Adjective - Pengertian, Fungsi, Jenis,dan Contoh Kalimatnya

Adjective – Pengertian, Fungsi, Jenis,dan Contoh Kalimatnya

Pengertian adjective, jenis, fungsi, contoh kalimatnya, dan contoh soal UTBK beserta pembahasannya ada dalam artikel ini. Yuk, cari tahu!

Sobat Zenius, dalam komunikasi sehari hari, pasti elo pernah ditanya atau menanyakan tentang yang namanya first impression atau kesan pertama terhadap seseorang atau suatu benda bukan? 

Biasanya, kalau ngomongin kesan pertama kebanyakan orang akan melihat dari segi penampilan atau karakter yang kemudian digambarkan menggunakan adjective (kata sifat). Jenis-jenis adjective yang digunakan pun beragam, seperti contoh di bawah ini.

 Ilustrasi first impression Zenius Education
Ilustrasi first impression (Arsip Zenius)

Dari contoh-contoh di atas, sadar nggak sih kalau dalam menyatakan kesan pertama, adjective atau kata sifat itu penting banget? Iya, benar banget Sobat Zenius. Tanpa adanya kata sifat, kita akan sangat kesulitan untuk menggambarkan seseorang atau suatu benda menurut pandangan kita. 

Selain penting dalam komunikasi sehari-hari, adjective juga ada bermacam-macam jenisnya dan cara penggunaannya lho dalam sebuah kalimat. That’s why, pada artikel kali ini gue akan share tentang macam dan cara penggunaannya dalam kalimat sesuai urutannya baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. 

Kalau begitu, kita mulai dengan mengenal apa pengertian adjective dan fungsinya dulu yuk!

Pengertian Adjective dan Fungsinya 

Seperti yang elo tahu, dalam Bahasa Inggris kata sifat atau adjektiva disebut dengan adjective. Apa itu adjective dalam Bahasa Inggris? 

Menurut definisi yang ada dalam Oxford Learner’s Dictionaries, adjective adalah sebuah kata yang mendeskripsikan seseorang atau benda. Contoh kata-kata yang termasuk adjective dalam bahasa inggris adalah big, small, smart, yellow, dan lain sebagainya.

Arti kata “adjective” menurut Oxford Learner's Dictionaries Zenius Education
Ilustrasi arti kata “adjective” menurut Oxford Learner’s Dictionaries (Arsip Zenius)

Sedangkan, adjektiva atau kata sifat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kata yang menerangkan sebuah benda yang penggunaannya dapat digabungkan dengan kata lain seperti “lebih” dan “sangat”.

Arti kata “adjektiva” menurut KBBI Zenius Education
Ilustrasi arti kata “adjektiva” menurut KBBI (Arsip Zenius)

Dari kedua pengertian tersebut, kita bisa mengetahui nih kalau baik dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia, kata sifat dan adjective itu digunakan untuk memberi penjelasan atau gambaran tentang suatu benda. Bendanya pun bisa berupa benda mati seperti buku, meja, gedung, topi, maupun benda hidup seperti manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Oleh karena itu, kalau dalam artikel ini gue sering bergantian dalam menggunakan kata sifat, adjektiva, maupun adjective, nggak perlu bingung ya, karena keduanya merujuk pada arti yang sama.

Lalu, apa sih fungsi adjective? 

Seperti pengertiannya, fungsi adjective adalah untuk mendeskripsikan suatu benda supaya kita bisa mengenalinya dengan lebih baik. 

Misalnya nih, bayangkan ketika pesan ojek online dan elo harus mengenali mana mobil jemputannya padahal elo nggak paham tentang merk mobil dan karena padet, sulit buat melihat plat nomor nya satu-satu. 

Nah, biasanya supaya memudahkan elo, bapak supirnya akan memberi tahu warna mobil mereka tuh. Contohnya, “Mobil merah ya, kak.”

Mobil merah Zenius Education
Ilustrasi mobil merah (Arsip Zenius)

Nah, dengan informasi warna itu saja, langsung jadi lebih mudah deh untuk menemukan mobil jemputannya.

Baca Juga What Does She Look Like (Describing People) – Materi Bahasa Inggris Kelas 5

Jenis-Jenis Adjective dan Contohnya 

Menurut buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia karya Alwi, dkk. (1998), dalam Bahasa Indonesia macam-macam adjective ada dua, yaitu adjektiva bertaraf dan adjektiva tak bertaraf. 

Adjektiva Bertaraf 

Apa sih yang dimaksud dengan adjektiva bertaraf? Adjektiva bertaraf merupakan kata-kata sifat yang memiliki tingkatan kualitas. Contoh kata sifatnya ada pada tabel di bawah ini.

Adjektif bertaraf Zenius Education
Ilustrasi adjektif bertaraf (Arsip Zenius)
Kelompok Adjektiva BertarafContoh Kata Sifat
 Adjektiva Pemeri SifatBaik, pintar, panas, dingin, kejam.
Adjektiva UkuranBerat, ringan, tinggi, rendah, panjang, pendek.
Adjektiva WarnaMerah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.
Adjektiva WaktuLama, lambat, jarang, larut, mendadak.
Adjektiva JarakJauh, dekat, dan akrab.
Adjektiva Sikap BatinSenang, iba, rindu, sedih, yakin, kecewa bangga.
Adjektiva CerapanTerang, gelap, sunyi, bising, harum, merdu.

Karena jenis adjektiva bertaraf itu terdapat tingkatan, maka salah satu cirinya adalah dapat digabungkan dengan kata agak, kurang, lebih, cukup, sangat, sekali, dan paling. Contohnya, “Murid itu pintar sekali.”, “Rumahnya cukup jauh dari rumahku.” atau “Suaranya sangat merdu.”

Adjektiva Tidak Bertaraf 

Adjektif tidak bertaraf merupakan kata sifat yang mengelompokkan suatu benda tanpa memiliki tingkatan-tingkatan tertentu atau bersifat mutlak. Contohnya ada di bawah ini.

Abadi, sah, baka, bundar, kotak.

Ciri jenis adjektiva ini tidak bisa digabungkan dengan kata cukup, sangat, atau sekali seperti adjektiva bertaraf tadi, Sobat Zenius. Kalau dipaksain digabung maka akan rancu.

Contoh adjektiva tak bertaraf yang penggunaannya salah Zenius Education
Ilustrasi contoh adjektiva tak bertaraf (Arsip Zenius)

Misalnya saja seperti contoh di atas. Aneh, bukan? Kalau sah ya hanya di antara iya dan tidak saja, nggak perlu pakai kata yang menunjukan tingkatan kualitas. Nggak ada yang namanya lebih sah, agak sah, ataupun paling sah.

Dalam Bahasa Inggris, macam-macam adjective-nya jauh lebih banyak, bestie. Macamnya ada delapan. Langsung saja ya kita bahas satu persatu melalui tabel di bawah ini.

Jenis-Jenis AdjectiveKeteranganContoh Kalimat Adjective-nya
Common AdjectiveJenis adjective ini merupakan bentuk yang paling sederhana yang paling sering  kita pakai sehari-hari.“A beautiful painting.”
“A polite culture.”
Proper AdjectiveKata ini digunakan untuk memberikan keterangan yang lebih detail terhadap suatu benda. 

Proper adjective berupa nama letak geografis ataupun orang. Oleh karena itu, diawali dengan huruf kapital.
“A beautiful French painting.”
“A polite Javanese culture.”
“A conservative Buddhist community.”
Comparative Adjective
Seperti namanya yang mengandung kata bermakna comparison yang artinya pembandingan. 

Jenis adjective ini digunakan untuk membandingkan tingkat kualitas suatu benda. Caranya adalah dengan  menambahkan imbuhan “-er” pada ujung kata sifat atau “more” yang diletakkan sebelum kata sifatnya. 

Dengan begitu, jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, kata sifat tersebut akan diawali dengan kata “lebih”.
“She is more intelligent than me.”
“The book is heavier than the water bottle.”
“Josh is stronger than Nathan.”
Superlative AdjectiveHampir sama seperti comparative adjective yang berguna untuk menunjukkan adanya perbandingan antara dua atau lebih benda, kalau superlative adjective menunjukkan suatu benda yang memiliki tingkat kualitas “paling”.

Cara penulisannya adalah dengan menambahkan “-est” di akhir kata sifat atau menambahkan “most” untuk mengawali kata sifatnya.
“She is the smartest person in the class.”
“The history book is the heaviest one.”
“The Javanese painting is the most beautiful among others.”
“Math is the most complicated problem that I have to solve.”
Quantitative AdjectiveKata adjective ini berguna untuk menunjukkan jumlah suatu benda.“There is little milk on the kettle.”
Some  students enjoy drama class.
“There isn’t any fruit on the table.”
Possessive AdjectiveKata adjective ini menggunakan kata kepemilikan sebagai kata sifat suatu benda.Our house is painted blue.”
His trousers are so big.”
Interrogative AdjectiveJenis interrogative adjective ini digunakan untuk bertanya. Bentuk kata adjectivenya pun dalam kata tanya.“Whose book is this?”
What class is over there?”
“Which dress would you prefer to wear?”
Distributive AdjectiveDistributive adjective fokus pada persatuan benda dengan menggunakan kata each, every, either, dan neither.Neither you nor me went to the show yesterday.”
Every student was asked to bring their own instruments.”

Baca Juga Mengenal Apa Itu Proper Adjective dan Contoh Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Apa itu Adjective Order atau Urutan Adjective? 

Jadi, sebenarnya adjective order atau urutan adjective ini berkaitan dengan struktur penyusunan kalimat yang benar. Nah, biasanya yang menjadi permasalahan itu adalah bagaimana urutan yang benar dalam Bahasa Inggris.

Bagaimana menurutmu Sobat?

View Results

Loading ... Loading ...

Dalam Bahasa Indonesia pasti elo sudah terbiasa banget nih dengan urutannya yang diawali dengan kata benda dulu baru diikuti kata sifatnya. Contohnya, payung merah, topi bundar, hujan deras, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan struktur penulisan dalam Bahasa Indonesia, kalau dalam Bahasa Inggris pada umumnya selalu dimulai dari kata sifatnya dulu baru diikuti kata bendanya. Contoh, a red dress, a big house, a fast car, dan lain sebagainya.

Gambar rumah yang besar
Ilustrasi adjective order (Arsip Zenius)

Oh iya, dalam Bahasa Inggris elo juga bisa menggunakan dua atau lebih kata sifat sekaligus untuk mendeskripsikan suatu benda. Contohnya, a small round table. Lalu, urutan penulisannya gimana? Urutannya itu sebenarnya bebas diurutkan dari yang kata sifat yang general ke yang paling spesifik atau paling penting. 

Kalau setiap kata sifat yang digunakan sama pentingnya, maka dipisahkan dengan tanda koma ya, guys. Contohnya, a wise, young man.

Ada juga nih sebenarnya tabel guidelines yang menunjukan urutan penyusunan kata sifat dalam Bahasa Inggris, tapi dalam prakteknya tetap fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

numberopinionsize/ weightageshapecolor/ temperatureverb/ participleorigin/ nationalitymaterialnoun
onegreatsmallroundbrowncarvedwoodentables
twolargeoldrectangularChinesemirror

Nah, kalau elo ingin tahu lebih lanjut tentang materi kata sifat ini dengan penjelasan dalam bentuk video, elo bisa klik banner dibawah ini ya. Disana, elo nggak hanya akan mendapat informasi tentang jenis-jenis kata sifat saja tapi juga perbedaan kata sifat dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, dan alasan kenapa belajar kata sifat Bahasa Inggris itu lebih sulit.

Adjective - Pengertian, Fungsi, Jenis,dan Contoh Kalimatnya

Contoh Soal Adjective 

Nah, elo kan sudah mendapatkan banyak informasi nih dari artikel ini tentang kata sifat atau adjective. Sekarang kita cek pemahaman elo dengan mengerjakan soal di bawah ini, yuk!

  1. Manakah kalimat berikut ini yang tidak memuat adjektiva bertaraf?

    A. Puncak Jaya adalah gunung tertinggi di Indonesia.
    B. Saudaranya yang paling kecil bernama James.
    C. Rumahnya paling jauh dari sekolah.
    D. Tidak ada yang abadi di dunia ini.
    E. Kopi ini manis sekali.

    Kira-kira apa nih jawaban yang tepat, Sobat Zenius? Yak, jawaban yang benar adalah D. Tidak ada yang abadi di dunia ini, karena kata sifat “abadi” merupakan kata sifat tak bertaraf.

  2. … Helena nor I were studying last night. We were too busy with the performance preparation.

    Fill in the blank with the correct adjective word!

    A. Either
    B. Both
    C. Neither
    D. Any
    E. Every

    Apa nih jawaban elo? Yang benar adalah C. Neither ya. Kenapa? Karena ada kata “nor” dalam kalimat tersebut. Kata “nor” bermakna negatif sehingga, perlu diikuti dengan kata distributive adjective yang juga bermakna negatif. Sehingga, jawaban yang tepat adalah yang D. Any.

Baca Juga Contoh Adjective Phrase Beserta Rumus dan Pengertian – Materi Bahasa Inggris Kelas 11

Referensi

Adjektiva Dan Adverbia Dalam Bahasa Indonesia – Sry Satriya Tjatur Wisnu Sasangka, dkk. (2000)

Learn 8 Types of Adjectives with Examples – ExamPalnning.com (2022)

Module 2: Adjectives And Adverbs – Universidad Nacional De Lanus (2018)

Pengertian kata Sifat (Adjektiva) – Fungsi, Ciri, Jenis-Jenis, Dan Contoh – MateriBelajar.co.id (2021)

Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga) – Hasan Alwi (1998)

What is an adjective? – BBC (2022)

Bagikan Artikel Ini!