Penggunaan Wish dan Contoh Kalimatnya - Materi Bahasa Inggris Kelas 12 17

Penggunaan Wish dan Contoh Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Elo kelas 12 yang lagi nyari contoh kalimat wish dalam bahasa Inggris, kuy baca artikel ini untuk belajar bareng-bareng tentang penggunaan wish dalam kalimat yang benar!

“HBD, ya. WYATB!!!”

Gue yakin, pasti elo pernah seenggaknya pernah ngucapin ke temen yang lagi ulang tahun pakai ucapan kayak di atas. Happy birthday, wish you all the best. Artinya, elo berharap di hari ulang tahun teman elo ini, dia akan mendapatkan semua yang terbaik.

Walaupun kita bukan native speaker bahasa Inggris, tapi nggak jarang kan, kita mengekspresikan keinginan atau harapan kita pake kata “wish” ini. Nah sebenarnya, bagaimana sih penggunaan wish dalam bahasa Inggris yang benar? Terus, apa sih perbedaan penggunaan wish dan hope?

Elo yang kelas 12 mungkin lagi mempelajari ini ya, di materi bahasa Inggris di sekolah. Jadi, biar makin lancar dalam penggunaan wish, lanjut baca aja di bawah yuk!

Penggunaan “Wish”

Kita mulai dulu dari pengertian wish, ya. Kalau yang gue lansir dari Oxford Dictionary, wish punya arti sebagai “a desire or hope for something to happen”. Kalau diartikan ke bahasa Indonesia, secara umum arti wish adalah harapan atau pengandaian. 

Nah, apa saja contoh kegunaan expressing wishes dalam bahasa Inggris? Jadi, penggunaan wish dalam bahasa Inggris bisa diperuntukan untuk menyatakan regret, want, complaint, dan wish for someone.

Regret

Wish di sini digunakan untuk menyatakan penyesalan akan suatu situasi atau aksi dan mengharapkan kebalikannya. Jadi, untuk membuat wish yang mengandung regret ini biasanya elo udah punya kenyataannya dulu.

Misalnya, kenyataannya gue memiliki tubuh pendek, I am short. Maka, gue berharap kebalikannya yaitu badan gue tinggi. I wish I was a bit taller

I wish I was a bit taller so I can ride the rollercoaster.
Contoh penggunaan wish yang menyampaikan regret. (Arsip Zenius)

Nah, biasanya wish yang dipakai untuk mengekspresikan regret ini dipakai untuk menyatakan sesuatu yang levelnya unlikely sampai impossible to happen

Buat wish ini, ada yang sifatnya present dan ada yang past. Present wishes adalah harapan yang elo buat saat ini, at current situation

Contohnya, elo lagi pergi merantau untuk kuliah. Terus, elo mengalami homesick karena kangen mama dan papa. Elo bisa ngomong, “I wish I could hug my mom”.  Huhu sedih, ya, karena pada kenyataannya elo lagi berjarak beratus-ratus kilometer sehingga nggak bisa meluk mama elo.

Struktur kalimat present wishes: S + wish/wishes + past tense

Baca Juga: Simple Past Tense – Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimatnya

Kalau past wishes digunakan untuk mengharapkan sesuatu yang sudah terjadi di masa lampau, sehingga nggak mungkin buat diubah jadi sebaliknya. Kecuali elo punya mesin waktu ajaib ya, baru lain lagi ceritanya.

Contohnya, karena elo homesick tadi, elo jadi nyesel kenapa pilih kuliah jauh-jauh dari rumah. Elo bisa bilang, “I wish I had chosen a closer school back then”.  Eh tapi tenang ya guys, seperti badai, homesick akan berlalu kok! 

Struktur kalimat past wishes: S + wish/wishes + past perfect

Baca Juga: Past Perfect Tense – Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contoh Kalimat

Biasanya, di kalimat past wishes suka ada tambahan keterangan waktu lampau, kayak yang tadi gue kasih di kalimat yang gue bikin. Nggak wajib kok, cuma biasanya untuk melengkapi aja!

Want

Nah, kalau bentuk ini adalah versi polite-nya dari menyatakan keinginan, kayak versi formalnya gitu. Misalnya, kalimat biasanya adalah, “I want to speak to your manager”. Kalau mau lebih formal, elo bisa gunakan “I wish to speak to your manager”.

Struktur kalimatnya: S + wish/wishes + to infinitive

Complain

Nah kalau bentuk complain ini, biasanya digunakan untuk menyatakan ketidaksetujuan atau ketidaksukaan terhadap suatu kondisi atau aksi dengan mengharapkan kebalikan dari kondisi atau aksi tersebut.

Misalnya, elo mau ketemuan sama temen-temen elo dan elo pergi naik KRL. Karena udah excited dan ga sabar banget, perjalanan di KRL jadi terasa lamaaa banget. Elo bisa ngedumel kayak, “I wish this train would go faster.”

Struktur kalimatnya: S + wish/wishes + object + infinitive

Baca Juga: Rumus 16 Tenses dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Wish for Someone

Nah, yang terakhir adalah bentuk wish yang bisa elo gunakan untuk mengharapkan sesuatu untuk seseorang. Contohnya kayak ini nih, lagu Jealous yang dinyanyikan sama Labirinth:

I wish you the best of all this world could give~

And I told you when you left me there’s nothing to forgive

Sebenernya contoh kalimat wish yang gue maksud yang di baris pertama aja, sih. Cuma gue keterusan nyanyinya, hehehe. Nah, elo bisa lihat kan, di sini si penyanyi mengharapkan segala hal baik di dunia kepada si “kamu”.

Sama kayak harapan yang familiar di telinga kita apalagi di bulan Desember: “I wish you a merry christmas!”, yaitu harapan agar seseorang dapat merayakan natal yang menyenangkan. 

Struktur kalimatnya: S + wish/wishes + indirect object + direct object

Apa tuh, indirect dan direct object? Sederhananya, indirect object adalah whom you wish something for atau orang yang ada di dalam harapan elo, sedangkan direct object adalah hal yang elo harapkan.

Perbedaan Penggunaan Wish dan Hope

Elo mungkin tahu, cara mengekspresikan harapan dan keinginan dalam bahasa Inggris nggak cuma pakai kata wish aja, tapi bisa juga pakai kata hope. Terus, apa perbedaan penggunaan wish dan hope?

Sebenernya, nggak ada aturan yang saklek banget kalau elo harus pakai wish di sini dan pakai hope di sana. Cuma, emang kedua kata ini membawa makna yang berbeda yang bikin penggunaannya jadi beda juga.

Gampangnya, hope itu elo gunakan untuk harapan yang bisa terwujud kayak rencana yang bisa diusahakan, sedangkan wish digunakan untuk harapan yang almost impossible terwujudnya dan nggak bisa diusahakan.

Coba gue kasih contoh kalimat wish dan hope dengan konteks yang sama ya, biar bisa kelihatan perbedaanya.

contoh perbedaan penggunaan wish dan hope.
Perbedaan penggunaan wish dan hope (Arsip Zenius)

Buat kalimat yang menggunakan hope, kalimat ini digunakan ketika elo menyebutkan “study abroad” sebagai cita-cita elo dan elo sedang berusaha mewujudkan itu. Posisi “study abroad”-nya masih ada di future (masa depan) sehingga masih bisa diharapkan.

Sedangkan buat kalimat yang menggunakan wish, kalimat ini diucapkan ketika sudah ada kenyataan bahwa elo nggak bisa “study abroad”. Posisi si “study abroad” ini ada di past atau sudah lewat, sehingga elo cuma bisa berandai-andai aja.

Begituu… Gimana, ngerti kan?

Baca Juga: Conditionals and Wishes – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Contoh Kalimat Wish

Dari tadi kan kita udah bahas ya soal penggunaan wish, kapan kalimat wishes digunakan, dan lainnya. Sekarang, gue mau kasih beberapa contoh kalimat wish. Ya, walaupun dari sebelumnya sudah ada dikit-dikit sih, tapi just check this out!

Kumpulan contoh kalimat yang mengandung wish.
Contoh kalimat wish. (Arsip Zenius)

Baca Juga: Phrase – Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimatnya

Contoh Soal

1. Taylor wishes she … (eat) more healthily as she has a high cholesterol level.

a. Had eaten

b. Ate

c. Had ate 

d. Would eat

e. Would have eaten

Jawabannya: b. ate. Nah, Pengandaian si Taylor  ini merujuk pada sesuatu yang sedang terjadi (kolesterolnya sedang tinggi). Jadi, kita tinggal melengkapi kalimat tersebut dengan verba simple past saja. Kalimat di soal adalah contoh kalimat wish dengan past tense. 

2. I studied very hard. I hope I … (do) well in the exam tomorrow.

a. Will do

b. Would do

c. Did

d. Had done

e. Was doing

Jawabannya: a. will do. Subjek (I) di sini berharap melakukan sesuatu di masa mendatang yang ditandai dengan kata tomorrow. Jadi, kita bisa menggunakan simple future (will) dalam kalimat tersebut.

Selesai sudah bahasan kita tentang wish kali ini. I hope you guys can understand it well! Nah, gimana, itu kalimat gue udah bener atau belum? Elo bisa koreksi gue lewat kolom komentar di bawah, ya!

Kalau elo mau lanjut belajar materi bahasa Inggris kelas 12 yang lain, elo bisa banget akses laman ini pake akun Zenius elo. Materi yang barusan kita bahas juga bisa elo temuin di video Zenius, elo tinggal klik aja banner di bawah ini! See you there!

Penggunaan Wish dan Contoh Kalimatnya - Materi Bahasa Inggris Kelas 12 18

Outside References:

Oxford Learner’s Dictionaries from Oxford University Press. Accessed online on May 31th 2022 from https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/wish_1#:~:text=%5Btransitive%5D%20

Bagikan Artikel Ini!