cara belajar bahasa Inggris

6 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Pasti seru banget, ya, kalau kita bisa fasih berbahasa Inggris, apalagi kalau elo termasuk pecinta film Barat. Wah, bisa-bisa elo nggak perlu subtitle lagi, deh, buat paham apa yang diomongin di filmnya. Tapi, emangnya gimana, sih, cara belajar bahasa Inggris untuk pemula? 

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memang cukup diminati, ya. Menurut Center for Applied Linguistics, sebanyak 20% penduduk dunia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama dan bahasa kedua, lho.

Belakangan ini pun bahasa Inggris kerap dicampur-campur dengan bahasa Indonesia dan berubah menjadi bahasa Jaksel. Itu, lho, bahasa yang suka masukin frasa which is, literally, cmiiw, dan sebagainya. 

Nah, kalau elo mau jago berbahasa Inggris, gue punya cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang efektif, nih. Pantau terus penjelasan gue berikut ini, ya! 

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula yang Cepat dan Efektif 

cara belajar bahasa inggris
Ilustrasi Belajar Bahasa Inggris (Arsip Zenius)

Sebenarnya nggak ada aturan pakem yang mengatur cara belajar bahasa Inggris untuk pemula, sih. Jadi, elo nggak perlu bingung mau mulai belajar dari mana karena elo bisa mulai belajar dari mana aja. 

Tapi, elo tahu nggak, sih, ternyata kemampuan berbahasa ini termasuk dalam fundamental skills, lho. Fundamental skills ini merupakan kemampuan berpikir yang berguna untuk melatih cara berpikir elo biar makin oke dan cerdas.

Wah, ternyata belajar bahasa asing itu penting, ya buat perkembangan cara berpikir. Nah, kalau elo mau mempertajam fundamental skills, ZenCore menghadirkan kuis untuk meng-upgrade fundamental skills elo, nih. Nama kuisnya itu adalah CorePractice.

Tanpa berlama-lama lagi, ini dia cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang bisa elo coba. 

1. Coba Ikut Kursus Bahasa Inggris 

“Ngapain ikut kursus bahasa Inggris? Mending gue belajar sendiri aja, deh.” Eits, belajar bahasa Inggris memang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tapi kalau memang elo kesulitan belajar secara mandiri, kursus bahasa Inggris bisa jadi pilihan, lho. 

Apalagi kalau elo saat ini membutuhkan cara belajar bahasa Inggris untuk pemula, kursus Bahasa Inggris bisa mempermudah proses belajar elo, nih. Kenapa? karena elo nggak perlu repot lagi mempersiapkan materi dan mengatur jadwal belajar. 

Selain itu, mereka juga bakal menyesuaikan materi dengan kebutuhan elo, misalnya elo butuh belajar bahasa Inggris untuk tes TOEFL, nah, mereka akan merekomendasikan kelas pengajaran yang memang fokus melatih kemampuan TOEFL elo. 

Saat ini pun kursus bahasa Inggris sangat mudah elo temukan, mulai dari kursus tatap muka sampai kursus online. Salah satunya seperti berbagai kelas pelatihan online Bahasa Inggris yang ada di ZenPro. 

Nggak cuma menawarkan program pelatihan dan pengajaran, ZenPro juga menawarkan program sertifikasi, lho, buat elo. Wah, menarik, ya! Yuk, coba ikut berbagai kelas di ZenPro. 

2. Latihan Percakapan Bahasa Inggris dengan Teman

Memperbanyak latihan berbicara dengan bahasa Inggris ternyata bisa jadi cara belajar bahasa Inggris untuk pemula, lho. Latihan berbicara bahasa Inggris dengan teman juga bisa membantu elo mengetahui hal-hal apa yang perlu ditingkatkan dari bahasa Inggris elo. 

Kalau elo hanya terpaku pada pelajaran teori, bisa-bisa elo kagok nanti saat berhadapan dengan penutur bahasa Inggris. Lagian memang tujuan awal elo belajar bahasa Inggris supaya bisa berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut, kan? Oleh karena itu, yuk, coba perbanyak latihan berbicara dengan bahasa Inggris. 

3. Pertajam Listening dengan Podcast Bahasa Inggris

Siapa bilang belajar itu cuma bisa dari buku? Sekarang ini zaman sudah semakin canggih, guys! Elo bisa banget memanfaatkan berbagai teknologi untuk belajar, salah satunya seperti podcast

Nah, elo bisa banget, nih, mencoba belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan podcast. Cara belajar bahasa Inggris untuk pemula ini bakal mempermudah elo dalam mempelajari berbagai kosakata Inggris dan juga pelafalannya. 

Elo pun bebas memilih topik podcast yang sesuai dengan minat, mulai dari podcast makanan, politik, humor, sampai gosip pun bisa, lho. Selain podcast, elo juga bisa memanfaatkan film dan lagu sebagai bahan belajar. Itung-itung kaya berenang sambil minum air, lah, elo jadi bisa belajar sambil dengerin hiburan, deh. 

4. Perbanyak Membaca Teks Berbahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris untuk pemula selanjutnya adalah dengan banyak membaca teks berbahasa Inggris, seperti novel, majalah, koran, bahkan sampai tagline iklan berbahasa Inggris. 

Teks berbahasa Inggris itu bisa menjadi sarana elo untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris, lho. Semakin banyak kosakata yang elo kuasai, semakin cepat juga proses belajar elo. 

5. Catat Berbagai Kosakata Baru

Seperti yang sudah gue bilang sebelumnya, semakin banyak kosakata bahasa Inggris yang elo kuasai, semakin cepat juga proses pembelajaran bahasa Inggris elo. Oleh karena itu, cara belajar bahasa Inggris untuk pemula selanjurnya adalah catat berbagai kosakata yang baru elo temukan. 

Cara belajar bahasa Inggris ini penting banget, nih, apalagi kalau elo termasuk orang yang pelupa kaya gue. Kosakata ini bisa elo catet di buku catatan atau notes handphone.

Supaya mempermudah elo dalam mengingat kosakata baru tersebut, elo bisa coba untuk membuat contoh kalimat yang menggunakan kosakata itu. Dengan begitu, elo jadi paham makna kata tersebut dan juga konteks penggunaannya. 

6. Hindari Terpaku pada Tata Bahasa

Last but not least, cara belajar bahasa Inggris untuk pemula terakhir yang bisa elo lakukan adalah dengan memfokuskan diri pada latihan berbicara dibandingkan pada grammar atau tata bahasa. 

Coba, deh, gue tanya, emangnya elo kalau ngobrol sama temen-temen bakal baku sesuai dengan standar PUEBI? Tentunya elo bakal menggunakan bahasa yang nonformal, kan? Nah, hal yang sama juga berlaku dalam bahasa Inggris. 

Belajar tata bahasa emang penting, apalagi kalau elo ingin memperdalam kemampuan menulis bahasa Inggris elo. Tapi, kalau elo saat ini sedang fokus memperdalam kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris, sebaiknya elo lebih memfokuskan pada pelafalan dan kosakata, ya. 

Kira-kira itu dia 6 cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang bisa elo coba lakukan. Semoga cara ini bisa membantu elo, ya. Buat elo yang sedang belajar bahasa Inggris untuk tes TOEFL, ada baiknya elo baca dulu nih apa, sih, bedanya TOEFL, ITP, dan IBT

Next serunya kita bahas tips apa lagi, nih? Kasih tahu request artikel elo di kolom komentar ya. See you!

Baca juga:

7 Penggunaan Frasa Bahasa Inggris Salah Kaprah yang Paling Sering Ditemui

Mengenal Apa Itu Proper Adjective dan Contoh Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Bagikan Artikel Ini!