Rumus pertumbuhan penduduk (Arsip Zenius)

Rumus Pertumbuhan Penduduk, Cara Menghitung & Contoh Soal

Hai Sobat Zenius, tau nggak nih pertumbuhan penduduk tuh penting banget bagi sebuah negara. Di artikel kali ini gue ajak elo belajar tentang rumus pertumbuhan penduduk, cara menghitungnya dan contoh soal serta pembahasannya.

Semua negara mengalami pertumbuhan penduduk, tapi tau gak elo ada juga negara yang penduduknya semakin lama semakin berkurang?

Pada artikel ini, gua pengen fokus ngebahas tentang pertumbuhan penduduk, termasuk ngomongin negara dengan pertumbuhan penduduk negatif. Yuk kita simak artikelnya!

Apa itu Pertumbuhan Penduduk?

Menurut KBBI, penduduk adalah orang atau orang-orang yang mendiami suatu tempat (kampung, negeri, pulau, dan sebagainya). Pertumbuhan penduduk ini adalah angka kelahiran yang dikurangi dengan angka kematian penduduk di suatu wilayah dalam kurun waktu tertentu.

Rumus Pertumbuhan Penduduk
Pertumbuhan penduduk (Dok: Pexels)

Adapula yang disebut pertumbuhan penduduk total yang merupakan pertumbuhan berdasarkan faktor kelahiran, kematian serta migrasi.

Kalau angka pertumbuhan penduduknya positif, maka jumlah penduduk suatu wilayah itu bertambah. Pertambahan penduduk ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor kelahiran, seperti peningkatan kualitas hidup, perbaikan gizi penduduk, dan imigrasi. 

Seperti pengertiannya, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk alami yaitu kelahiran dan kematian.

Sementara itu, kalau angka pertumbuhan penduduk negatif, maka itu berarti jumlah penduduk di suatu wilayah itu berkurang. Gue bakal bahas lebih lanjut pertumbuhan penduduk negatif dengan contohnya abis rumus pertumbuhan penduduk ini.

Pertumbuhan Penduduk masuk dalam pembahasan Dinamika Kependudukan kelas 11. Buat baca artikel materinya, klik link berikut, ya!: Dinamika Kependudukan Indonesia.

Rumus Pertumbuhan Penduduk

Gimana sih cara menghitung pertumbuhan penduduk? Elo bisa perhatikan rumus di bawah ini ya.

Rumus pertumbuhan penduduk dapat dibedakan menjadi dua yaitu :

1. Rumus Pertumbuhan Penduduk Alami

Pada pertumbuhan penduduk alami, yang dihitung adalah selisih jumlah kelahiran dengan jumlah kematian. Penduduk yang migrasi tidak diperhitungkan pada rumus pertumbuhan penduduk alami. Berikut adalah rumusnya:

Pa = L – M

Keterangan:

Pa: Pertumbuhan penduduk alami

L: Angka kelahiran dalam satu tahun

M: Angka kematian dalam satu tahun

2. Rumus Pertumbuhan Penduduk Total

Pada rumus pertumbuhan penduduk total, dijumlahkan pertumbuhan penduduk suatu wilayah selama satu tahun dengan memperhatikan faktor kelahiran, kematian, dan migrasi.

Rumus pertumbuhan penduduk total adalah sebagai berikut:

Pt = (L – M) + (I – E)

Keterangan:

Pt: Pertumbuhan Penduduk Total

L: Angka kelahiran dalam satu tahun

M: Angka kematian dalam satu tahun

I: Penduduk yang masuk (imigrasi)

E: Penduduk yang keluar (emigrasi)

Biar makin seru belajarnya, gue saranin elo langsung download aplikasi Zenius di gadget masing-masing. Nanti elo bisa belajar materi pelajaran apapun lewat video pembahasan oleh tutor Zenius yang bikin elo auto ngerti deh. Gak pake lama, langsung download aja ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Negara dengan Pertumbuhan Penduduk Negatif

Kalau ada negara dengan pertumbuhan penduduk negatif atau minus, Sobat Zenius mungkin aja bayangin negara yang lagi dilanda perang. Logikanya kan mereka lebih banyak angka kematiannya daripada angka kelahiran, artinya pasti banyak yang mati dong? 

Elo nggak salah, contohnya itu negara Suriah yang pertumbuhan penduduknya negatif karena perang sehingga tingkat kematian meningkat dan banyak orang yang mengungsi ke negara lain.

Rumus Pertumbuhan Penduduk
Pertumbuhan penduduk negatif Dok: Pexels

Elo juga harus tau juga kalau pertumbuhan penduduk negatif ini ga selalu disebabkan oleh perang. Contohnya itu adalah Jepang yang bisa gue bilang relatif aman (ya mungkin ada potensi bencana alam gempa bumi sih, tapi di Indonesia juga lumayan sering gempa kan?).

Pada kasus Jepang, ada faktor-faktor seperti tingkat pernikahan rendah, peningkatan keterlibatan wanita dalam angkatan kerja, dan biaya hidup yang tinggi. Faktor-faktor itu menyebabkan menurunnya angka kelahiran di Jepang.

Rumus Pertumbuhan Penduduk
Negara dengan pertumbuhan penduduk negatif Dok: Pixabay

Kebanyakan negara dengan pertumbuhan penduduk negatif ini ada di benua Eropa, seperti Lithuania, Latvia, Yunani dan masih banyak lainnya. Kebanyakan dari negara-negara Eropa ini adalah negara bekas komunis. 

Faktor utama pertumbuhan penduduk negatif ini adalah buruknya keadaan ekonomi negara-negara tersebut. Transisi ekonomi yang menemui banyak tantangan menyebabkan meningkatnya pengangguran. Akibatnya, banyak penduduk yang meninggalkan negaranya untuk mencari peluang kerja di luar negeri. 

Elo yang jago sejarah pasti sadar kalau Yunani ini nggak termasuk negara bekas komunis. Terus dia kenapa pertumbuhan penduduknya negatif ya? Jawabannya tetep sama guys, yaitu faktor utamanya ekonomi. Masalah keuangan yang dihadapi Yunani menyebabkan banyak penduduk (terutama generasi muda) beremigrasi ke negara lain.

Dampak dari pertumbuhan penduduk negatif ini adalah populasi dari suatu negara yang menyusut. Persentase generasi muda menurun karena tingkat emigrasi yang tinggi atau tingkat kesuburan dan kelahiran yang rendah. Akibatnya populasi yang ada akan semakin menua, yang berakibat semakin sedikitnya angkatan kerja muda sehingga merugikan pertumbuhan ekonomi negara. 

Rumus Pertumbuhan Penduduk
Salah satu negara dengan pertumbuhan penduduk negatif Dok: Pixabay

Populasi yang tua ini juga menambah beban ekonomi negara karena anggaran yang harus diberikan oleh pemerintah untuk merawat orang tua. Oleh karena itu, banyak negara yang mencoba menghindari pertumbuhan penduduk negatif. Contohnya adalah negara Tiongkok yang baru-baru ini mengeluarkan kebijakan untuk mendukung program 3 anak. 

Itu tadi pembahasan mengenai faktor pertumbuhan penduduk negatif di suatu negara. Penjelasan di atas udah bisa bantu elo jika diminta menjelaskan maksud pertumbuhan penduduk minus.


Materi Video Pertumbuhan Penduduk Dunia

Kalau makin banyak negara pertumbuhan penduduknya negatif, kira-kira jumlah penduduk dunia 20 tahun mendatang akan bertambah nggak, ya? Buat yang udah berlangganan paket belajar Zenius, simak video ulasannya di web Zenius. Jangan lupa login dulu ya, buat mengaksesnya!


Contoh Soal dan Pembahasan

Diketahui angka kelahiran di Wakanda pada tahun 2010 adalah sebesar 3.000.000 jiwa. Jika jumlah angka kematiannya adalah 650.000 jiwa, berapakah pertumbuhan penduduk alami di Wakanda?

Pembahasan:

Diketahui:

L = 3.000.000

M = 650.000

Ditanya: Pa

Jawab:

Pa = L – M

Pa = 3.000.000 – 650.000

Pa = 2.350.000

Jadi pertambahan penduduk alami di Wakanda adalah sebesar 650.000 jiwa.

Itu tadi contoh soal pertumbuhan penduduk alami, semoga elo paham ya cara menghitungnya!

Pelajari lebih lanjut
Materi ini berkaitan loh, sama proyeksi penduduk. Emang kita bisa proyeksi jumlah penduduk? Ada apa aja metode buat memprediksi jumlah penduduk beberapa tahun ke depan? Simak nih, artikel ini: Pengertian dan Cara Menghitung Proyeksi Penduduk.

***

Itu dia rumus pertumbuhan penduduk dan negara-negara dengan pertumbuhan penduduk negatif. Simak penjelasannya dalam bentuk video materi belajar dengan klik banner di bawah ini ya, dijamin ngerti deh!

Rumus Pertumbuhan Penduduk, Cara Menghitung & Contoh Soal 9
Klik dan langsung belajar ya!

Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat elo atau setidaknya menarik buat belajar lebih banyak lagi ya. Sobat Zenius yang ingin bertanya atau ngobrol bisa langsung tulis aja di kolom komentar ya. Semangat belajar!

Originally published September 17, 2021
Updated by Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!