rumus tabung

Bangun Ruang Tabung: Rumus Luas Permukaan dan Volume

Artikel ini membahas mengenai rumus bangun ruang tabung, termasuk ciri-ciri tabung, rumus luas permukaan, dan volume tabung.

Di artikel sebelumnya kita ada bahas mengenai berbagai bentuk bangun ruang, seperti kubus, prisma dan lain-lain. Sekarang di artikel ini kita akan bahas mengenai tabung. Penerapan bangun ruang tabung ini juga sebenarnya cukup mudah kita temukan, seperti pipa, kolom, celengan, botol minum, kaleng, dan lain-lain. 

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Tabung sendiri di definisikan sebagai tempat sesuatu yang bentuknya seperti bumbung, atau silinder. Seperti apa sih silinder atau tabung itu? Nah, dalam artikel ini kita bakal bahas mengenai ciri-ciri tabung, rumus luas permukaan tabung, rumus volume tabung beserta dengan  contoh soalnya, jadi baca artikel ini sampe habis ya 🙂

Ciri ciri Tabung

rumus tabungDalam bangun ruang, tabung tuh udah identik banget sama alas dan juga tutupnya yang berbentuk lingkaran seperti gambar di jaring-jaring tabung diatas. Untuk lebih lengkapnya, berikut dibawah ini ciri-ciri tabung:

  • Tabung memiliki 3 buah sisi, yaitu sisi alas, dan sisi tutup yang berbentuk lingkaran, dan juga sisi selimut (tegak) yang berbentuk persegi panjang.
  • Memiliki 2 rusuk, yaitu rusuk atas, dan rusuk bawah.
  • Tidak memiliki titik sudut

Rumus Luas Permukaan Tabung

Untuk memahami konsep dari rumus luas permukaan tabung, akan lebih mudah bagi kita kalo lihat jaring-jaring tabung pada gambar di atas. Dapat dilihat bahwa tabung terdiri dari 2 lingkaran dan 1 persegi panjang bukan?

Dalam artikel mengenai bangun datar lingkaran, kita ketahui rumus luas dan keliling lingkaran adalah sebagai berikut:

Keliling Lingkaran: Bangun Ruang Tabung: Rumus Luas Permukaan dan Volume 89

Luas Lingkaran: Bangun Ruang Tabung: Rumus Luas Permukaan dan Volume 90

Keterangan: K= keliling (m); La= Luas Alas (Bangun Ruang Tabung: Rumus Luas Permukaan dan Volume 91)

Selain itu, kita ketahui bahwa sisi tegak tabung berupa persegi panjang, dimana rumus luas persegi panjang adalah

Luas Persegi Panjang:Bangun Ruang Tabung: Rumus Luas Permukaan dan Volume 92

“p” yaitu panjang dalam luas persegi panjang pasti sama dengan keliling lingkaran, bukan? Karena sisi panjang pada persegi panjang akan melengkung mengelilingi alasnya yang berbentuk lingkaran. Oleh karena itu rumus luas selimut tabung adalah sebagai berikut:

Luas Selimut Tabung: Bangun Ruang Tabung: Rumus Luas Permukaan dan Volume 93

Sehingga luas permukaan tabung, dapat disusun sebagai berikut:

Luas Permukaan Tabung: Bangun Ruang Tabung: Rumus Luas Permukaan dan Volume 94

Dimana, Ls= Luas selimut tabung (Bangun Ruang Tabung: Rumus Luas Permukaan dan Volume 91); 𝜋= pi, Bangun Ruang Tabung: Rumus Luas Permukaan dan Volume 96 atau 3,14; r= radius atau jari-jari lingkaran (m); t=tinggi tabung (m).

Karena lingkaran pada tabung ada 2 yaitu alas dan tutupnya, maka pada rumus luas permukaan tabung, luas lingkaran dikalikan dengan 2 (dua).

contoh soal luas permukaan tabung

Rumus Volume Tabung

Setelah mempelajari mengenai luas permukaan tabung, maka sekarang kita ke volume tabung. Secara sistematis rumus volume tabung disusun sebagai berikut:

Bangun Ruang Tabung: Rumus Luas Permukaan dan Volume 97Keterangan: V= volume (Bangun Ruang Tabung: Rumus Luas Permukaan dan Volume 98); 𝜋= pi, Bangun Ruang Tabung: Rumus Luas Permukaan dan Volume 96  atau 3,14; r= radius atau jari-jari lingkaran (m); t=tinggi tabung (m).

Jika kalian udah memahami mengenai jaring-jaring tabung dan juga luas permukaan tabung, kalian pasti tidak akan mengalami kesulitan dalam memahami rumus volumenya. 

contoh soal volume tabung

Gampang kan? Sebenarnya kalo kalian udah ngerti dari konsep bangun datar, pasti waktu kalian mulai belajar bangun ruang, akan mudah dan lebih cepat pahamnya, itulah kenapa penting bagi kita buat ngerti dan paham mengenai konsep dasar terlebih dahulu sebelum naik ke level selanjutnya. Semoga artikel membantu kalian yaa guys, Selamat Belajar!

Baca Juga Artikel Lainnya!

Kumpulan Rumus Matematika Lengkap

Cara Mudah Menghitung Persen

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran