Zenius: Aplikasi Belajar Online yang Lengkap, Praktis, dan Asyik

Zenius: Aplikasi Belajar Online yang Lengkap, Praktis, dan Asyik

Halo Sobat Zenius, sejak pandemi rasanya lebih aman melakukan segala sesuatu di rumah ya. Termasuk juga belajar, nih. Sekarang tentunya kita bisa banget belajar bareng dengan cara download aplikasi Zenius. 

Kamu pasti udah tau kan tentang aplikasi Zenius? Kalau udah, selamat belajar dan menjelajahi fitur keren di aplikasi Zenius ya! 

Kalau belom? Mmm… kenapa nih? Masih ragu dan belum yakin ya? Baca sampai tuntas artikel ini, biar jelas deh betapa asik belajar bareng Zenius.

Buat elo yang baru kenalan, jadi Zenius Education memiliki aplikasi belajar online untuk bantuin elo belajar di masa kayak sekarang ini. PT Zenius Education sudah ada sejak 2007, lho. Nah, aplikasi Zenius hadir buat elo sejak 2019. 

Eits, tapi sebelumnya user Zenius sudah bisa akses materi pembelajaran melalui websitenya juga. Zenius app juga sempat menjadi aplikasi belajar online tanpa bayar lho di awal masa pandemi.

Tapi kalo sekarang, apakah aplikasi Zenius itu berbayar? 

Nah, elo bisa download aplikasi Zenius secara gratis dan manfaatin sejumlah fiturnya dengan cuma-cuma, selain di fitur-fitur premium yang berbayar.

Aplikasi Zenius bisa banget nemenin elo belajar kapan aja. Aplikasi belajar online yang lengkap dan praktis kayak Zenius tepat membantu elo belajar untuk PTS, PAS, PAT, UTBK hingga UM juga.

Emang apa saja sih yang didapat dari aplikasi Zenius? Mau tahu? Yuk sini gue kenalin lebih jauh tentang beberapa fitur yang ada di aplikasi belajar online Zenius.

Aplikasi Belajar Online yang Lengkap

Elo sama kayak gue nggak nih, yang hobinya suka kelupaan materi dari kelas sebelumnya setelah naik kelas? Nah, kalo elo udah download aplikasi Zenius, elo nggak perlu takut lupa lagi, karena elo bisa asah materi langsung di aplikasi.

Kalau dulu setiap mau belajar ulang atau review materi elo harus ribet-ribet cari materi pelajaran dari catatan-catatan lama. Belum lagi kalau catatan elo hilang atau nggak lengkap. Duh, harus tanya ke teman. Nggak efektif banget, kan.

Aplikasi Zenius jelas bikin hidup elo jadi lebih gampang. Elo bisa akses materi pelajaran sebelumnya dengan mudah dan tentu materinya lengkap, dong.

Untuk elo yang mau lintas jurusan di UTBK, sadar dong bimbingan belajar offline kadang harganya nggak main-main mahalnya. Elo bisa belajar di mana aja, tanpa keluar ongkos perjalanan. Nggak ada salahnya elo coba pakai platform belajar online.

Nah, aplikasi belajar online Zenius bisa menjawab semua masalah-masalah elo di atas. Di aplikasi Zenius, tersedia lebih dari 90.000 lebih video pembelajaran dan ratusan ribu soal latihan yang bisa elo kerjakan beserta pembahasannya dari semua jenjang dan sesuai kurikulum pendidikan Indonesia.

Video pembahasannya juga menarik, lho. Mau fokus ke materi pembelajarannya? Elo bisa menonton video yang pakai light board atau white board. 

Atau elo lebih ke visual kalau belajar? Bisa juga elo belajar lewat video animasinya yang nggak ngebosenin.

Selain itu, elo juga bisa mengakses materi pelajaran dari jurusan lain juga, lho. Intinya, materi pembelajaran ditawarkan di aplikasi Zenius itu LENGKAP banget!

Biar makin kenal dengan aplikasi Zenius, ini adalah fitur-fitur Zenius sebagai aplikasi belajar online dengan soal dan materi terbaru dan terlengkap.

Materi Sekolah (Bird Structure)

Tampilan Active Learning dalam Aplikasi Zenius (Arsip Zenius)
Tampilan Active Learning dalam Aplikasi Zenius (Arsip Zenius)

Elo bisa belajar Materi sekolah Sampai Ngerti bareng Zenius dengan Active Learning. 

Kalo elo masih suka bingung mau mulai belajar dari mana, tenang aja karena Zenius menerapkan konsep Yang Penting-Penting Aja (YPPA) dalam setiap materi yang elo pelajari. 

YPPA adalah cara belajar yang menerapkan pengertian terhadap gambaran besar atau big ideas dari materi yang sedang dipelajari.

Dengan menggunakan konsep YPPA, elo bakal tahu poin-poin penting dari suatu materi. Lalu dari poin tadi mulai tuh ke bentuk kerangkanya menjadi sebuah konsep. Dari situ elo akan bisa lihat gambaran besar dari materi yang elo pelajari.

Ini tentu saja lebih menghemat waktu dan tenaga kan. Selain itu, yang elo pelajari juga lebih fokus ke materi yang akan keluar di ujian atau UTBK nanti. 

Fitur Zenius dalam Materi Sekolah (Bird Structure) adalah materi-materi sekolah dan persiapan UTBK yang udah disusun jadi rekomendasi playlist, lengkap dengan rangkuman setiap bab (SMA), flashcard (SMA),  contoh, dan latihan soal buat tahu cara penerapan materinya.

Elo juga bisa mendapatkan video, latsol dan rangkuman yang bisa di akses secara gratis. Dan tersedia pula preview untuk video premium, akses penuh bisa didapatkan melalui paket premium atau Zencoin.

ZenCore

Zenius: Aplikasi Belajar Online yang Lengkap, Praktis, dan Asyik 33
Tampilan Zencore dalam Aplikasi Zenius (Arsip Zenius)

ZenCore adalah tempat ningkatin fundamental skills lewat latihan soal-soal paling mendasar, sehingga otak sudah panas duluan sebelum mulai belajar. 

Dengan pemanasan otak dulu di ZenCore, elo bisa lebih mudah untuk memahami materi selama belajar dan mampu menerjemahkan cara baca & ngerjain soal. 

ZenCore ini cocok untuk semua umur karena latihan soalnya bersifat adaptive, menyesuaikan kemampuan pengguna. Satu hal lagi, fitur ZenCore bisa kamu pakai dengan gratis!

  • Fundamental Skills

Berguna untuk ngelatih cara berpikir biar makin oke dan cerdas. Kamu bisa melatih fundamental skills di ZenCore bagian Core Practice.

  • Insightful Knowledge

Berbagai pengetahuan yang insightful seperti filsafat, basic sciences, big history, dll. sehingga kamu bisa melihat dunia dengan berbagai perspektif atau sudut pandang. 

Elo bisa dapetin ini di ZenCore bagian CoreInsight (sabar ya, yang ini lagi dalam tahap pengembangan)

Aplikasi Belajar Online yang Praktis

Ngaku deh, pas kelas offline dulu tiap kali mau bahas tugas ribet banget prosesnya. Elo kerjain tugasnya, dikumpul ke guru, dibahasnya di pertemuan selanjutnya. Panjang banget nggak tuh. Belum lagi kalau tiba-tiba nggak jadi dibahas.

Keburu lupa kan sama materinya. Elo juga kadang nggak dapat feedback habis mengerjakan soal. Namun latihan soal di aplikasi Zenius bisa langsung tahu apakah jawaban elo benar atau salah. Nggak cuma itu, di setiap soalnya punya video pembahasan lho.

Gimana? Prosesnya cepat kan. Elo nggak perlu nunggu-nunggu lagi deh.

Bikin latihan elo lebih efektif dengan ikut Try Out Online dan fitur ZenPractice yang bisa elo akses lewat aplikasi Zenius. Yakin deh serasa ikut ujian beneran karena selama mengerjakan akan ada durasi waktunya. 

Try Out Bareng Aplikasi Zenius

Tampilan Fitur Try Out dalam Aplikasi Zenius (Arsip Zenius)
Tampilan Fitur Try Out dalam Aplikasi Zenius (Arsip Zenius)

Practice makes perfect! Nah, lewat fitur try out bareng Zenius, elo bisa membuat semuanya sempurna, termasuk nilai elo dan peluang elo masuk PTN impian. 

Tryout untuk mengukur kemampuan yang ada di aplikasi Zenius ini disebut juga sebagai fitur Self assessment. 

Kelebihan Tryout Zenius dengan try out lainnya adalah try out Zenius udah dirancang khusus untuk lebih mudah mengevaluasi hasil belajar, karena bisa lihat langsung pembahasannya. 

Elo juga bisa cek sejauh mana kemampuan menghadapi soal, dan membandingkan kemampuan di fitur leaderboard.

Fitur ini berguna banget nih buat elo yang mau mempersiapkan diri untuk UTBK. Elo yang mau belajar untuk PAS atau PAT juga bisa banget kok. Nanti setelah elo selesai ngerjain soal tetap bakal ada pembahasannya di akhir. 

Ada pembahasan tentu ada juga hasil try outnya dong. Dari hasil Try Out Online itu, elo bisa tuh cek kemampuan elo udah sampai mana.

ZenPractice

Zenius: Aplikasi Belajar Online yang Lengkap, Praktis, dan Asyik 34
Tampilan ZenPractice dalam Aplikasi Zenius (Arsip Zenius)

Elo pernah gak sih merasa kesulitan memahami materi di mata pelajaran tertentu?

Bukannya makin fokus ke mata pelajaran itu, elo malah menghindarinya. Karena elo merasa, semakin elo belajar, elo malah semakin gak ngerti?

Nah, kalo elo punya masalah kayak gini saat belajar, tenang aja. Elo bukan satu-satunya kok. 

Dan pastinya, aplikasi Zenius udah menyiapkan fitur yang dapat membuat elo memecahkan masalah tersebut bernama ZenPractice.

Jadi ZenPractice ini merupakan metode latihan soal untuk menguasai skill tertentu dengan cara mem-breakdown hal-hal yang perlu dilatih dengan spesifik lalu fokus latihan terus-menerus sampai lancar, terbiasa, dan benar-benar mengerti. 

Saat Sobat Zenius mulai memakai ZenPractice untuk mempersiapkan UTBK atau ujian sekolah, itu artinya elo bukan sekadar bisa, melainkan dapat menguasai materi secara keseluruhan dengan baik.

Nah, elo juga bisa jago dalam mengerjakan contoh soal latihan UTBK Soshum atau Saintek dengan memakai ZenPractice, lho!

ZenPractice adalah tempat yang tepat untuk latihan soal sampai jago. Dengan metode adaptive learning, soal akan disesuaikan dengan level pemahaman pengguna dan bisa pilih spesifik mata pelajaran atau topik.

Jadi elo bisa makin jago hadapi soal apa pun. Selain itu, ZenPractice juga sudah disertai pembahasan baik video maupun text. Fitur ini juga bisa dipakai dengan gratis, lho!

Aplikasi Belajar Online Serasa Kelas Privat

Elo pasti mikir kalau mau belajar intensif ya tutor privat. Wah, kata siapa aplikasi belajar online nggak bisa kayak gitu? Aplikasi Zenius punya fitur Live Class untuk elo yang mau belajar bareng sekaligus berinteraksi langsung dengan tutornya. 

Nah, di Live Class itu elo bisa langsung tanya ke tutornya langsung. Mirip-mirip kayak pas elo di kelas gitu deh. Kalau ada yang masih bingung bisa langsung elo ketik untuk tutornya baca dan jelasin buat elo.

Tutornya pun asyik-asyik, lho. Selama Live Class jadi berasa kayak belajar bareng temen saking serunya. Tutornya nggak pakai bahasa baku jadi terasa lebih santai kan belajarnya.

Aplikasi belajar online Zenius makin kayak kelas privat sejak adanya ZenBot. Gimana nggak, elo bisa minta tolong ZenBot buat bantuin elo jawab soal itung-itungan. Elo bener-bener cuma foto soalnya, nanti elo akan dapat video penjelasannya. Berasa kayak nanya ke temen kan.

Live Class

Tampilan Fitur Live Class dalam Aplikasi Zenius (Arsip Zenius)
Tampilan Fitur Live Class dalam Aplikasi Zenius (Arsip Zenius)

Fitur selanjutnya dalam aplikasi Zenius adalah Live Class Zenius biar belajar elo lebih interaktif. Melalui fitur ini, elo bisa berinteraksi langsung dengan tutor. Jadi, serasa les offline kan? 

Fitur live class Zenius bakal bikin belajar elo lebih menyenangkan daripada belajar sendiri lewat Youtube atau platform lain. 

Kalau elo udah paham materi dari video pembelajaran Zenius, di live class elo bakal bisa mempertajam pemahaman itu.

Live Class Zenius juga bakal ditemenin sama Zen Tutor yang udah khatam banget di bidangnya. Elo juga bisa bertanya, berdiskusi bahkan sampai meminta penjelasan ke Zen Tutor. Pokoknya sampai elo bener-bener ngerti tentang materi yang sedang dibahas. 

ZenBot

Zenius: Aplikasi Belajar Online yang Lengkap, Praktis, dan Asyik 35
Tampilan Fitur Zenbot dalam Aplikasi Zenius (Arsip Zenius)

Kalau bingung saat hadapi soal, mentok saat ngerjain PR dari sekolah, dan bingung nyari jawaban, ZenBot bisa bantu untuk elo untuk dapetin solusi terbaik, dan juga kasih penjelasan yang mudah dipahami supaya pengguna gak cuma tahu, tapi ngerti. 

Dengan sekali cekrek, elo bahkan bisa mendapatkan solusi dari masalah yang dihadapi.

Mungkin elo ada yang belum familiar dengan fitur Zenius yang satu ini. Oke, kita kenalan dulu ya~

Jadi, ZenBot ini adalah aplikasi tanya jawab soal milik Zenius. Di sini elo bisa bertanya mengenai berbagai macam soal dari mata pelajaran Matematika, Kimia dan Fisika yang sulit. 

Keunggulan Zenbot di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Gratis, cekrek soal sebanyak mungkin. 
  • Tersedia 24 jam
  • Jawaban lengkap disertai video pembahasan
  • Instan
  • Tersedia untuk Mata pelajaran: Matematika, Fisika & Kimia
  • Tersedia untuk SMP, SMA & Gap year 

Elo juga bisa upgrade ke Zenbot Premium kalo mau mendapatkan keuntungan lebih dari fitur Zenius yang satu ini. 

Apa itu Zenbot Premium?

Agak berbeda dengan Zenbot, Zenbot premium adalah fitur konsul soal langsung sama tutor lewat 1on1 chat private. 

Tutor bakal ngasih jawaban & penjelasan sesuai dengan soal yang ditanyakan dan elo bakal dapet 30 menit sesi pembahasan soal, bisa tanya sepuasnya sampe elo ngerti. Tinggal chat & cekrek soal, dapet jawaban dan pembahasan langsung dari tutor

Kelebihan ZenBot Premium adalah sebagai berikut:

  • Jawaban akurat sesuai dengan soal yang ditanya. 
  • 1on1 private chat sama tutor, yang bakal ngasih penjelasan detail sampe ke akar-akarnya. 
  • 30 menit sesi pembahasan soal, bisa tanya sepuasnya sampe user beneran paham.

Gimana nih? Elo udah siapin hape belum untuk download aplikasi Zenius sekarang? Yuk, segera mulai menjelajahi keilmuan dalam genggaman. 

Pilih Zenius sebagai aplikasi belajar online yang buat elo, nggak perlu takut ketinggalan deh karena belajar bisa dimulai dari mana saja. Yuk, download Zenius dari device dan mulai belajar bareng deh.

Zenius: Aplikasi Belajar Online yang Lengkap, Praktis, dan Asyik 36
cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Originally published: July 30, 2019
Updated by: Silvia Dwi, Arieni Mayesha dan Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!