara daring lho.

Jadi, sensus penduduk adalah pencacahan jiwa setiap 10 tahun sekali oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Tentu saja, sensus penduduk sangat membantu untuk mengetahui dinamika kependudukan Indonesia.

Dengan begitu, kamu bisa tau nih jumlah penduduk di Indonesia itu ada berapa sih? Dan usia yang paling banyak di Indonesia itu di kisaran berapa ya?

Pengumpulan data sensus bisa dilakukan dengan dua cara lho, yaitu de facto dan de jure. Perbedaannya terletak pada perhitungannya. 

  • de facto adalah perhitungan dari setiap orang yang berada dalam wilayah sensus. Mau itu penduduk asli wilayah yang sedang melaksanakan sensus ataupun bukan akan tetap masuk dalam perhitungan tersebut dengan cara de facto.
  • de jure adalah perhitungan penduduk yang benar-benar bertempat tinggal di dalam wilayah sensus. Jadi, kalau bukan penduduk asli daerah situ tidak akan masuk perhitungan sensus dengan cara de jure.

Coba cermati lagi deh biar kamu paham dulu perbedaannya sebelum lanjut ke bahasan berikutnya. Kalau tadi kita bicara tentang cara pengumpulan data, sekarang ada juga nih cara pencatatan datanya, yaitu householder dan canvasser.

  • Cara pertama adalah householder dimana data tersebut diisi oleh kepala keluarga.
  • Cara kedua adalah canvasser dimana data diisi oleh petugas sensus.

Yuk, ketahui lebih lanjut tentang materi Sensus Penduduk dengan klik link berikut: Pengertian Sensus Penduduk, Fungsi, dan Metodenya.

Survei Penduduk

Sebelumnya, kita udah bahas tentang sensus penduduk. Ternyata, selain itu ada juga lho yang namanya survei penduduk.

Apa itu survei penduduk? Survei penduduk adalah pencacahan yang ditujukan hanya sebagian penduduk untuk topik tertentu.

Survei ini juga gak terpaku pada waktu tertentu seperti pada sensus penduduk yang dilakukan setiap 10 tahun sekali ya, guys.

Misalnya, Survei Angkatan Kerja Nasional. Survei tersebut hanya fokus kepada penduduk yang angkatan kerja, gak meneliti penduduk yang produktif dan non produktif, dll.

Registrasi

Registrasi merupakan proses pencatatan, misalnya kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, dan migrasi yang dilakukan oleh pemerintah.

Contohnya adalah pencatatan data kelahiran yang dilakukan oleh kelurahan setempat.


Materi Video Sensus, Survei, dan Registrasi Penduduk

Buat yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton video materi lengkap Konsep Sensus, Survei, Registrasi, hingga Perkembangan Sensus Online di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Faktor Dinamika Kependudukan

faktor dinamika kependudukan
Kelahiran merupakan faktor yang mempengaruhi dinamika kependudukan Indonesia (sumber gambar: pixabay.com/Free-Photos)

Kelahiran (Natalitas)

Faktor pertama dalam dinamika kependudukan Indonesia adalah kelahiran. Nah, kelahiran terbagi lagi menjadi dua, yaitu pro-natalitas dan anti-natalitas.

Apa sih maksud dari keduanya? Begini, guys, kalau pro natalitas itu berarti yang mendukung kelahiran. Sedangkan, anti natalitas berarti faktor-faktor yang menghambat kelahiran.

Pertama, kita bahas terlebih dahulu tentang pro natalitas. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mendukung kelahiran.

  1. Pernikahan usia muda. Adanya pernikahan usia muda tentu membuka kesempatan memiliki anak juga lebih lama, karena rentang usia dari muda sampai tidak produktifnya panjang. Sehingga, dapat meningkatkan angka kelahiran.
  2. Mitos yang beredar di masyarakat. Misalnya banyak anak banyak rezeki. Adanya mitos seperti itu dapat meningkatkan kelahiran anak.
  3. Kebutuhan tenaga kerja. Dengan adanya anak, maka kemungkinan anak tersebut bisa meningkatkan perekonomian keluarga setelah dewasa dan bekerja.
  4. Keinginan memperoleh anak dengan jenis kelamin tertentu. Kalau ini sih banyak ya kasusnya, ketika ada pasangan suami istri yang hanya memiliki anak laki-laki, kemudian ingin adanya anak perempuan. Maka, mereka akan merencanakan untuk memiliki anak lagi. Itulah yang membuat tingkat kelahiran meningkat.

Hal-hal di atas bisa meningkatkan angka kelahiran di Indonesia. Kalau ada yang meningkatkan, berarti ada yang menghambat donk?

Yap, betul sekali. Faktor yang menghambat tingkat kelahiran disebut anti natalitas. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang menghambat kelahiran.

  1. Program KB (Keluarga Berencana). Program ini milik pemerintah dengan tujuan untuk membatasi jumlah anak yang dimiliki dalam satu keluarga. Tentu saja hal ini juga menghambat tingkat kelahiran.
  2. Pembatasan usia pernikahan. Kebalikan dari pernikahan usia dini, pembatasan usia pernikahan tentu bisa menghambat tingkat kelahiran. Hal ini karena rentang waktu yang diperlukan untuk merencanakan kehamilan terbatas.
  3. Asumsi anak beban keluarga. Dengan memiliki asumsi seperti ini, seperti dengan memiliki anak tentu akan memiliki beban/tanggungan untuk pendidikan di masa depannya, ribet, dll.
  4. Pembatasan tunjangan anak dari tempat kerja orang tua. Ada beberapa perusahaan atau tempat kerja yang membatasi tunjangan untuk anak, misalnya untuk dua anak saja. Hal itu akan mempengaruhi perencanaan untuk memiliki anak lagi, sehingga akan menghambat tingkat kelahiran.

Untuk membaca materi lainnya tentang Natalitas, klik link berikut: Rumus Natalitas Beserta Faktor Pendorong dan Penghambatnya.

Kematian (Mortalitas)

Faktor selanjutnya dari dinamika kependudukan adalah kematian atau mortalitas. Sama halnya dengan natalitas. Mortalitas juga ada pro mortalitas dan anti mortalitas. Pertama, kita akan membahas tentang pro mortalitas terlebih dahulu, yaitu faktor-faktor yang mendukung tingkat kematian.

  1. Sarana kesehatan yang kurang memadai. Tentu saja hal ini akan meningkatkan kematian.
  2. Rendahnya kesadaran akan pentingnya kesehatan. Dengan masih banyaknya penduduk yang kurang menyadari akan pentingnya kesehatan, maka tidak akan memperhatikan kesehatan seperti memakan makanan yang tidak bergizi atau lingkungan yang kotor. Hal itu dapat mendatangkan berbagai penyakit dan meningkatkan kematian.
  3. Bencana alam. Terjadinya bencana alam hingga menyebabkan korban tentu akan meningkatkan kematian.
  4. Peperangan. Yap, peperangan jelas memakan banyak korban.

Di sisi lain ada juga faktor-faktor yang menghambat kematian atau anti mortalitas. Dengan kata lain, faktor-faktor ini mendukung harapan hidup.

  1. Fasilitas kesehatan yang memadai. Lengkapnya fasilitas kesehatan yang didukung dengan teknologi modern akan memudahkan proses penyembuhan penduduk yang sakit dan membantu pemeriksaan kesehatan. Hal ini dapat menurunkan tingkat kematian.
  2. Lingkungan yang bersih dan teratur. Hal ini akan membuat lingkungan sehat, karena jauh dari bibit penyakit, seperti nyamuk penyebab demam berdarah dan virus.
  3. Tingginya tingkat kesadaran akan pentingnya kesehatan. Semakin banyak penduduk yang sadar pentingnya kesehatan, maka akan membuat kehidupannya lebih teratur seperti rajin berolahraga dan memakan makanan yang bergizi.

Untuk membaca materi lainnya tentang Mortalitas, klik link berikut: Konsep dan Rumus Mortalitas.

Rumus-Rumus dalam Dinamika Kependudukan

Oh, ada rumusnya juga ya? Aku kira gak ada perhitungannya hmmm. Eitss… jangan pesimis gitu donk.

dinamika kependudukan Indonesia
Dinamika kependudukan di Indonesia (sumber gambar: unsplash.com/ryoji_iwata)

Perhitungan yang terdapat dalam Ilmu Geografi simpel kok, guys, yang penting kamu paham dulu. Selama kamu paham konsepnya, kamu bisa lebih lancar menaklukan berbagai perhitungannya.

Crude Birth Rate (CBR) atau Angka Kelahiran Kasar

Rumus ini digunakan untuk menentukan angka kelahiran kasar, yaitu angka yang menunjukkan banyaknya kelahiran pada tahun tertentu, biasanya untuk setiap 1.000 penduduk. 

Perhitungan ini tidak memperhatikan usia dan jenis kelamin, guys.

Rumus:

CBR = B/P x k

Keterangan:

B: jumlah bayi yang lahir pada periode tertentu.

P: jumlah penduduk pada pertengahan tahun.

k: konstanta, biasanya 1.000.

Note

Tinggi = > 30 jiwa

Sedang = 20 – 30 jiwa

Rendah = < 20 jiwa

Age Specific Birth Rate (ASBR) atau Angka Kelahiran Spesifik

Rumus ini juga digunakan untuk menentukan angka kelahiran, namun lebih spesifik. Nah, dalam perhitungan ini mempertimbangkan kategori umur.

Rumus:

ASBRx = Bx/Px x k

Keterangan:

Bx: jumlah kelahiran dari wanita kelompok umur x pada tahun tertentu.

Px: jumlah penduduk wanita kelompok umur x pada pertengahan tahun yang sama.

x: kelompok umur (15-19, 20-27, dst)

k: konstanta, biasanya 1.000


Materi Video Menghitung CBR dan ASBR

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, pelajari video materi Cara Menghitung Crude Birth Rate (CBR) dan Age Specific Birth Rate (ASBR) beserta contoh soalnya di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Crude Death Rate (CDR) atau Angka Kematian Kasar

Rumus ini digunakan untuk menghitung angka kematian kasar. Kalau tadi CBR adalah angka kelahiran kasar, nah ini kebalikannya, guys.

Rumus:

CDR = D/P x k

Keterangan:

D: jumlah kematian dalam periode tertentu.

P: jumlah penduduk pada pertengahan tahun tertentu.

k: konstanta, biasanya 1.000.

Note

Tinggi = > 20 jiwa

Sedang = 10 – 20 jiwa

Rendah = < 10 jiwa

Age Specific Death Rate (ASDR) atau Angka Kematian Spesifik

Rumus ini digunakan untuk menentukan angka kematian secara spesifik.

Rumus:

ASDRx = Dx/Px x k

Dx: jumlah penduduk yang meninggal dari kelompok umur tertentu pada tahun tertentu.

Px: jumlah penduduk dari kelompok umur x pada pertengahan tahun yang sama.

x: kelompok umur (15-19, 20-27, dst).

k: konstanta, biasanya 1.000.

Infant Mortality Rate (IMR) atau Angka Kematian Bayi

Rumus ini digunakan untuk menghitung angka kematian bayi sebelum ulang tahun pertama mereka (0-11 bulan) setiap 1.000 kelahiran hidup dalam tahun tertentu.

Kita perlu menghitung angka kematian bayi untuk melihat apakah kualitas kependudukan di daerah tertentu baik atau buruk.

Rumus:

IMR = Do/B x k

Keterangan:

Do: jumlah kematian bayi di bawah 1 tahun pada tahun tertentu.

B: jumlah kelahiran hidup dalam tahun yang sama.

k: konstanta, biasanya 1.000.

Note:

Tinggi = > 75 jiwa

Sedang = 35 – 75 jiwa

Rendah = < 35 jiwa


Materi Video Menghitung CDR dan IMR

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, pelajari video materi Cara Menghitung Crude Death Rate (CDR) dan Infant Mortality Rate (IMR) beserta contoh soalnya di website Zenius. Jangan lupa login dulu buat mengaksesnya!


Cara Menghitung Pertumbuhan Penduduk

Rumus ini untuk menghitung besarnya perubahan jumlah penduduk suatu wilayah selama periode tertentu dengan memperhatikan faktor kelahiran, kematian, dan migrasi.

Rumus:

PPt = (L-M) + (I-E)

atau rumus berikut untuk menentukan persentase,

%PPt = PPt/Po x 100%

Keterangan:

L: jumlah kelahiran.

M: jumlah kematian.

I: jumlah imigrasi (penduduk yang masuk).

E: jumlah emigrasi (penduduk yang keluar).

Po: jumlah penduduk tahun awal.

Untuk pembahasan rumus Dinamika Kependudukan lain dan contoh soalnya, klik link berikut: Rumus Pertumbuhan Penduduk dan Cara Menghitung Proyeksi Penduduk.

Mobilitas Kependudukan Indonesia

Setelah mempelajari demografi, sekarang kita masuk ke pembahasan mobilitas. Apa itu mobilitas kependudukan?

dinamika kependudukan indonesia
Paspor digunakan untuk mobilitas antarnegara (sumber gambar: bbc.com)

Mobilitas kependudukan adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lainnya. Nah, mobilitas sendiri juga terbagi menjadi mobilitas permanen dan non permanen.

Mobilitas Permanen

Mobilitas permanen memiliki sifat yang perpindahannya tetap atau dalam jangka waktu yang sangat lama. Ada cakupan internal dan eksternal.

Untuk yang cakupan internal itu lebih kepada perpindahan domestik, seperti urbanisasi, ruralisasi, dan transmigrasi.

  • Urbanisasi: perpindahan dari desa menuju kota.
  • Ruralisasi: perpindahan dari kota menuju desa.
  • Transmigrasi: perpindahan dari satu daerah ke daerah lain (perpindahan umum).

Kemudian, ada cakupan yang eksternalnya nih, seperti emigrasi, imigrasi, dan remigrasi.

  • Emigrasi: keluarnya penduduk ke negara lain.
  • Imigrasi: masuknya penduduk dari negara lain.
  • Remigrasi: pemulangan suatu warga negara ke negara asalnya.

Mobilitas Non Permanen

Mobilitas ini memiliki sifat yang perpindahannya tidak tetap atau dalam waktu singkat.

  • Komutasi (komuter): penduduk yang keluar dari daerah asalnya untuk waktu yang sebentar dan dengan tujuan tertentu. Misalnya, kamu asli orang Depok, tapi kerja atau sekolah di Jakarta. Kata kuncinya adalah pulang pergi (PP), karena hanya sebentar, pergi pagi, pulang sore.
  • Sirkulasi (sirkuler): penduduk yang asli dari Padang, tapi punya kost di Jakarta, karena bekerja atau sekolah. Nah, ‘kan gak mungkin kalau PP. Jadi, kamu akan menginap di daerah lain.

Selengkapnya tentang Teori Migrasi Penduduk, klik link berikut: Teori Migrasi Penduduk, Contoh, dan Dampaknya.


Materi Video Jenis Migrasi

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton video lengkap tentang Jenis-jenis Migrasi di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Masalah Kependudukan Indonesia

Terakhir, kita akan masuk ke masalah kependudukan. Di pembahasan kali ini juga ada sangkut pautnya dengan kebijakan mengenai dinamika kependudukan Indonesia. Apa aja sih permasalahannya?

Meningkatnya Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk Indonesia

Jumlah dan pertumbuhan penduduk yang terus melonjak dapat menyebabkan sulitnya penanganan penyakit dan kebutuhan yang terus meningkat.

Pembahasan tentang lonjakan jumlah penduduk bisa dipelajari selengkapnya di sini: Ledakan Penduduk – Pengertian, Dampak, & Cara Mengatasinya.

Kualitas Penduduk Rendah

Pertumbuhan penduduk yang tinggi tidak disertai dengan kualitas penduduknya, seperti tingkat pendidikan dan kesejahteraan perekonomiannya.

Masalah lonjakan penduduk tanpa peningkatan kualitasnya berkaitan erat dengan konsep Bonus Demografi. Klik link berikut untuk baca selengkapnya: Bonus Demografi Beserta Manfaat dan Dampaknya.

Beban Ketergantungan Tinggi

Semakin tinggi pertumbuhan penduduk, maka beban ketergantungannya kepada negara juga tinggi, misalnya lowongan kerja, dan ketergantungan berbagai bantuan dari pemerintah.

Komposisi penduduk seperti apa yang berpotensi menimbulkan beban ketergantungan tinggi? Klik link berikut untuk sekaligus belajar tentang rumus rasionya: Komposisi Penduduk dan Piramidanya.

Penyebaran Penduduk yang Tidak Merata

Coba deh kamu perhatikan, bahwa pulau Jawa memiliki persebaran dan kepadatan penduduk yang tinggi dibandingkan dengan pulau lainnya.

Apa, sih, penyebab kepadatan penduduk yang nggak merata? Kamu bisa cari tahu selengkapnya di sini: Pengertian Kepadatan Penduduk, Rumus, dan Penyebabnya.


Materi Video Masalah Kependudukan Indonesia

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton video materi Masalah Kependudukan Indonesia selengkapnya yang mencakup Overpopulation, Underpopulation, hingga Penuaan Populasi di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


———

Nah, demikian penjelasan mengenai dinamika kependudukan Indonesia. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk kamu ya.

Harapannya, sebagai pelajar yang sekarang lagi belajar ilmu-ilmu sosial, seperti Geografi ini, kamu jadi lebih peduli terhadap lingkungan sosialmu. Kamu juga lebih aware dengan berbagai permasalahan Geografis di Indonesia.

Mungkin cukup banyak yang perlu dipelajari di atas. Nah, buat yang mau langsung dapetin review lengkap materi dinamika kependudukan, yuk langsung aja tonton video pembelajaran Zenius dengan link banner di bawah ini.

Pelajari materi Geografi di video materi belajar Zenius

Biar belajarnya lebih mantap, kamu juga bisa berlangganan paket belajar Zenius! Kita punya berbagai pilihan paket yang udah disesuaikan sama setiap kebutuhan Sobat Zenius. Klik gambar di bawah ini ya untuk pengalaman belajar yang lebih seru!

SKU-BELI-PAKET-BLJR
Bagikan Artikel Ini!