Phrase – Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

Phrase - Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

Dapat mengenali frasa ternyata bisa memudahkan elo dalam berkomunikasi dan belajar, lho! Yuk, mengenal tentang apa itu phrase, macam-macam phrase beserta contoh phrase-nya dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia pada materi UTBK di sini!

Dari tulisan di bawah ini, mana sih yang menurut elo merupakan contoh phrase atau frasa?

View Results

Loading ... Loading ...

Dari tiga pilihan tersebut, yang merupakan bentuk frasa adalah “akan belajar”.  Nah, kalau jawaban elo sudah benar, berarti elo sudah lumayan mengenal, nih apa itu frasa. 

Kalau jawaban elo masih salah, tenang saja karena kali ini, sebelum kita membahas tentang macam-macam phrase atau frasa, kita akan terlebih dahulu berkenalan dengan apa itu phrase.

Seorang pria bertanya alasan kenapa kita harus belajar tentang phrases.
Ilustrasi Kenapa sih kita harus belajar tentang phrase? (Arsip Zenius)

Ternyata, mengenal jenis-jenis phrase nggak hanya meningkatkan kemampuan elo dalam berbahasa, tapi seperti yang dilansir dari Info.Beasiswa.id (2019), juga meningkatkan kemampuan belajar, lho!

Kok bisa? Jadi, karena tidak hanya mengenali isi bacaan dari satu persatu kata saja melainkan dari pengelompokan kata, seseorang jadi lebih mudah untuk memahami suatu informasi tertulis yang ia dapatkan, Sobat Zenius.

Seseorang sedang mencari informasi dengan membaca buku.
Ilustrasi memahami bacaan (Arsip Zenius)

Selain itu, sebuah aplikasi belajar Bahasa Inggris, Mondly (2021) juga melaporkan bahwa memahami frasa bisa memperkuat daya ingat seseorang.

Wah, kalau begitu nggak heran deh kenapa materi ini diujikan dalam UTBK. Kalau begitu, supaya kemampuan elo dalam mengenali frasa meningkat, yuk simak artikel ini!

Apa Itu Phrase atau Frasa? 

Phrase, seperti yang elo mungkin sudah tahu, merupakan bentuk kata Bahasa Inggris dari frasa. Apa itu phrase atau frasa?

Gambar emoticon sedang berpikir tentang apa itu phrase.
Ilustrasi emoticon berpikir. (Dok. Markus Winkler via Unsplash)

Menurut laporan ThoughtCo. (2019), dalam Bahasa Inggris pengertian phrase adalah kelompok dua atau lebih kata yang membentuk suatu makna di dalam sebuah kalimat atau klausa. Contohnya, seperti frasa “akan belajar” di dalam kalimat “Siska akan belajar matematika setiap hari.” tadi.

Dalam Bahasa Indonesia, frasa juga memiliki pengertian yang kurang lebih sama, yaitu gabungan kata yang membentuk makna gramatikal, yaitu makna yang menyesuaikan konteks. 

Gimana tuh makna yang menyesuaikan konteks? Contohnya, frasa “meja hijau”. Frasa itu bisa diartikan secara harfiah sebagai meja yang berwarna hijau atau dapat diartikan sebagai pengadilan tergantung pada konteks penggunaannya.

Nah, untuk membuat frasa sendiri nggak bisa asal-asalan menggabungkan kata begitu saja, lho. Sebuah frasa harus memenuhi syarat-syarat ini, nih.

Empat syarat frasa atau ciri frasa.
Ilustrasi syarat-syarat frasa (Arsip Zenius)

Baca Juga: Pengertian Concrete Noun Beserta Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Macam-Macam Phrase

Nah, karena elo sudah mengenal apa itu frasa dan syarat pembentukannya, sekarang kita bisa lanjut ke macam-macam phrase-nya. 

Tapi, sebelumnya, kalau elo agak-agak lupa nih sama yang namanya jenis-jenis kata atau part of speech yang ada dalam bahasa Inggris. Elo bisa banget mereview topik itu sebentar supaya lebih mudah dalam memahami macam frasanya melalui materi di bawah ini, ya.

Materi – Part of Speech 

 Sudah ingat tentang part of speech? Sip! Sekarang kita mulai membahas macam frasenya, yuk!

1. Frasa Nominal atau Noun Phrase

Susunan kata nouns atau nomina.
Ilustrasi nouns (Arsip Zenius)

Frasa nominal merupakan bentuk frasa yang kata intinya berupa nomina atau kata benda. Contohnya seperti, “meja bundar”. 

Menurut elo apa nih kata fokus atau intinya dari frasa tersebut? Tentu saja kata benda “meja” intinya. Kata “bundar” merupakan kata sifat yang memodifikasi makna meja.

Nah, dari sini kita bisa tahu nih, kalau frasa nominal atau noun phrase itu memiliki ciri bahwa kata bendanya dimodifikasi oleh jenis kata lainnya, sehingga menambah nilai atau makna baru.

Dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, sebenarnya frasa nominal atau noun phrase memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai kata benda. Hanya saja strukturnya berbeda.

Berikut ini rumus struktur pembentukan frasa nominal dan contoh frasanya dalam Bahasa Indonesia.

 

Rumus Frasa NominalContoh Phrase atau Frasanya
Nomina + NominaAyah ibu, adik kakak, saudara saudari.
Nomina + Pronomina/Pronoun (Kata ganti)Baju itu, baju ini, baju saya, baju kami.
Nomina + Verba (Kata kerja)Seseorang berpakaian, lelaki berjubah, tupai melompat.
Nomina + Adjektiva (Kata sifat)Bayi mungil, rambut merah, perempuan cerdas.
Nomina + Adverbia (Kata keterangan)Minuman kemarin, hari besok.

Berikut ini rumus struktur pembentukan frasa nominal yang sering digunakan dan contoh frasanya dalam Bahasa Inggris.

Rumus Frasa NominalContoh Phrase atau Frasanya
Noun + NounKey chain, window seal, roller blade.
Noun + of + NounPeople of Alaska, product of industry, teachers of class B.
Adjective + NounAmazing teachers, beautiful songs, pretty women.

2. Frasa Verba atau Verb Phrase

Susunan kata verbs atau kata kerja.
Ilustrasi verbs (Arsip Zenius)

Seperti namanya, jenis phrase yang satu ini merupakan frasa yang berfungsi sebagai kata kerja di dalam sebuah kalimat. Contoh frasanya, dalam kalimat “Aku harus belajar Bahasa Inggris.”, maka frasa verbanya adalah “harus belajar”.

Dalam bahasa Indonesia, jenis frasa verba dapat mengikuti rumus struktur di bawah ini.

 

Rumus Frasa VerbaContoh Phrase atau Frasa-nya
Adverbial + Kata KerjaSedang belajar, sudah makan, harus tidur, bisa berlari, boleh pulang.
Kata Kerja + AdverbiaTidur lagi.
Kata Kerja  + dan/atau + Kata KerjaTidur dan terbangun, membaca dan menulis, berjalan dan melompat.

Dengan menggunakan salah satu rumus tersebut, kita bisa menuliskan contoh kalimat phrase ini, seperti “Siswa boleh pulang setelah jam 3 sore.”

Dalam Bahasa Inggris, verb phrase sebenarnya gabungan dari auxiliary verb, kata kerja utama, dan terkadang modal sesuai dengan tenses yang digunakan. Misalnya kalau pakai present continuous tense, seperti pada kalimat “I am going to Solo”, maka rumus verb phrase-nya adalah auxiliary verb (is, am, atau are) + Kata kerja Utama (V-ing).

Contoh dari auxiliary verb dan modals.
Ilustrasi auxiliary verb dan modals (Arsip Zenius)

Untuk lebih lengkapnya, langsung cek artikel Zenius yang berjudul Pengertian Verb Phrase Beserta Contoh dan Rumusnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 11, ya.

3. Frasa Adjektiva atau Adjective Phrase 

Biasanya, kalau muji-muji orang frasa ini nih yang digunakan. Contohnya seperti di bawah ini.

Contoh frasa adjektiva untuk memuji seseorang.
Ilustrasi contoh frasa adjektiva (Arsip Zenius)

Frasa adjektiva memiliki fungsi untuk menjelaskan sebuah kata benda atau kata ganti. Kalau contoh di atas, maka frasa “pinter banget” itu digunakan untuk menerangkan kata ganti “elo”.

Nah, dalam Bahasa Inggris rumus struktur penggunaan adjective phrase yang digunakan untuk menjelaskan sebuah kata benda cukup sederhana, yaitu determiner + adjective + noun. Determiner-nya sendiri bisa berupa article (a, an , the), demonstrative (this, that), possessive (his, her, your), ataupun quantifier (one, some, many). 

Salah satu contoh kalimat phrase-nya jadi gini, “I could see that expensive car.”

Kalau dalam Bahasa Inggris, frasa adjektiva dibagi menjadi tiga, seperti pada tabel di bawah ini nih.

Jenis Frasa AdjektivaRumus Frasa AdjektivaContoh Phrase atau Frasa-nya
Frasa Adjektiva ModifikatifAdjektiva + AdverbiaManis sekali, baik benar
Adverbia + AdjektivaSangat cerdas, amat baik, tidak baik
Frasa Adjektiva KoordinatifAdjektiva + Adjektiva
(memiliki makna kesinambungan )
Merah merona, putih berseri
Frasa Adjektiva ApositifAdjektiva + dan + Adjektiva
(Adjective ke-2 menegaskan yang ke-1)
Pemberani dan tangguh, putih dan bersih

Nah, dengan rumus tersebut, sekarang kalau lihat kalimat dengan jenis-jenis frasa adjektiva pasti elo jadi lebih bisa mengenalinya nih. Contohnya saja dalam kalimat “Buah mangga itu manis sekali.”

4. Frasa Adverbial atau Adverbial Phrase

Susunan kata membentuk adverb.
Ilustrasi adverb (Arsip Zenius)

Yang selanjutnya, adalah frasa adverbial. Frasa ini digunakan dalam kalimat untuk memberikan baik keterangan waktu, cara, tempat, dan lain-lainnya. Fungsi ini juga kurang lebih sama dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tetapi cara penulisannya berbeda. 

Dalam Bahasa Inggris, kita bisa menuliskan adverbial phrase dengan beberapa cara. Misalnya, kalau mau menuliskannya sebagai keterangan waktu, kita bisa nulis “I will be in Surabaya tomorrow morning.” 

Nah, dari kalimat itu kira-kira apa nih yang merupakan adverbial phrase-nya? Yak, betul tentu saja “tomorrow morning”, yang berfungsi sebagai keterangan waktu. 

Kalau mau memberikan keterangan cara gimana? Gampang, kalau keterangan cara biasanya menggunakan kata sifat nih setelah kata kerja. Contohnya, “She reads very fast.”

Adverbial phrase dalam Bahasa Inggris bisa digunakan untuk menerangkan verbs, adjectives, maupun adverbs. Berbeda dengan bentuk frasa yang lain, frasa ini bisa hanya terdiri dari satu kata saja dengan menggunakan adverb. Misalnya “He walks slowly.”

Nah, sekarang kalau Bahasa Indonesia gimana penulisannya?  Biasanya, sama seperti dalam Bahasa Inggris, frasa ini menggunakan gabungan kata adverbial dan kata sifat.

Contoh frasa adverbial.
Ilustrasi contoh frasa adverbial (Arsip Zenius)

Kalau dipakai dalam kalimat gampang deh, kita bisa tulis aja “Laura menerima hadiah dengan senang.” atau “Laura yang sangat tinggi itu adalah temanku.

Baca Juga: Pengertian Adverbial Phrase dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

5. Frase Preposisional atau Prepositional Phrase

Tulisan preposition.
Ilustrasi preposition (Arsip Zenius)

Preposisional adalah bentuk frasa yang menggunakan kata depan sebagai inti pembentukannya. 

Dalam Bahasa Indonesia, kita bisa memakai frasa ini untuk berbagai fungsi yang berbeda-beda. Contohnya adalah untuk menunjukan suatu tempat dengan menggabungkan kata preposisional dengan nama tempat. Contohnya, “Siska pergi dari rumah pukul 3 sore.”

Bisa juga dipakai untuk menunjukkan sebuah akibat dengan penggunaan kata menjadi, hingga, atau sampai. Contohnya, “Kaca itu dipanaskan hingga meleleh.” Dalam kalimat tersebut frasanya menyatakan akibat dari dipanaskan maka meleleh, deh.

Dalam Bahasa Inggris, prepositional phrase dapat berfungsi baik sebagai keterangan, kata sifat, maupun benda. Biasanya rumus penyusunannya nih preposition + article + noun.

Berikut ini nih contoh kalimat phrase-nya.

Sebagai keteranganThe bottle was put in the cupboard.
Sebagai kata sifatThe table in the living room is round.
Sebagai nomina atau bendaBefore the exam is the best time to review all the material.

6. Frasa Numeralia

Angka-angka yang digunakan untuk menunjukan jumlah suatu benda.
Ilustrasi numeralia yang digunakan untuk menunjukan jumlah atau quantity (Arsip Zenius)

Frasa numeralia ini umumnya hanya ada dalam Bahasa Indonesia saja, nih. Mungkin elo sudah nebak-nebak juga nih, kalau jenis phrase ini berhubungan dengan angka-angka gitu dari namanya.

Itu benar. Karena jenis frasa ini merupakan gabungan dari numeralia (satu, dua, tiga) dan kata penggolong (helai, butir, ikat, ekor).

Contohnya, “Di toko aku membeli telur sebanyak lima buah.” Jadi inti frasanya itu jumlah yang disampaikan. Kalau dalam kalimat itu berarti intinya adalah “lima”.

7. Gerund Phrase

Contoh kata-kata yang termasuk gerund.
ilustrasi gerund (Arsip Zenius)

Gerund phrase adalah jenis phrase dalam Bahasa Inggris yang menggunakan bentuk kata kerja V-ing. Fungsinya sendiri menjadi kata benda baik sebagai subjek maupun objek dalam sebuah kalimat.

Struktur frasa dan contoh kalimat phrasenya seperti dalam tabel ini nih.

Gerund + NounSinging songs helps us to ease boredom.
Gerund + Noun + Modifier (opsional)On Sunday, We love watching movies in the afternoon.

8. Participle Phrase

Dua jenis participle, present dan past.
Ilustrasi jenis participle (Arsip Zenius)

Dalam Bahasa Inggris pun ada yang namanya participle phrase. Verb participle sendiri bisa dalam dua bentuk, yaitu V-ing sebagai present participle dan V3 dalam past participle. 

Fungsinya bisa menjadi kata benda sebagai adjective untuk subjek atau objek kalimat dan menjadi verb.

Contohnya seperti pada tabel di bawah ini.

V-ing + Noun (Sebagai adjective dari subjek)The girl wearing a green dress is looking at me.
V3 + preposition + Noun (Sebagai adjective dari objek)They need to close all of the doors painted in black.

9. Infinitive Phrase

Contoh pembentukan kata to + infinitive.
Ilustrasi bentuk to + infinitive (Arsip Zenius)

Jenis phrase dalam bahasa Inggris yang terakhir dalam infinitive phrase. Jenis phrase ini menggunakan bentuk gabungan to + V1. Penggunaannya bisa memiliki tiga fungsi dengan peletakan frasa yang berbeda-beda seperti pada tabel ini.

Sebagai NounTo be wise is essential in life.
Sebagai AdjectiveThe people to be invited need to bring their invitation.
Sebagai AdverbThe bikers use helmets to prevent head injury.

Sobat Zenius, jenis phrase itu memang banyak sekali, apa lagi dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia pun ada perbedaan-perbedaannya. Nah, dalam kesempatan kali ini, kita baru  membahas beberapa jenis phrase yang ada di kedua bahasa tersebut dan juga yang hanya ada di salah satunya saja.

Kalau elo ingin tahu lebih lanjut tentang jenis phrase dalam Bahasa Indonesia yang lebih lengkap, elo bisa coba cek artikel Zenius yang berjudul Ciri dan 11 Jenis Frasa – Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 ini. 

Sedangkan untuk mengenal lebih dalam lagi terkait jenisnya dalam Bahasa Inggris, elo bisa coba temukan materinya dengan mengklik banner di bawah ini, ya.

Apa itu frasa?

Baca Juga: Appositive Beserta Rumus dan Contoh Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Contoh Latihan Soal Frasa atau Phrase 

Untuk mengecek pemahaman terhadap materi frasa, yuk, kita coba kerjakan beberapa contoh soal di bawah ini.

  1. Perempuan cantik di kursi itu duduk dengan dua sahabatnya sebanyak dua orang.

    Dari kalimat tersebut, mana ya yang merupakan frasa nominal?
    A. Perempuan cantik
    B. Dua orang
    C. Di kursi itu
    D. Sahabatnya sebanyak dua orang

    Pembahasan:
    Apa nih, jawaban yang elo dapat?

    Karena nomina merupakan bentuk frasa kata benda yang bisa berfungsi sebagai subjek maupun objek, jadi bisa langsung kita cek pada bagian subjek kalimat tersebut yang berbunyi “perempuan cantik”. 

    Gabungan kata tersebut memiliki makna dan sesuai dengan rumus struktur frasa nominal. Maka jawaban yang benar dari pertanyaan itu adalah A. Perempuan cantik.
  2. “Penampilan Ayunda di pentas itu … , semua orang terpana melihatnya.”

    Frasa adjektiva apa ya yang cocok untuk melengkapi kalimat tersebut?
    A. kurang baik
    B. buruk
    C. sangat memukau
    D. baik

    Pembahasan:
    Pertama-tama dari pilihan di atas kita bisa memilih dulu nih mana pilihan yang berupa frasa. Berarti ada kurang baik dan sangat memukau. Nah, dari kedua frasa adjektiva tersebut, menurut elo mana nih yang paling cocok untuk mengisikan bagian yang kosong pada kalimat soal?

    Yak, betul! Sesuai dengan konteksnya, maka jawaban yang tepat adalah C. sangat memukau.
  3. Which of the following is not true about adverbial phrases?
    A. Adverbial phrases describe verbs, adjectives, or adverbs.
    B. They always consist of two words or more.
    C. Adverbial phrases function the same as adverbs
    D. Adverbial phrases not always in the form of adverb

    Pembahasan:
    Hayo, apa nih, jawaban elo?

    Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah B. They always consist of two words or more. Karena, adverbial phrase bisa hanya menggunakan satu kata saja seperti hard, beautifully, openly, dan lain-lain.

  4. Which one of the following does not contain an infinitive phrase?
    A. Yesterday, I went to Bali.
    B. To be independent is compulsory for adults.
    C. Come here and help me to clean the table!
    D. I have prepared all the packages to send tomorrow.

    Pembahasan:
    Untuk menjawab pertanyaan ini, clue-nya adalah syarat sebuah frasa yang pada umumnya harus terdiri dari minimal satu kata. Apa dong jawabannya yang benar? Yak, benar sekali! Jawabannya adalah A. Yesterday, I went to Bali.

Penutup 

Macam-macam phrase memang lumayan banyak. Tapi kalau elo mau memahaminya dengan seksama satu per satu dan banyak berlatih soal, pasti elo bisa deh, menguasainya. Oleh karena itu elo bisa dapatkan penjelasan materinya dalam bentuk video sekaligus latihan soal dan pembahasannya dengan mengklik banner di bawah ini, ya!

Apa itu frasa dalam Bahasa Indonesia

Referensi

5 Manfaat Membaca Frasa Bagi Diri Sendiri yang Gak Pernah Kamu Duga – Info.Beasiswa.id (2019)

Menerjemahkan Frasa, Klausa, dan Kata Keterangan – S.S. Rahmat Budiman (2021)

What Is a Phrase? Definition and Examples in Grammar – ThoughtCo (2019)

Why You Need to Focus on Phrases, Not Just Words When Learning a Language – Mondly (2021)

Bagikan Artikel Ini!