Cara Mudah Memberi Penilaian | Fitur ZenRu – Zenius untuk Guru

fitur penilaian

Sejak pandemi Covid-19, banyak hal yang rasanya lebih aman kita lakukan dari rumah, termasuk proses belajar mengajar.

Meskipun awalnya sulit, kemajuan teknologi yang ada membantu kita dalam proses belajar mengajar. Mulai dari berkomunikasi dengan siswa, melakukan penilaian harian, sampai membuat laporan pembelajaran yang digunakan sebagai indikator hasil belajar.

Menyusun soal pelajaran yang berkualitas dan mengoreksi nilai siswa bukanlah hal yang mudah. Apalagi saat sekolah dilakukan dari jarak jauh dan jumlah soal yang harus dinilai berlembar-lembar, pastinya butuh waktu yang lebih lama.

Karena itu, Zenius untuk Guru (ZenRu) menghadirkan fitur baru yang bisa memudahkan dan mempercepat kegiatan belajar mengajar, termasuk proses penilaian yaitu Fitur Cerdik ZenRu.

Lewat kelas virtual ZenRu, Bapak dan Ibu Guru bisa mencari bahan ajar dan membagikannya ke siswa. Mulai dari mata pelajaran SMA jurusan IPA, mata pelajaran SMA jurusan IPS, mata pelajaran SMP, sampai mata pelajaran SD, semuanya bisa ditemukan secara mudah.

Ada juga ribuan latihan soal, misalnya soal-soal pelajaran kelas 4 SD atau kumpulan soal kelas 1 SD, beserta video pembahasan yang bisa digunakan secara gratis untuk memperdalam penguasaan materi siswa.

Sebelum membahas kemudahan yang didapat dari Fitur Cerdik ZenRu, yuk kita ketahui dulu apa saja fitur-fitur yang ada di Zenius untuk Guru.

Baca Juga: Zenius untuk Guru: Memudahkan Proses Belajar Mengajar

Mengenal Fitur Zenius untuk Guru

Zenius untuk Guru menghadirkan sebuah sistem manajemen pembelajaran atau Learning Management System (LMS) yang bisa diakses lewat website guru.zenius.net atau aplikasi Zenius.

Memangnya, apa saja fitur-fitur yang ada di Zenius untuk Guru?

  1. Kelas Virtual, guru bisa membuat kelas sesuai dengan jumlah kelas mengajar dan mengundang siswa untuk bergabung ke kelas.
  2. Materi Pembelajaran, guru bisa mencari dan membagikan referensi belajar untuk siswa secara mudah.
  3. Paket Soal, ada ribuan bank soal yang bisa guru gunakan dan bagikan ke siswa secara gratis.
  4. Penilaian, guru tidak perlu repot memeriksa hasil belajar siswa karena sistem penilaian hasil belajar siswa bersifat otomatis. 
  5. Laporan Penilaian, guru bisa melihat dan mengunduh laporan lembar penilaian siswa secara langsung yang disertai analisis butir soal, yang bisa digunakan sebagai indikator hasil belajar.
  6. Impor Kelas Google Classroom, guru bisa menambahkan kelas yang sudah ada sebelumnya di Google Classroom ke ZenRu.

Nah, selain fitur-fitur di atas, Zenius untuk Guru juga terus berinovasi dan mengembangkan fitur lainnya yang bisa membantu proses penilaian Bapak dan Ibu Guru. Pengembangan fitur baru inilah yang kita sebut Fitur Cerdik ZenRu.

Apa saja sih, kemudahan yang didapat dari Fitur Cerdik ZenRu? Bapak dan Ibu Guru mau tahu? Yuk, berkenalan lebih jauh dengan fitur-fitur yang ada di Zenius untuk Guru.

Baca Juga: Ayo Dukung Proses Belajar Siswa dengan ZenCore

Melakukan Penilaian Lebih Mudah dengan Fitur Cerdik ZenRu

Tidak hanya dalam aspek pengajaran, fitur-fitur Zenius untuk Guru bertujuan untuk mengurangi beban administrasi Bapak dan Ibu Guru. Jadi, proses belajar mengajar bisa berjalan efektif dan efisien.

Fitur Cerdik ZenRu merupakan pengembangan dari fitur-fitur yang sebelumnya sudah ada di Zenius untuk Guru. Tujuannya, Fitur Cerdik ZenRu ini bisa semakin membantu kegiatan sehari-hari Bapak dan Ibu Guru dalam pembelajaran, termasuk dalam melakukan penilaian guru terhadap siswa.

Penasaran apa saja yang baru dari fitur Zenius untuk Guru? Langsung saja kita lihat bersama.

Filter Topik dan Sub Topik

Sekarang, Bapak dan Ibu Guru bisa mencari soal lebih mudah dengan adanya filter soal berdasarkan topik dan sub topik mata pelajaran. 

Untuk menggunakan Fitur Cerdik ZenRu yang satu ini, Bapak dan Ibu Guru perlu memasukkan Tingkat Kelas dan Mata Pelajaran terlebih dulu. Setelah itu, pilih tampilan soal sesuai dengan topik dan sub topik yang diinginkan.

filter topik pembelajaran pada aplikasi Zenius
Langkah filter topik dan sub topik melalui aplikasi Zenius. (Arsip Zenius)

Bapak dan Ibu Guru juga bisa menuliskan kata kunci terkait pelajaran pada kolom pencarian. Hasil pencarian akan memunculkan topik atau sub topik yang sesuai dengan kata kunci yang sudah dituliskan.

Baca Juga: Proses Penilaian dari Hasil Belajar Siswa

Membatalkan Penilaian

Bapak dan Ibu Guru pernah salah menuliskan soal, tapi penilaiian sudah terlanjur diterbitkan?

Tenang, tidak perlu khawatir, karena penilaian yang sudah diterbitkan bisa dibatalkan dan akan masuk ke menu Draft. Nantinya, Bapak dan Ibu Guru bisa mengubah penilaian tersebut dan menerbitkannya kembali.

membatalkan penilaian
Cara membatalkan penilaian. (Arsip Zenius)

Kategorisasi Penilaian

Agar proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan cepat, Zenius untuk guru melengkapi Fitur Cerdik ZenRu dengan Kategorisasi Penilaian. Dengan fitur ini, Bapak dan Ibu Guru bisa menandai penilaian berdasarkan 3 kategori, yaitu Tugas, PTS (Penilaian Tengah Semester), dan PAS (Penilaian Akhir Semester).

Fitur penilaian Zenius untuk Guru
Fitur Kategorisasi Penilaian di Zenius untuk Guru. (Arsip Zenius)

Integrasi Google Classroom

Fitur Cerdik ZenRu juga memungkinkan Bapak dan Ibu Guru untuk menghubungkan materi dan penilaian yang ada di kelas ZenRu ke dalam Google Classroom. 

Caranya, cukup impor kelas yang ada di Google Classroom Bapak dan Ibu Guru ke ZenRu. Nantinya, materi dan penilaian yang diterbitkan dalam kelas ZenRu otomatis terhubung ke dalam Google Classroom Bapak dan Ibu Guru.

Gimana Bapak dan Ibu Guru? Jadi semakin paham ya fitur-fitur Zenius untuk Guru apa saja yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran.

Cara Mudah Memberi Penilaian | Fitur ZenRu - Zenius untuk Guru 9

Jangan lupa maksimalkan juga Fitur Cerdik ZenRu supaya pembelajaran jadi lebih mudah, hemat waktu, dan bermakna.

Baca Juga Artikel Lainnya

Metode Mengajar yang Efektif Sesuai Kebutuhan Siswa

Proses Penilaian Kinerja Guru

Mengenal Kendala Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Bagikan Artikel Ini!